ukuran story instagram

Sedulur sering mengalami ukuran story Instagram yang tidak pas saat mengunggah foto atau video? Tandanya Sedulur mungkin belum mengetahui ukuran terbaru story Instagram. Secara berkala, Instagram selalu melakukan pembaruan demi pelayanan yang lebih baik lagi. Mulai dari pembaruan fitur, efek, dan lainnya.

Salah satu pembaruan yang kerap dilakukan adalah ukuran story Instagram. Pada awal kemunculan Instagram, pengguna hanya dapat mengunggah foto. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya media sosial, Instagram mulai meluncurkan fitur Stories.

Paling baru, Instagram meluncurkan fitur Reels sebagai pilihan untuk mengunggah video agak panjang. Ini merupakan fitur lanjutan dari Instagram Stories, di mana maksimal video yang boleh diunggah hanya selama 15 detik. Sering kali pengguna salah membuat ukuran story Instagram, hingga akhirnya terpotong. Lantas, berapa sebenarnya ukuran yang tepat? Yuk, simak pembahasannya di sini!

BACA JUGA: Download Video Instagram (Story, Reels, IGTV) Tanpa Aplikasi

Ukuran Instagram Story

ukuran story instagram
merchant.id

Ukuran menjadi hal yang harus diperhatikan sebelum mengunggah foto atau video di Instagram. Terutama, jika hal yang akan diunggah berisi informasi penting. Tentu sangat disayangkan jika hasilnya terpotong. Berikut ukuran pixel story Instagram yang wajib Sedulur ketahui.

  • 1080 x 1920 px. Pertama adalah ukuran 1.080 x 1920 px. Bentuknya potret (vertikal) sesuai dengan ukuran yang diminta Instagram. Ukuran ini menjadi standar foto atau video di Instagram.
  • 720 x 1280 px. Ukuran selanjutnya yaitu 720 x 1280 px. Hasilnya sama-sama potret (vertikal). Namun, akan terlihat lebih kecil dan resolusinya tidak terlalu besar.
  • 450 x 800 px. Ukuran terakhir adalah 450 x 800 px. Hasil yang ditampilkan resolusinya lebih rendah, namun waktu yang dibutuhkan untuk mengunggahnya akan sangat cepat.

Jika mengetahui ukuran di atas, story Instagram yang Sedulur unggah tidak akan bermasalah. Hal yang perlu diingat, ukuran standar di atas adalah ukuran potret (vertikal). Selama ukurannya vertikal, story Instagram tidak akan terpotong. Jangan lupa memastikan pixel sesuai ketentuan agar tidak pecah saat diunggah.

Sedulur juga perlu memahami, makin kecil pixel, makin sedikit waktu yang dibutuhkan saat mengunggah foto atau video. Jika ingin menghindari file yang besar dan kecepatan unggah lambat, Sedulur dapat membuat konten story Instagram sesuai dengan alternatif tersebut. Rasionya tetap sesuai dengan dimensi story Instagram tapi lebih kecil ukurannya.

Ukuran yang disarankan

kompas

Sedulur perlu mengetahui ukuran story IG agar tidak terpotong. Terasa menyebalkan saat Sedulur telah serius membuat konten, namun pada saat diunggah malah terpotong secara otomatis. Lantas, berapa ukuran yang sebenarnya disarankan oleh Instagram?

Untuk gambar sendiri, jika Sedulur mengunggah story disarankan 1080 x 1920 px. Ukuran tersebut setara dengan rasio 9:16. Artinya, video atau foto story di Instagram harus memiliki lebar 1080 pixel dan tinggi 1920 pixel. Sedulur juga harus perhatikan format file. Pihak Instagram menyarankan file berformat PNG atau JPG.

Gambarnya harus berukuran di bawah 30 megabyte (MB). Sedangkan ukuran video untuk Instagram Story sama dengan gambar, yaitu pada 1080 x 1920 pixel. Berbeda dengan gambar atau foto yang diunggah, video juga memiliki spesifikasi khusus agar tidak terpotong.

Ukuran story Instagram untuk video yang dapat diunggah adalah berukuran di bawah 4 gigabyte (GB). Hanya dua format file video yang diterima Instagram yaitu adalah MP4 dan MOV. Jika mengunggah foto atau video yang tidak sesuai dengan ukuran, Instagram akan memotong atau memperbesar video tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya kualitas dan visual penting dalam video bisa terpotong.

