Kalimat bismillah sering kali kita ucapkan saat hendak membaca lantunan ayat suci Al-Quran. Namun, kadang-kadang pula kerap dibaca saat hendak memulai aktivitas. Mengucapkan kata bismillah ternyata bisa mendatangkan keberkahan untuk mereka yang membaca. Lantas apa arti bismillahirrahmanirrahim secara garis besarnya? Kalimat ini merupakan doa yang diharapkan bisa mendatangkan keberkahan dan keridhaan Allah SWT dalam setiap aktivitas.

Maka dari itu, sebagai umat islam selain membaca bismillahirrahmanirahim harus paham mengenai apa arti kata bismillahirrahmanirrahim. Untuk memahami lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya di bawah

BACA JUGA : 7 Keutamaan Surat Al Mulk Lengkap dengan Bacaannya

1. Arti dari bismillahirrahmanirrahim

arti bismillahirrahmanirrahim
wartasambasraya

Bismillahirrahmanirrahim biasanya sering kita ucapkan saat memulai sesuatu.  Mulai aktivitas harian, mengerjakan tugas hingga membaca ayat suci Al-Quran. Bismillahirrahmanirrahim arti dalam versi pendek بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ adalah “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dalam beberapa literatur, ternyata arti bismillahirrahmanirrahim punya makna tersendiri. Seperti arti bismillahirrahmanirrahim dalam bahasa Jawa diartikan sebagai laku bisa memilah, bisa memilih, bisa molah-malih. Namun yang terpenting adalah bisa mulih, tegese mulih ing sangkan paraning dumadi. Atau bisa diartikan dapat pulang, yaitu pulang ke tempat segala sesuatu yang berasal dan sekaligus menjadi tempat kembali.

Lain halnya dalam versi bahasa Inggris. Arti bismillahirrahmanirrahim dalam bahasa Inggris yaitu in the name of Allah, the most beneficient, the most merciful. Artinya dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Meski demikian apapun artinya, bismillah selalu memuliakan nama Allah SWT.

Lafal bismillah diucapkan sebagai bentuk doa yang selalu diamalkan ketika mengawali sebuah perbuatan baik. Arti kata bismillahirrahmanirrahim kerap diamalkan sebagai bentuk dzikir dan memiliki manfaat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari umat islam.

Ada setidaknya 114 kali arti kata bismillahirrahmanirrahim ditemukan dalam Al-Quran. Meski demikian, hanya ada satu surat yang tidak diawali dengan kata bismillahirrahmanirrahim yaitu Surat At-Taubah. Mengapa bisa demikian, sebab Surat At-Taubah adalah surat yang diawali dengan seruan perang. Sementara kata bismillah mempunyai makna sebuah kasih sayang.  Jadi tidak mungkin, bilamana saat peperangan harus dilandasi  dengan rasa kasih sayang.

Kemudian, ada satu kata bismillah terdapat pada surat An-Naml tepatnya ayat 30. Jadi, jumlahnya pun dalam Al-quran menjadi genap sebanyak 114. Sama halnya seperti jumlah seluruh surat di dalamnya.

Setelah memahami arti dari bismillahirrahmanirrahim, selanjutnya pengertian dari para ahli tafsir terkait kata ini. Penasaran seperti apa, yuk simak ulasannya di bawah ini Sedulur.

2. Makna arti bismillahirrahmanirrahim

arti bismillahirrahmanirrahim
yayasanassunahcirebon

Menurut para ulama kata bismillah mengandung makna yang mulia. Untuk itu, kamu perlu menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

