hubungan internasional

Hubungan internasional adalah relasi bangsa-bangsa satu sama lain dan juga interaksinya terhadap beberapa kelompok tertentu, seperti organisasi internasional, birokrasi, partai-partai politik, dan berbagai kelompok yang berkepentingan lainnya. Dalam definisi lain, hubungan internasional atau international relations berarti hubungan interaksi antar bangsa yang dilakukan secara bilateral, regional, atau multilateral baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Ingin tahu lebih lanjut tentang pengertian hubungan internasional serta tujuan dan manfaatnya? Simak ulasan singkat berikut ini.

BACA JUGA: Pengertian Mitigasi Beserta Tujuan dan Contohnya

Pengertian hubungan internasional

hubungan internasional
Depositphotos

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengertian hubungan internasional secara umum adalah relasi bangsa-bangsa satu sama lain dan juga interaksinya terhadap beberapa kelompok tertentu, seperti organisasi internasional, birokrasi, partai-partai politik, dan berbagai kelompok yang berkepentingan lainnya.

Mengutip dari website University of Wisconsin-Madison, Hubungan Internasional juga dapat berarti sebuah studi yang berusaha mengupas berbagai hubungan interaksi luas dalam lingkup internasional, perilaku lintas batas negara, dan juga bermacam-macam institusi yang terkait (swasta, negara bagian, non-pemerintah, dan antar pemerintah).

Tentunya, terdapat beberapa aktor di dalam hubungan kompleks tersebut. Aktor-aktor dalam hubungan internasional dibagi menjadi dua, aktor negara dan aktor non-negara.

  • Aktor negara – Negara yang memiliki rakyat, wilayah, pemerintahan yang cakap, dan mempunyai kapasitas untuk bergabung dalam pergaulan taraf internasional tersebut.
  • Aktor non-negara – Organisasi internasional antar negara (Perserikatan Bangsa-Bangsa), organisasi internasional antar pemerintah (Uni Eropa), organisasi nirlaba internasional (Greenpeace, World Wildlife Fund, dll.), perusahaan multinasional (Microsoft, Google, HSBC, Unilever, dll.), dan individu.

BACA JUGA: Pengertian Negara Beserta Unsur, Tujuan, Fungsi & Bentuknya

Pengertian hubungan internasional menurut para ahli

hubungan internasional
BBC

1. Prof. Dr. Mohtar Mas’oed

Prof. Dr. Mohtar Mas’oed merupakan salah satu akademisi asal Universitas Gadjah Mada yang sangat berpengaruh pada studi International Relations di Indonesia. Dalam buku karangannya yang berjudul Ilmu Hubungan Internasional: Disiplin dan Metodologi, beliau menjelaskan bahwa international relations adalah sebuah hubungan antar bangsa berdaulat yang kompleks. Dimana pada akhirnya hubungan tersebut akan membutuhkan mekanisme yang lebih rumit ketimbang hubungan antar kelompok pada umumnya.

2. Prof. Dr. Tulus Warsito, M.Si

Prof. Dr. Tulus Warsito, M.Si merupakan Guru Besar Ilmu Politik di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Menurut beliau, International Relations adalah sebuah studi terhadap interaksi dalam politik luar negeri yang berasal dari beberapa pelosok.

3. Hans J. Morgenthau

Hans J. Morgenthau merupakan ilmuwan politik berkebangsaan Jerman-Amerika yang banyak memberikan sumbangsih terhadap studi International Relations. Menurutnya, international relations adalah politik internasional yang melibatkan berbagai macam aktor dari negara maupun non-negara. Politik internasional mencakup analisis dari hubungan politik tersebut dan masalah yang terjadi antar negara.

4. Robert H. Jackson dan Georg Sørensen

Berdasarkan buku karangannya yang berisi dasar-dasar ilmu International Relations, Introduction to International Relations: Theories and Approaches, Robert H. Jackson dan Georg Sørensen mengungkapkan bahwa international relations adalah upaya pemahaman untuk mencari alasan di balik ketersediaan ketidak sediaan nilai-nilai dasar keamanan, kebebasan, ketertiban, keadilan, dan keadilan bagi seluruh masyarakat.

BACA JUGA: Otonomi Daerah: Pengertian, Tujuan, Asas dan Prinsipnya

Tujuan adanya hubungan internasional

hubungan internasional
Depositphotos

Nah, setelah mengetahui tentang pengertian hubungan internasional secara umum dan juga beberapa definisi yang diungkapkan oleh para ahli, saat ini kita akan membahas tentang beberapa tujuannya.

  • Untuk membuka peluang kerja sama dalam aspek ekspor-impor.
  • Untuk memperlancar sebuah hubungan ekonomi bilateral, regional, dan multilateral.
  • Untuk menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di dunia, tanpa memandang latar belakang negara.
  • Untuk memacu dalam pertumbuhan ekonomi setiap negara yang terlibat dalam hubungan tersebut.
  • Untuk menjalin dan meningkatkan kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
  • Untuk menciptakan rasa saling pengertian antar negara serta membina dan menegakkan perdamaian internasional.
  • Untuk memenuhi kebutuhan warga negaranya.

BACA JUGA: Pengertian Analisis Menurut Para Ahli Serta Fungsi & Tujuannya

Manfaat hubungan internasional

Depositphotos

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diambil dari relasi antar negara tersebut.

  • Manfaat ideologi – Untuk mempertahankan kelangsungan hidup bagi negara-negara yang berdaulat di dunia.
  • Manfaat politik – Untuk melaksanakan berbagai kebijakan politik luar negeri. Kebijakan politik luar negeri tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan nasional. 
  • Manfaat ekonomi – Untuk meningkatkan pembangunan ekonomi nasional dan juga internasional.
  • Manfaat sosial dan budaya – Untuk membina dan mengembangkan nilai-nilai sosial dan budaya suatu bangsa. Mencegah ancaman, tantangan, hambatan, gangguan, dan kejahatan internasional terhadap identitas nasional yang dicerminkan lewat sosial dan budaya.
  • Manfaat perdamaian dan keamanan internasional – Untuk memelihara dan memulihkan perdamaian, keamanan, serta stabilitas internasional.
  • Manfaat kemanusiaan – Untuk mencegah dan menanggulangi berbagai bentuk bencana bagi keberlangsungan hidup manusia di seluruh dunia.

Sarana yang dipakai hubungan internasional

Depositphotos

Terdapat beberapa sarana yang dipakai dalam sebuah hubungan internasional, yaitu diplomasi, propaganda, ekonomi, sosial dan budaya, serta kekuatan militer.

Contoh hubungan internasional

Sekretariat Kabinet

Contoh dari hubungan antar bangsa yang diklasifikasikan sebagai hubungan bilateral adalah kerjasama Arab Saudi dan Indonesia dalam pengadaan kuota haji dan umrah setelah dua tahun tertunda oleh pandemi COVID-19.

Di atas merupakan ulasan singkat mengenai hubungan internasional, yang dimulai dari pengertian, tujuan, serta manfaatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.