Tips Menggoreng Agar Minyak Tidak Meletup

Freepik/DC Studio

Setelah mengetahui penyebab minyak meletup saat menggoreng, Sedulur dapat menentukan bagaimana cara mencegahnya. Agar tidak bingung, berikut ada beberapa tips menggoreng agar minyak tidak meletup yang bisa Sedulur coba.

1. Atur suhu minyak saat menggoreng

Diuraikan sebelumnya, salah satu penyebab minyak meletup adalah karena suhu minyak terlalu panas. Untuk itu, penting bagi Sedulur memperhatikan suhu minyak saat menggoreng dengan cara mengatur besar api pada kompor. Pastikan agar suhunya tidak terlalu panas sehingga minyak tidak meletup.

2. Pastikan wajan dalam keadaan bersih dan kering

Kondisi wajan juga bisa menjadi salah satu faktor minyak meletup. Wajan yang kotor apalagi basah ternyata bisa menyebabkan minyak meletup saat menggoreng. Oleh karena itu, Sedulur perlu pastikan wajan yang digunakan dalam kondisi bersih dan kering.

3. Manfaatkan bahan dapur

Selain kedua tips di atas, Sedulur juga bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur untuk mencegah minyak meletup. Salah satu bahan yang dikenal efektif mencegah minyak meletup adalah tepung terigu.

  • Bagaimana caranya?

Tepung terigu yang selama ini banyak digunakan untuk membuat kue dan aneka makanan ternyata bisa dimanfaatkan untuk mencegah minyak meletup saat menggoreng. Caranya, Sedulur dapat menaburkan tepung ke dalam wajan yang sudah berisi minyak panas. Selanjutnya, masukkan makanan yang akan digoreng.

Taburan tepung tersebut akan membantu mencegah terjadinya letupan. Selain menaburkan tepung ke dalam minyak, Sedulur juga bisa menyelimuti atau membalur makanan yang akan digoreng dengan adonan tepung.

Di sisi lain, masih ada bahan dapur lainnya yang juga dapat Sedulur manfaatkan. Misalnya adalah garam. Cara menggunakan garam untuk mencegah minyak meletup hampir mirip dengan tepung terigu. Yaitu cukup taburkan sejumput garam ke dalam minyak yang sedang dipanaskan. Kemudian, biarkan garam tersebut larut dengan sendirinya.

Itu dia beberapa tips agar minyak tidak meletup saat menggoreng. Jangan lupa untuk bisa menggoreng dengan maksimal dan masakan tetap sehat, gunakan selalu minyak berkualitas yang selalu baru serta bersih. Sedulur bisa menemukan minyak goreng terbaik seperti Minyak Goreng Perirasa di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperAppSemoga tips di atas dapat membantu mengatasi masalah Sedulur, ya!