alam barzah adalah

Setiap manusia yang telah meninggal dunia nantinya akan berada di alam barzah atau yang juga disebut juga dengan alam kubur. Dalam ajaran Islam, alam barzah adalah sekat atau tempat persinggahan antara dunia dan akhirat. Meski hanya sebagai tempat persinggahan, akan tetapi waktunya sangat panjang. Bahkan ada sebuah riwayat yang menjelaskan waktunya lebih panjang dari pada waktu di dunia. 

Dalam penantiannya di alam barzah, manusia nantinya akan ditanyai oleh malaikat Munkar dan Nakir. Lantas apa saja yang akan terjadi dengan manusia di alam barzah? Yuk simak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA : Pengertian Yaumul Mizan dan Pendapat Ulama Mengenainya

 Alam barzah adalah

alam barzah adalah
Freepik

Alam barzah atau yang biasa disebut sebagai alam kubur, merupakan sebuah pemisah antara dunia dan akhirat. Setiap manusia yang sudah mengalami kematian nantinya akan berada di alam barzah sebelum nantinya menuju akhirat.

Secara terminologi, alam barzah didefinisikan sebagai suatu alam yang terdapat di antara dunia dan akhirat, yang pada nantinya ruh manusia yang sudah meninggal dunia berada di alam tersebut untuk menunggu datangnya Hari Kebangkitan (yaum al-ba’ts), yang merupakan awal dari kehidupan akhirat.

Secara bahasa, alam barzah adalah penghalang atau pemisah antara dua hal. Sedangkan menurut istilah, barzah didefinisikan sebagai jarak pemisah antara akhir kehidupan di dunia hingga mulainya kehidupan ukhrowi (akhirat).

Dalam Al-Qur’an sendiri sudah dijelaskan tentang alam barzah, di antaranya dalam surat Al-Mukminun ayat 99-100.

حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Artinya: “(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan,”. (Q.S Al-Mukminun : 99-100). Selain itu, penjelasan tentang alam barzah juga terdapat surat Ar-Rahman ayat 20 dan Al-Furqon ayat 53.

BACA JUGA : 6 Tahap Yaumul Akhir, Salah Satunya Yaumul Mahsyar

Proses keluarnya ruh dan kehidupan di alam barzah

alam barzah adalah
Freepik

Ketika ajal akan datang atau saat bakal mengalami kematian, Allah Swt akan mengutus malaikat Izroil untuk mencabut nyawa sesuai dengan perintah-Nya. Setelah berpisahnya ruh dari badan tersebut, nantinya ruh ini akan berada di alam barzah atau alam kubur. Dalam kurun waktu tersebut, ruh akan tetap berada di sini sampai datang hari akhir untuk menimbang semua amal antara amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia di dunia sebelum menuju ke akhirat.

Kehidupan di alam barzah tersebut merupakan proses pemurnian bagi manusia. Artinya, manusia nantinta akan dibersihkan dari segala dosa selama ini dan dianggap sebagai awal untuk bisa melihat hasil amal yang selama ini dilakukan di dunia. Melalui salah satu riwayat, dijelaskan juga tentang terjadinya siksa kubur. Dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha (berkata); ada seorang wanita Yahudi menemuinya lalu menceritakan perihal siksa kubur kemudian berkata (kepada Aisyah radliallahu ‘anha); “Semoga Allah melindungimu dari siksa kubur”. Kemudian setelah itu ‘Aisyah bertanya kepada Rasulullah SAW perihal siksa kubur, maka Beliau menjawab: “Ya benar, siksa kubur itu ada”. Kemudian ‘Aisyah berkata: “Maka sejak itu aku tidak melihat Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam setelah melaksanakan shalat kecuali Beliau memohon perlindungan dari siksa kubur”. Ghundar menambhakan: “Siksa kubur itu benar adanya” (HR Al-Bukhari).

Dalam versi literatur lainnya, dari Ibnu Umar berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika seorang telah meninggal, maka akan ditampakkan padanya tempatnya pada pagi hari dan pada sorenya. Jika dari penduduk syurga, maka akan ditampakkan syurga, jika dia ahli neraka maka akan ditampakkan neraka. Dikatakan kepadanya; ‘Ini adalah tempatmu sampai Allah membangkitkanmu pada Hari Kiamat’.” Abu Isa berkata; “Ini merupakan hadits hasan sahih.” (HR At-Tirmidzi)

BACA JUGA : Nama-nama Surga dalam Islam Beserta Penghuninya

Empat perkara yang menerangi alam barzah

alam barzah adalah
Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, waktu penantian manusia di alam barzah sangat panjang. Alam barzah dipercaya merupakan tempat yang gelap, sempit, panas dan juga pengap. Maka dari itu, hanya amal ibadah manusia yang dikerjakan selama masih hidup yang dapat meneranginya. Hal tersebut juga dijelaskan dalam sebuah kitab yang berbunyi:

إذا وضع الميت في قبره جاءته أربع نيران فتجيء الصلاة فتطفئ واحدة ويجيء الصيام فيطفئ واحدة وتجيء الصدقة فتطفئ واحدة ويجيء الصبر فيطفئ واحدة

Artinya, “Bila jenazah diletakkan di alam kubur, empat api menghampirinya. Tetapi amal shalat datang lalu memadamkan satu titik api. Ibadah puasa datang lalu memadamkan satu titik api lainnya. Berikutnya amal sedekah datang memadamkan satu titik api selanjutnya. Berikutnya amal kesabaran datang memadamkan satu titik api terakhir,” (Lihat Syekh Ahmad bin Hijazi Al-Fasyani, Al-Majalisus Saniyah, Syarah Arbain Nawawiyyah, [Semarang, Maktabah Al-Munawwir: tanpa catatan tahun], halaman 62).

Syekh Ahmad bin Hijazi mengangap penting empat hal yang dapat dilakukan oleh seorang Muslim secara rutin, yaitu shalat, puasa, sedekah, dan sabar. Sabar di sini maknai sebagai ketabahan dan keuletan dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Jadi, secara sederhana, empat perkara yang dapat menerangi alam barzah adalah di antaranya adalah sholat, puasa, sedekah dan juga sabar. Sabar di sini dimaknai sebagai ketabahan dan keuletan dalam melaksanakan perintah Allah Swt dan menjauhi segala larangannya.

Empat hal ini merupakan amal komplit seorang Muslim. Dengan shalat dan puasa, maka seorang Muslim telah memenuhi kewajibannya terhadap Allah meski Allah Swt tidak diuntungkan oleh dua jenis amal tersebut. Sementara itu, dengan sedekah dan kesabaran, seorang Muslim telah memenuhi tanggung jawab sosialnya.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian alam barzah dan yang terjadi di dalamnya. Dari beberapa riwayat yang sudah dijelaskan di atas, terdapat empat perkara yang dapat menerangi alam barzah, di antaranya yaitu sholat, puasa, sedekah, dan juga sabar. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.