contoh proposal pengajuan dana

Saat akan menyelenggarakan suatu kegiatan, Sedulur biasanya akan mengajukan proposal permohonan dana kepada pihak tertentu. Dalam hal ini, penting bagi Sedulur untuk mengetahui contoh proposal pengajuan dana. Dengan demikian Sedulur dapat membuat proposal yang baik.

Proposal pengajuan dana sendiri umumnya terdiri atas halaman judul, latar belakang, tujuan kegiatan, rincian kegiatan, dan tentu saja rincian dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh tentang proposal pengajuan dana dan cara membuatnya, berikut sudah Super rangkum informasi selengkapnya beserta contoh-contoh proposal untuk berbagai kegiatan dan organisasi.

BACA JUGA: Pengertian Proposal: Jenis, Tujuan, Fungsi & Cara Membuatnya

Apa itu proposal pengajuan dana?

contoh proposal pengajuan dana
Freepik

Sebelum menyimak contoh-contoh proposal pengajuan dana, ada baiknya Sedulur memahami pengertian proposal terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, pengertian proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Sementara, proposal pengajuan dana dapat dipahami sebagai rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja dengan tujuan untuk mengajukan dana. Dengan kata lain, proposal pengajuan dana adalah dokumen yang berisikan permohonan dana kepada pihak-pihak tertentu. Proposal pengajuan dana sendiri juga kerap disebut sebagai proposal sponsorship. 

Tujuan dan fungsi proposal

contoh proposal pengajuan dana
Freepik

Dikutip dari laman UNY, tujuan pembuatan proposal secara umum adalah untuk memperoleh bantuan dana, dukungan atau sponsor, dan perizinan. Sedangkan fungsi proposal pengajuan dana dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. pengajuan dana kepada pihak pemilik dana yang meliputi perorangan, badan usaha, institusi, atau perusahaan
  2. sebagai data manajemen informasi dalam mengadakan acara
  3. pengajuan kredit kepada bank
  4. pengajuan tender dari lembaga pemerintah atau swasta

BACA JUGA: Bagian bagian Proposal Beserta Unsur-unsur & Fungsinya

Struktur proposal pengajuan dana

contoh proposal pengajuan dana
Freepik

Proposal pengajuan dana merupakan dokumen formal atau resmi yang disusun dengan struktur tertentu. Secara umum proposal pengajuan dana atau sponsorship terdiri atas tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, isi proposal, dan penutup.

Lebih jauh dapat diuraikan unsur-unsur proposal sponsorship sebagai berikut.

  1. Halaman judul
  2. Latar belakang kegiatan
  3. Maksud dan tujuan
  4. Sasaran kegiatan
  5. Lokasi dan jadwal kegiatan
  6. Anggaran atau rincian biaya
  7. Susunan panitia
  8. Penutup

Unsur-unsur proposal di atas tidak bersifat mutlak harus ada. Melainkan dapat disesuaikan dengan kondisi organisasi maupun kegiatan yang akan diselenggarakan. Namun, karena tujuan utama pembuatan proposal ini adalah untuk mengajukan permohonan dana, penting bagi Sedulur untuk dapat menjelaskan kegiatan yang akan diselenggarakan dan besar anggaran yang diperlukan. Selain itu, informasi yang jelas mengenai organisasi dan siapa saja yang terlibat dalam kegiatan itu juga dapat menjadi bahan pertimbangan pihak sponsor dalam memberikan bantuan dana.

BACA JUGA: Ini Contoh Proposal Usaha atau Bisnis yang Benar Bagi Investor

Contoh proposal

Untuk lebih memahami tentang proposal pengajuan dana, Sedulur dapat menyimak contoh-contohnya berikut ini. Contoh proposal berikut juga bisa menjadi referensi bagi Sedulur dalam menyusun proposal kegiatan.

1. Contoh proposal pengajuan dana karang taruna

Freepik

Proposal Kegiatan Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia

1. Latar Belakang

Latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Semangat kemerdekaan ini harus terus ditanamkan kepada setiap individu demi terciptanya Indonesia yang maju dan sejahtera, dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, menjadikan kita manusia-manusia yang mempunyai moral, mempunyai rasa tanggung jawab untuk menjaga kutuhan bangsa.

2. Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah:

  • Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan.
  • Menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan dan kekeluargaan.
  • Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi tanah air Indonesia Raya.
  • Meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa pejuang kemerdekaan dan nasional dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.
  • Meningkatkan jiwa sportifitas dalam meraih prestasi.
  • Untuk mendorong rasa bangga dan cinta tanah air.

3. Tema Kegiatan

“Mewujudkan SDM Unggul untuk Indonesia Maju dengan Semangat Nasionalisme Mengedepankan Kreatifitas dan Sportifitas”

4. Sasaran Kegiatan

Warga di lingkungan RT 2 RW 2 dari kalangan anak-anak, remaja dan dewasa.

5. Jenis Kegiatan

Pertandingan sepak bola

6. Waktu dan Tempat

  • Hari dan Tanggal : Minggu, 21 Agustus 2022
  • Tempat : Lapangan Tanah Merah Desa Lelean Nono

7. Susunan Kepanitiaan

Terlampir

8. Rencana Anggaran Biaya

Peralatan Lomba : Rp.750.000

Hadiah : Rp.2.500.000

Panggung dan Sound System : Rp.850.000

Banner : Rp.250.000

Konsumsi : Rp.1.500.000

Kaos : Rp.1.500.000

Total : Rp.7.350.000

9. Penutup

Demikian proposal ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas rencana kegiatan ini. Kami selaku panitia, memohon dukungan baik moral maupun materi demi kelancaran acara ini. Ssemoga apa yang kita usahakan ini menjadi amal sholih yang diiringi keikhlasan sehingga berbuah pahala dari Allah Swt. Terima kasih.

2. Contoh proposal pengajuan dana kegiatan

Freepik

Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Festival Sastra

A. Latar Belakang Kegiatan

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara yang sudah diatur di dalam undang-undang, yakni Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara. Di tengah keragaman bahasa di Indonesia, bahasa Indonesia menjadi jembatan komunikasi bagi masyarakat.

Jauh sebelum Indonesia merdeka, bahasa Indonesia sudah diakui oleh kaum muda dan para pejuang melalui Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Di era kemerdekaan, sudah sewajarnya masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda menjunjung tinggi bahasa negara yaitu bahasa Indonesia. Sayangnya, seiring dengan meningkatnya modernisasi dan globalisasi, penggunaan bahasa Indonesia mulai memudar. Anak-anak muda tak lagi bangga menggunakan bahasa Indonesia.

Sebaliknya, kaum muda justru lebih senang menggunakan bahasa asing dalam percakapan sehari-hari. Akibatnya, mereka menjadi kesulitan ketika diminta untuk membuat teks dengan memperhatikan kaidah kebahasaan yang benar. Kondisi ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Kaum muda sebagai generasi penerus harus mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, khususnya dalam ragam formal.

Oleh karena itu, untuk memperingati Bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober, OSIS SMA 12 Jakarta ingin mengadakan kegiatan bernama Festival Sastra yang terdiri atas serangkaian perlombaan. Lomba-lomba ini diharapkan bisa menambah kebanggaan dan rasa cinta terhadap bahasa Indonesia.

B. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan Festival Sastra adalah sebagai berikut.

  • Menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap Bahasa Indonesia
  • Mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
  • Menumbuhkan semangat berkompetisi di antara siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia

C. Nama Kegiatan

Nama kegiatan yang diadakan OSIS SMA 12 Jakarta Periode 2020/2021 adalah Festival Sastra dengan tema “Maju Bahasaku, Maju Indonesiaku.”

