dosa seorang istri

Patut diketahui terdapat beberapa dosa seorang istri terhadap suami. Hal ini bukan berarti suami terlepas dari dosa terhadap istri. Sebagai makmum dalam rumah tangga, istri memiliki kewajiban untuk mengikuti imamnya.

Pernikahan merupakan ibadah yang paling lama, sehidup semati. Bahkan pernikahan juga bisa menyempurnakan sebuah ibadah, setidaknya hal tersebut disampaikan dalam syariat Islam. Namun, sebagai pendamping dan pondasi utama, seorang istri turut memberikan peran terhadap suami.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja dosa seorang istri yang harus diketahui oleh Ibu Super sekalian. Yuk, mari langsung simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Suami Idaman! 6 Ciri Family Man yang Harus Kamu Tahu

1. Menentang perintah suami

iStock

Dosa seorang istri yang pertama yaitu menentang perintah suami. Karena salah satu kewajiban istri adalah patuh terhadap suami, jika istri menentangnya, maka dosa adalah imbalannya.

Oleh karena itu, apabila seorang istri bertindak semena-mena bahkan sampai menetang perintah suaminya, maka istri tersebut telah berdosa. Sebab, menentang perintah suami termasuk sebagai dosa besar bagi sang istri.

2. Tidak menemani suami tidur

dosa seorang istri
iStock

Sepasang suami istri juga senantiasa diwajibkan untuk selalu tidur bersama selama situasi dan kondisi masih memungkinkan. Dengan kata lain, seorang istri yang ingin tidur sendiri atau tidur bersama anak-anak, wajib meminta izin pada suami terlebih dahulu.

3. Menolak ajakan suami

iStock

Menolak ajakan suami, terutama dalam berhubungan intim, merupakan sebuah dosa bagi istri. Berhubungan intim juga merupakan cara untuk mendapatkan keturunan. Jika seorang suami menginginkannya, maka istri harus memenuhinya.

Namun tetap harus diingat bahwa seorang istri memiliki hak untuk menolak ajakan suami untuk berhubungan badan apabila si istri tersebut sedang sakit, nifas, haid, atau sedang dalam udzur lainnya.

4. Menjerumuskan suami

dosa seorang istri
iStock

Bukan hanya harus patuh dan menghormati suami, seorang istri juga harus mempu menjaga suami. Seorang istri dianjurkan untuk mengingatkan suami untuk selalu berbuat kebaikan dan berada di jalan Allah SWT.

Bila seorang istri gagal melaksanakan hal tersebut, bahkan menjerumuskan suaminya melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT, maka ia telah berbuat dosa besar. Hal ini dipercaya akan mengantarkan mereka berdua ke neraka.

5. Memberatkan beban suami

iStock

Kewajiban utama suami dalam rumah tangga adalah mencari rezeki dan memberi nafkah yang halal bagi keluarganya. Namun, Allah SWT memiliki ketetapannya sendiri, sehingga seringkali suami gagal memenuhi kebutuhan keluarga.

Apabila ini terjadi, sebaiknya istri tetap mendukung suami dan tidak memaksanya untuk bekerja lebih keras. Sebab, memberatkan beban suami dalam mencari nafkah termasuk sebagai dosa besar istri dan dilarang Allah SWT.

6. Tidak merawat dan mengurus suami

dosa seorang istri
iStock

Hubungan suami istri yang saling mencintai dan melindungi harus dilaksanakan setiap saat, baik suka maupun duka. Oleh karena itu, seorang istri wajib merawat dan mengurus suami. Mulai dari mengurus keperluannya sehari-hari.

Keperluan untuk berangkat kerja, kebutuhan makan dan lain sebagainya merupakan kewajiban seorang istri. Selain itu, seorang istri juga wajib merawat suami, terutama ketika suami sedang sakit. Bukan hanya saat suka saja, ketika duka karena sebuah penyakit, seorang istri harus turut merawat istri.

Jika seorang istri tidak merawat suami, terutama ketika sedang sakit, bahkan seorang istri lebih memilih melakukan hal lain, maka istri tersebut akan mendapatkan sebuah dosa.

7. Keluar rumah tanpa seizin suami

iStock

Seorang istri akan berdosa kepada suami jika istri tersebut keluar rumah tanpa seizin suami. Perkara keluar rumah tanpa seizin suami seringkali dianggap sepeli, namun hal ini merupakan sebuah dosa besar yang bisa didapatkan seorang istri.

Dalam Islam, istri adalah pendamping suami dan bertanggung jawab mengurus rumah tangga. Jadi ketika pergi, istri wajib seizin suami.

