affiliator

Jika Sedulur mengikuti berita yang hangat pada beberapa waktu yang lalu, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah affiliator. Tapi, apa sebenarnya affiliator itu? Apakah affiliator adalah sebuah pekerjaan?

Pada dasarnya, affiliator merupakan salah satu pekerjaan yang berhubungan dan sering digunakan dalam sistem bisnis affiliate marketing. Pekerjaan ini memiliki peran utama untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen. Cara ini banyak digunakan karena terbukti sangat meningkatkan penjualan.

Namun, apa itu affiliator dan mengapa saat ini pekerjaan tersebut sering dikaitkan dengan tindakan penipuan? Simak dengan baik artikel berikut, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Tertarik Investasi? Pahami Dulu Perbedaan Saham dan Obligasi

Pengertian

affiliator
iStock

Affiliator adalah seseorang atau individu yang memiliki peran dalam mempromosikan produk kepada konsumen. Pekerjaan ini termasuk ke dalam sistem marketing yang biasa disebut dengan affiliate marketing. Cara ini sering digunakan dengan cara mengembangkan bisnis melalui metode sosialisasi terarah dengan sebuah promosi yang dilakukan oleh seorang individu.

Afiliator berasal dari kata Afiliasi. Afiliasi adalah pekerjaan yang dapat diartikan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi secara terarah yang dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan.

Sedangkan dalam dunia bisnis, affiliator artinya suatu pekerjaan yang digunakan sebagai salah satu cara untuk memperoleh pendapatan yang semakin kesini semakin banyak digandrungi oleh masyarakat terutama anak muda. Meskipun biasanya hanya digunakan oleh sebagian orang sebagai pekerjaan sampingan, namun sebagian lainnya ada yang memanfaatkannya sebagai sumber pendapatan utama karena memiliki hasil yang cukup menjanjikan.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa affiliator merupakan sebutan bagi mereka yang menjalankan program afiliasi atau konsep kemitraan bisnis dengan imbalan berupa komisi yang mana dapat digunakan untuk menambah pendapatan dengan modal yang sangat minim.

Cara kerja

affiliator
iStock

Lebih jelasnya, cara kerja seorang affiliator dapat juga dikatakan sebagai sales. Hal ini karena para affiliator memiliki tugas untuk menawarkan produk kepada konsumen. Seorang affiliator gaji akan mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk pada para calon konsumen dan akan mendapatkan uang jika berhasil menjual sebuah produk yang sebenarnya bukan barang miliknya sendiri.

Namun dalam promosinya, khususnya dalam binary option, affiliator juga akan menerima suatu endorse dengan gimmick mendapat keuntungan jika melakukan trading. Dengan begitu, banyak orang akan tertarik untuk bergabung dan seorang affiliator akan menjadi semakin untung.

BACA JUGA: 12 Ciri Ciri Peluang Usaha yang Baik, Potensial & Tahan Lama

Tugas affiliator

affiliator
iStock

Setelah mengenai cara kerjanya, tentu Sedulur harus memahami tugas jika ingin menjadi seorang affiliator. Dalam dunia bisnis pada umumnya, tugas affiliator hanya sebatas mempromosikan produk. Namun, hal ini akan menjadi berbeda jika bisnis yang dijalankan adalah binary option.

Pada bisnis binary option, seorang affiliator tidak hanya mempromosikan produk bisnis namun juga bertugas untuk mengawasi para trader. Para trader ini nantinya akan diawasi oleh affiliator yang biasanya akan memberikan saran apakah trader harus menjual atau membeli aset. Mereka juga memiliki tugas untuk memberikan saran pada kisaran harga berapa trader harus menebak nilai suatu aset.

Keuntungan menjadi affiliator

affiliator
iStock

Jika Sedulur tertarik menjadi seorang affiliator, maka Sedulur bisa menyimak beberapa keuntungan menjadi seorang affiliator. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut. 

1. Memiliki penghasilan pasif

Apabila seseorang menjadi afiliator, maka ia tidak harus bekerja selama delapan jam penuh untuk memperoleh pendapatan dari program afiliasi. Jika dalam satu kali promosi yang dilakukan sudah berhasil, maka seseorang akan bisa menghasilkan aliran komisi secara terus-menerus.

2. Jam kerja sangat fleksibel

Program afiliasi memiliki jam kerja yang sangat fleksibel. Program ini tidak banyak mengatur tentang ketepatan waktu untuk melakukan suatu promosi sehingga dapat dilakukan kapanpun sesuai dengan kondisi masing-masing affiliator.

3. Modal yang minim

Dalam program afiliasi, terdapat dua jenis program yang dapat dipilih. Program pertama adalah yang mengharuskan untuk membeli terlebih dahulu sebuah produk yang kemudian dapat mengikuti program afiliasi yang ditawarkan. Ada juga program kedua yang hanya mewajibkan untuk mendaftar tanpa mengeluarkan biaya apa pun.

BACA JUGA: Jenis Laporan Keuangan Beserta Pengertian dan Contohnya

Mengapa affiliator identik dengan penipuan?

affiliator
iStock

Sebenarnya menjadi seorang affiliator bukanlah hal yang buruk, namun karena pada beberapa waktu lalu terdapat kasus affiliator saham yang sangat heboh, maka citra pekerjaan ini menjadi buruk di mata publik. Dikatakan sebelumnya jika dalam bisnis pada umumnya tugas mereka hanya sebatas mempromosikan produk, namun peran mereka dalam bisnis binary option juga mengawasi para trader dan memberikan saran pada kisaran harga berapa trader harus menebak nilai aset.

Hal inilah yang kemudian menjadi gambling atau modal untung-untungan karena tebakan affiliator tidak selalu benar. Parahnya, sebagian besar tebakan mereka pada binary option lebih sering salah sehingga membuat banyak trader yang mengalami kerugian puluhan hingga ratusan juta.

Tidak hanya itu, menurut beberapa orang yang pernah mencoba binary option, para pekerja afiliasi ini sejatinya tidak memberikan penjelasan yang sistematis terkait taktik bermain. Oleh karena itu, para trader harus mengulang taktik yang sama di kesempatan kedua dan tentunya juga akan berakhir dengan mengalami kerugian. 

Sebagian sistem bisnis binary option menerapkan keuntungan affiliator dari kerugian para trader. Dengan begitu, posisi mereka akan menjadi sangat diuntungkan ketika banyak trader yang mengalami kekalahan. Oleh karena itu, mereka akan selalu memberikan bujuk rayu dengan berbagai penawaran yang menggiurkan sembari melakukan pengawasan kepada para trader. 

Jika trader berhenti, maka mereka akan menarik kembali trader tersebut dengan iming-iming yang tampak nyata dan menjanjikan. Mereka juga akan menawarkan janji akan diajari teknik jitu dengan materi khusus yang sudah dibuktikan oleh trader lain hingga trader akan tergiur dan menggelontorkan uangnya untuk investasi bodong ini.

Sekian informasi mengenai affiliator beserta cara kerja, tugas, keuntungan, dan alasan mengapa pekerjaan ini identik dengan penipuan. Semoga Sedulur selalu waspada dengan bisnis yang menggunakan pekerja afiliasi untuk mempromosikan bisnis ilegal dan penipuan. Sedulur harus teliti mengenai bisnis apa yang dipromosikan, legalitasnya, dan bagaimana sistem kerjanya sehingga tidak mudah tergiur dengan bujuk rayu dan iming-iming keuntungan yang tidak masuk akal.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.