tips belanja hemat untuk satu mingguan

Belanja bulanan tentu menjadi hal yang sangat krusial bagi banyak orang. Apalagi kalau barang yang diperlukan sudah masuk ke tahap kebutuhan pokok yang harus terpenuhi setiap hari. Jadi tidak heran tips belanja hemat untuk satu mingguan perlu diketahui.

Masalah belanja bulanan atau mingguan ini sebenarnya dipicu karena sikap impulsif sebagain besar masyarakat di berbagai kota besar. Banyak yang belum bisa menentukan mana barang yang jadi kebutuhan utama dan mana yang bisa ditunda sejenak.

Padahal bila Sedulur bisa membuat perencanaan belanja bulanan sampai belanja mingguan, bukan tidak mungkin banyak pundi pendapatan yang bisa dialokasikan untuk hal yang lebih berorientasi pada masa depan.

Nah, agar Sedulur bisa mencapai ekonomi yang mandiri. Yuk simak tips belanja hemat untuk satu mingguan berikut ini.

-->

BACA JUGA: Tips Sukses Memulai Bisnis Thai Tea Agar Cepat Balik Modal

Tetapkan anggaran pengeluaran

belanja bulanan
Super

Hal yang paling pertama agar bisa hemat dalam belanja kebutuhan pokok sehari-hari adalah dengan menentukan anggaran atau budget. Penentuan anggaran pengeluaran ini bisa mendetail sampai berapa rupiah yang harus dikelurkan dalam sehari. Cara ini bisa membuat sistem pengeluaran Sedulur menjadi lebih teratur dan terpantau.

Biasanya dalam menentukan anggaran pengeluaran harian, seseorang harus melihat seberapa banyak kebutuhan pokok yang diperlukan seperti beras, minyak goreng, sayur, telur, sampai daging. Jadi jika dilihat dari barang yang dibutuhkan untuk belanja harian, maka bisa dipastikan itu adalah barang yang mudah dan cepat busuk.

Sementara itu, untuk menentukan anggaran pengeluaran bulanan bisa dengan cara membagi kebutuhan yang bisa dihabiskan dalam sebulan. Barang tersebut memiliki waktu kadaluarsa yang lama untuk sekali beli seperti sabun, odol, gula, deodoran, sampai parfum.

Bila sudah tahu apa saja yang diperlukan dan berapa biaya yang akan dikeluarkan. Sedulur bisa dengan mudah mengatur jumlah dan kuantitas agar anggaran tersebut bisa efektif.

Lakukan perbandingan harga

Belanja bulanan
Pexels

Cara belanja hemat untuk seminggu selanjutnya adalah dengan membandingkan harga dari tiap toko dimana Sedulur berbelanja. Ini menjadi salah satu hal yang penting akrena perbedaan harga seribu rupiah sampai 5 ribu rupiah bisa berpengaruh pada total belanja.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat melakukan perbandingan harga, yakni Sedulur harus mengesampingkan penggunaan brand pada kebutuhan tertentu, selalu cari harga yang lebih murah walaupun selisih seratus rupiah, dan cari barang yang memiliki kualitas bagus.

Tiap toko biasanya memiliki harga yang bervariatif, jadi Sedulur bisa mencatat dimana saja kebutuhan pokok yang memiliki harga termurah dan bisa melakukan pembelian secara terpisah.

Ambil diskon

Diskon belanja bulanan
Sentra Rak

Keberadaan harga promo atau diskon yang diberikan toko kepada barang kebutuhan pokok menjadi hal yang harus dimaksimalkan. Hal ini karena potongan harga tersebut bisa menjadi tips belanja hemat untuk satu mingguan yang sangat berharga.

Dengan harga yang lebih murah, tentu Sedulur hanya mengeluarkan anggaran belanja yang kecil dimana sisa anggaran bisa ditabung.

Ada beberapa waktu yang jadi template untuk toko memberikan harga spesialnya seperti jelang tanggal gajian, akhir bulan, tanggal cantik (12.12, 11.11 dan sebagainya) atau saat datangnya momen hari ray dan hari besar.

Pengambilan diskon ini juga sangat dianjurkan saat Sedulur melakukan pembelian secara online. Apalagi trend belanja secara online sedang diminati dan banyak marketplace yang memberikan diskon serta promo besar-besaran.

BACA JUGA: Mengenal Bisnis Keagenan, Ini Cara Memulai dan Tipsnya

Buat menu masak mingguan

tips belanja bulanan
Pexels

Salah satu aktivitas yang banyak menyita anggaran belanja bulanan adalah makan. Hal ini karena makan dan minum menjadi kebutuhan pokok manusia agar bisa bertahan hidup.

