Ketahui Gejala Kutil Kelamin yang Jarang Diketahui

Persoalan kutil memang tidak biasa dianggap remeh. Sebab bisa jadi, munculnya masalah ini bisa menyebabkan penyakit serius.  Apalagi kalau daging tumbuh ini muncul di area vital yang lantas disebut sebagai kutil kelamin. Kutil kelamin adalah benjolan kecil yang tumbuh di area kelamin atau anus. Bila kondisi ini terjadi, maka kamu harus waspada dan berhati-hati.

Biasanya munculnya kutil bisa disebabkan karena infeksi bakteri atau jamur. Namun, umumnya penyebab munculnya kutil di area ini adalah karena infeksi virus Human Papillomavirus. Kutil kelamin dianggap berbeda  dibanding dengan kutil yang tumbuh di area tubuh lain. Sebab, kutil kelamin adalah kondisi dimana disebabkan oleh infeksi menular seksual.

Masih penasaran dengan penyebab kutil kelamin, dan apakah kutil kelamin berbahaya? Supaya tidak penasaran soal kutil di area ini, yuk simak ulasannya di bawah.

BACA JUGA: Mengulik Fakta Tentang Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan

1. Pengertian kutil kelamin

kutil kelamin adalah
klikdokter

Kutil kelamin adalah benjolan kecil yang tumbuh di area kelamin atau anus. Namun karena berada di area kelamin, kutil ini mudah menular. Kutil kelamin pada wanita ditularkan melalui hubungan seksual dengan penderitanya. Bisa melalui vagina, mulut atau pun dubur. Umumnya masalah ini muncul dalam beberapa bulan setelah melakukan hubungan intim atau seksual dengan penderita HPV. Jadi bila kamu bertanya apakah kutil kelamin berbahaya? Maka jawabanya bisa iya. Sebab, muncul di area keintiman masing-masing orang.

2. Ciri-ciri kutil kelamin

kutil kelamin adalah
alodokter

Kutil kelamin mempunyai ukuran yang kecil dengan warna yang sama seperti kulit. Hanya saja sediki lebih gelap sehingga cukup sulit dilihat dengan mata telanjang. Kutil di area ini, bisa tumbuh tunggal atau pun berkelompo serta membentukstruktur yang menyerupaki sayuran kembang kol. Ada pun gejala atau ciri-ciri kutil kelamin adalah sebagai berikut:

Gatal

Umumnya orang yang mengalami masalah ini akan terasa gatal dan panas. Sehingga perlu penanganan cepat supaya bisa diatasi dengan baik. Jika area seputar organ keintimanmu terasa gatal, cobalah sering-sering di cek. Apakah tumbuh kutil kelamin atau tidak.

Rasa tidak nyaman

Penderita penyakit ini umumnya merasa kurang nyaman dalam melakukan aktivitas. Sebab, tumbuhnya kutil di area ini, pasti seseorang akan merasa tidak percaya diri.

Sensasi rasa terbakar

Tidak hanya merasa kurang nyaman beraktivitas, ciri-ciri kutil kelamin adalah adanya sensasi rasa terbakar. Bagian keintiman menjadi berwarna merah dan pastinya terasa gatal serta panas.   

Nyeri dan pendarahan saat berhubungan intim

Biasanya masalah nyeri ini dialami oleh wanita. Sehingga masalah kutil kelamin pada wanita, dianggap bisa berbahaya ketika berhubungan intim.

3. Lokasi tumbuhnya kutil kelamin pada tubuh pria dan wanita

Kutil di penis
Halodoc

Selain mengetahui ciri-ciri kutil kelamin adalah bisa menimbulkan rasa terbakar, rasa tidak nyaman dan gatal. Kamu juga perlu mengetahui lokasi tumbuhnya kutil kelamin. Sebab tumbuhnya kutil kelamin baik pria dan wanita berbeda. Nah, berikut contoh kutil kelamin pada tubuh pria.

  • Batang atau ujung penis
  • Kantung buah zakar atau skortum
  • Bagian selangkangan
  • Paha bagian atas
  • Terakhir sekitar atau di dalam anus.

Setelah memahami kutil kelamin pada pria, maka selanjutnya pada lokasi tumbuhnya penyakit ini pada tubuh wanita. Kutil kelamin pada wanita sebenarnya tidak jauh beda dengan yang pria. Nah,  berikut contoh kutil kelamin pada wanita.

  • Dinding vagina
  • Bagian luar vagina (vulva)
  • Bagian di antara vagina atau di dalam anus
  • Di dalam vagina atau di dalam anus
  • Terakhir leher rahim.

