Bentuk miss v yang normal sering menjadi pertanyaan bagi sebagian besar wanita. Sebenarnya, anatomi tersebut tidak hanya hadir dalam satu bentuk. Namun, setiap wanita memiliki perbedaan tersendiri mengenai bentuknya.

Bahkan, bisa dikatakan bahwa tiap wanita memiliki karakteristik serta tampilan vagina yang berbeda. Ingin mengetahuinya lebih lanjut? Yuk, simak berbagai fakta menarik mengenai bentuk miss v yang normal dan yang lainnya melalui artikel berikut ini.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Miss V Longgar dan Tips Mengatasinya

1. Variasi bentuk miss V

Unsplash/Charlesdeluvio

Meskipun terdapat berita dan gambar bentuk miss v terindah menurut ilmuwan, namun itu semua tidak menjadikannya sebagai standar atau patokan bagi seorang wanita. Bentuk vagina setiap wanita itu berbeda, mulai dari ukuran, warna, sampai bau. Tidak ada yang lebih indah ataupun tidak indah. 

Struktur vagina yang dimiliki bisa dilihat dengan mudah melalui bagian labia. Labia merupakan bibir vafina yang letaknya di dekat vulva. Bentuknya pun beragam, ada yang simetris, tidak simetris, pendek, panjang, dan masih banyak lagi. 

Adanya perbedaan tersebut bukan menjadi suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Sebab, terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya, mulai dari kehamilan, perubahan hormon, hingga usia. Berikut adalah beberapa struktur dari vagina yang Sedulur perlu kenali.

  • Long dangling inner lips. Struktur yang dimilikinya adalah bibir bagian dalam yang lebih menonjol ke luar sampai 2,5 cm. Itu artinya vagina memiliki labia minora yang lebih panjang dari labia mayora. Hal itu terlihat dari tambahan lipatan yang ada pada bibir vagina.
  • Small closed lips. Pada struktur ini, labia mayora terlihat rapat dan terkesan tidak bisa untuk dipisahkan. Ini merupakan sebuah struktur yang paling banyak terjadi dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Small open lips. Labia mayora pada struktur ini sejajar dengan tulang kemaluan. Hanya saja, terdapat sedikit celah yang memperlihatkan labia minora.
  • Visible inner lips. Sesuai dengan namanya, struktur vagina yang satu ini bisa diketahui dengan ukuran labia minora dan labia mayora yang lebih banyak dan dominan. Alhasil, bagian dalam bibir vagina menjadi tidak terlihat karena tersembunyi.
  • Curved outer lips. Jika lubang kemaluan lebih melebar pada bagian atas, maka labia minora bisa terlihat lebih jelas. Strukturnya mirip dengan tapal kuda, karena memiliki labia mayora yang menutup ke bawah.
  • Long dangling outer lips. Terdapat pula struktur vagina yang memiliki bibir luar yang lebih menonjol. Bahkan, lipatan labianya bisa tampak dan melewati garis celana dalam. 
  • Prominent outer lips. Berikutnya, struktur yang dimiliki adalah labia mayoranya lebih terlihat. Namun, itu menyebabkan area kulit pada salah satu bagian bibirnya cenderung lebih tipis atau lebih tebal.
  • Asymmetrical inner lips. Ternyata, bagian dalam dari bibir vagina juga bisa memiliki bentuk asimetris atau tidak sama rata. Itu berarti labia minoranya lebih besar, tebal, dan juga panjang bila dibandingkan dengan sisi satunya.
  • Prominent inner lips. Labia minora dalam variasi ini lebih terlihat bila dibanding dengan labia mayora. Walaupun begitu, perbedaan yang dimiliki tidak begitu mencolok. 

2. Anatomi vagina

Mis V wanita memiliki beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing, bila dilihat secara anatomi. Anatomi vagina sendiri terdiri dari:

  • Bukaan vagina. Bukaan vagina sering disebut dengan vestibule vagina. Bagian ini terletak di antara anus dan uretra. Anatomi yang satu ini berfungsi sebagai tempat darah haid keluar, tempat jalan keluar bayi ketika persalinan, serta tempat penis penetrasi ketika sedang berhubungan seks.
  • Dinding vagina. Selanjutnya adalah dinding vagina yang memiliki banyak lapisan dengan serat yang tergolong elastis. Bagian ini sangat penting ketika sedang berhubungan seks dan melakukan persalinan karena memiliki permukaan yang bisa meregang elastis.
  • Selaput dara. Bagian ini sering disebut dengan hymen, yaitu selaput tipis yang terdapat pada lubang vagina. Bentuknya rata-rata adalah setengah lingkaran, tapi masih bisa berbeda dari satu orang dengan yang lainnya.

3. Bagaimana jika bentuk miss v seperti jengger ayam?

Setelah mengetahui variasi dan anatominya, tentunya Sedulur sudah tahu dan bisa membedakan gambar gambar mis v asli dan palsu. Selanjutnya adalah bagaimana ketika struktur vagina seperti jengger ayam, yang sudah banyak dipertanyakan. 

Menjaga kesehatan area organ intim merupakan kewajiban bagi setiap wanita. Maka dari itu, jika ada perubahan atau kejanggalan, maka Sedulur pasti khawatir. Satu dari sekian hal yang bisa membuat khawatir adalah perubahan bentuk vagina seperti jengger ayam.