  • Kata ‘bi” mengandung arti ‘kekuasaan’ dan ‘pertolongan’. Maka dengan demikian orang yang mengucap kata bismillahirrahmanirrahim akan paham arti kata bismillahirrahmanirrahim yaitu segala sesuatu yang diperbuat merupakan atas dasar kekuasaan dan pertolongan oleh Allah SWT.
  • Kata bismillah selanjutnya selalu identik dengan kalimat tauhid. ‘la ilaha illa Alah’ sehingga kalimat ini menunjukan bismillahirrahmanirrahim arti nya bahwa Allah SWT adalah sebab utama segala tindakan.
  • Arti kata bismillahirrahmanirrahim yang diucapkan oleh seorang muslim, merupakan bentuk atau ungkapan rasa akan keagungan Allah SWT sebagai penguasa seluruh alam semesta.
  • Terakhir apa arti bismillahirrahmanirrahim adalah sebuah kalimat yang merupakan sifat Allah yaitu Ar-rahman dan Ar-rahim. Lalu ditegaskan bahwa Allah SWT maha yang memberikan curahan akan rahmatnya di dunia dan juga dunia akhirat.

Itulah penjelasan mengenai arti kata bismillahirrahmanirrahim menurut para ahli tafsir. Selanjutnya apa saja keistimewaan jika seorang muslim membaca kalimat ini. Untuk memahami lebih dalam maknanya, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA : Al-Quran Surat Al-Hajj Ayat 7, Kepastian Datangnya Kiamat

3. Keistimewaan membaca kata bismillah

arti bismillahirrahmanirrahim
alfahmu

Banyak sekali keistimewaan yang bisa kamu peroleh setelah membaca kalimat ini. Dalam literatur ilmiah yang dipublikasikan Universitas Muhammadiyah Surakarta mengatakan, doa masuk ke dalam psikoterapi dalam upaya penyembuhan masalah gangguan kejiwaan seseorang.

Dalam publikasinya dijelaskan, metode doa yang berkualitas bisa menimbulkan perasaan akan kehadiran Sang Pencipta yaitu Allah SWT.  Sehingga, arti kata bismillahirrahmanirrahim adalah doa yang kerap dilafadzkan. Sekaligus turut andil besar dalam metode penyembuhan. Tidak hanya untuk kesembuhan, manfaat dari arti bismillah dalam kitab kuning adalah sebagai berikut ini.

Menghancurkan setan

Setan adalah musuh bebuyutan manusia. Mereka kerap mengganggu manusia, jika imannya lemah. Maka dari itu, arti bismillahirrahmanirrahim punya keistimewaan yaitu.

قال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَذُوْبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ}

Nabi SAW bersabda: “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali setan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas api.”

Dicatat 400 kebaikan

Selain bisa menghancurkan setan, bismillahirrahmanirrahim arti nya mempunyai keistimewaan lain lain dicatat sebagai 400 kebaikan.

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ الكَاتِبْينَ أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ أرْبَعْمَائَةِ حَسَنَةٍ}

Nabi SAW bersabda: “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah ta’ala (Yang Maha Luhur) memerintahkan malaikat yang mulia pencatat amal untuk mencatat di buku catatannya empat ratus kebaikan.”

Penggugur dosa

Selain dicatat sebagai amal kebaikan, ada lagi keistimewaan dari arti kata bismillahirrahmanirrahim. Keistimewaannya adalah dapat menghapus dosa atau penggugur dosa.

وقالَ صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَرَّةً لَمْ يَبْقَ مِنْ ذُنُوبِهِ ذَرَّةٌ}

Nabi SAW bersabda: “Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim sekali maka tidak ada tersisa sedikitpun dari dosa-dosanya (yang kecil).”

Dosa diampuni

Keistimewaan lainnya dari membaca dan memahami arti dari bismillahirrahmanirrahim adalah dosa kalian akan diampuni. Namun, bacalah kalimat dengan rasa ikhlas.

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ كَتَبَ بِسْمِ الله فَجَوَّدَ تَعْظِيما لله غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ}

Nabi SAW bersabda: “Siapa yang menulis bismillah, lalu ia memperbagus (tulisannya) untuk mengagungkan Allah, maka dosanya (yang kecil) yang telah lalu dan yang akan datang akan diampuni.”

