bisnis jasa desain grafis

Desain grafis merupakan cabang seni yang bertujuan untuk menyampaikan pesan melalui karya visual, seperti ilustrasi atau gambar. Jasa desain grafis banyak dibutuhkan terutama untuk suatu perusahaan atau brand dalam rangka mempromosikan produk yang mereka jual. Hal ini pun bisa menjadi peluang Sedulur yang memiliki keterampilan di bidang tersebut untuk memulai bisnis jasa desain grafis.

Sebab, bisnis jasa desain grafis terbilang tidak membutuhkan modal besar. Terlebih jika Sedulur merupakan seorang desainer grafis yang telah memiliki perangkat memadai. Selain itu, Sedulur juga bisa menjalankan bisnis ini sebagai sampingan ataupun bisnis utama.

Nah, agar bisnis yang dijalankan semakin menguntungkan, ada baiknya Sedulur memperhatikan strategi dan cara memulai bisnis jasa desain grafis. Berikut rangkuman informasinya.

BACA JUGA: 10 Tips Bisnis Makanan Anti Gagal Lengkap Dengan Ide Jualannya!

Strategi bisnis jasa desain grafis

Sebelum terjun ke dunia bisnis jasa desain grafis, Sedulur perlu tahu bagaimana strategi untuk menjalankan bisnis tersebut. Strategi bisnis ini juga membantu bisnis yang Sedulur jalankan dapat bertahan di tengah persaingan bisnis. Karena seperti yang diketahui, ketika suatu bisnis dianggap mendatangkan banyak keuntungan, akan banyak pula orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis di bidang yang sama. Oleh karenanya, Sedulur memerlukan strategi agar bisnis yang dijalankan bisa tetap mendapatkan keuntungan sebagai modal untuk bertahan dan bahkan semakin berkembang.

1. Mengikuti perkembangan tren dan pasar

bisnis jasa desain grafis
iStock

Seperti halnya teknologi yang terus berkembang, tren desain pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Sebab, desain berkaitan erat dengan individu yang menggunakannya. Untuk itu Sedulur perlu mengikuti perkembangan tren terkini agar dapat memberikan hasil desain yang memuaskan.

Di samping mengikuti tren, Sedulur juga perlu memahami pasar yang dituju. Misalnya, dalam membuat desain keperluan promosi produk untuk anak-anak, Sedulur tentu akan menggunakan gaya yang berbeda dengan produk yang ditujukan untuk orang tua.

2. Lakukan promosi secara gencar

Freepik

Promosi merupakan kunci bagi suatu bisnis untuk bisa dikenal oleh konsumen. Tak hanya bisnis baru, bisnis yang sudah lama berdiri juga perlu untuk terus melakukan promosi agar publik dapat terus mengetahui keberadaan bisnis tersebut. Menariknya, saat ini Sedulur tidak melulu harus melakukan promosi dengan memberikan brosur secara langsung kepada calon konsumen. Melainkan dapat melakukan promosi secara daring dengan memanfaatkan berbagai platform, seperti media sosial dan website. Selain itu ada pula marketing tools seperti Google Ads yang bisa Sedulur gunakan untuk keperluan promosi.

3. Jaga relasi dengan baik

Freepik

Selain melakukan promosi, menjalin hubungan yang baik dengan konsumen juga menjadi kunci penting dalam menjalankan bisnis jasa desain grafis. Seperti yang diketahui, jasa desain grafis biasanya dibutuhkan berdasarkan proyek yang sedang dilakukan oleh suatu perusahaan atau brand. Namun bukan berarti Sedulur lantas mengakhiri relasi dengan pihak klien atau konsumen. Sebaliknya, Sedulur perlu menjaga relasi agar dapat bekerja sama kembali di kemudian hari.

