cara mencari jarak sebenarnya

Salah satu bagian dari peta yang memiliki fungsi sangat penting adalah skala. Meskipun sangat penting, bagian ini seringkali membuat bingung orang yang masih awam ketika membacanya. Hal itu membuat mereka bertanya-tanya bagaimana cara mencari jarak sebenarnya pada peta.

Sebenarnya, jika memahami rumus skala peta yang ada, Sedulur bisa mengetahui jarak sebenarnya maupun jarak pada peta. Pengetahuan ini tentu saja penting dalam kehidupan sehari-hari, terlebih jika Sedulur adalah seseorang yang senang berwisata ke daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Nah, artikel ini akan membahas mengenai cara mencari jarak sebenarnya dan contoh soalnya. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya di Berbagai Bidang

Pengertian peta

jarak pada peta
iStock

Sebelum membahas lebih lanjut, lebih baik jika Sedulur memahami apa itu peta terlebih dahulu. Peta adalah suatu representasi visual dari keseluruhan area atau sebagian area pada permukaan yang datar. Peta dibuat oleh seorang ahli yang disebut dengan kartografer.

Seorang kartografer ini harus memiliki keahlian meneliti, mengumpulkan, menyusun, dan menyajikan informasi mengenai bentuk geografis dalam representasi visual. Mereka harus bisa menyajikannya dalam peta, bagan, rencana, grafik, dan gambar. 

Tak hanya itu, seorang kartografer juga sebaiknya memiliki keahlian dalam menganalisis survey lapangan, penggunaan dan pengelolaan lahan, foto udara dan informasi geografis lain untuk mempersiapkan representasi dalam sebuah peta. 

Pengertian skala peta

jarak pada peta
iStock

Selanjutnya adalah pengertian dari skala peta, yaitu suatu perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya yang ada di lapangan. Untuk menghitung skala peta, Sedulur dapat menggunakan rasio yang tertulis pada peta.

Dengan kata lain, skala peta adalah sebuah perbandingan antara ukuran yang tertulis atau digunakan pada peta dengan ukuran yang sebenarnya. Hal ini membuat jarak dari satu titik ke titik lain dalam ukuran sebenarnya dapat digambarkan di peta dengan menuliskan skalanya. 

BACA JUGA: Derajat Letak Astronomis dan Geografis Indonesia Terengkap!

Jenis skala peta

jarak pada peta
iStock

Sebenarnya, skala peta terbagi menjadi beberapa jenis. Namun, kita seringkali menemukan skala pada peta yang berupa angka, seperti 1:250.000 atau 1:1.000.000. Nah, berikut adalah pembagian jenis skala peta beserta penjelasannya. 

  1. Skala angka

Skala angka merupakan jenis skala paling umum yang digunakan pada peta. Skala jenis ini ditulis menggunakan perbandingan angka, misalnya 1:500.000 dan 1:100.000.

  1. Skala garis

Skala garis merupakan skala berbentuk garis lurus yang digambarkan sebagai beberapa titik dengan jarak yang sama yang merupakan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya.

  1. Skala verbal

Skala verbal merupakan skala yang digunakan untuk menunjukkan perbandingan antara jarak sebenarnya dengan jarak pada peta menggunakan kalimat langsung. 

Fungsi skala peta

jarak pada peta
iStock

Mengapa ada skala peta? Skala peta memiliki fungsi untuk memperlihatkan ukuran yang ada pada peta dengan ukuran sebenarnya. Oleh karena fungsinya yang sangat penting, maka skala peta tidak boleh salah. Hal ini karena skala peta akan menjadi patokan untuk membuat peta agar menjadi gambaran yang sesuai jarak aslinya.

BACA JUGA: Peta Negara ASEAN, Kondisi Geografis & Penjelasannya

Rumus skala peta

jarak pada peta
iStock

Berikut adalah beberapa rumus yang bisa digunakan untuk mencari skala peta, jarak pada peta, dan jarak sebenarnya.

  • Jarak pada peta = skala x jarak sebenarnya
  • Jarak sebenarnya = jarak pada peta : skala
  • Skala peta = jarak pada peta : jarak sebenarnya

Perlu diperhatikan, pada rumus jarak sebenarnya, cara mencari jarak sebenarnya skalanya yang menjadi pembagi jarak pada peta, ya. Lebih jelasnya, Sedulur dapat melihat pada beberapa contoh soal di bawah ini.

Contoh soal mencari skala peta

jarak pada peta
iStock
  1. Jarak antara kota X dan Y pada suatu peta adalah 6 cm. Hitunglah berapa skala peta jika jarak sebenarnya antara kota X dan Y adalah 120 km!

Jawab:

Diketahui:

Jarak pada peta = 6 cm

Jarak sebenarnya = 120 cm

Ditanya:

Skala peta?

Dijawab:

Skala peta = jarak pada peta : jarak sebenarnya

Skala peta = 6 cm : 120 km 

Skala peta = 6 cm : 12.000.000 

Skala peta = 1 : 2.000.000

Jadi, skala pada peta tersebut adalah 1 : 2.000.000.

Contoh soal mencari mencari jarak pada peta

jarak pada peta
iStock
  1. Jika jarak sebenarnya dari kota P ke kota Q adalah 120 km dan skala yang digunakan adalah 1: 400.000, berapakah jarak pada peta dari kota P ke kota Q? 

Jawab:

Diketahui: 

Jarak sebenarnya = 120 km

Skala peta = 1 : 400.000

Ditanya:

Jarak pada peta?

Dijawab:

Jarak pada peta = skala x jarak sebenarnya 

Jarak pada peta = 1 : 400.000 x 120 km

Jarak pada peta = 1/400.000 x 12.000.000 cm 

Jarak pada peta = 30 cm

Jadi, jarak pada peta antara kota P dan Q adalah 30 cm.

BACA JUGA: Pengertian Piramida Penduduk Beserta Macam dan Ciri-Cirinya

Contoh soal mencari jarak sebenarnya

jarak pada peta
iStock

Contoh soal cara mencari jarak sebenarnya adalah sebagai berikut.

  1. Pada sebuah peta, diketahui jarak kota P dengan kota H adalah 8 cm. Jika peta dibuat dengan skala 1:200.000. Hitunglah jarak sebenarnya pada dua kota tersebut! 

Jawab:

Diketahui:

Jarak pada peta = 8 cm

Skala peta = 1:200.000

Ditanya:

Jarak sebenarnya?

Dijawab:

Untuk menghitung jarak sesungguhnya, maka rumus yang digunakan adalah jarak sebenarnya = ukuran pada peta : skala peta.

Maka, jarak sebenarnya = 8 : (1:200.000) = 6 x 200.000 = 1.200.000 cm.

Jadi, jarak kota P ke kota H adalah 12 km.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mencari jarak sebenarnya pada skala peta beserta contoh soalnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang masih awam saat diminta untuk membaca peta. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.