D. Rincian Kegiatan

  1. Jenis Lomba
  • Lomba menulis cerpen
  • Lomba menulis puisi
  • Lomba menulis naskah pidato
  1. Persyaratan dan Ketentuan Lomba
  • Peserta lomba adalah siswa-siswi SMA 12 Jakarta
  • Lomba cerpen: tema tentang bahasa, minimal 1.000 kata, diketik dengan format font Arial, ukuran huruf 11, dan margin standar.
  • Lomba puisi: tema tentang bahasa, minimal satu halaman, diketik dengan format font Arial, ukuran huruf 11, dan margin standar.
  • Lomba menulis naskah pidato: tema tentang mencintai bahasa Indonesia, diketik dengan format font Arial, ukuran huruf 11, dan margin standar.
  1. Pendaftaran

Pendaftaran dibuka mulai 3 – 14 Oktober 2022

  1. Juri

Juri adalah guru bahasa Indonesia di SMA 12 Jakarta dan beberapa alumni yang menempuh pendidikan di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

E. Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu kegiatan: Sabtu, 15 Oktober 2022, pukul 09.00 – 15.00 WIB

Tempat kegiatan: Aula SMA 12 Jakarta

F. Susunan Panitia

terlampir

G. Susunan Acara

terlampir

H. Anggaran Dana

terlampir

I. Penutup

Demikian adalah proposal pengajuan dana untuk acara Festival Sastra dalam rangka peringatan bulan bahasa yang diadakan oleh OSIS SMA 12 Jakarta periode 2022/2023. Acara ini diharapkan bisa meningkatkan kebanggaan dan kecintaan siswa dan seluruh warga SMA 12 Jakarta terhadap bahasa Indonesia. Kami juga berharap seluruh warga SMA 12 Jakarta bisa ikut serta mensukseskan acara ini. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu guru, kami mengucapkan terima kasih.

3. Contoh proposal pengajuan dana ke perusahaan

contoh proposal pengajuan dana
Freepik

Proposal Pengajuan Dana ke PT Biofarma

  1. Latar Belakang

Sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Bandung, Teras Cihampelas memiliki daya tarik baik bagi pembeli maupun penjual. Salah satu daya tarik yang ditawarkan adalah banyaknya pelaku usaha yang menawarkan berbagai macam produk seperti kaos souvenir, tas, dan ragam oleh-oleh khas Bandung lainnya.

Banyaknya pelaku usaha yang berlomba-lomba menarik konsumen membuat pelaku usaha lain meredup dan harus berinovasi. Namun tak sedikit pelaku usaha yang mengalami kendala berupa modal usaha yang terbatas. Oleh karena itu, melalui proposal ini kami mengajukan permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha di Teras Cihampelas.

  1. Maksud dan Tujuan

Pengajuan permohonan bantuan dana untuk mengembangkan usaha di Teras Cihampelas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup bagi anggota keluarga.

  1. Deskripsi Usaha

Jenis usaha yang kami ajukan untuk bantuan modal adalah Usaha Mie Kocok Bandung. Pemilihan ide bisnis ini dikarenakan belum ditemukan banyak pedagang serupa di tempat kami berjualan. Selain itu, usaha mie kocok tersebut juga dapat ditunjang dengan produk minuman seperti air mineral, kopi, dan lain-lain.

  1. Anggaran Dana

Terlampir

  1. Penutup

Besar harapan kami agar permohonan ini dapat dipertimbangkan untuk kemudian direalisasikan. Semoga niat dan usaha baik ini mendapat kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

4. Contoh proposal pengajuan dana ke bupati

Freepik

Proposal Renovasi Pondok/Musala Nurul Huda

1. Pendahuluan

Di era globalisasi ini, masyarakat secara umum dan kaum muslimin semakin jauh dari norma agama dan mementingkan kepentingan diri sendiri. Tapi masih banyak juga kaum muslimin yang senantiasa taat pada norma agama, mereka memenuhi tempat ibadah ketika menjalankan perintahNya.

Di salah satu tempat ibadah tersebut adalah pondok/musala Nurul Huda. Di saat kaum muslimin akan melaksanakan kewajiban di musala tersebut, maka membutuhkan tempat untuk mensucikan diri (wudu) sebelum melaksanakan salat. Tapi karena bangunan untuk bersuci saat ini tidak memenuhi syarat, maka tempat tersebut sangat perlu untuk direnovasi demi kesucian sebelum menegakkan salat.