BACA JUGA: 10 Tips Bisnis Toko Sembako Agar Laris dengan Modal Kecil

Cara memulai bisnis jasa desain grafis

Jika sebelumnya sudah dipaparkan strategi untuk menjalankan bisnis jasa desain grafis, selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara memulai bisnis tersebut. Dihimpun dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 hal yang perlu Sedulur perhatikan untuk memulai bisnis jasa desain grafis, sebagai berikut.

1. Tentukan jenis jasa desain grafis

iStock

Seperti yang sudah disinggung pada bagian pembuka, desain grafis merupakan cabang seni yang ditujukan untuk menyampaikan pesan melalui karya visual. Jasa desain grafis sendiri umumnya digunakan untuk keperluan pemasaran atau marketing dalam rangka mempromosikan bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan atau brand.

Berkaitan dengan marketing, ada beberapa jenis fokus bisnis jasa desain grafis yang bisa Sedulur pilih. Misalnya desain grafis untuk periklanan, desain grafis untuk kemasan produk, desain grafis untuk website, serta desain grafis untuk keperluan cetak fisik. Sedulur tentu tidak harus menguasai semuanya sekaligus. Melainkan dapat memilih jenis jasa yang ingin dijadikan fokus bisnis yang sekaligus bisa menjadi branding untuk bisnis yang dijalankan.

2. Rencanakan bisnis secara matang

Freepik

Dalam memulai sebuah bisnis, termasuk bisnis jasa desain grafis, Sedulur memerlukan perencanaan yang matang. Hal ini menjadi penting agar dapat memperoleh keuntungan secara berkelanjutan. Karena tentunya suatu bisnis diharapkan bisa bertahan dan bahkan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Dikutip dari Glints, ada beberapa hal yang bisa Sedulur tentukan saat hendak membangun bisnis jasa desain grafis. Di antaranya:

  • Apa nama bisnis Sedulur?
  • Berapa modal yang diperlukan?
  • Berapa biaya yang diperlukan untuk operasional?
  • Siapa target pasar yang ingin dituju?

3. Pasang harga yang kompetitif

bisnis jasa desain grafis
Unsplash

Selain menentukan modal dan mengetahui biaya yang diperlukan untuk membangun bisnis jasa desain grafis, Sedulur juga perlu mengetahui harga jasa tersebut di pasaran. Dengan begitu, Sedulur bisa menentukan harga untuk jasa yang ditawarkan secara cermat sehingga dapat mendatangkan keuntungan. Sebaliknya, jika memasang harga yang tidak sesuai dengan pasar, bukan tidak mungkin bisnis yang dijalankan tidak mendapatkan keuntungan. Perlu diketahui ada dua hal yang harus dihindari dalam menentukan harga, yaitu di bawah harga pasaran (under price) dan di atas harga pasaran (over price).

Pertama, under price atau harga jual di bawah harga di pasaran untuk bisnis serupa. Sebenarnya bukan tidak mungkin bagi Sedulur menjual jasa dengan harga lebih murah daripada yang ditawarkan pebisnis lain. Namun, perlu diperhatikan bahwa umumnya harga yang ada di pasaran ditentukan berdasarkan biaya atau cost yang dikeluarkan. Sehingga harga yang ditetapkan tersebut dipilih karena dapat menutupi cost dan tetap mendatangkan keuntungan. Selain itu, harga yang terlalu rendah bahkan jauh di bawah harga pasaran bisa membuat bisnis yang dijalankan mendapat label murahan hingga diragukan kualitasnya.

Sementara, harga di atas pasaran atau over price juga bisa memberikan dampak buruk bagi bisnis Sedulur. Harga yang tinggi memang dapat memberikan kesan eksklusif atau premium. Namun, hal ini harus didukung dengan beragam keunggulan yang dapat menunjukkan perbedaan jasa yang Sedulur tawarkan dengan bisnis lainnya. Di sisi lain, harga yang terlalu tinggi di atas pasaran bisa membuat calon konsumen tidak tertarik sehingga urung menggunakan jasa Sedulur. Untuk itu, perlu kecermatan dan kehati-hatian dalam menentukan harga.

