Yuk, mari kita simak perbedaan garam dapur dan garam lau

Setiap makanan pasti menggunakan garam dalam setiap olahan, baik untuk membuat kue, makanan ringan, hingga makanan berat sekalipun. Namun, garam tidak hanya terdiri dari satu jenis. Ada garam dapur dan garam laut.

Artikel kali ini akan membahas perbedaan garam dapur dan garam laut. Garam dapur rumus kimia dalam prosesnya, karena garam merupakan bagian dari zat yang memiliki unsur kimia di dalamnya. Kandungan garam dapur banyak terdapat yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Yuk, mari kita langsung saja simak apa saja perbedaan dari kedua jenis garam yang dimaksud.

Baca Juga: 22 Bumbu Dapur & Rempah dan Manfaat di Baliknya – Wajib Tau

-->

Daftar Perbedaan Garam Dapur dan Garam Laut

1. Kandungan Kedua Jenis Garam

Kandungan Kedua Jenis Garam

Kedua jenis garam tersebut memiliki kandungan yang berbeda, terdapat garam dapur kimia didalamnya. Hal ini karena garam dapur senyawa klorida murni sekitar 97 %, bukan hanya itu garam yang biasa kita gunakan di dapur juga mengandung zat senyawa anti-caking yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan garam.

Sedangkan garam laut mengandung natrium klorida alami, hanya saja kadarnya tergantung dari sumber dan proses produksi yang dihasilkan. Senyawa lain yang ada dalam garam laut adalah mineral, kalium, zinc dan zat besi.

Namun, dalam proses produksinya, garam dapur tercemar oleh bahan logam, dan semakin gelam warna garam lau, maka semakin tinggi juga kandungan kotoran dan zat mineral yang terkadung didalamnya.

Baca Juga: Bumbu Nasionalis yang Menggugah Selera Lidah

2. Perbedaan Harga Garam

Perbedaan Harga Garam

Perbedaan harga merupakan faktor pembeda lainnya dari kedua jenis garam di atas. Garam dapur harga lebih murah dibanding dengan garam laut. Garam laut memiliki harga yang lebih mahal karena garam laut lebih murni dan alami.

Namun, perbedaan harga yang ada tidak terlalu signifikan, sehingga garam jenis apapun masih sangat terjangkau dan dapat dibeli oleh masyarakat.

3. Manfaat Garam untuk Tubuh

Manfaat Garam untuk Tubuh

Manfaat garam dapur sangat baik untuk tubuh, karena memiliki banyak kandungan dan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, garam yang digunakan di dapur dan garam laut juga masing-masing memiliki kelebihannya.

Garam laut dipercaya lebih alami dan banyak mengandung mineral yang akan memberi manfaat tinggi bagi tubuh manusia. Namun, garam laut juga rawan terhadap polusi dan pencemaran air laut. Sedangkan garam yang kita gunakan di dapur memiliki kelebihan tahan lama karena telah melalui proses produksi yang baik.

Namun, garam dapur juga memiliki kekurangan yaitu telah tercampur banyak zat mineral yang hilang karena proses produksi yang panjang tersebut.

4. Tekstur Garam

Pengertian garam dapur adalah bahan makanan yang memiliki fungsi penting di dalam setiap olahan makanan yang dimasak setiap harinya. Garam dapur termasuk senyawa karena terdapat beberapa kandungan kimia yang bermanfaat untuk tubuh.

Perbedaan selanjutnya dari kedua jenis garam tersebut adalah karena jenis teksturnya. Tekstur garam laut memiliki bentuk kristal yang tidak beraturan dan berukuran besar. Sedangkan tekstur garam yang digunakan untuk memasak lebih halus dan lembut.

5. Proses Produksi

Proses Produksi

Jika dilihat dari proses pembuatannya, garam merupakan hasil dari penambangan. Garam dapur dibuat dari proses yang lebih panjang. Di antara prosesnya penggilingan. Proses panjang dari membuat garam tersebut dibutuhkan karena harus menyimpan garam lebih lama.

Saat ini garam yang dijual ditambahkan yodium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tiroid. Sementara itu, garam laum dibuat dari proses evaporasi atau penguapan air laut. Bukan hanya air laut, bahkan bisa juga menggunakan air danau asin.

Oleh karena itu, komponen utama yang terdapat dalam garam laut sangat tergantung dari jenis air yang digunakan. Garam laut memiliki warna dan rasa asin yang lebih tinggi hal tersebut dikarenakan oleh kandungan mineral yang lebih tinggi.

Semoga perbedaan kedua jenis garam di atas dapat memberikan informasi dan pengatahuan bagi kita yang sering menggunakannya saat memasak. Selalu sediakan garam di dapur kita, karena garam merupakan barang yang paling penting untuk memasak dan mempengaruhi keberlangsungan hidup kita.

Beli garam di Aplikasi Super, karena Aplikasi Super menyediakan segala kebutuhan sembako setiap masyarakat. Selain mudah, harga sembako yang disediakan di Aplikasi Super juga sangat murah. Karena Aplikasi Super memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu, Aplikasi Super sangat menyediakan harga sembako yang murah dengan cara belanja yang sangat mudah. Kita bisa belanja kebutuhan sembako tanpa harus keluar rumah. Hanya dengan smartphone saja, kita bisa memenuhi kebutuhan sembako di dapur.

Klik di sini untuk mengunjungi Aplikasi Super, dan mempelajari segala sesuatu tentang Aplikasi Super. Jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum download aplikasinya. Buktikan bahwa Aplikasi Super dapat sangat membantu kehidupan kita sehari-hari.