Font KTP

Apakah Sedulur pernah membutuhkan KTP untuk administrasi di perantauan namun kartu sakti tersebut malah tertinggal di rumah? Tenang, kini Sedulur bisa menggunakan template e-KTP untuk mengatasi masalah tersebut. Sedulur bisa mengeditnya sesuai data diri dengan font KTP dan ukuran yang tepat, lalu mencetaknya seperti versi fotocopy.

Nah, untuk melancarkan trik tersebut, Sedulur tentu saja membutuhkan informasi terkait jenis font KTP yang digunakan dan ukuran yang tepat, bukan? Tepat sekali, berikut adalah artikel yang akan membahas mengenai ukuran dan font KTP beserta teknologi yang ada pada kartu tersebut. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: 5 Cara Menulis Pangkat di Word dengan Mudah dan Cepat

Perbedaan dua font KTP 

font ktp
ISKCON Info

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam kartu ini, terdapat dua jenis font berbeda yang digunakan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Font pada NIK

NIK atau Nomor Induk Kependudukan merupakan nomor identitas yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk. Nomor identitas ini terdiri dari 16 digit dan bersifat tetap seumur hidup. 

Nah, font yang digunakan pada NIK e-KTP merupakan font OCR A Extended yang dipertebal (bold). Font ini merupakan font bawaan atau default yang sudah tersedia pada setiap perangkat komputer. 

2. Font pada identitas

Identitas pada KTP berisi informasi mengenai nama, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, alamat (RT/RW, Kelurahan/Desa, dan Kecamatan), agama, status perkawinan, pekerjaan, kewarganegaraan, dan masa berlaku kartu. 

Pada identitas diri ini, font yang digunakan adalah font Arial dengan huruf kapital. Font ini juga merupakan font bawaan atau default yang secara otomatis ada di setiap perangkat komputer.  

BACA JUGA: Mudah! Cara Mengatasi 503 Service Unavailable di WordPress

Teknologi yang digunakan

font ktp
kompasiana.com

Setelah mengetahui informasi mengenai jenis font KTP yang digunakan, apakah Sedulur sudah tahu mengenai teknologi apa yang digunakan dalam e-KTP?

Ternyata, ada teknologi biometrik dan chip pada kartu identitas ini. Teknologi biometrik ini berfungsi untuk meminimalisir adanya identitas ganda atau kasus pemalsuan KTP. Hal ini karena di dalam kartu tersebut sudah direkam data biometrik berupa dua sidik jari telunjuk, iris mata, dan gambar tanda tangan penduduk.

Semua data tersebut nantinya disimpan dalam sebuah chip yang ditanam pada kartu. Tujuannya adalah sebagai alat penyimpan data secara elektronik dan alat pengamanan data. Baik dalam hal pembacaan data, penyimpanan data, dan transfer data. 

Ukuran KTP pada Microsoft Word

font ktp
Bisnis.com

Selain font KTP, Sedulur juga membutuhkan informasi mengenai ukuran kartu yang tepat untuk membuat versi fotocopy KTP dalam kebutuhan mendesak. Setelah mengunduh template e-KTP di internet, selanjutnya adalah mengedit ukuran template tersebut menggunakan Microsoft Word. 

Rekomendasi ukuran KTP yang bisa Sedulur buat menggunakan Microsoft Word, yaitu:

  • Dalam mm 85,60 x 53.98
  • Dalam cm 8,56 x 5,398
  • Dalam inch 2,12 x 3,38
  • Dalam pixel 323 x 204

Sebagai informasi, KTP Indonesia dibuat berdasarkan ISO 7810 (ID-1). Dari informasi ukuran di atas, Sedulur bisa memilih salah satu saja karena keempatnya akan menghasilkan satu ukuran yang sama. 

BACA JUGA: Cara Mengganti atau Mereset Password di Gmail dengan Mudah!

Cara mengedit ukuran KTP

font ktp
ISKCON Info

Bagaimana cara mengedit ukuran KTP menggunakan Microsoft Word agar bisa mendapatkan versi copy yang sesuai? Berikut adalah langkah-langkahnya. 

  • Buka program Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  • Masukkan gambar template E-KTP yang sudah diunduh pada menu Insert > Image.
  • Klik kanan pada gambar dan pilih Size and Position.
  • Hilangkan tanda centang pada Lock Aspect Ratio dan ubah ukuran Height dan Width sesuai dengan informasi ukuran di atas.
  • Setelah itu, tekan OK dan mulailah mengisi nomor NIK dan indentitas diri menggunakan font yang sesuai.
  • Untuk membuat versi fotocopy secara langsung, copy gambar menjadi beberapa sesuai kebutuhan Sedulur.
  • Selanjutnya, ubah warna menjadi versi fotocopy dengan menekan gambar dan memilih menu Format > Color. 

Tutorial ini dapat Sedulur gunakan untuk berbagai versi Word karena font yang digunakan memang sudah tersedia secara default.

Nah, itulah informasi mengenai jenis font KTP dan ukurannya, beserta teknologi yang digunakan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang membutuhkan dokumen KTP dalam versi fotocopy untuk kebutuhan administrasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.