8. Tidak menghormati keluarga suami

dosa seorang istri
iStock

Akan menjadi dosa besar bagi seorang istri, jika dirinya tidak menghormati keluarga suami. Bahkan cenderungi memusuhi dan tidak menyukai keluarga suami. Terutama jika hal ini menjadi awal bagi tindakan seperti menjauhkan suami dari keluarganya.

Ketika menikah, istri berkewajiban kepada suami dan tidak sepenuhnya berkewajiban kepada keluarga. Berbeda dengan suami, ketika suami menikah, kewajibannya kepada keluarganya merupakan yang utama. Maka jika seorang istri melakukan hal ini, itu merupakan sebuah dosa besar.

9. Bersentuhan dengan lelaki lain

iStock

Bersentuhan dengan lelaki lain juga merupakan sebuah dosa besar bagi istri. Seorang istri hanya halal bagi suaminya, istri merupakan milik suami, hal ini menjadikannya seorang istri haram disentuh oleh lelaki lain.

Oleh karena itu, istri yang saleh adalah ia yang mampu memelihara diri meskipun sedang jauh dari suaminya. Sebaliknya, bila istri tidak menolah saat disentuh lelaki lain, maka sesungguhnya ia telah berbuat dosa terhadap suaminya

10. Menaati perintah selain dari suami

dosa seorang istri
iStock

Suatu hal yang menjadi dosa istri kepada suami yaitu ketika istri menaati perintah selain dari suami yang ada di dalam rumah. Ketika akad telah dibacakan, seorang istri sepenuhnya berada dibawah arahan suami. Pun kepada orangtua istri, istri harus terlebih dahulu meminta izin dari suami.

Karena izin suami merupakan hal yang paling utama harus ditaati oleh seorang istri. Ketika istri menaati perintah selain dari suami, hal tersebut merupakan sebuah dosa bagi istri.

11. Menuntut kesempuranaan dari suami

iStock

Dosa selanjutnya yang didapatkan seorang istri yaitu dengan menuntut dan meminta kesempurnaan kepada suami. Apabila istri terus menerus menuntut kesempurnaan dalam kehidupan rumah tangga, maka seorang istri tersebut akan dapat peringatan dari Allah.

Peringatan dari Allah bisa dalam bentuk penyakit hingga azab. Tentu hal tersebut tidak diinginkan, maka dari itu berperilaku baik kepada suami sesuai dengan aturan hukum dan agama merupakan hal yang tepat.

12. Puasa sunnah tanpa izin suami

dosa seorang istri
iStock

Ibadah puasa sunnah memang memberikan kebaikan. Namun, jika puasa dijalankan tanpa seizin suami, hal ini bisa menjadi sebuah dosa bagi istri. Pasalnya, saat berpuasa, istri pasti akan menolak ajakan suami untuk berhubungan intim.

Penolakan tersebut bisa membuat seorang istri berdosa. Perihal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadits, yaitu:

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “siapa saja istri berpuasa (sunah) tanpa izin suaminya, lalu suaminya mengajak bercampur, tetapi ia menolaknya (karena sedang berpuasa), maka Allah tetapkan ia berbuat tiga dosa besar.” (HR. Thayalisi).

Maka dari itu, seorang istri harus dan wajib meminta izin kepada suami ketika hendak berpuasa sunnah. Hal ini agar suami juga menahan diri untuk tidak mengajak melakukan hubungan intim, sehingga tidak ada penolakan yang muncul.

BACA JUGA: 6 Gaya Hubungan Suami Istri yang Dilarang Agama Islam!

Istri merupakan cerminan suami

iStock

Seorang istri merupakan cerminan suami, maka dari itu setiap tingkah lagi istri harus dijaga karena bisa menjadi cerminan suami. Pandangan buruk terhadap seorang istri di luar, hal tersebut turut menjadi referensi seseorang tentang suaminya.

Begitupun sebaliknya, seorang suami menjadi cerminan bagi istrinya. Maka sebagai pasangan penting untuk saling menjaga tingkah laku, etika dan tata krama ketika di luar rumah. Mulai dari sikap, tindakan hingga ucapan.

Agar setiap sikap, tindakan dan ucapan yang keluar merupakan sesuatu yang baik dan dapat mempengaruhi hubungan dan keharmonisan rumah tangga itu sendiri.

Nah itulah tadi penjelasan terkait dosa seorang istri terhadap suami. Istri merupakan cerminan suami, seorang istri sudah sepatutnya mengikuti setiap perintah dan permintaan dari suami itu sendiri. Dengan begitu, dapat terwujud sebuah rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warrohmah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.