contoh overthinking ke pacar

Apakah Sedulur tahu bahwa pasangan Sedulur sedang overthinking? Jika Sedulur belum tahu, tentu Sedulur harus tahu contoh overthinking ke pacar seperti apa. Karena bisa jadi pasangan tidak menyampaikannya dan hanya menunjukannya dengan kode itu sendiri.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa contoh overthinking ke pacar yang pasti terjadi saat menjalin hubungan. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan Agar Hubungan Baik

Apa itu overthinking?

iStock

Sebelum mengetahui contoh dan tanda-tandanya, tentu Sedulur perlu mengetahui pengertian dari overthinking itu sendiri. Overthinking merupakan tindakan berpikir secara berlebih atau tindakan memikirkan sebuah masalah atau perasaan dengan cara berlebihan.

Overthinking umumnya termasuk sebagai kegiatan yang biasa. Tapi, jika terjadi secara sering dan terus menerus maka aktivitas ini cenderung menjadi hal negatif. Tindakan ovethinking bisa dialami oleh siapa saja dalam status dan hubungan apapun. Termasuk dalam hubungan asmara, hubungan persahabatan hingga hubungan dalam pekerjaan.

Namun, seringkali tindakan overthinking ini dikaitkan dengan hubungan asmara pasangan yang sedang jatuh cinta. Baik itu hubungan pacaran atau hubungan suami istri. Lantas seperti apa saja contoh tindakan overthinking? Berikut ini beberapa rangkuman tanda pasangan sedang overthinking dalam hubungan:

1. Sering mengirim spam chat dan minta segera dibalas

contoh overthinking ke pacar
iStock

Salah satu contoh overthinking ke pacar dalam hubungan yaitu sering mengirim spam chat. Spam chat atau sering mengirim banyak pesan kepada pasangan merupakan sebentuk perasaan overthinking. Apalagi jika pasangan menuntut agar Sedulur segera membalas pesan tersebut.

Hal ini pada dasarnya terjadi karena pasangan memikirkan hal berlebih, dan hanya ingin memastikan setiap hal yang Sedulur ucapkan sesuai dengan yang terjadi. Biasanya momen ini terjadi karena pasangan sering Sedulur bohongi.

2. Cemburu berinteraksi dengan lawan jenis

iStock

Contoh overthinking ke pacar selanjutnya yaitu pasangan akan menunjukan perasaan cemburu secara terang-terangan ketika Sedulur tengah berinteraksi dengan lawan jenis. Meskipun lawan jenis tersebut adalah teman Sedulur atau bahkan teman dengan pasangan Sedulur.

Pasangan Sedulur akan berpikir bahwa Sedulur tidak menghargainya sebagai pasangan karena berinteraksi dengan lawan jenis, walaupun Sedulur sudah mengatakannya bahwa orang itu hanya teman biasa, dan faktanya memang tidak ada hubungan apapun.

3. Mencurigai setiap aktivitas yang Sedulur lakukan

contoh overthinking ke pacar
iStock

Salah satu contoh overthinking ke pacar selanjutnya bahwa pasangan Sedulur akan selalu curiga dengan setiap aktivitas yang Sedulur lakukan. Bukannya memberikan semangat dan dukungan moral, pasangan malah akan mencurigai dan cenderung memberikan energi negatif.

Pasangan tetap tidak tenang walaupun Sedulur sudah mengabarinya tentang apa saja yang akan dillakukan hari ini. Pasangan juga akan memberi banyak pertanyaan yang terasa seperti menginterogasi hanya untuk membuat dirinya lega.

4. Meminta kata sandi setiap akun medsos

iStock

Ini merupakan salah satu contoh overthinking ke pacar dalam bentuk ekstrim. Meminta kata kunci setiap akun medsos merupakan bentuk cemburu yang berlebihan. Dengan mengontrol media sosial Sedulur, pasangan akan merasa lega dan tidak akan ada celah untuk mengkhianati.

