Mengenal Rukun Tayamum dan Tata Caranya

Sedulur wajib mengetahui rukun tayamum dan juga doa serta tata caranya. Hal ini karena tayamum merupakan salah satu cara menyucikan diri menggunakan debu ketika kondisi genting atau keberadaan air di sekitar sulit ditemukan. Apalagi supaya amalan setiap umat muslim bisa diterima Allah SWT mereka harus beribadah dalam keadaan suci.

Bersuci dengan cara berwudhu menggunakan air memang hal yang wajib dilakukan, namun ketika air sulit didapat maka bersuci bisa dilakukan menggunakan debu dengan cara tayamum. Berikut ini segala penjelasan terkait tayamum yang perlu diketahuii, agar Sedulur bisa menjalankannya dengan baik, benar dan tepat kapan harus melakukannya.

BACA JUGA: 6 Rukun Wudhu Wajib Sebagai Syarat Sah Sholat & Tata Caranya!

Dasar Hukum dan Rukun Tayamum

rukun tayamum
konsultasisyariah

Pertama-tama kita bahas terlebih dahulu dasar hukumnya. Tayamum sendiri merupakan perintah dari Allah SWT untuk bersuci ketika hentan beribadah. Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan kemudahan umatnya. Perintah perihal tayamum tercantum dalam Q.S Al-Maidah ayat 6, yang berbunyi:

-->

 وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Dan jika kalian kalian dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan atau seseorang di antara kalian baru saja membuang hajat atau menggauli wanita, kemudian kalian tidak mendapatkan air maka kalian lakukanlah tayamum dengan tanah yang baik. Usaplah wajah kalian dan tangan kalian dari tanah tersebut. Tidaklah Allah menghendaki untuk menjadikan beban bagi kalian, melainkan Allah berkeinginan untuk membersihkan kalian dan menyempurnakan nikmat-Nya bagi kalian, agar kalian bersyukur”. (QS. Al Maidah: 6).

Dari penjelsan di atas, kita bisa yakin bahwa tayamum merupakan salah satu perintah untuk bersuci mana kala ketika keberadaan air sangat sulit. Berikut ini yang termasuk rukun tayamum adalah yang wajib Sedulur ketahui, yaitu:

1. Membaca niat

umma.id

Jika diminta untuk sebutkan rukun tayamum, hal pertama yang bisa Sedulur sampaikan adalah membaca niat. Niat merupakan hal yang paling utama yang Sedulur lakukan untuk melakukan segala ibadah. Termasuk dalam melakukan tayamum Niat ini dibaca saat melakukan tayamum agar tayamum dilakukan dengan sah dan mendapat izin dari Allah untuk beribadah. Niat untuk tayamum yang bisa Sedulur baca adalah:

“Nawaitu tayammuma li-istibahatis sholaati fardhal lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah.”

2. Mengusap debu menggunakan telapak tangan

rukun tayamum
liputan6

Rukun tayamum adalah aturan yang Sedulur wajib ketahui ketika mau melakukan tayamum. Rukun kedua adalah mengusap debu menggunakan telapak tangan. Sedulur bisa menggunakan kedua telapak tangan Sedulur untuk mengusap debu yang ada di sekitar Sedulur. Debu merupakan suatu benda suci, yang oleh karenanya kita bisa bersuci sebelum ibadah.

3. Mengusap Wajah

santrijagad

Setelah mengusapkan telapak tangan pada debu, berikut yang termasuk rukun tayamum adalah mengusapkan debu yang ada pada telapak tangan pada wajah Sedulur. Usapkan debu ke seluruh wajah, menggunakan tangan kanan untuk mengusap wajah di bagian kiri, lalu gunakan tangan kiri untuk mengusap wajah pada sisi kanan.

4. Usap kedua tangan hingga siku

rukun tayamum
republika

Selanjutnya adalah mengusap kedua tangan hingga pada bagian siku. Setelah mengusapkan wajah, Sedulur usapkan kembali tangan pada debu suci, dan kemudian usapkan kepada kedua tangan hingga siku. Gunakan tangan kiri untuk mengusap tangan kanan sampai siku, dan gunakan tangan kanan untuk mengusap tangan kiri sampai siku. Seringkali ada yang bertanya mengusap kepala apakah termasuk rukun tayamum? Jawabannya tidak, rukun tayamun hanya mengusap wajah dan kedua tangan saja.

5. Lakukan dengan tertib

kontenjateng

Bagian terakhir dalam rukun tayamum adalah tertib. Sedulur bisa melakukannya dengan tertib, sebagaimana Sedulur malakukan wudhu. Perhatikan rukun dan tata cara tayamum sesuai urutan, tidak boleh terbalik dan terlewat. Hingga dari membaca niat dan hingga bagian terakhir.

BACA JUGA: 6 Rukun Haji yang Harus Dilakukan, Muslim Harus Tahu!

