hikmat maulid nabi

Setiap melaksanakan peringatan lahirannya Nabi Muhammad SAW, selalu ada hikmah Maulid Nabi yang dapat dipetik dan diambil sebagai pelajaran untuk menjalani kehidupan bagi umat muslim yang ada di Indonesia secara khusus.

Peringatan maulid Nabi tahun ini akan jatuh pada 12 Rabiul Awal atau hari kamis pada tanggal 7 – 8 Oktober 2022. Hikmah maulid Nabi tersebut merupakan nilai-nilai yang relevan dan bisa dijadikan sebagai pedoman. Lantas apa saja hikmahnya? Yuk, langsung kita simak di bawah ini!

BACA JUGA: 30 Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk WA Group

Hukum dan ketentuan memperingati Maulid Nabi

Suara

Pada dasarnya, hukum untuk memperingati maulid nabi Muhammad SAW yaitu mubah, bukan sebuah keharusan. Namun isi dari kegiatan maulid tersebut mengandung pahala seperti bershalawat dan lainnya. Hal tersebut berdasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Ahzab ayat 33, yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab: 33).

1. Sholawat untuk Nabi Muhammad SAW

hikmat maulid nabi
Bicara Berita

Hikmah pertama yaitu sebagai sebua momentum untuk mengirimkan sholawat kepada Rasulullah SAW. Dalam peringantan maulid Nabi ini, setiap umat muslim didorong untuk memperbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW.

Hal tersebut disampaikan dalam QS. Al-Ahzab ayat 56, yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (QS. Al-Ahzab: 56)

2. Sebagai waktu untuk bergembira

Republika

Peringatan hari maulid Nabi ini juga harus dirayakan sebagai waktu untuk bergembira bagi umat muslim. Pasalnya, maulid Nabi merupakan momen memperingati hari lahirnya Rasulullah SAW yang merupakan suri tauladan bagi umat Islam.

Sebagai seorang Rasul Allah yang membawa pesan dan kebaikan. Tentu hal tersebut juga harus dirayakan. Hikmah ini tercantum dalam QS. Al-Ahzab ayat 21, yang artinya:

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” (QS. Al-Ahzab: 21).

3. Menumbuhkan kecintaan pada Rasulullah SAW

hikmat maulid nabi
Bincang Syariah

Hikmah maulid nabi juga dapat menjadi momentum untuk meneguhkan kembali rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya. Mencintai Nabi Muhammad juga berarti mencintai Allah SWT.

Dalam surat Ali Imran ayat 31, dijelaskan bahwa syarat untuk mencintai Allah SWT adalah dengan mengikuti Rasulullah SAW. Maka sudah sewajarna dan seharusnya momentum maulid Nabi dijadikan sebagai titik balik untuk mencintai Rasulullah SAW agar dapa mencintai Allah SWT.

4. Bersyukur dengan kehadiran Rasulullah SAW

Suara Merdeka

Salah satu hikmah dari maulid Nabi yaitu rasa syukur atas kehadiran Rasulullah SAW dan keberadaannya dengan membawa Islam ke muka bumi dan membuat seluruh umat manusia yang ada di muka bumi dituntun ke dalam keterangan dan keluar dari kegelapan. Hal ini patut dirayakan sebagai rasa syukur.

5. Meneladani Rasulullah SAW

hikmat maulid nabi
Utusan

Jika maulid Nabi dirayakan hanya sebatas seremonial saja, tidak akan ada hikmah atau pelajaran apapun yang akan didapatkan. Namun, dengan meneladani setiap perilaku dan perbuatan Rasulullah SAW akan menjadikan peringatan maulid Nabi menjadi lebih relevan lagi.

Rasulullah SAW sebagai sahabat, seorang suami, sebagai pemimpin, sebagai pedagang dan sisi lain kehidupan Rasulullah SAW yang bisa dijadikan sebagai tauladan untuk kehidupan umat muslim di setiap zaman dan setiap wilayah yang ada di muka bumi ini.

6. Melanjutkan perjuangan Rasulullah SAW

Jabal Arafah

Hikmat terakhir yang bisa diambil sebagai pelajaran dari peringatan maulid Nabi yaitu untuk melanjutkan perjuangan dan misi Rasulullah SAW dengan senantiasa mengikuti Al-Quran dan As-Sunnah sebagai panduan untuk senantiasa menyempurnakan keislaman.

Dengan begitu, semangat untuk memperjuangkan Islam sebagai rahmatan lil’alamiin dapat terwujud dan terlaksana sehingga memberikan kebaikan bagi setiap umat manusia di seluruh dunia ini.

BACA JUGA: Teks Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW, Lucu dan Singkat

Keutamaan memperingati maulid Nabi

Ayo Bandung

Selain hikmat yang bisa Sedulur rasakan, terdapat juga beberapa keutamaan yang terdapat dalam momentum peringatan maulid Rasulullah SAW. Daftar keutamaan tersebut yaitu:

  • Pujian untuk Allha SWT atas hadirnya Rasulullah SAW. Bahkan dalam hadits Qudsi: “Kalau bukan karena kamu Muhammad, Aku tidak menciptakan alam raya”, bahkan Allah SWT itu menyatakan pentingnya sosok Nabi Muhammad SAW sebagai figur umat manusia.
  • Tholabul ilmi atau peristiwa untuk mengembangkan pengetahuan, mewasiatkan taqwa dan menersukan dakwah yang dapat menghadirkan hikmat.
  • Meneladani Rasulullah SAW, sebagai sosok manusia yang paling sempurna, baik sebagai pemimpin, sahabat, suami, kerabat, hingga pedangang.

Nah itulah tadi pembahasan terkait hikmah maulid Nabi yang dirayakan oleh setiap umat muslim yang ada di dunia ini. Terutama bagi umat muslim di Indonesia yang kaya akan keragaman budaya itu sendiri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.