Apabila vagina menyerupai jengger ayam, maka biasanya menunjukkan kulit ringan yang keriput serta agak panjang. Penampilan vagina menjadi terganggu karena susunannya tidak karuan. Sehingga, bisa menurunkan kepercayaan diri seorang wanita.

Kemungkinan, seorang wanita mengalami suatu kondisi bernama kondiloma akuminata. Dikutip dari MedScape, biasanya hal ini menyebabkan kutil yang susunannya mirip seperti jengger ayam dan rasanya gatal. Penyebab dari penyakit kondiloma akuminata ini adalah infeksi Human Papilloma Virus atau HPV. 

Awal mula penyakit ini bisa bersarang adalah karena hubungan intim yang berisiko, misalnya adalah bergonta-ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman atau kondom. Baik wanita maupun pria, keduanya bisa dengan mudah terinfeksi penyakit ini. Gejala dari penyakit ini adalah rasa gatal, perih, dan nyeri yang tidak langsung terjadi ketika terinfeksi. Butuh beberapa waktu hingga gejala tersebut kemudian muncul. 

BACA JUGA: 13 Cara Merapatkan Miss V Secara Alami Agar Kembali Kencang

4. Warna miss v hitam, apakah normal?

Unsplash/Alexander Grey

Apakah warna hitam termasuk bentuk miss v yang normal? Sebelum masuk ke inti, mari kita bahas mengenai kehebatan organ intim kewanitaan, salah satunya adalah bisa berubah warna. Perubahan ini bisa terjadi tergantung dengan berbagai macam faktor. Jadi, Sedulur jangan kaget apabila tiba-tiba melihat perubahan pada warna area intim.

Vagina yang memiliki warna hitam atau warna lainnya merupakan suatu hal yang wajar. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kecuali terdapat gejala seperti tidak nyaman, bau busuk, dan rasa sakit.

Warna kulitnya pun cukup beragam bagi setiap wanita. Umumnya, warna yang dimiliki oleh vagina adalah burgundy, merah, dan pink. Akan tetapi, jangan khawatir jika kulit vaina lebih gelap. Semua itu adalah normal dan jangan dikaitkan dengan kebersihan yang kurang maksimal.

5. Faktor yang mempengaruhi perubahan bentuk miss v

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bentuk miss v seorang wanita berubah, diantaranya adalah:

  • Berhubungan seks. Perubahan pada vagina bisa diakibatkan karena aktivitas bercinta. Hal ini sama seperti ereksi yang dialami oleh pria yang bisa membuat penis mengeras karena aliran darah. Vagina pun bisa melebar ketika mendapatkan rangsangan.
  • Kehamilan. Selanjutnya adalah faktor perubahan hormon ketika sedang mengandung. Itu bisa membuat warna vulva menjadi lebih gelap daripada biasanya. Jaringan yang ada dalam dinding vagina juga akan menjadi lentur menjelang trimester akhir kehamilan. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan jalan lahir.
  • Usia. Bentuk miss V remaja bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Jika sudah mengalami penuaan, maka dinding vagina tidak lagi sekuat sebelumnya.

6. Seperti apa ciri-ciri miss v yang tidak normal?

Vagina yang tidak normal tidak bisa diukur dari bentuknya. Namun, terdapat ciri-ciri miss v bermasalah dari segi kesehatan, diantaranya adalah:

  • Terasa gatal dan ruam.
  • Terdapat benjolan pada vagina.
  • Vagina terasa sakit ketika berhubungan seks.
  • Keluar pendarahan padahal belum waktunya menstruasi.

BACA JUGA: Apa Itu Senam Kegel, Kenali Manfaat dan Cara Melakukannya

7. Cara mengetahui miss v longgar

Unsplash/Charlesdeluvio

Tidak ada satupun istilah medis untuk vaginayang terlalu longgar, seperti yang dikutip dari Healthline. Hal ini normal selama vagina bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Namun, ada beberapa penanda perubahan yang terjadi pada vagina atau miss v, diantaranya adalah:

  • Lebih sulit mencapai orgasme, terutama jika sebelumnya tidak demikian.
  • Sulit menahan kencing, terutama ketika tertawa, bersin, dan batuk. 
  • Meningkatnya udara yang masuk ke dalam organ kewanitaan ketika melakukan hubungan seksual.
  • Pasangan sulit mencapai klimaks ketika sedang berhubungan seksual. 

8. Cara menjaga kesehatan vagina

Seperti apapun bentuk miss v Sedulur, yang penting adalah menjaga kesehatan organ intim. Ini bisa mencegah terjadinya penyakit pada vagina. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatannya adalah dengan rutin membersihkan setiap hari dengan cara membasuhnya dari depan ke belakang.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan supaya bisa melatih otot dasar panggul. Batasi juga konsumsi alkohol dan rokok karena keduanya bisa menurunkan fungsi seksual.

Demikian penjelasan mengenai macam bentuk miss v yang normal serta faktor lainnya yang berkaitan. Setelah mengetahui penjelasan diatas, Sedulur jangan khawatir lagi apabila bentuk vagina berbeda dengan yang lainnya. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan serta kebersihan organ intim yang baik dan benar, ya.