Berikut bacaan doa sebelum wudhu atau niat berwudhu yang bisa Sedulur hafal agar tubuh bisa suci dan bersih sebelum beribadah.

Berdoa sebelum melakukan kegiatan ibadah dalam Islam merupakan salah satu hal yang wajib, agar ibadah yang dilakukan bisa semakin berkah dan diterima oleh Allah SWT, tentu saja bagi kita yang melakukannya akan mendapatkan pahala. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas doa sebelum wudhu latin.

Bukan hanya doa sebelum wudhu, namun juga akan membahas doa setelah wudhu pendek dan juga membahas tata cara dari wudhu itu sendiri. Karena bacaan doa wudhu, tentu saja bukan hanya doa sebelum wudhu saja. Namun ada beberapa bacaan doa wudhu lainnya yang dianjurkan dan sesuai sunnah.

Namun, sebelum mulai masuk pembahasan bacaan doa sebelum wudhu, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu seperti apa dalil berwudhu atau bersuci sebelum beribada dan sholat. Baru setelah itu kita masuk pembahasaan bacaan doa sebelum wudhu dan setelah wudhu. Yuk mari kita mulai dengan penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: 6 Rukun Wudhu Mulai Dari Niat Hingga Tata Tertibnya Buat Anak

Dalil Berwudhu atau Bersuci Sebelum Sholat

Dalil Berwudhu atau Bersuci Sebelum Sholat
wajibbaca.com

Sebelum membahas doa sebelum wudhu dan artinya, Superapp.id akan membahas terlebih dahulu dalil untuk bersuci sebelum mengerjakan sholat atau ibadah lainnya. Dalil berwudhu itu sendiri adalah berdasarkan Q.S Al Maidah, ayat 6, yaitu:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Maidah: 6)

Setelah mengetahui dalil terkait wudhu, mari langsung kita bahas bacaan doa wudhu dan artinya di bawah ini.

Doa Sebelum Wudhu atau Niat Wudhu

Doa Sebelum Wudhu atau Niat Wudhu
islampos.com

Berikut ini merupakan bacaan doa sebelum wudhu sesuai sunnah yang dianjurkan dibaca oleh setiap umat muslim sebelum melakukan sholat. Bacaan doa sebelum wudhu yang dimaksud adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

“Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Arti Doa Sebelum Berwudhu atau Niat Wudhu

Arti Doa Sebelum Berwudhu atau Niat Wudhu
tribunnews.com

Arti dari bacaan doa sebelum wudhu di atas adalah: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala.”

Arti doa sebelum wudhu di atas menunjukan betapa segala sesuatu kegiatan beribadah dalam Islam harus disertai dengan niat sebagai bukti kesungguhan dalam menjalankan ibadah. Selanjutnya Sedulur bisa melakukan ibadah, dalam hal ini ibadah sholat, dengan khusyu.

Baca Juga: Sholat Hajat: Niat, Tata Cara, Doa & Waktu Mustajab

Doa Setelah Wudhu

Doa Setelah Wudhu
bincangsyariah.com

Setelah mengetahui doa sebelum wudhu, Sedulur juga wajib mengatahui bacaan doa sesudah wudhu yang lengkap. Berikut doa sesudah wudhu yang bisa Sedulur baca:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiin.

Arti Doa Setelah Wudhu

Arti Doa Setelah Wudhu
inhilsnews.com

Arti dari doa setelah wudhu yang shahih di atas adalah: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Tata Cara Berwudhu

Tata Cara Berwudhu
asysyariah.com

Tidak akan sempurna wudhu jika Sedulur hanya mengetahui bacaan doanya saja, baik itu doa sebelum wudhu atau sesudahnya. Sedulur juga wajib mengetahui tata cara berwudhu, atau rukun berwudhu. Apa artinya rukun wudhu? Rukun terkait wudhu atau tata cara wudhu merupakan rangkaian yang harus Sedulur lakukan dalam melakukan wudhu.

Tata cara wudhu dimulai dari membaca bismillah, membaca niat dan melakukan rangkaian proses berwudhu. Sebenarnya,rukun wudhu ada 13, mulai dari membaca niat hingga muwaalat. Hal tersebut juga jika dirunut secara satu per satu. Banyak penjelasan yang telah membahas terkait rukun berwudhu. Berikut ini adalah langkah dan urutan berwudhu yang bisa Sedulur lakukan untuk bersuci sebelum melakukan ibadah:

Membaca niat doa wudhu.

  • Membaca bismillah sambil mencuci kedua tangan sampai pergelangan tangan sebanyak tiga kali.
  • Kumur-kumur sebanyak tiga kali.
  • Membersihkan lubang hidung sebanyak tiga kali.
  • Membasuh muka dari tumbuhnya rambut hingga dagu sebanyak tiga kali.
  • Membasuh kedua tangan sampai siku sebanyak tiga kali.
  • Mengusap sebagian rambut kepala sebanyak tiga kali.
  • Membasuh kedua telinga sebanyak tiga kali.
  • Mencuci kaki sebanyak tiga kali.
  • Membaca doa setelah wudhu.

Sekian penjelasan terkait doa sebelum wudhu, doa sesudah wudhu dan juga panduan wudhu secara lengkap. Semoga Sedulur bisa mendapatkan pahala dari segala kegiatan yang berkaitan dengan ibadah. Sesungguhnya segala sesuatu jika dimulai dengan niat dan membaca doa akan memberikan keberkahan dan manfaat dari yang dilakukan.

Sebagai bagian dari ibadah, berdoa tentunya dapat mendatangkan pahala bagi yang membacanya. Tidak terkecuali doa dalam berwudhu seperti yang telah dijelaskan di atas. Berdoa sebelum dan setelah wudhu sangat dianjurkan untuk dibaca. Agar wudhu dapat menyucikan diri sebelum masuk ibadah utama yaitu sholat.

Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.