2. Latar Belakang Musala

Nama musala: Nurul Huda

Alamat: Dk. Penggung RT. 02 RW. 07 Gemiring Lor Nalurnsari Jepara

Luas bangunan: ± 150 m2

Jumlah jemaah: ± 40 kepala keluarga

Kegiatan:

  • salat berjamaah 5 waktu
  • tahlilan tiap malam Jumat
  • belajar mengaji setiap selesai salat magrib
  • kajian keagamaan remaja

3. Tujuan

1. Meningkatkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.

2. Meningkatkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.

3. Menumbuhkembangkan rnasyarakat dalam bersosial agama.

4. Memupuk kebersamaan antara sesama masyarakat.

4. Rencana Anggaran

Terlampir

5. Susunan Panitia

Terlampir

6. Penutup

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami Bapak Bupati Jepara berkenan memberikan bantuan dana. Semoga Allah Swt. senantiasa meridloi langkah dan aktivitas kita.

5. Proposal pengajuan dana sponsor

liputan6.com

Berikut adalah contoh proposal pengajuan dana sponsor dari kegiatan “Diskusi dan Bedah Film Parasite.”

A. Latar Belakang

Kemajuan teknologi memberikan banyak perubahan di dunia perfilman. Beberapa waktu lalu, film yang berasal dari Korea Selatan dengan judul Parasite berhasil menggemparkan dunia.

Film yang disutradarai oleh Bong Joon Ho itu mendapatkan puluhan penghargaan dari berbagai ajang bergengsi. Ide cerita yang menarik dibungkus dengan sinematografi yang apik membuat film ini memberikan kesan yang dalam bagi penonton dan juga kritikus film.

Berdasarkan hal tersebut, SMK Multimedia Super ingin mengkaji lebih dalam terkait film Parasite. Acara Diskusi dan Bedah film ini diharapkan bisa membuka wawasan siswa-siswi SMK Multimedia Super dan juga siswa-siswi dari sekolah lainnya yang tertarik dengan dunia sinematografi.

B. Tujuan

Acara diskusi dan bedah film Parasite bertujuan untuk:

  • Menumbuhkan semangat siswa-siswi untuk belajar.
  • Mempelajari sinematografi secara lebih dalam melalui film “Parasite” yang sudah mendapatkan puluhan penghargaan bergengsi.
  • Memotivasi siswa SMK multimedia se-Jakarta untuk bisa membuat karya film yang bagus.
  • Membangun semangat para siswa untuk menghidupkan kembali dunia perfilman di Indonesia.

C. Sasaran Kegiatan

Diskusi dan bedah film ini tidak hanya ditujukan untuk siswa-siswa SMK Multimedia Super. Kami juga mengundang SMK se-Jakarta yang memiliki jurusan multimedia.

D. Rincian Kegiatan

Nama: Diskusi dan Bedah Film Parasite

Tanggal: Sabtu, 13 Agustus 2022

Waktu: 08.00 – 12.00 WIB

Tempat: Aula Besar SMK Multimedia Super, Jakarta

Pembicara: Angga Dwimas Sasongko

E. Susunan Panitia

Terlampir

F. Jadwal Kegiatan

Terlampir

G. Rincian Dana

Terlampir

H. Ketentuan Sponsorship

Ketentuan kerja sama adalah sebagai berikut.

  • Mitra yang ingin menjadi sponsor harap menghubungi panitia terlebih dahulu sebelum dan sesudah menyalurkan dana.
  • Dana dikirim melalui nomor rekening panitia yang dicantumkan dalam proposal.
  • Hal-hal yang belum ditentukan di proposal ini bisa dibicarakan dan disepakati bersama oleh kedua pihak.

I. Keuntungan Kerja Sama

Pihak sponsor akan mendapatkan keuntungan kerja sama sebagai berikut.

  • Logo perusahaan akan dicantumkan di banner, pamflet, dan nametag dan dipromosikan seiring dengan promosi acara berlangsung.
  • Ads Lips pada pembukaan dan penutupan acara yang dilakukan oleh pemandu acara.
  • Perusahaan atau lembaga yang bekerja sama dengan kami akan dikenal lebih luas oleh masyarakat, khususnya anak muda di Jakarta.

