Dalam kehidupan sehari-hari, penampilan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Selain untuk menghargai diri sendiri, penampilan yang baik juga membuat orang lain merasa nyaman dengan diri kita. Membahas penampilan, ada istilah yang seringkali diucapkan oleh sebagian besar orang, yakni good looking. Sebenarnya, apa arti good looking?

Secara mudah, good looking dipahami sebagai berpenampilan menarik. Entah dari pakaian yang digunakan, model rambut, aroma wangi tubuh, maupun perilaku keseharian. Nah, agar bisa disebut good looking, setidaknya ada lima kriteria dasar yang harus Sedulur penuhi. Selain itu, cara menjadi good looking ternyata juga bisa dipelajari, lho!

Penasaran bagaimana penjelasan lengkap mengenai apa arti good looking? Berikut adalah penjelasannya!

BACA JUGA: Siddiq Artinya Jujur, Ketahui Ciri-ciri & Cara Meneladaninya

Apa arti good looking?  

apa arti good looking
iStock

Good looking dapat diartikan sebagai sosok yang cantik atau tampan dan juga nyaman dipandang. Namun, arti tersebut tidak hanya digunakan untuk mengungkapkan penampilan fisik seseorang, namun juga penampilan keseluruhan beserta sikap dan kepribadian.

Seseorang yang berpenampilan menarik akan memiliki aura istimewa yang bisa mengundang perhatian orang lain. Seperti misalnya gaya berpakaian dan kebersihan diri, jika dilakukan dengan benar, maka kesan good looking dapat disematkan kepada mereka.

Good looking bersifat relatif, yakni bergantung pada penilaian masing-masing orang. Bisa jadi, seseorang yang dianggap good looking oleh orang lain, dinilai sama oleh orang yang lainnya. Namun, ada hal penting yang perlu Sedulur ketahui, yakni semua orang bisa membuat dirinya menjadi good looking dengan merawat dan mendewasakan diri. 

Makna good looking

apa arti good looking
iStock

Secara bahasa, good looking dimaknai sebagai berpenampilan menarik. Hal ini karena asal kata “good” memiliki makna bagus atau baik, sementara “looking” memiliki arti melihat atau sesuatu yang terlihat. Jadi, gabungan istilah tersebut membentuk frasa yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan seseorang secara visual.  

Istilah good looking biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki penampilan menarik, baik secara fisik ataupun aksesoris yang dikenakan. Hal inilah yang membuat istilah ini seringkali masuk dalam syarat suatu pekerjaan tertentu. 

Seperti contoh pada seorang MC, syarat good looking akan sangat berpengaruh pada acara yang akan dibawakan. Penampilan menarik seorang MC akan meliputi kemampuan memadupadankan busana yang dikenakan, riasan wajah yang tidak berlebihan, serta menahan kebiasaan-kebiasaan buruk selama memandu acara.

BACA JUGA: Bacaan Ijab Qabul yang Benar Beserta Arab, Latin, dan Artinya

Kriteria dasar seseorang disebut good looking

apa arti good looking
iStock

Telah disebutkan bahwa setiap orang bisa mengubah dirinya menjadi sosok yang good looking. Nah, sebelumnya, perlu diperhatikan bahwa ada kriteria dasar yang harus dipenuhi agar kesan good looking bisa muncul pada diri. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Cara berpakaian

Kriteria dasar yang pertama adalah cara berpakaian yang tepat. Dalam hal ini, Sedulur perlu memahami konteks berpakaian agar tidak dianggap aneh oleh orang lain. Jika sedang berkunjung ke acara formal, Sedulur bisa menggunakan baju batik atau kemeja dengan sepatu. 

Sementara saat Sedulur sedang berada di acara bersama teman-teman satu grup yang bersifat santai, Sedulur bisa menggunakan kaos biasa dengan jaket atau outer dan sandal. Cara berpakaian ini harus disesuaikan dengan tujuan acara yang akan didatangi. Jangan sampai, Sedulur malah menggunakan jaket dan sandal saat berkunjung ke acara formal. Sangat aneh, bukan?

