kufur adalah

Di dalam Alquran, dijelaskan banyak kriteria Muslim yang tidak mendapat jaminan surga dari Allah SWT. Salah satunya adalah orang yang kufur. Kufur adalah sikap tidak terpuji yang membuat orang tidak beriman.

Orang yang melakukan hal tersebut juga disebut sebagai orang kafir. Tentu Sedulur tidak ingin masuk dalam golongan tersebut, bukan? Maka dari itu, kamu wajib untuk memahami konsep kufur dan kafir ini secara jelas dan lengkap. Simak informasinya yang sudah terangkum di bawah ini.

BACA JUGA: Arti Tabayyun Dalam Agama Islam Beserta Maknanya

Pengertian kufur secara bahasa

kufur adalah rumaysho
Unsplash

Secara garis besar, kufur adalah perbuatan zalim terhadap Allah. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, kufur adalah tidak percaya kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Selain itu, kufur diartikan sebagai ingkar dan tidak pandai bersyukur.

Bila diartikan dari Bahasa Arab, kufur adalah kafara yang memiliki arti ingkar. Setelah ini, kamu akan tahu arti kufur itikad adalah apa.

Kufur dalam Alquran

Pengertian kufur
Unsplash

Kufur at-tauhid adalah bentuk menolak Allah SWT sebagai Tuhan yang Maha Esa yang disebutkan di Surat Al-Maidah ayat 17 dan 73 yang artinya:

17. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam”. Katakanlah: “Maka siapakah yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?” Kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

73. Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

Kufur al-ni`mah atau mengingkari nikmat adalah orang yang tidak mau bersyukur. Disebutkan di Surat Al-Baqarah ayat 152 yang memiliki arti:

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (la takfurun)

BACA JUGA: Ikhlas Dalam Islam: Pengertian, Ciri, Tingkatan & Contohnya

Hukum kufur

hukum kufur adalah
Unsplash

Karena meragukan dan mengingkari segala keagungan dan nikmat dari Allah, ada hukuman yang akan diterima sebagai ganjaran. Hukum kufur adalah dosa dan akan mendapat azab yang memberatkan seperti yang sudah dijelaskan di beberapa penggalan surat di Alquran.

Surat Ibrahim ayat 7

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Yang membuat seseorang jadi kufur

kufur adalah perbuatan zalim terhadap
Unsplash

Kufur adalah perilaku orang yang mengingkari segala nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Esa. Bukan tanpa sebab, ternyata ada hal yang mendasari seseorang bisa kafir karena mengkufurkan kenikmatan yang ada.

  1. Tidak mengakui adanya Allah yang Maha Esa dan kerasulan Nabi Muhammad SAW
  2. Ucapan dan perbuatannya sangat menyimpang dari syariat Islam
  3. Mengingkari kewajibannya sebagai orang Muslim

BACA JUGA: Arti Hukum Mubah dalam Islam Beserta Contoh dan Dalilnya

Jenis kufur

macam
Unsplash

Kufur besar ialah perbuatan yang disengaja dilakukan tanpa ada paksaan dari pihak lain dan dapat membatalkan keimanan, mengeluarkan pelakunya dari Islam, dan membuatnya menjadi calon penghuni Neraka.

Kufur kecil ialah perbuatan yang tidak melampaui batas kehilangan iman, tetapi dapat mengurangi kesempurnaannya dan tetap dinilai buruk yang layak disiksa di neraka meskipun tidak kekal.

Surat Ibrahim ayat 18:

مَثَلُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ اَعْمَالُهُمْ كَرَمَادِ ِۨاشْتَدَّتْ بِهِ الرِّيْحُ فِيْ يَوْمٍ عَاصِفٍۗ لَا يَقْدِرُوْنَ مِمَّا كَسَبُوْا عَلٰى شَيْءٍ ۗذٰلِكَ هُوَ الضَّلٰلُ الْبَعِيْدُ

Artinya: Perumpamaan orang yang ingkar kepada Tuhannya, perbuatan mereka seperti abu yang ditiup oleh angin keras pada suatu hari yang berangin kencang. Mereka tidak kuasa (mendatangkan manfaat) sama sekali dari apa yang telah mereka usahakan (di dunia). Yang demikian itu adalah kesesatan yang jauh.

Kufur antar manusia

istilah di Alquran
Unsplash
  • Kufur al-inkar adalah mengingkari Allah melalui lisan, tindakan, dan tidak mengenal ketauhidan
  • Kafir al-juhud ialah mengkari Allah dalam hati tetapi tidak mau mengingkarinya dengan lidah
  • Kafir al-mua’nadat adalah mengenal Allah dalam hati, mengakuinya dengan lidah, tetapi tidak mau menjadikan suatu keyakinan
  • Kafir an-nifak adalah mengakui Allah, Rasul, dan ajarannya dengan lidah tetapi mengingkarinya dalam hati

BACA JUGA: Arti Ikhtiar dalam Islam dan Pentingnya Bagi Kehidupan Manusia

Istilah & sebutan kufur lainnya

kufur terhadap suami
Unsplash
  • Kafir adalah syirik dalam bentuk mempersekutukan Allah dengan sesuatu
  • Kafir an-nikmah ialah kufur kepada nikmat Allah
  • Kafir al-irtidat atau murtad adalah kembali kepada kafir sesudah beriman keluar dari Islam
  • Munafik adalah orang yang secara mengaku beriman kepada Allah tetapi hatinya mempunyai maksud lain yang tidak didasari atas iman tersebut dan sudah disebutkan di Surat An-Nisa ayat 145:
    اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ
    Artinya: Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.
  • Musyrik adalah ketika seseorang mempercayai Tuhan selain Allah dan lebih dari satu
  • Muattil juga memiliki arti yang sama seperti atheis yakni tidak mempercayai Tuhan. Menurut pandangan mereka, tidak ada pencipta di dunia ini karena semua terjadi dengan sendirinya.
  • Syirik adalah perbuatan yang menyekutukan Allah yang sangat bertentangan dengan ajaran Islam

Contoh kufur

contoh kufur kecil
Unsplash
  • Membuang Alquran dengan sengaja
  • Bersujud kepada berhala
  • Meninggalkan sholat
  • Tidak melaksanakan puasa
  • Tidak membayar zakat
  • Menghalalkan minuman haram
  • Berjudi
  • Berzina
  • Kufur terhadap suami seperti melawan perintah baik

Setelah memahami apa saja kufur adalah rumaysho mulai dari arti, definisi, hukum, dan contohnya, sangat diharapkan agar Sedulur menjauhi perilaku ini. Mari kita memperbaiki diri agar menjadi Muslim yang baik dan mendapatkan jaminan surga dari Allah SWT.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.