Anjuran memanjangkan lafadz Ar-rahman

Selanjutnya makna dari arti kata bismillahirrahmanirrahim adalah tanda atau anjuran untuk kamu memanjangkan lafadz  Ar-rahman.

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذَا كَتَبَ أحَدُكُمْ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ فَلْيَمُدَّ الرَّحْمانَ}

Nabi saw. bersabda, “Jika salah satu dari kalian menulis bismillahirrahmanirrahim, maka hendaklah ia memanjangkan lafadz Ar-Rahmaan.”

Merupakan hiasan dalam Al-quran

Dengan kamu membaca dan memahami arti kata bismillahirrahmanirrahim, maka diartikan sebagai hiasan dalam Al-quran. Lantas bagaimana bacaan suratnya. Yuk simak di bawah ini.

وقَالَ صلى الله عليه وسلم: {إنَّ الله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى زَيَّنَ السَّمَاءَ بِالكَوَاكِب وَزَيَّنَ المَلائِكَةَ بِجِبْرِيلَ وَزَيَّنَ الجَنَّةَ بِالحُورِ وَالقُصُورِ، وَزَيَّنَ الأنْبِيَاءَ بِمُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم، وَزَيَّنَ الأيّامَ بِيَوْمِ الجُمُعَةِ، وَزَيَّنَ اللَّيَالِي بِلَيْلَةِ القَدْرِ، وَزَيَّنَ الشُّهُورَ بِشَهْرِ رَمَضَانَ، وَزَيَّنَ المساجدَ بالكَعْبَةِ، وَزَيَّنَ الكُتُبَ بِالقُرْآنِ، وَزَيَّنَ القُرْآنَ بِبِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ }

Nabi SAW bersabda: “Sungguh Allah SWT menghias langit dengan benda-benda langit (matahari, bulan, dan bintang-bintang) dan menghias malaikat dengan Jibril, menghias surga dengan bidadari dan istana-istana, menghias para nabi dengan Nabi Muhammad SAW

menghias hari-hari dengan hari Jum’at, menghias malam-malam dengan lailatul qadar, menghiasi (di antara) bulan-bulan dengan bulan Ramadhan, menghias masjid-masjid dengan Ka’bah, menghias kitab-kitab dengan Alquran, dan menghias Alquran dengan bismillahirrahmanirrahim.”

Dicatat sebagai orang baik

Arti kata bismillahirrahmanirrahim bisa diartikan, jika kamu yang membacanya, maka akan dicatat sebagai orang baik. Hal ini sudah tercantum dalam ayat dalam Al-quran seperti di bawah ini.

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ}

Nabi SAW bersabda: “Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim maka namanya akan ditulis sebagai orang-orang yang baik dan terbebas dari kekufuran dan kemunafikan.”

Diampuni dosanya

Tidak hanya dicatat sebagai amal yang baik. Dalam hal ini, jika kamu membaca lalu memahami makna atau arti kata bismillahirrahmanirrahim, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. Lantas seperti apa penjelasan selengkapnya, berikut ini adalah potongan ayatnya.

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ غَفَرَ الله لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ}

Nabi SAW bersabda: “Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim maka Allah akan mengampuni dosanya (yang kecil-kecil) yang telah lalu.”

Terhindar fitnah

Terakhir keistimewaan membaca kalimat dari arti kata bismillahirrahmanirrahim adalah bisa terhindar dari fitnah. Fitnah bisa datang dari mana saja. Bisa dari orang lain atau mungkin dari kerabat dekat mu.

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا قُمْتُمْ فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ فإنَّ النَّاسَ إذا اغْتَابُوكُمْ يَمْنَعُهُمْ الملك عَنْ ذالِكَ}.

Nabi SAW bersabda: “Jika kalian berdiri maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam, sungguh manusia jika akan memfitnah kalian, maka malaikat akan mencegah mereka dari perbuatan itu.”

Demikian ulasan mengenai arti bismillahirahmanirrahim dan manfaatnya. Semoga penjelasan ini, membantu kamu untuk selalu berbuat kebaikan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.