2. Mengutamakan kerapian

Berkaitan dengan cara berpakaian, kerapian juga harus diutamakan ketika ingin menjadi sosok yang good looking. Kerapian dalam hal ini menjadi salah satu faktor terpenting dalam visual yang akan Sedulur tampilkan. Pastikan untuk menyetrika setiap pakaian yang akan Sedulur gunakan ke suatu acara, karena pakaian yang lecek akan menurunkan citra diri di hadapan orang lain. 

3. Selalu tampil wangi

Kriteria dasar berikutnya adalah selalu tampil wangi. Aroma tubuh yang wangi akan membuat orang lain merasa nyaman ada di sekitar kita. Dengan begitu, akan sangat percuma jika kita sudah menggunakan baju sesuai konteks dan tampil rapi, tapi memiliki tubuh yang berbau tidak sedap. Jadi, selalu tampil wangi dalam setiap kondisi adalah salah satu hal dasar yang perlu Sedulur pahami saat ingin masuk dalam jajaran orang good looking. 

4. Memiliki rasa percaya diri

Beralih dari penampilan fisik, kriteria dasar lain untuk menjadi seseorang yang good looking adalah memiliki rasa percaya diri. Seseorang yang good looking tidak akan merasa minder dengan dirinya sendiri karena ia percaya bahwa orang lain tidak akan terganggu dengan kehadirannya.

Tidak hanya itu, rasa percaya diri juga bisa membuat aura diri lebih menarik di mata orang lain. Jadi, Sedulur harus mulai belajar untuk memiliki rasa percaya diri sembari mempercantik penampilan secara fisik. 

5. Memiliki adab dan perilaku yang baik

Kriteria dasar yang terakhir adalah memiliki adab dan perilaku yang baik. Seseorang yang good looking juga dinilai dari perilakunya. Jika perilaku terhadap orang di sekitarnya baik, maka usahanya dalam berpenampilan menarik akan berhasil membawanya menjadi sosok yang good looking.

Berbeda halnya dengan orang yang sudah berpenampilan menarik, tampil rapi, beraroma wangi, namun memperlakukan orang lain dengan seenaknya. Dirinya tidak akan dianggap good looking oleh siapapun. 

Perilaku yang baik ini bisa diterapkan dengan cara menjaga lisan, yakni menggunakan bahasa yang baik saat berbicara dengan orang lain, tidak bercanda melampaui batasan, dan tidak memandang rendah orang lain dengan perkataan yang menyakitkan. 

Cara menjadi good looking bagi pria

apa arti good looking
iStock

Jika Sedulur tertarik untuk menjadi sosok yang good looking, ada beberapa cara yang bisa Sedulur usahakan. Cara-cara ini akan membantu Sedulur untuk memiliki penampilan dan kepribadian yang menarik di pandangan orang lain. Bagi pria, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Menggunakan pakaian dengan ukuran yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
  • Memperhatikan sepatu yang digunakan, usahakan jangan menggunakan sepatu yang sudah kotor dan berbau tidak sedap
  • Memilih outwear yang sesuai dengan kondisi, misalnya jaket pada saat cuaca dingin 
  • Menyesuaikan gaya berpakaian dengan acara yang akan dihadiri
  • Merawat kumis dan jenggot yang mulai memanjang pada area wajah
  • Memilih model rambut yang sesuai dengan bentuk kepala, bukan hanya sekadar mengikuti tren
  • Menggunakan parfum dengan aroma yang kalem dan tidak terlalu menusuk
  • Merawat kebersihan badan dan wajah, baik dengan skincare atau lotion kulit 

BACA JUGA: Isekai adalah Genre Anime, Ini Penjelasan dan Artinya!

Cara menjadi good looking bagi wanita

iStock

Sementara itu, seorang wanita juga bisa menjadi good looking dengan memperhatikan beberapa cara berikut ini. 

  • Menjaga kebersihan diri dengan baik
  • Merawat diri dengan menggunakan skincare dan lotion untuk kulit
  • Menggunakan pakaian yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri
  • Menahan diri untuk tidak bergosip
  • Menggunakan riasan wajah secukupnya 
  • Murah senyum dan bersikap ramah
  • Mencintai diri sendiri dan percaya diri 

Dari penjelasan di atas, maka diketahui bahwa apa arti good looking adalah berpenampilan menarik yang meliputi penampilan fisik maupun sikap dan perilaku. Jika Sedulur ingin menjadi sosok yang good looking, maka usahakan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.