kata pengantar skripsi

Dalam penulisan skripsi, pada bagian awal terdapat bagian kata pengantar yang berisi tentang ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses menyelesaikan skripsi tersebut. Namun, banyak mahasiswa masih bingung untuk memulai dan menemukan cara menulis kata pengantar skripsi yang tepat. 

Perlu Sedulur pahami, jika kata pengantar tidak boleh ditulis terlalu panjang tapi juga tak terlalu pendek. Nah, untuk lebih jelasanya, berikut pengertian, cara membuat dan contoh kata pengantar yang dapat Sedulur pelajari. 

BACA JUGA : Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah, Tugas & Makalah, Lengkap

Pengertian kata pengantar

kata pengantar skripsi
Freepik

Kata pengantar umumnya terletak di bagian awal sebuah karya tulis, baik itu laporan penelitian maupun skripsi. Kata pengantar memuat beberapa bagian penting seperti pembukaan, isi dan penutup.

Selain itu, kata pengantar juga berisi tentang ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan karya ilmiah tersebut. Dalam kata pengantar, penulis juga berharap setiap kritik dan saran yang membangun akan diberikan oleh para pembaca agar karya tulis selanjutnya bisa lebih sempurna dan baik.

Jadi dapat diartikan, kata pengantar adalah halaman ucapan terimakasih yang ditulis oleh penulis atas selesainya penulisan skripsi. Secara garis besar, kata pengantar skripsi juga dapat berisi ucarapan rasa syukur dan penjelasan singkat tentang maksud dari skripsi yang dibuat.

Fungsi kata pengantar

kata pengantar skripsi
Unsplash

Fungsi kata pengantar yaitu untuk mengantarkan pembaca kepada uraian isi dari suatu karya tulis. Kata pengantar juga bermanfanfaat untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang isi karya yang akan dibaca.

Adanya kata pengantar diharapkan memudahkan pembaca untuk memahami isinya karena sudah dikenalkan terlebih dahulu dalam kata pengantar. Tak hanya itu, kata pengantar pada bagian awal suatu karya akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi pembacanya.

BACA JUGA : Narasi adalah: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis & Unsurnya

Struktur kata pengantar

kata pengantar skripsi
Freepik

Berikut struktur kata pengantar yang perlu Sedulur pahami.

1. Bagian pembuka

Pada bagian pembuka, kata pengantar biasanya terdiri dari ungkapan rasa syukur serta terima kasih dari penulis. Ucapan syukur dan terima kasih tersebut ditujukan oleh penulis kepada Tuhan dan juga pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan karya tulis tersebut.

2. Penyampaian isi

Kata pengantar juga memiliki bagian isi. Pada bagian isi, penulis akan menyampaikan sedikit tentang informasi karya tulisnya. seperti kata pengantar dalam karya tulis ilmiah yang karya tulisnya berupa makalah penelitian, berarti isinya berupa  penyampaian gambaran umum dari makalah tersebut.

3. Bagian penutup

Selanjutnya adalah bagian penutup.  Pada bagian ini, biasanya penulis akan menyampaikan permohonan maaf serta permintaan kritik dan saran yang membangun. Permohonan maaf ini ditujukan kepada pembaca karena penulis merasa jika karya tulisnya yang nantinya dibaca itu ternyata di bawah ekspektasi pembaca.

Kemudian penulis juga akan meminta kritik dan saran yang membangun untuk dapat memperbaiki karya tulis selanjutnya yang akan dibuat. Tidak lupa pada bagian akhir, dituliskan tempat dan tanggal penyusunan karya tulis beserta nama penulis/penyusunnya. 

BACA JUGA : 14 Cerita Pendek Lucu yang Dijamin Bikin Ngakak!

Tips membuat kata pengantar

Pixabay

Berikut tips untuk mmebuat kata pengantar yang dapat Sedulur pelajari. 

