inspirasi adalah

Inspirasi merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah ilham yang biasanya berbentuk daya cipta atau kreativitas. Inspirasi dapat dirasakan oleh siapa saja, hal ini karena inspirasi adalah ide yang datang pada pikiran manusia.

Inspirasi kehidupan dapat muncul begitu saja saat seseorang sedang diam menyendiri, atau distimulasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti membaca cerita, menonton film, atau berbicara dengan orang lain. Istilah ini sering disamakan dengan motivasi, namun keduanya memiliki perbedaan yang mendasar.

Tertarik mengetahui informasi mengenai cara mendapatkan inspirasi adalah dan contohnya beserta bagaimana perannya dalam kehidupan sehari-hari? Simak artikel berikut ini, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Revisi adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Tahapannya

Pengertian inspirasi adalah

inspirasi adalah
iStock

Inspirasi adalah istilah yang berkaitan dengan alasan seseorang untuk melakukan sesuatu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inspirasi adalah ilham atau imajinasi yang berbentuk daya cipta atau kreativitas. Sedangkan menurut English Collins Dictionary, inspirasi adalah stimulasi atau gairah pikiran dan perasaan yang digunakan untuk aktivitas atau kreativitas khusus yang tidak biasa.

Inspirasi juga dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau kekuatan untuk melatih pengaruh yang menstimulasi kecerdasan atau emosi. Inspirasi mampu mendorong seseorang untuk dapat bersikap positif dan mengubah cara pandang seseorang terhadap kemampuannya sendiri. Tidak hanya itu, istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan keadaan mental dan emosional ketika kesadaran terbuka untuk getaran yang lebih tinggi. Inspirasi ini dapat diaktifkan, ditangkap, dan dimanipulasi serta memiliki pengaruh besar dalam kehidupan.

Inspirasi adalah proses yang terjadi ketika seseorang melihat atau mendengar sesuatu sehingga membuat mereka memiliki ide-ide baru yang menarik atau membuat mereka ingin menciptakan sesuatu. Inspirasi tersebut biasanya muncul dalam bidang seni, musik, atau sastra. Sementara itu, menginspirasi adalah seseorang atau sesuatu yang memberi ide untuk melakukan sesuatu kepada orang lain.

BACA JUGA: Inovatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Manfaat, Karakteristik & Contohnya

Cara mendapatkan inspirasi adalah

inspirasi adalah
iStock

Setiap orang tentunya pernah mendapatkan inspirasi, baik secara alami maupun distimulasi. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan inspirasi dengan melakukan beberapa aktivitas.

  • Membaca. Melalui aktivitas membaca, kita dapat menemukan inspirasi dari sebuah cerita atau sepenggal kalimat saja. Sedulur dapat membaca sesuatu yang menyentuh hati dan pikiran untuk ikut terlibat dalam suasana yang ada. Membaca juga dapat mengingatkan kita bahwa jalan menuju kesuksesan kadang berliku-liku namun sepadan dengan kerja keras yang dilakukan. 
  • Memperluas jaringan sosial. Semakin luas jaringan sosial, maka akan semakin banyak informasi yang akan kita terima. Informasi inilah yang dapat menstimulasi datangnya suatu inspirasi. Menghabiskan waktu dengan orang-orang baru terutama dengan mereka yang terlibat dalam aktivitas yang berbeda akan semakin menambah ide dan wawasan baru.
  • Berolahraga. Melakukan olahraga tentu tidak hanya baik bagi kesehatan fisik. Olahraga juga mampu menstimulasi datangnya inspirasi. Saat kita menggerakkan tubuh, menghirup udara segar, dan berolahraga hingga berkeringat akan membuat pikiran lebih segar dan inspirasi akan cepat masuk ke dalam pikiran. Hal ini karena saat berolahraga, otak kiri akan terpenuhi dengan tugas olahraga, sehingga memungkinkan lebih banyak ide muncul pada otak kanan.
  • Mendengarkan musik. Melakukan aktivitas yang disukai juga dapat memanggil inspirasi untuk datang. Salah satunya adalah mendengarkan musik yang dapat menghasilkan suatu energi positif bagi tubuh. Cara paling mudah untuk mendapatkan inspirasi dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang bagus.
  • Mempelajari kisah orang lain. Inspirasi juga dapat muncul ketika kita mempelajari kisah orang lain. Mempelajari kisah dapat dilakukan dengan menonton film, membaca buku cerita, atau mengamati secara langsung seseorang di tengah ramainya jalanan kota.

Peran inspirasi adalah

inspirasi adalah
iStock

Tidak hanya muncul begitu saja, inspirasi juga memiliki peran yang penting bagi aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa peran inspirasi tersebut.

1. Inspirasi memiliki tiga kualitas utama

Inspirasi memiliki tiga aspek utama, yakni kebangkitan, transendensi, dan motivasi pendekatan. Inspirasi muncul secara spontan tanpa niat yang kadang juga melampaui kepedulian dan keterbatasan. Transendensi semacam itu seringkali melibatkan momen kejelasan dan kesadaran akan kemungkinan-kemungkinan baru. Pada akhirnya, inspirasi akan melibatkan motivasi pendekatan, dimana individu berusaha untuk mengirimkan, mengekspresikan, atau mengaktualisasikan ide atau visi baru.