Itulah penjelasan mengenai tumbuhnya penyakit ini, menurut lokasinya. Namun meski bernama kutil kelamin, ternyata penyakit ini bisa juga tumbuh pada area lidah, bibir, mulut dan tenggorokan. Umumnya kenapa muncul di area ini,  mungkin bisa disebabkan oleh aktivitas oral seks dengan sesama penderita penyakit ini.

Setelah memahami penjelasan tentang ciri dan lokasi tumbuhnya penyakit ini, selanjutnya adalah penyebab kutil kelamin ini muncul. Nah, yuk simak ulasan selanjutnya.

BACA JUGA: 12 Penyakit Menular Seksual: Ciri, Penyebab & Pengobatannya

4. Penyebab kutil kelamin

Masalah di kemaluan
Halodoc

Penyebab kutil kelamin adalah karena infeksi virus bernama Human Papillomavirus (HPV). Virus ini, menyebar melalui  aktivitas hubungan seksual. Termasuk melakukan aktivitas seks anal (lewat anus) atau pun oral (lewat mulut). Jadi, seseorang akan sangat mudah terserang penyakit ini, jika melakukan hubungan seks di luar nikah. Tidak hanya melakukan seks di luar nikah, namun bisa juga karena aktivitas berganti pasangan dan tidak menggunakan kondom saat berhubungan  badan.   

Lantas apakah kutil kelamin berbahaya? Penyakit ini dapat berbahaya bila tidak segera diobati. Infeksi virus HPV merupakan virus yang dapat menular. HPV juga menjadi penyebab utama terjadinya penyakit kronis seperti kanker serviks. Sehingga jika tidak ditangani dengan cepat, bisa bertambah parah. Selain itu, infeksi virus HPV bisa menyebabkan perubahan pra kanker  pada sel-sel serviks yang biasa dinamakan dengan displasia.

Sementara itu, di kalangan pria infeksi HPV dapat menimbulkan kanker  penis dan dubur. Resiko paling bahaya lainnya adalah dapat menyebabkan kanker vulva. Sebuah penyakit yang  menyerang organ kelamin luar pada wanita. Maka dari itu, penting bagi kamu dalam melakukan pemeriksaan sejak dini, terkait pencegahan munculnya komplikasi penyakit lain.

Setelah membahas tentang bahayanya penyakit ini, maka selanjutnya adalah bagaimana cara menghilangkan kutil kelamin. Penyakit ini bisa dihilangkan, meski dilakukan dengan bertahap.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami & dengan Obat, Ampuh!

5. Cara menghilangkan kutil kelamin

Penyakit seksual
Alodokter

Karena sifatnya yang menular, maka cara menghilangkan penyakit ini adalah dengan banyak melakukan perawatan. Sebab, penyakit ini bisa muncul kapan saja meski berkali-kali melakukan perawatan. Meski demikian, apakah kutil kelamin bisa sembuh? Jawabannya pasti bisa.  Adapun cara menghilangkan masalah penyakit ini di antaranya sebagai berikut.

Kauterisasi

Metode kauterisasi adalah perawatan yang dilakukan dengan cara menyemprotkan produk khusus (Cantharidin Asam Salisilat dan lainnya). Fungsinya adalah membekukan kutil. Produk ini banyak dijual bebas di toko obat seperti apotik atau biasa diresepkan oleh dokter.

Obat-obatan

Selain menggunakan metode kauterisasi, kamu bisa juga menghilangkan masalah ini dengan mengonsumsi obat-obatan seperti bleomycyin. Bleomycin kemudian disuntikan ke kutil untuk membunuh virus. Selanjutnya adalah imiquimod (Aldara dan Zyclara) serta bisa pula menggunakan obat imunoterapi yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh.

Pembedahan kecil

Jika penggunaan obat-obatan dirasa tidak terlalu mempan, kamu bisa melakukan cara lain yaitu pembedahan kecil. Pembedahan kecil adalah memotong kutil. Pada bagian pangkal kutil, kemudian akan dihancurkan memakai jarum listrik atau dapat  juga menggunakan cryosurgery (pembekuan dalam)

Walaupun dapat diobati, namun usahakan untuk menghindari pengobatan kutil sendiri tanpa pengawaan dokter.  Sebab, jika pengobatan kutil tidak sesuai, maka bisa menyebabkan rasa nyeri yang dapat berkepanjangan. Kutil kelamin mungkin akan terlihat kecil, namun meski  demikian tetap bisa diobati dengan obat yang dioleskan pada kulit.

Demikian ulasan mengenai pengertian, gejala dan cara mengobati kutil kelamin. Semoga menambah wawasan kita mengenai penyakit kulit. Sekaligus pula menjaga kebersihan area organ kelamin kita.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.