  • Hindari memasukan ucapan terima kasih kepada terlalu banyak orang. Hal tersebut tidak perlu dilakukan, sebaiknya cukup dipersingkat dengan ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dan tidak perlu disebutkan siapa saja pihak yang bersangkutan.
  • Tulis secara singkat, jelas dan menarik.
  • Hindari penulisan kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang sulit untuk dipahami.
  • Hindari menuliskan kata pengantar dengan kalimat yang terlalu berbelit sehingga kata pengantar menjadi panjang.
  • Hindari menulis kata pengantar dengan bahasa yang tidak formal.
  • Perhatikan struktur kata pengantar dengan benar, seperti pembukaan, isi dan penutup.
  • Hindari menulis kata pengantar menggunakan kalimat-kalimat yang berpotensi menyinggung pihak tertentu.

1. Contoh kata pengantar skripsi singkat

Freepik

Kata Pengantar

Dengan mengucapkan Alhamdulillah segala puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan skripsi yang berjudul “Hubungan Antara Perilaku Merokok Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung” ini dapat diselesaikan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan pada Jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Perjalanan panjang telah penulis lalui dalam rangka menyelesaikan penulisan skripsi ini. Banyak hambatan yang dihadapi dalam penyusunannya, namun berkat kehendak-Nyalah sehingga penulis berhasil menyelesaikan penulisan skripsi ini. Oleh karena itu, dengan penuh kerendahan hati, pada kesempatan ini patutlah kiranya penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  • Prof. Dr. H. Moh Mukri, M.Ag. Selaku Rektor UIN Raden Intan Lampung.
  • Drs. M. Nursalim Malay, M.Si Selaku Ketua ProdiPsikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung.
  • Kepada Bapak Drs. Syaiful Hamali, M.Kom. selaku pembimbing I dan Ibu Iin Yulianti, MA selaku pembimbing II yang telah membimbing penulis dalam penyusunan skripsi ini hingga selesai.
  • Semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan skripsi ini yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

Akhir kata, penulis mengharapkan skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Cikarang, 28 Januari 2021

Penulis

2. Contoh kata pengantar skripsi ilmu komunikasi

Freepik

Kata Pengantar

Dengan mengucapkan segala Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan Rahmad dan Hidayah-Nya, sehingga Penulis dapat menyelesaikan proposal yang berjudul APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE SHOP. 

Penulisan skripsi ini merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana, pada program studi Ilmu Komunikasi,  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Dalam proses penyelesaian skripsi ini, penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak berikut ini :

  1. Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP selaku rektor UPN “Veteran” Jawa Timur.
  2. Dra. Hj.Suparwati,Msi, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Jawa Timur.
  3. Dra. Diana Amalia, M.Si. sebagai dosen pembimbing penulis. terima kasih atas segala bimbingan dan masukannya.
  4. Kedua orangtua dan keluarga yang tak henti-hentinya memberikan dukungan serta doa.
  5. Serta seluruh pihak yang telah membantu dalam proses penulisan skripsi ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Akhir kata, penulis menyadari bahwa penelitian ini jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kritik maupun saran selalu penulis harapkan demi tercapainya hal terbaik dari penelitian ini. Besar harapan penulis, semoga penelitian ini dapat  memberikan manfaat sekaligus menambah pengetahuan bagi berbagai pihak. Amin.

Semarang, 24 Januari 2021

Penulis

BACA JUGA : Pengertian Kalimat Deklaratif Beserta Ciri, Jenis & Contohnya

3. Contoh kata pengantar skripsi

Freepik

Kata Pengantar

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah Swt. atas ridanya saya dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Adapun judul skripsi yang saya ajukan adalah “Judul Skripsi”

Skripsi ini diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan mata kuliah Skripsi di Fakultas (Nama Fakultas) (Nama Universitas). Tidak dapat disangkal bahwa butuh usaha yang keras dalam penyelesaian pengerjaan skripsi ini. Namun, karya ini tidak akan selesai tanpa orang-orang tercinta di sekeliling saya yang mendukung dan membantu. Terima kasih saya sampaikan kepada:

