ekspektasi adalah

Sedulur tentu sudah sering mendengar bahkan menggunakan kata ekspektasi. Ekspektasi adalah arti dari sebuah harapan seseorang yang nantinya akan menjadi kenyataan di masa depan. Sedulur ketahui bahwa ekspektasi dan realita adalah dua hal yang erat kaitannya. 

Lantas apa itu ekspektasi dan bagaimana tips mengeola agar tidak mudah kecewa? Berikut penjelasan tentang ekspektasi adalah dan contohnya yang perlu Sedulur ketahui.

BACA JUGA : Mengenal Makna Sugesti Beserta Bentuk, Jenis & Contohnya

Ekspektasi artinya

ekspektasi adalah
freepik

Secara umum, ekspektasi adalah sebuah harapan atau keyakinan yang ingin menjadi sebuah kenyataan. Ekspektasi erat kaitannya dengan keinginan seseorang untuk mewujudkan suatu keinginannya. Menuruk dari KBBI, ekspektasi adalah keinginan, harapan, impian atau cita-cita.

Menurut Merriam Webster Dictionary, ekspektasi adalah tindakan atau keadaan mengharapkan. Ekspektasi juga diartikan sebagai sesuatu atau keadaan yang diharapkan. Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, ekspektasi lebih merujuk pada perasaan bahwa hal-hal baik akan terjadi di masa depan. Kemudian,  ekspektasi in English yaitu expectation yang artinya adalah harapan.

Pengertian ekspektasi menurut para ahli

ekspektasi adalah
Freepik

Agar Sedulur lebih memahami tentang ekpekstasi, berikut beberapa pengertian ekspektasi dari beberapa ahli yang berkecimpung aktif di bidangnya, yaitu: 

1. Fleming dan Levie

Menurut pendapat Fleming dan Levie (1981), arti ekspektasi adalah segenap keinginan, harapan, dan cita-cita terhadap sesuatu hal yang ingin diraih dengan tingkah laku dan tindakan yang nyata.

2. Boeree

Boeree (2005) berpendapat, arti ekspektasi adalah harapan kesenangan yang tidak konstan, yang timbul dari gagasan tentang sesuatu hal di masa depan.

3. Anderson dan Chambers

Menurut Anderson dan Chambers (1985), pengertian ekspektasi adalah segala sesuatu yang diyakini konsumen tentang apa yang akan didapatkannya terkait dengan suatu kinerja produk atau pelayanan tertentu. Pengertian ini berkaitan dengan konteks produk dalam sebuah bisnis.

4. Sutisna

Menurut pendapat Sutisna (2001), arti ekspektasi yaitu suatu kepercayaan atau keyakinan individual sebelumnya tentang berbagai hal yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.

BACA JUGA : Self Awareness: Pengertian, Manfaat & Cara Membangunnya

Contoh ekspektasi

freepik

Setelah mengetahui beberapa pengertian ekspektasi dari para ahli di atas, untuk melengkapi pemahaman Sedulur dan untuk memudahkan Sedulur memahaminya, berikut ini contoh ekspektasi dalam kehidupan sehari-hari:

Ekspektasi di bidang ekonomi

Ekspektasi di bidang ekonomi adalah sebuah harapan atau prediksi tentang perkembangan ekonomi pada periode waktu yang akan datang. Ekspektasi ekonomi tersebut di antaranya meliputi berbagai macam hal, seperti adanya inflasi, jumlah pengangguran dan juga neraca perdagangan.

Contohnya, Pemerintah Indonesia memiliki ekspektasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 akan berada di angka 6%. Akan tetapi, pada kenyataannya ekspektasi tersebut tidak terealisasi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Ekspektasi ekonomi tidak selalu sesuai dengan harapan atau prediksi. Pertumbuhan ekonomi bisa saja di bawah harapan atau mungkin jauh lebih baik dari yang diprediksikan.

Ekspektasi dalam dunia kerja

Ekspektasi dalam dunia kerja, biasanya dialami oleh perusahaan dan juga karyawan. Ekspektasi kedua pihak keduanya seringkali tidak sesuai dengan kenyataan. Contohnya sebuah perusahaan membuat iklan lowongan kerja posisi manajer dengan kualifikasi tinggi.

Dengan gaji Rp 8 juta perbulan, perusahaan mengharapkan karyawan yang bisa membawahi beberapa divisi. Sebagian besar yang melamar lowongan pekerjaan tersebut ternyata mempunyai ekspektasi gaji lebih dari tawaran perusahaan tersebut.

Untuk itu, agar mendapatkan manajer yang dibutuhkan maka perusahaan memiliki dua opsi, yaitu menurunkan ekspektasinya atau menaikkan gaji sesuai ekspektasi pelamar.

Ekspektasi dalam hubungan manusia

Ekspektasi dalam hubungan manusia serap kali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang mampu melakukan apapun untuk bisa mewujudkan keinginannya, akan tetapi sering yang terjadi tidak sesuai ekspektasinya.

Contoh seperti ketika ada seorang pria yang sedang berusaha mendekati gadis idamannya dengan berbagai cara. Menurut pria tersebut semua upaya yang dilakukannya pada akhirnya akan membuat gadis idamannya luluh. Namun, pada kenyataannya, gadis tersebut justru tidak menyukai dan justru merasa terganggu dengan yang dilakukan sang pria. 

Ekspektasi dalam bidang Pendidikan

Contoh ekspektasi dalam bidang Pendidikan adalah para siswa berharap mendapatkan nilai yang memuaskan ketika ujian. Akan tetapi mereka justru mendapat nilai dengan cukup rendah. Atau mahasiswa yang berharap akan mendapatkan nilai IPK yang sempurna saat kelulusan.

BACA JUGA : Pengertian Slow Living Beserta Cara Penerapan dan Manfaatnya

Tips mengelola ekspektasi

ekspektasi adalah
Freepik

Berikut tips yang mengelola ekspektasi agar tidak mudah kecewa yang dapat Sedulur terapkan, yaitu:

1. Membuat ekspektasi yang realistis

Tips mengelola ekspektasi yang pertama adalah dengan membuat ekspektasi yang realistis. Sesuaikan ekspektasi dengan kondisi yang ada saat ini. Seimbangkan antara perasaan dan logika ketika Sedulur akan memutuskan sesuatu.

2. Tidak menaruh ekspektasi tinggi kepada orang lain

Selanjutnya adalah tidak menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi kepada orang lain. Karena kita tidak bisa mengendalikan orang lain. Ekspektasi tinggi adalah sebuah harapan yang tinggi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. Ekespetasi tinggi inilah yang jika tidak dapat terwujud hanya akan membuat seseorang kecewa. 

3. Selalu memaafkan diri sendiri

Terkadang ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan. Untuk itu, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri karena hal tersebut diluar kendalai kita. Anggap saja bahwa setiap orang mempunyai porsi gagal masing-masing.

Demikianlah penjelasan mengenai ekspektasi dan cara mengelolanya agar tidak mudah kecewa. Ekspektasi adalah arti dari sebuah harapan seseorang yang ingin cita-cita atau keinginannya tercapai di masa depan. Cara untuk mengelola ekspektasi adalah dengan membuat ekspektasi yang tidak terlalu tinggi dan juga selalu realistis

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.