2. Inspirasi mampu meningkatkan kesejahteraan

Orang yang terinspirasi akan mengalami tingkat pengaruh positif yang lebih tinggi daripada orang yang biasa-biasa saja. Inspirasi akan menjadi berkaitan erat dengan masa depan daripada kepuasan saat ini yang juga terkait dengan kesejahteraan individu.

3. Orang yang terinspirasi memiliki karakteristik tertentu

Terdapat sebuah skala yang dikenal sebagai “Skala Inspirasi” yang digunakan untuk mengukur frekuensi seseorang saat mengalami inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang terinspirasi akan menjadi lebih terbuka dengan pengalaman baru dan akan melaporkan lebih banyak kesibukan dalam tugas mereka. 

Orang yang terinspirasi juga akan melaporkan memiliki dorongan yang lebih kuat untuk menguasai pekerjaan mereka. Oleh karena itu, inspirasi sering dikaitkan dengan penguasaan pekerjaan, optimisme,  penyerapan, kreativitas, harga diri dan kompetensi yang dirasakan.

4. Inspirasi memfasilitasi kemajuan menuju tujuan

Inspirasi akan memfasilitasi seseorang dalam meraih suatu tujuan. Orang-orang yang terinspirasi dalam kehidupan sehari-hari akan cenderung menetapkan tujuan yang kemudian menjadi lebih mungkin untuk dicapai dengan sukses.  

5. Inspirasi adalah batu loncatan untuk kreativitas

Inspirasi juga akan membuat orang yang terinspirasi mampu melihat diri mereka menjadi lebih kreatif. Tidak hanya itu, inspirasi juga akan menunjukkan peningkatan aktual dalam penilaian diri seiring dengan berjalannya waktu. 

6. Inspirasi tidak sama dengan pengaruh positif

Inspirasi melibatkan peningkatan pengaruh positif dan keterlibatan tugas serta pengaruh negatif tingkat rendah jika dibandingkan dengan pengalaman normal dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, inspirasi tidak bisa disamakan dengan pengaruh positif. 

Pengaruh positif merupakan keadaan yang hadir ketika seseorang membuat kemajuan menuju tujuan langsung mereka. Sedangkan inspirasi lebih terkait dengan kebangkitan untuk sesuatu yang baru, lebih baik, atau lebih penting.

BACA JUGA: Moral adalah: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Macamnya

Contoh inspirasi adalah

inspirasi adalah
iStock

Untuk memahami hadirnya suatu inspirasi, berikut adalah beberapa contoh inspirasi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Menemukan ide cerita untuk sebuah novel.
  2. Mendapatkan judul skripsi setelah melihat fenomena sosial di masyarakat.
  3. Mendapatkan topik unik untuk dikembangkan menjadi puisi.
  4. Melakukan aktivitas baru dengan cara yang unik dan menyenangkan.
  5. Mampu mencoba hal baru yang lebih baik setelah sebelumnya gagal.

Perbedaan inspirasi dan motivasi

inspirasi adalah
iStock

Meskipun sering dianggap sama, arti inspirasi dan motivasi tentunya berbeda. Jika motivasi merupakan proses yang mendorong dan mempengaruhi seseorang untuk mencapai apa yang diinginkannya, maka inspirasi merupakan ide-ide kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar.  

Berikut adalah beberapa perbedaan antara inspirasi dengan motivasi.

1. Inspirasi bisa didapatkan dari luar sedangkan motivasi hanya bisa ditemukan dalam diri sendiri

Kita ketahui bersama bahwa inspirasi dapat berasal dari mana saja, seperti buku -buku bacaan favorit, orang-orang terdekat, dan lingkungan sekitar. Hal ini berbeda dengan motivasi yang hanya bisa berasal dari diri sendiri. Diri sendiri merupakan sumber motivasi karena tidak ada satu hal yang dapat membangkitkan motivasi kecuali diri sendiri.

2. Motivasi akan membantu bekerja keras dan inspirasi membantu bekerja secara kreatif

Motivasi tentunya akan mampu membantu seseorang untuk bekerja lebih keras sesuai dengan apa yang diinginkan. Sementara inspirasi akan menghadirkan ide kreatif yang baru yang mampu membantu seseorang bekerja secara kreatif.

3. Motivasi menjadi penyemangat untuk bertindak sedangkan inspirasi menjadi penghubung antara diri dan tindakan

Seseorang dapat melakukan sesuatu hal dengan sebaik mungkin apabila ia memiliki motivasi untuk melakukannya. Sementara seseorang membutuhkan inspirasi untuk menghubungkan antara sesuatu di dalam dirinya dengan setiap kegiatan yang ia lakukan.  

4. Inspirasi menjadi panggilan jiwa agar melakukan sesuatu yang sesuai dengan potensi, sedangkan motivasi adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan baik

Inspirasi akan membuat seseorang terpanggil untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan minatnya. Hal ini berbeda dengan motivasi yang hanya menjadi sebuah motif dibalik setiap hal yang ia lakukan. 

5. Motivasi adalah pendorong dan inspirasi adalah penarik

Jika dipahami lebih jauh, motivasi akan bertindak sebagai dorongan pada seseorang untuk melakukan suatu hal. Sedangkan inspirasi akan bertindak dalam menarik seseorang untuk terus melakukan sesuatu yang sesuai dengan dirinya sendiri.

Sekian informasi mengenai inspirasi beserta cara mendapatkan, peran dalam kehidupan, dan perbedaannya dengan motivasi. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur dalam memahami diri sendiri dan percaya dengan apa yang dimiliki tanpa membandingkan dengan milik orang lain.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.