J. Penutup

Demikian adalah proposal pengajuan dana untuk acara diskusi dan bedah film. Kami berharap Bapak/Ibu bisa mempertimbangkan proposal kami dan berkenan untuk melakukan kerja sama.

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

6. Contoh proposal pengajuan dana pembangunan

contoh proposal pengajuan dana
Freepik

A. Latar Belakang

Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta menjadikan manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan berbudi luhur. Pendidikan bisa berjalan lancar apabila ada kerja sama dari semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Selain itu, tersedianya sarana prasarana yang cukup memadai dalam proses pembelajaran yang berlangsung.

Namun, di Desa Sukacita, pembangunan Yayasan Berdikari yang dibangun atas azas gotong royong belum sepenuhnya bisa terlaksana. Keadaan orang tua siswa yang berada di kelompok ekonomi menengah ke bawah dengan rata-rata berprofesi sebagai petani, guru, dan buruh adalah salah satu alasannya.

Kami selaku pengurus tidak meminta bayaran sepeser pun karena tidak ingin memberikan beban tambahan bagi mereka. Untuk itu, kami bermaksud mengajukan permohonan bantuan dana pembangunan gedung Yayasan Berdikari kepada Bapak/Ibu.

B. Tujuan

Untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang bisa memadai sehingga bisa memberikan rasa nyaman dan aman bagi para guru dan pelajar.

Terselenggaranya sistem pembelajaran yang baik sehingga bisa tercapai kompetensi pembelajaran yang pas standar pendidikan nasional.

Demi mewujudkan lingkungan sekolah yang memadai dan memberikan rasa nyaman.

C. Sasaran Pembangunan

Pembangunan gedung Yayasan Berdikari beralamat di Desa Sukacita, RT 01 RW 03, Desa Bahagia, Kec. Senang, Kab. Bandung.

E. Rencana Anggaran

Terlampir

F. Sumber Dana

Untuk merealisasikan pengadaan pembangunan gedung, membutuhkan dana setidaknya sebesar Rp357.000.000,- (tiga ratus lima puluh tujuh juta rupiah) yang bersumber dari bantuan para donatur, baik secara instansi ataupun perorangan.

G. Susunan Pengurus

Penanggung jawab: Rohman

Sekretaris: Rahman

Bendahara: Sukaesih

H. Penutup

Demikian proposal ini kamu ajukan, semoga menjadi bahan pertimbangan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

7. Proposal pengajuan dana UMKM

Freepik

Selanjutnya adalah contoh proposal pengajuan dana UMKM yang bisa Sedulur simak.

1. Pendahuluan

Dewasa ini, produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Super telah mampu bersaing dengan produk impor. Bahkan, kualitasnya tak kalah jika dibandingan dengan produk lain yang serupa.

Kami membuat kerajinan tangan yang terbuat dari bambu dan kayu lantaran kualitas bambu dari Desa Super cukup terkenal. Namun, karena UMKM dijalankan dengan modal usaha sendiri membuat kami kerap kesulitan memenuhi permintaan dari luar negeri. Maka dari itu, melalui proposal ini, kami UMKM Rancagelar mengajukan permohonan bantuan dana supaya pelaku usaha tetap bertahan.

2. Latar Belakang

Melejitnya produk UMKM karena terbukanya keran impor oleh pemerintah membuat permintaan kerajinan tangan kebanjiran peminat dari luar negeri. Permintaan datang dari China, Vietnam, Thailand, hingga Eropa.

Kamu sudah melakukan impor kerajinan tangan mulai dari jam kayu, guci bambu, hingga mainan anak-anak. Sayangnya, beberapa pelaku UMKM tidak dapat memenuhi permintaan tersebut lantaran terbatasnya fasilitas usaha.

3. Maksud dan Tujuan

Pengajuan permohonan bantuan dana untuk pelaku UMKM seiring permintaan yang besar dari luar negeri terhadap produk di Desa Super.

4. Deskripsi Usaha

Jenis usaha yang dijalankan cukup bervariasi, yaitu mulai dari kerajinan tangan, suvenir, sepatu bambu, tas bambu, jam tangan kayu, hingga mainan anak dari kayu.

