gaji cpns lulusan sma

Berapa kira-kira besaran gaji CPNS lulusan SMA/SMK/Sederajat? Sebelum Sedulur memutuskan untuk mengikuti seleksi CPNS yang akan dibuka oleh pemerintah, informasi seputar gaji tentu perlu Sedulur ketahui. Karena hal tersebut berkaitan dengan pemasukan bulanan yang akan didapatkan.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seputar informasi berapa gaji CPNS lulusan SMA/SMK setiap bulannya. Tentu saja, setiap gaji yang didapatkan dibedakan berdasarkan golongan dan masa kerjanya. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak informasi secara lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Account Executive: Pengertian, Tugas, Gaji & Jenjang Karirnya

Peraturan seputar gaji CPNS

gaji cpns lulusan sma
Sindo News

Pemerintah dalam mengeluarkan anggaran untuk menggaji PNS harus berdasarkan pertauran negara. Pada 8 Maret 2021 yang lalu, terdapat perubahan gaji CPNS lulusan SMA/SMK. PNS dengan status lulusan SMA akan mendapatkan gaji mulai dari Rp 2.022.200 hingga Rp 3.820.000.

Hal tersebut berdasarkan aturan yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Lebih lengkapnya terkait rincian gaji yang diterima, Sedulur bisa simak dalam penjelasan di bawah ini

Gaji pokok CPNS lulusan SMA/SMK

gaji cpns lulusan sma
Jawa Pos

Pemerintah selalu membuka lowongan untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dengan formasi lulusan SMA/SMK. Adapun gaji CPNS lulusan SMA/SMK yang didapatkan berdasarkan golongan dan masa kerjanya yaitu:

  • Golongan II/A, gaji pokok mulai dari Rp 2.022.200-Rp 3.373.600.
  • Golongan II/B, gaji pokok mulai dari Rp 2.208.400-Rp 3.516.300.
  • Golongan II/C, gaji pokok mulai dari Rp 2.301.800-Rp 3.655.000.
  • Golongan II/D, gaji pokok mulai dari Rp 2.399.200-Rp 3.820.000.

Dari sumber lain yang didapatkan, untuk gaji PNS golongan II alias lulusan SMA dan D-III, gaji terendah berada di rentang Rp 2,02 juta hingga Rp 3,37 juta. Sementara itu, gaji tertinggi berada di rentang Rp 2,39 juta hingga Rp 3,82 juta. Informasi ini tidak jauh berbeda dari daftar lengkap di atas.

BACA JUGA: Pengertian Sales Admin Beserta Skill, Tugas & Jenjang Karirnya

PNS merupakan pekerjaan idaman

Okezone

Banyak yang mengakui dan meyakini bahwa PNS merupakan salah satu profesi idaman dan dambaan masyarakat Indonesia. Hal tersebut disebabkan adanya kepastian pendapatan dan tunjangan hari tua ketika masa bakti sebagai PNS selesai.

Dibandingkan dengan bekerja di perusahaan swasta, PNS dianggap lebih stabil dan terikat kontrak dengan masa kerja yang jelas. Intinya adanya kepastian dengan menjadi PNS. Sementara di sisi lain, bekerja sebagai karyawan di perusahaan swasta harus berjibaku dengan ketidakpastiaan.

Terutama ketika kondisi perekonomian negara yang sedang tidak stabil, yang turut mempengaruhi kondisi perusahaan itu sendiri. Berbeda dengan menjadi PNS, kondisi perekonomian tidak turut mempengaruhi pendapatannya serta status kontrak kerjanya.

Kelebihan-kelebihan tersebut yang membuat PNS merupakan profesi dambaan masyarakat Indonesia. Terutama di tengah kondisi perekonomian yang sedang tidak jelas saat ini. Namun bukan berarti pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan tidak baik.

Secara pemasukan, potensi mendapatkan gaji atau upah yang lebih besar justru terbuka lebar jika bekerja di perusahaan swasta. Berbeda dengan menjadi PNS yang gaji dan upahnya diatur oleh Peraturan Pemerintah.

Semua hal tersebut kembali lagi kepada kenyamanan dan keyakinan bekerja. Menjadi PNS dan karyawan di perusahaan swasta sama-sama usaha untuk mendapatkan penghasilan dalam menyambung hidup. Tidak ada pekerjaan yang lebih baik di banding pekerjaan lainnya, selama pekerjaan yang dijalani halal dan membawa kemaslahatan.

Nah itulah informasi terkait gaji CPNS lulusan SMA/SMK. Semoga informasi di atas bisa memperkuat motivasi Sedulur, terutama bagi Sedulur yang memang berniat untuk menjadi PNS dan mengabdi sebagai abdi negara.

 Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.