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Batasan jumlah story Instagram dan tips membuatnya

ukuran story instagram
pakar

Selain penting mengetahui ukuran story Instagram dalam cm atau pixel, Sedulur juga harus memahami berapa batasan yang diberikan oleh Instagram untuk mengunggah story. Pihak Instagram telah mengonfirmasi maksimal foto atau video untuk satu kali unggah adalah sebanyak 100 klip.

Meskipun Instagram tidak membatasi jumlah yang boleh diunggah dalam satu harinya, untuk mencegah terjadinya galat di akun milik Sedulur, disarankan mengunggah story sebanyak 50 kali dalam satu hari saja. Pihak Instagram pun melarang mengunggah story sebanyak 3 hingga 6 per menit. Selain ukuran story, jumlah unggahan juga menjadi perhatian pihak Instagram.

Mengapa demikian? Karena Instagram akan secara otomatis melihat hal tersebut sebagai perilaku robot, bukan manusia. Unggahan pun akan dianggap spam dan akun Sedulur dapat terblokir. Jika ingin membagikan video story selama 1 menit, maka sebaiknya dibagi menjadi 4 story berdurasi 15 detik.

Kini, Sedulur menjadi makin paham tentang ukuran story Instagram inch maupun pixel, sekaligus ukuran ideal dan batasan mengunggah story di Instagram. Informasi ini tentu sangat membantu Sedulur saat mengoperasikan media sosial Instagram. Enggak cuma itu, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan saat hendak mengunggah story. Yuk, intip beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Gunakan fitur layar hijau (green screen)

linetoday

Fitur ini memungkinkan Sedulur mengubah latar belakang foto atau video yang hendak diunggah. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Buka fitur Instagram Stories.
  2. Gulir ke kanan pada menu filter di bagian bawah layar.
  3. Klik ikon kaca pembesar untuk menelusuri efek.
  4. Cari dan pilih efek green screen.
  5. Klik Add Media untuk memilih video atau foto latar belakang.
  6. Ambil gambar atau buat video menggunakan fitur tersebut.

BACA JUGA: Mengatasi Lupa Kata Sandi Instagram pada Iphone & Android

2. Tambahkan musik dalam story agar lebih hidup

ukuran story instagram
popmama

Ini merupakan fitur terbaru yang menarik perhatian para pembuat konten. Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan.

  1. Rekam video atau ambil gambar.
  2. Pada layar edit, klik ikon musik di bagian atas.
  3. Pilih lagu yang akan digunakan. Sedulur dapat menggunakan beberapa opsi untuk menyesuaikan musik dengan gambar atau video yang hendak diunggah.
  4. Kembali ke layar edit, Sedulur dapat memperbesar atau memperkecil sampul album atau lirik.

3. Unggah beberapa story sekaligus

telset

Apakah Sedulur sering mengalami kesulitan mengunggah story secara bersamaan? Jika iya, Sedulur wajib mengetahui cara-cara ini.

  1. Buka Instagram Stories dan gulir ke bawah untuk menemukan alat multi-capture.
  2. Ambil foto menggunakan fitur ini. Sedulur akan melihat hasil jepretan ditambahkan ke lingkaran kecil di sudut kiri bawah layar.
  3. Sedulur dapat mengambil hingga 10 foto. Masing-masing foto akan diunggah dalam 10 story yang terpisah.
  4. Setelah selesai, ketuk ikon lingkaran kecil untuk pindah ke layar pengeditan.
  5. Di bagian ini, Sedulur dapat meluangkan waktu untuk menambahkan teks, stiker, musik, atau efek ke setiap foto.
  6. Jika sudah selesai, foto atau video siap diunggah.

Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakan fitur Ask Me a Question. Fitur ini sangat efektif untuk berkomunikasi secara langsung dengan pengguna lain. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu mempertahankan performa akun agar bisa menarik perhatian banyak orang maupun sponsor.

Sekian pembahasan terkait ukuran story Instagram. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur dalam mengunggah foto atau video di Instagram secara optimal. Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan Instagram dalam hal positif, ya. Contohnya menggunakan Instagram untuk mengedukasi banyak orang atau sebagai tempat pemasaran dalam menjalankan bisnis.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.