persiapan mudik naik motor

Sebentar lagi akan masih masa mudik lebaran. Jalanan akan mulai ramai oleh pemudik yang pulang kampung dan merayakan lebaran bersama di kampung halaman. Bagi Sedulur yang akan mudik menggunakan motor, tentu penting melakukan persiapan mudik naik motor.

Ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai persiapan mudik naik motor dan penting untuk dilakukan agar bisa melakukan perjalanan yang aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Seperti apa saja persiapan yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Lengkap Info Mudik Gratis Terbaru 2023 di Jawa Timur!

1. Jangan membawa barang berlebih

persiapan mudik naik motor
OtoRider

Persiapan mudik naik motor yang pertama yaitu membawa barang secukupnya saja. Tidak asing memang jika pemudik membawa barang yang banyak, yang biasanya terdiri dari oleh-oleh atau perbekalan selama di kampung halaman.

-->

Namun Sedulur harus tetap perhatikan barang bawaan, jangan membawa barang berlebih. Barang yang berlebih dapat menganggu keseimbangan motor dan membahayakan perjalanan.

2. Tidak membawa anak kecil

persiapan mudik naik motor
Tips

Penting untuk diperhatikan juga, bahwa baik jangan membawa anak kecil apalagi yang masih berusia di bawah 5 tahun saat mudik dengan motor. Anak kecil lebih mudah terkena gangguan kesehatan seperti masuk angin atau kelelahan. Karena kondisi fisik yang berbeda.

3. Cek kondisi motor sebelum mudik

persiapan mudik naik motor
ADIRA Finance

Jangan lupa untuk cek kondisi motor sebelum mudik. Ini merupakan salah satu persiapan mudik naik motor yang penting untuk Sedulur lakukan. Sedulur bisa cek kondisi mesin, oli, lampu, ban, rem dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari mogok dan juga mengurangi risiko kecelakaan di jalan saat mudik.

4. Siapkan rute perjalanan mudik

persiapan mudik naik motor
Isparmo

Jangan lupa juga untuk siapkan rute perjalanan terbaik saat mudik. Memikirkan rute perjalanan juga merupakan bagian pentng dari persiapan mudik naik motor.

Motor tidak bisa mengakses jalan tol yang dapat meringkas jarak tempuh. Namun, motor dapat mengakses jalan-jalan alternatif yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil. Cari dan pelajarilah terlebih dahulu rute perjalanan mudik sesuai dengan tujuan.

5. Siapkan pakaian yang tepat

persiapan mudik naik motor
Momotor

Salah satu kekurangan mudik dengan motor adalah tidak dapat terlindung dari kondisi cuaca. Selalu gunakan perlengkapan atau aksesoris berkendara untuk motor yang sesuai seperti menggunakan helm, jaket motor, sepatu dan juga sarung tangan.

Untuk jaga-jaga, bawalah juga jas hujan untuk menghindari cuaca buruk. Meskipun mudik dalam keadaan musim kemarau, jas hujan tetap penting Sedulur bawa.

6. Jangan lupa istirahat secara rutin

SINDONews

Berkendara motor dengan durasi yang lama tentunya akan membuat mesin motor panas, badan pegal dan terlebih lagi akan membuat kita tidak fokus. Selalu usahakan untuk istirahat setiap 2 jam sekali agar kondisi kembali normal.

Jangan paksa untuk mengemudi jika dalam kondisi tidak fokus ataupun mengantuk. Hindari kelelahan saat melakukan mudik lebaran menggunakan motor. Maka dari itu, penting untuk Sedulur secara rutin melakukan istirahat, bisa tiap 2 jam sekali atau tiap 3 jam sekali.

7. Siapkan perbekalan

CNN Indonesia

Jangan lupa untuk selalu menyiapkan perbekalan selama mudik. Saat melakukan perjalanan mudik, tentu waktu akan dihabiskan sangat lama dijalanan yang dapat membuat dehidrasi dan lapar. Untuk mencegah rasa lapar dan dehidrasi, tentu perbekalan bisa jadi solusi.

Dengan mempersiapkan bekal, Sedulur juga akan menghemat pengeluaran serta tidak disusahkan lagi untuk mencari tempat makan.

8. Taati peraturan lalu lintas

Yamaha Deta

Setiap pengendera, baik pemotor atau yang membawa mobil, harus senantiasa menaati peraturan lalu lintas. Ditambah lagi saat mudik, polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas. Nah, apapun peraturan lalu lintas yang berlaku, Sedulur harus menaatinya.

Selalu patuhi aturan lalu lintas yang berada di jalan. Selalu ingat bahwa dengan menaati peraturan lalu lintas, bukan hanya demi keselamatan pribadi, namun juga keselamatan orang lain.

9. Selalu utamakan keselamatan

Kompas

Saat mudik menggunakan motor, tentu keselataman harus selalu Sedulur utamakan. Selalu hati-hati dalam perjalanan, tidak perlu buru-buru untuk mencapai tujuan. Jangan lupa untuk selalu fokus dan sabar saat berkendara.

Sedulur harus mengutamakan keselataman diri karena dengan begitu Sedulur juga dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Saling peduli dengan keselamatan diri berarti peduli pada keselamatan pengendara lainnya.

BACA JUGA: Dimajukan! Cuti Bersama Lebaran 2023, Cek Di Sini!

10. Beri identitas pada motor

Motorplus Online

Persiapan mudik naik motor terakhir yaitu jangan lupa untuk memberikan identitas pada motor, terutama identitas kota tujuan mudik. Hal ini bisa memberikan Sedulur teman mudik yang memiliki kota tujuan yang sama.

Hal ini akan sangat membantu agar Sedulur tidak merasakan kesepian, terutama bagi Sedulur yang mudik sendiri menggunakan motor. Bersama-sama, sekitara 2-3 rombongan motor akan membantu jika terjadi kondisi motor yang kurang fit di tengah perjalanan.

Nah itulah daftar persiapan mudik naik motor yang perlu Sedulur perhatikan dan siapkan dengan baik dan sematang mungkin. Tentunya agar Sedulur bisa mencapai tujuan dengan aman, nyaman dan selamat. Sehingga Sedulur bisa berkumpul bersama keluarga di Hari Lebaran!