5. Anggaran Dana

Terlampir

6. Penutup

Besar harapan kami sebagai pelaku UMKM untuk terus memberikan kontribusi pada negara melalui produk yang dipasarkan ke luar negeri. Kami berharap supaya permohonan pengajuan proposal dana ini dapat dipertimbangkan. Dengan begitu, para pelaku UMKM tetap bertahan serta dapat memenuhi permintaan dari luar negeri.

8. Proposal pengajuan dana kegiatan organisasi

Freepik

Berikut adalah contoh proposal pengajuan dana kegiatan organisasi futsal yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas.

A. Latar Belakang

Futsal merupakan satu di antara jenis olahraga yang populer di kalangan mahasiswa setelah sepak bola, bulu tangkis, dan voli. Hal itu melatarbelakangi kami mendirikan Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta, organisasi yang menampung seluruh mahasiswa dari berbagai universitas untuk ikut berlatih dan mengasah kemampuan di bidang futsal.

Di setiap universitas memang memiliki lapangan futsal khusus yang memiliki jumlah dan ukuran yang terbatas. Sementara itu, kami membutuhkan lapangan di luar kampus yang independen, khusus untuk berlatih dan bisa dipakai untuk bertanding oleh para pelajar mahasiswa agar lebih bebas dan leluasa.

Fasilitas ini sangat penting demi menunjang keberlangsungan latihan dan sebagainya. Terlebih, menjelang Piala Indonesia yang akan dimulai tahun mendatang sehingga tim-tim membutuhkan memerlukan latihan yang maksimal dengan membutuhkan berbagai fasilitas dan perlengkapan.

Latihan saja itu tidak cukup kalau tidak dengan fasilitas, seperti lapangan yang mendukung dan bola. Selain itu, regenerasi juga sangat penting demi melanjutkan bakat-bakat yang sudah ada dan sudah mulai pensiun.

Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut mengingat usai para anggota yang masih sangat muda, yaitu mulai 19 tahun ke atas. Dengan demikian, prestasi futsal Jakarta tidak akan berhenti pada satu titik saja.

B. Nama Organisasi

Organisasi ini diberi nama “Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta” atau bisa disingkat dengan (PFMJ).

C. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan organisasi ini dapat diuraikan sebagai berikut.

  • Sebagai upaya regenerasi pemain futsal profesional di masa mendatang.
  • Memberikan wadah bagi para mahasiswa yang memiliki bakat di bidang futsal serta bisa mengembangkannya.
    Ikut serta dalam memajukan olahraga futsal di bumi Jakarta.
  • Membantu memberikan fasilitas yang cukup bagi mereka.

D. Sasaran

PFMJ mewadahi semua mahasiswa Jakarta yang memiliki bakat dan prestasi dalam bidang futsal. Adapun usia minimal anggota adalah 19 tahun.

E. Perincian Kegiatan

Organisasi ini memiliki beragam kegiatan dengan waktu penyelenggaraan yang berbeda-beda dengan rincian sebagai berikut:

  • Pelatihan diadakan empat kali pertemuan dalam seminggu.
  • Seleksi mahasiswa untuk mendapatkan anggota dan tim baru.
  • Pembinaan selama satu bulan.
  • Pertandingan percobaan
  • Evaluasi hasil laga percobaan
  • Pemusatan pelatihan menjelangnya diadakan pertandingan khusus.

F. AD/ART dan GBHK Organisasi

Terlampir

G. Anggaran Dana

Terlampir

H. Penutup

Demikian proposal sejarah ini kami ajukan. Besar harapan kami, organisasi dapat berkembang dan berkontribusi dengan maksimal untuk dunia olahraga Jakarta dan bermanfaat bagi para mahasiswa yang berbakat.

Akhir kata, kami selaku organisasi Persatuan Futsal Mahasiswa Jakarta, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut berpartisipasi. Semoga selalu diberikan bimbingan oleh Tuhan dan kekuatan serta perlindungan bagi kita semua.

Demikian tadi pembahasan mengenai proposal pengajuan dana beserta contoh-contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur untuk memahami apa itu proposal pengajuan dana sekaligus menjadi referensi untuk membuat proposal.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.