  1. (Nama Rektor) Selaku Rektor (Nama Universitas)
  2. (Nama Dekan) selaku Dekan Fakultas X (Nama Universitas).
  3. (Nama Dosen Pembimbing) selaku Dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan berbagai pengalaman kepada penulis.
  4. Segenap Dosen Fakultas X yang telah mendidik dan memberikan ilmu selama kuliah dan seluruh staf yang selalu sabar melayani segala administrasi selama proses penelitian ini.
  5. Semua pihak yang telah membantu dan tidak dapat disebutkan satu persatu.

Semoga segala kebaikan dan pertolongan semuanya mendapat berkah dari Allah Swt. dan akhirnya saya menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kata sempurna, karena keterbatasan ilmu yang saya miliki. Untuk itu saya dengan kerendahan hati mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak demi membangun laporan penelitian ini.

(Nama Kota), (Tanggal)

Penulis

4. Kata pengantar skripsi Bahasa Inggris

Freepik

 ACKNOWLEDGEMENT

In the Name of Allah, the Most Gracious, the Most Merciful

First of all the writer’s deepest thank To Allah SWT, the lord of the universe an to our prophet Muhammad SAW, may peace and blessing be upon him, his family and his followers.

I would like to express my gratitude to my beloved mother Suzana and my father Johan for eternal pray, love, patience an all supports.

To my supervisor, Eva Laila M.Hum thank you for the great patient and contributions in finishing this thesis. Maay Allah always bless her and her family.

I also would like to express my deepest gratidude to all of my friends especially; Agung, Jeni, Aries, Suryo, Nurul etc. Thank you for always giving inspiration an motivating me to finish this thesis may Allah blesses them all.

Jakarta, August 31st, 2021

The Writer

Artinya:

KATA PENGANTAR

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Pertama-tama penulis panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam dan junjungan kita Nabi Muhammad SAW, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada beliau, keluarga dan para pengikutnya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu saya tercinta Suzana dan ayah saya Johan untuk doa abadi, cinta, kesabaran dan semua dukungan.

Kepada pembimbing saya, Eva Laila M.Hum terima kasih atas kesabaran dan kontribusinya dalam menyelesaikan skripsi ini. Semoga Allah selalu memberkati dia dan keluarganya.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua teman-teman saya terutama; Agung, Jeni, Aries, Suryo, Nurul dll. Terima kasih telah memberikan inspirasi dan motivasi kepada saya untuk menyelesaikan skripsi ini semoga Allah meridhoi mereka semua.

Jakarta, 31 Agustus 2021

Penulis

Contoh 2

ACKNOWLEDGEMENT

The writer extends special thanks to the God for the blessing and grace for the writer, so he can finish this paper on time. Thanks to Madam Widya as the English teacher for who always help her students and give a lot of useful knowlegde.

It is one of the assignments in English subject. It is composed of the explanation of the extrinsic element in a short story. This is not a perfect model so the writer expects the critic and suggestion in order to make it better.

Hopefully this paper can be used as a reference to learn about the extrinsic elements of a short story.

Jakarta, August 31st, 2021

The Writer

Artinya:

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Terima kasih kepada Ibu Widya selaku guru bahasa Inggris yang selalu membantu murid-muridnya dan memberikan banyak ilmu yang bermanfaat.

Itu salah satu tugas mata pelajaran bahasa inggris. Terdiri dari penjelasan unsur ekstrinsik dalam cerpen. Ini bukan model yang sempurna sehingga penulis mengharapkan kritik dan saran untuk membuatnya lebih baik.

Semoga makalah ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mempelajari unsur-unsur ekstrinsik sebuah cerpen.

Jakarta, 31 Agustus 2021

Penulis

Demikianlah penjelasan tentang pengertian kata pengantar, cara membuat dan juga contohnya. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur tidak kebingungan lagi untuk menulis kata pengantar ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.