Tata Cara Tayamum

rukun tayamum
islampos

Setelah mengetahui dan pengertian rukun tayamum. Sedulur juga harus mengetahui tata cara tayamum. Pembahasan tata cara ini merupakan rukun tayamum dan penjelasannya agar memudahkan Sedulur untuk melakukan tayamum. Tata cara tersebut yaitu:

  1. Siapkan atau carilah tanah yang berdebu atau debu yang bersih
  2. Menghadap ke kiblat, lalu mengucapkan basmalah dan niat tayamum yang berbunyi, نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى dengan lafal, Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ala. Artinya, “Aku berniat tayamum agar diperbolehkan salat karena Allah.”
  3. Setelah itu, letakkan kedua telapak tangan ke daerah yang berdebu dengan posisi jari-jari tangan yang dirapatkan.
  4. Kemudian, sebelum mengusapkan ke wajah, Sedulru harus meniup debu yang ada di tanganmu agar tidak terlalu banyak. Setelah itu baru Sedulur usapkan kedua telapak tangan ke seluruh wajah dengan sisa debu tersebut. Diusahakan untuk meratakan debu ke seluruh wajah, dan cukup dengan sekali menyentuh debu saja.
  5. Selanjutnya, Sedulur bisa melepaskan aksesoris yang ada di tanganmu. Setelah semuanya lepas. Letakkan kembali kedua telapak tangan dengan jari yang direnggangkan untuk menyentuh debu.
  6. Lalu, tempelkan telapak tangan kiri di atas punggung tangan kanan. Berikutnya Sedulur bisa mengusapnya dari punggung tangan kanan hingga sikunya. Lalu jangan lupa juga usap sisi lain pada tangan kanan dan kembali untuk menyatukan kedua telapak tangan yang didahului dengan mengusap jempol kanan. Setelah itu bisa lakukan pada bagian tangan kiri seperti pada tangan kanan.
  7. Yang terakhir, pertemukan kedua telapak tangan dan usap sela-sela jari tangan kalian.

Syarat Tayamum

republika

Karena wudhu merupakan cara untuk bersuci yang paling diutamakan, maka terdapat beberapa syarat yang bisa Sedulur pahami sebelum kemudian melakukan tayamum. Syarat-syarat tersebut adalah:

  • Diperbolehkan melakukan tayamum jika benar-benar tidak ada air. Ketiadaan air ini harus dipastikan dan harus mengusahakannya sampai dapat. Jika sudah mengusahakannya namun tetap tidak dapat, maka boleh melakukan tayamum.
  • Tayamum boleh dilakukan bagi orang yang sedang sakit. Namun hal ini harus ada persyaratan juga dari dokter. Jika dengan menyentuh air dapat mengakibatkan penyakitnya semakin parah maka boleh melakukan tayamum.
  • Saat kalian berada di daerah yang memiliki suhu air sangat dingin bahkan sampai membeku, tentunya berwudu akan sangat sulit untuk dilakukan. Dengan demikian seseorang diperbolehkan untuk tayamum.
  • Air yang tidak terjangkau. Artinya air yang dibutuhkan untuk berwudu ada, namun ada risiko besar ketika ingin mengambil air tersebut. Misalnya risikonya berupa harta maupun nyawa. Dengan demikian seseorang diperbolehkan untuk tayamum.
  • Jika kalian memiliki persediaan air yang sedikit maka wudu boleh digantikan dengan tayamum. Misalnya air tersebut adalah persediaan untuk minum. Oleh karena itu boleh mendahulukan untuk keperluan minum daripada berwudu.
  • Sudah masuknya waktu salat. Ketika waktu salat sudah masuk bahkan mepet dengan waktu salat yang lain serta Sedulur kekurangan air maka diperbolehkan untuk melakukan tayamum.
  • Ketika sedang dalam perjalanan yang sulit untuk menemukan air, Sedulur dapat mengganti wudu dengan tayamum. Misalnya saat sedang berada di pesawat dan kereta.
  • Tayamum diperbolehkan, namun juga harus memperhatikan kebersihan debu dan tanah yang kita gunakan. Jangan sampai ada najis pada debu dan tanah tersebut.

BACA JUGA: Pengertian Rukun Islam Beserta Contohnya

Doa Tayamum

rukun tayamum
republika

Setelah mengetahui syarat dan rukun tayamum, Sedulur juga harus mengetahui bacaan doa yang bisa Sedulur baca. Sebaiknya, setelah melakukan tayamum, Sedulur dapat membaca doa di bawah ini:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertobat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.

Sekian daftar rukun tayamum yang perlu Sedulur ketahui, mana tahu ketika hendak beribadah Sedulur tidak bisa menemukan air. Maka tayamum merupakan cara satu-satunya untuk menyucikan diri. Semoga penjelasan di atas juga bisa meningkatkan ibadah Sedulur dan memperkuat keimanan Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.