3 digit

3 digit berapa rupiah sih? Tentu pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan Sedulur, terutama saat ingin mengetahui jumlah gaji atau pendapatan dari sebuah pekerjaan. Karena banyak istilah yang santer didengar untuk penghasilan yang didapatkan, mulai dari 1 digit itu berapa juta hingga 5 digit berapa rupiah.

Agar Sedulur paham dan tidak kebingungan terkait berapa rupiah tiga digit angka tersebut, dalam kesempatan kali ini kita bahas bersama terkait istilah ini. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya berikut!

BACA JUGA: 1 Liter Berapa Kg? Satuan Liter ke Kg dan Cara Menghitungnya

Apa itu 3 digit

Freepik

3 digit adalah suatu bilangan yang tersusun dari 3 angka saja alias ratusan. Akan tetapi, beda halnya pengertian 3 digit dalam nominal gaji. Jadi, 3 digit pada nominal gaji merujuk pada nilai ratusan juta rupiah. Misalnya, gaji A adalah 3 digit, berarti dirinya mendapatkan penghasilan di angka sekitar Rp 100.000.000 – Rp 999.000.000 (Rp 100 – 999 juta).

Sejarah 3 digit

Freepik

Menurut pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), digit diartikan sebagai letak dari angka pada bilangan atau angka Arab dari 0-9 alias setiap angka dalam deret angka yang tidak merujuk kepada sistem desimal, misalnya yaitu nomor telepon. Dengan kata lain, digit merupakan sebuah simbol alias representasi dari angka.

Digit digunakan pada bilangan untuk menggambarkan bilangan bulat atau riil. Jika dilihat dari sejarahnya, digit berasal dari bahasa Latin Kuno (digita) yang artinya 10 jari tangan manusia, ini akan berhubungan dengan adanya sistem bilangan basis 10.

Sedangkan, berdasarkan pada pengertian Kamus Merriam-Webster, kata digit berasal dari masa Bahasa Inggris Pertengahan (Middle English) dan diambil dari bahasa Latin digitus yang artinya adalah jari-jari tangan/kaki atau sesuatu yang digunakan untuk menunjuk. Penggunaan kata digit ini pertama yang diketahui ada pada abad ke-14.

BACA JUGA : Pengertian Bank Syariah: Fungsi, Jenis dan Istilah di Dalamnya

3 digit berapa rupiah?

Freepik

Istilah tiga digit seringkali Sedulur dengar yang merujuk pada penghasilan atau gaji setiap bulan dari seseorang. Meskipun sudah dapat diperkirakan berapa rupiah dari tiga digit itu, namun semuanya masih belum jelas dan banyak yang berbeda paham terkait digit dari rupiah itu sendiri.

3 digit rupiah merujuk pada npminal uang yang didapatkan, dengan digit tersebut jumlah uang yang didapatkan sekitar ratusan juta. Selain untuk konteks uang, terdapat juga untuk konteks jumlah barang atau objek tertentu dengan penyebutan angka sederhana dalam matematika.

Contoh 3 digit rupiah

Freepik

Digit 3 dalam rupiah biasanya merupakan pada sejumlah uang dengan nominal ratusan juta rupiah. Seperti contohnya Rp 150.000.000 atau Rp 150 juta, Rp 300.000.000 atau Rp 300 juta, hingga Rp 471.000.000 yang artinya Rp 471 juta. Bilangannya merupakan bilangan sederhana dalam matematika untuk merujuk pada nominal uang.

Selain uang 3 digit berapa rupiah, juga merujuk pada sejumlah barang atau objek tertentu. Contohnya istilah 3 digit berarti bilangan yang terdiri dari 3 angka. Contohnya adalah 115 yang terdiri dari angka 1,1, dan 5. Lalu angka 389 yang terdiri dari angka 3, 8, dan 9. Apabila terdapat angka 0 di bagian tengah atau belakang, maka angka itu tetap disebut 3 digit (contoh: 370, 400, 806).

BACA JUGA: 1 Meter Berapa Cm? Begini Cara Menghitungnya dengan Mudah

Kenapa 3 digit viral? 

Freepik

Isilah atau kata digit sebenarnya sudah kerap kali digunakan terutama bagi anak sekolah dan kuliah yang belajar matematika. Selanjutnya dalam dalam praktik kehidupan sehari-hari, kata digit juga sering digunakan untuk menyebutkan jumlah barang, kode, atau objek tertentu yang berbentuk angka.

Akan tetapi, istilah digit menjadi viral dan banyak diperbincangan orang ketika membahas tentang gaji. Sebagai suatu pencapaian, nominal gaji sering digunakan oleh beberapa orang untuk pamer alias flexing di sosial media. Dari sinilah mulai kegaduhan terjadi di berbagai sosial media dengan pembahasan digit gaji seseorang.

Meski demikian, masih banyak yang menjadikan digit gaji seseorang adalah tolok ukur atau target yang harus dicapai suatu hari nanti. Ditambah lagi sekarang ini banyak anak-anak muda yang sudah mendapatkan gaji di angka 2 hingga 3 digit, entah itu karena dukungan finansial orang tua atau dari jerih payah sendiri merintis dari nol.

Penjelasan lengkap soal digit

Freepik

Digit merupakan simbol tunggal dalam representasi angka. Selain 3 digit, sebenarnya ada juga 1 digit, 2 digit, 4 digit, dan seterusnya. Fungsi digit dalam angka ini dapat mewakili nilai tempat dan nominal.

Nilai tempat adalah nilai dari suatu tempat bilangan tertentu yang biasanya dimulai dari sebelah kanan, seperti satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya. Contoh, nilai tempat 7 dalam 570 adalah 7×10=70 alias puluhan. Sedangkan nilai tempat 5 adalah 5×100=500 alias ratusan. Sementara, nilai nominal secara sederhana didefinisikan sebagai digit itu sendiri dalam suatu angka. Misalnya, nilai tempat 9 dalam 930 adalah 9.

Digit rupiah lainnya

3 digit
Deposit Photos

Seperti yang sudah disinggung di atas, selain digit 3, terdapat istilah lain seperti 1 digit, 4 digit itu berapa rupiah,  5 digit rupiah, 6 digit berapa rupiah, 9 digit berapa rupiah hingga digit lainnya dengan kelipatan jumlah bilangan. Jika dalam saldo 3 digit berapa rupiah berjumlah ratusan juta. Maka digit selanjutnya dalam jumlah bilangan dengan ditambah nol dibelakangnya.

Sebagai contoh, angka 9 merupakan 1 digit karena angka tersebut hanya terdiri dari satu angka saja, yaitu 9. Kemudian, angka 99 merupakan contoh bilangan dua digit. Itu karena angka 99 terdiri dari dua angka, yaitu 9 dan 9. Begitu juga dengan bilangan 90 yang terdiri dari 2 angka juga, di antaranya angka 9 dan 0. Begitu selanjutnya untuk merujuk pada istilah digit selanjutnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, istilah digit digunakan untuk menunjukan berapa gaji atau penghasilan yang didapatkan setiap bulannya. Tujuannya agar lebih sopan dan tidak menyinggung siapapun denga jumlah penghasilan yang didapatkan.

Kini Sedulur telah mengetahui berapa rupiah 3 digit itu. Dengan penjelasan di atas disertai dengan contohnya, Sedulur tidak perlu kebingungan lagi ketika menghitung jumlah uang dengan digit 3 atau lebih dari itu. Semoga penjelasan di atas membantu dalam menambah wawasan Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.