4. Terapkan strategi marketing secara memadai

Unsplash

Strategi marketing yang baik berperan besar dalam kesuksesan bisnis Sedulur. Sebab, strategi marketing bisa membantu bisnis yang Sedulur jalankan dikenal banyak orang sehingga lebih mudah mendapatkan konsumen.

Salah satu strategi untuk memasarkan bisnis jasa desain grafis adalah dengan memamerkan portofolio yang memuat hasil pekerjaan Sedulur. Umumnya, portofolio berisi kumpulan hasil pekerjaan seperti desain yang dibuat untuk klien. Namun jika Sedulur belum memiliki pengalaman secara profesional, tak ada salahnya membuat desain khusus untuk dimuat dalam portofolio tersebut. Dengan begitu, Sedulur bisa menunjukkan keterampilan desain grafis yang dimiliki.

Selain memamerkan portofolio, Sedulur juga bisa membuat konten di media sosial yang berisi informasi bahwa Sedulur membuka bisnis jasa desain grafis. Dengan demikian, orang-orang yang melihat konten tersebut dapat mengetahui bahwa mereka bisa menghubungi Sedulur jika membutuhkan jasa desain grafis.

5. Minta testimoni dari konsumen

iStock

Sebagai orang yang masih merintis bisnis, tak ada salahnya meminta testimoni dari konsumen yang menggunakan jasa Sedulur. Testimoni tersebut bisa menjadi bahan untuk evaluasi sehingga Sedulur bisa memperbaiki ataupun meningkatkan layanan yang diberikan. Selain itu, testimoni tersebut juga bisa menjadi bukti kualitas dari jasa yang ditawarkan untuk mendukung promosi.

Meminta testimoni atau feedback dari konsumen yang telah menggunakan jasa Sedulur juga bisa menjadi jalan untuk menciptakan hubungan baik dengan konsumen. Sebab, hal ini dapat menunjukkan bahwa Sedulur memperhatikan kepuasan pelanggan selaku pengguna jasa.

BACA JUGA: Apa itu Desainer Grafis: Pengertian, Tugas, & Prospek Kerja

Peluang bisnis jasa desain grafis yang bisa dicoba

Dalam menjalankan bisnis jasa desain grafis, Sedulur bisa membatasi lingkup desain grafis yang ditawarkan. Hal ini mengingat ada keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk membuat desain tertentu. Berikut ini ada dua bidang desain grafis yang bisa Sedulur pertimbangkan sebagai peluang bisnis.

1. Jasa desain logo

iStock

Logo merupakan hal penting dalam sebuah bisnis. Jika Sedulur perhatikan, setiap perusahaan atau brand memiliki logo yang unik dan mengandung nilai filosofis. Hal ini menyebabkan pembuatan logo tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karenanya, tak jarang perusahaan membutuhkan jasa desainer grafis untuk membuat logo, baik itu untuk keperluan rebranding ataupun logo produk baru yang akan mereka luncurkan. Sementara bagi pelaku bisnis baru, logo diperlukan sebagai identitas bisnis mereka.

Dalam membuat logo untuk klien, Sedulur tidak hanya harus memiliki keterampilan desain dengan software tertentu. Melainkan juga perlu memahami keinginan klien sehingga pesan yang mereka bawa dapat tersampaikan dengan baik.

2. Jasa desain website

iStock

Jasa desain yang sedang banyak dibutuhkan berikutnya adalah desain website. Seperti diketahui, hampir setiap perusahaan ataupun organisasi memiliki website sendiri. Keberadaan website juga sering menjadi parameter kredibilitas sebuah perusahaan. Agar website semakin menarik, perusahaan pun menggunakan jasa desainer grafis untuk membuat desain website yang baik dan sesuai dengan nilai perusahaan mereka.

Demikian tadi beberapa strategi dan cara memulai bisnis jasa desain grafis. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sedulur sekaligus memberikan motivasi untuk berani memulai bisnis, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.