Meskipun sedang menjalin hubungan, tetapi overthinking sampai meminta kata sandi media sosial pasangan sudah terbilang cukup kelewatan. Tetap ada batasan privasi satu sama lain yang harus dihargai. Tindakan contoh overthinking ke pacar ini pertanda sebuah hubungan toxic.

5. Meminta lebih banyak bertemu

contoh overthinking ke pacar
iStock

Bertemu dengan orang terkasih pasti selalu dinantikan. Tetapi bagaimana jika pasangan Sedulur meminta lebih banyak bertemu dibanding biasanya, bahkan sampai memaksa ketika Sedulur tidak bisa karena ada pekerjaan?

Pasangan akan menekan dan menuntut untuk memilih. Salah satu contoh overthinking ke pacar ini merupakan bagian dari perilaku toxic relationship dan bisa mempengaruhi kesehatan mental. Tentu perlu dibicarakan agar tetap memiliki kenyamanan yang sama.

6. Banyak menuntut

iStock

Pasangan Sedulur akan terus menuntut, tuntutan tersebut merupakan salah satu contoh overthinking ke pacar yang berlebihan dan dinilai ekstrim. Terutama jika tuntutannya merupakan tuntutan yang memberatkan dan sulit untuk diwujudkan.

Hal ini dapat menandakan bahwa pasangan Sedulur sedang overthinking dalam hubungan. Pasangan Sedulur berusaha mencegah hal-hal yang dia pikirkan dan belum tentu terjadi dengan cara mengekang Sedulur.

7. Setiap bertemu selalu cek HP

contoh overthinking ke pacar
iStock

HP merupakan benda yang sangat pribadi, tidak sembarang orang boleh cek HP yang dimiliki. Termasuk pasangan, terdapat beberapa privasi yang tetap dijaga. Namun ketika pasangan Sedulur tengah overthinking, pasangan Sedulur akan selalu meminta cek HP ketika bertemu.

Tentu hal ini akan menganggu kenyaman Sedulur. Meskipun segala sesuatunya telah Sedulur sampaikan secara jujur, namun pasangan tetap ingin membuktikannya secara langsung untuk membuat perasaan lega.

8 Terlalu fokus pada masa depan

iStock

Pasangan Sedulur yang overthinking akan selalu berpikir dan bertanya-tanya tentang masa depan. Bagaimana hubungan Sedulur dengan pasangan di masa depan. Apakah akan ada masalah dan bagaiman cara mencegah dan mengatasi masalah tersebut.

Selalu fokus berpikir masa depan tanpa disadari kegiatan sehari-hari yang tengah dijalani tidak dapat dinikmati. Perasaan tidak nyaman akan sering muncul, terutama ketika Sedulur sibuk ditanya terkait masa depan yang sulit untuk diprediksi kendatipun telah diusahakan.

Jika hal ini yang terjadi, maka pasangan Sedulur bisa saja sedang overthinking dan mengkhawatirkan nasib hubungan di masa depan.

BACA JUGA: 12 Gaya Hubungan Suami Istri untuk Hidupkan Ranjang

9. Komunikasi tidak lancar

contoh overthinking ke pacar
iStock

Salah satu bentuk dan contoh overthinking pasangan yaitu komunikasi yang tidak lancar dengan pasangan. Pasangan Sedulur akan selalu memikirkan apa maksud dari setiap pertanyaan yang Sedulur ajukan. Seakan ada kode dan maksud dibalik setiap pertanyaan.

Namun pada kenyataannya memang tidak ada apapun yang terjadi di baliknya. Namun, karena overthinking, tentu kecurigaan selalu muncul.

Nah itulah beberapa contoh-contoh overthinking ke pacar yang perlu Sedulur pahami. Mungkin salah satu contoh di atas pernah dialami. Wajar bila pasangan merasakan overthinking dan curiga, karena hal tersebut merupakan bagian dari bentuk rasa sayang. Namun, berbeda jika tindakan overthinking sudah semakin berlebihan, ekstrim dan merugikan maka masalah ini harus segera dikomunikasikan dengan pasangan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.