gas air mata

Akhir-akhir ini, pembahasan mengenai gas air mata mulai ramai terdengar. Meskipun disebut gas, namun bahan yang sering digunakan untuk membubarkan kerumunan orang ini ternyata tidak berbentuk gas, melainkan cairan yang dicampur dengan bahan-bahan lain dan membentuk aerosol.

Gas yang juga biasa disebut sebagai lakrimator ini merupakan salah satu dari kelompok zat yang bisa menyebabkan iritasi pada selaput lendir mata. Kandungan senyawa kimia di dalamnya juga membuat seseorang bisa kehilangan kemampuan dalam melihat, dan kondisi-kondisi lain yang cukup membahayakan.

Nah, apa sebenarnya gas air mata tersebut? Bagaimana bahaya dan efek yang bisa terjadi jika terkena gas ini? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA: Lacto B: Manfaat, Dosis, Efek Samping dan Aturan Pakai

Apa itu gas air mata?

GAS AIR MATA
iStock

Gas air mata merupakan senyawa kimia yang dapat mengiritasi selaput lendir mata. Gas ini juga bisa membuat seseorang kehilangan kemampuan melihat, menyebabkan gangguan pada tenggorokan, iritasi pada mata dan mulut, serta mengganggu kesehatan paru-paru dan kulit.

Meskipun dikenal sebagai gas, namun gas air mata memiliki bentuk asli berupa cairan. Dalam suhu ruang, cairan tersebut akan dicampur dengan bahan-bahan lain sehingga menghasilkan bentuk aerosol. Nantinya, gas ini akan disimpan dalam bentuk granat atau semprotan.

Gas ini berukuran sekitar 10 cm dengan bentuk seperti peluru. Bentuk ini dipilih karena dalam penggunaannya, gas air mata akan ditembakkan melalui pistol pelontar atau tabung. Nah, setelah ditembakkan dan jatuh, partikel-partikel solid akan tersebar ke udara dalam bentuk kepulan asap berwarna putih. 

Sebenarnya, pemanfaatan gas ini dalam upaya pengendalian kerusuhan di Indonesia bisa dipertimbangkan. Namun, harus ada regulasi yang disepakati bersama seluruh lintas sektor agar bisa meminimalisir dampak kesehatan pada orang yang dikenai gas tersebut.

Bahaya gas air mata pada konsentrasi tinggi

GAS AIR MATA
Law Justice

Jika seseorang terpapar gas ini dalam konsentrasi tinggi atau dalam suatu ruangan tertutup, maka bahaya yang ditimbulkan akan sangat besar. Dampak ini bisa muncul dalam hitungan hari, bahkan juga hitungan jam setelah terkena gas ini.

Beberapa bahaya tersebut, antara lain:

  1. Luka bakar pada kornea mata.
  2. Peradangan pada kornea mata.
  3. Pendarahan pada kornea mata.
  4. Penyakit glaukoma atau kerusakan saraf mata.
  5. Robeknya selaput pelindung mata atau konjungtiva.
  6. Timbul penyakit pseudopterigium atau tertutupnya kornea mata oleh konjungtiva. 
  7. Pandangan menjadi kabur atau mengalami katarak karena lensa mata rusak.
  8. Gangguan penglihatan yang bersifat permanen sampai kebutaan.

BACA JUGA: Cataflam: Manfaat, Dosis, Harga, Efek Samping & Aturan Pakai

Efek gas air mata pada mata

GAS AIR MATA
Woman Indonesia

Efek yang bisa terjadi karena gas air mata dapat sangat beragam, bergantung pada jenis zat dan konsentrasinya. Jenis zat yang biasanya digunakan, misalnya chlorobenzylidene malononitrile (CS), dibenzoxazepine (CR), diphenylaminechlororarsine (DM), chloroacetophenone (CN), dan semprotan merica atau Oleoresin capsicum

Efek yang terjadi bisa langsung terasa dalam hitungan detik, menit, dan bahkan ada beberapa kasus yang bertahan dalam hitungan hari. Apa saja efek yang mungkin terjadi? Berikut adalah daftarnya. 

  1. Pandangan menjadi kabur.
  2. Mata terasa panas.
  3. Mata merah dan berair.
  4. Mata menjadi bengkak dan gatal-gatal.
  5. Ada yang sampai mengalami kedutan.
  6. Sesak napas.
  7. Radang tenggorokan.
  8. Gangguan paru-paru.

BACA JUGA: 15 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh & Efek Sampingnya

Cara mengatasi gas air mata

GAS AIR MATA
IDN Times

Guna meredakan efek dari gas ini, seseorang yang baru terpapar zat ini harus melakukan dekontaminasi dengan melakukan irigasi. Caranya adalah dengan membilas mata dengan air bersih, baik menggunakan air mineral atau air yang mengalir. 

Cara ini digunakan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi partikel kimia yang masih tertinggal di jaringan mata. Selain itu, melepas semua aksesoris yang digunakan dan pergi ke tempat yang memiliki udara segar juga dapat meminimalkan risiko buruk dari paparan gas ini.

Demikian informasi mengenai gas air mata beserta efek dan bahayanya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan kewaspadaan Sedulur akan kejadian-kejadian tak terduga di masa mendatang. Tetap berhati-hati, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.