Nah, ada satu tips belanja hemat untuk satu mingguan yang perlu dilakukan pada aspek ini. Sedulur wajib membuat menu masak mingguan secara teratur agar bisa menghindari bahan makanan yang terbuang. Selain itu, cara ini juga bisa mengurangi hasrat untuk membeli makanan yang ternyata harganya bisa 2 kali lipat jika dibandingkan dengan memasak sendiri.

Bila Sedulur ingin melakukan tips satu ini, pastikan buat variasi makanan yang berbeda untuk setiap hari namun dengan bahasan yang sama. Ini bisa menghindari adanya kebosanan menu makanan tapi tetap menjaga kantongmu agar tidak jebol.

Selalu bawa list belanja

Belanja bulanan
Pexels

Tips selanjutnya agar bisa belanja bulanan hemat adalah dengan membuat list belanja. Hal ini cukup remeh, tapi ternyata keberadaan daftar belanja bisa membantumu tahu apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

Hal ini bisa membuat Sedulur fokus berbelanja kebutuhan pokok yang perlu ada di rumah. Dan menghindari barang-barang yang menjadi keinginan semata. Berikut ini beberapa contoh datar belanja mingguan yang mungkin bisa Sedulur coba.

  • Daftar belanja mingguan 50 ribu

Untuk daftar belanja seminggu dengan anggaran dana sekitar 50 ribu, maka bisa dimanfaatkan untuk memenuhi sekitar 2 orang dewasa dan satu anak. Jadi bila Sedulur masih single, tentu kebutuhan belanja ini bisa digunakan lebih dari cukup. Berikut ini bahan yang bisa didapatkan, kangkung, jagung, kacang panjang, tempe, tahu, telur, wortel, dan sayuran lainnya.

Dana 50 ribu untuk seminggu memang sudah sangat minim dan biasanya belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan yang lebih bervariasi.

  • Daftar belanja mingguan 100 ribu

Untuk daftar belanja mingguan 100 ribu, maka ada barang yang bisa dibeli lebih lengkap dibandingkan daftar sebelumnya. Sedulur bisa mendapatkan protein selain telur seperti ikan dan daging ayam atau sapi. Selain itu, sisa anggaran bisa untuk dibelikan sayuran dan buah-buahan.

BACA JUGA: 12 Tips Membangun Usaha Konter Pulsa Rumahan yang Sukses

Kurangi beli cemilan

Tips belanja bulanan
Pexels

Tips belanja hemat untuk satu mingguan selanjutnya adalah mengurangi membeli jajan atau cemilan. Lebih baik Sedulur mencoba untuk memasak dan membuat stok jajanan sendiri. Karena tanpa kita sadari, ternyata jajanan atau cemilan yang kita beli bisa menghabiskan 20% anggaran belanja bulanan dan mingguan.

Misalnya, Sedulur sudah membuat anggaran daftar belanja minggu 100 ribu untuk kebutuhan pokok. Tapi tiba-tiba ingin membeli minuman boba yang harganya bisa 15-20 ribu satu gelasnya, padahal dengan harga segitu ada barang kebutuhan pokok yang bisa didapatkan dan digunakan selama lebih dari 2 hari.

Jadi sebaiknya aturlah pembelian makanan dan cemilan ringan agar tidak terlalu sering sehingga anggaran tidak bocor.

Belanja di tempat yang tepat

Super Agen
Super

Carilah tempat belanja yang tepat. Ini menjadi tips Tips belanja hemat untuk satu mingguan selanjutnya karena bisa memberikan dampak yang sangat signifikan untuk sistem keuanganmu.

Banyak orang yang kadang memilih belanja di mall, supermarket sampai minimarket karena menilai bahan dan kualitasnya lebih baik. Padahal di toko tradisional dan tempat belanja bulanan secara grosiran, barang yang didapat akan lebih murah dan kualitasnya tidak berbeda jauh.

Jadi pilihlah dengan bijak dimana tempatmu berbelanja. Usahakan cari toko yang memberikan harga terendah dengan kualitas terbaik.

Solusi belanja bulanan

Belanja bulanan
Super

Melihat tips di atas, sebenarnya bisa disimpulkan bahwa untuk bisa melakukan belanja bulanan yang hemat dan tepat maka kita harus memiliki perencanaan yang baik. Selain itu, ada satu solusi lain yang tak kalah penting yaitu mendapatkan tempat berbelanja yang tepat.

Nah, di era modern sekarang ini berbelanja bulanan lewat ponsel merupakan hal yang lumrah. Namun, ada satu aplikasi yang sangat cocok digunakan masyarakat Indonesia karena selain mudah juga memberikan harga yang relatif murah yaitu Super.

Aplikasi Super merupakan sarana untuk bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok seperti beras, telur, sampai bumbu dapur secara murah. Baik itu dalam jumlah grosir maupun satuan. Sedulur juga bisa mendapatkan keuntungan lain jika menjadi mitra Super Agen karena bisa menambah pendapatan bulanan dengan membuka toko kelontong dan sembako.

Jadi bila Sedulur mencari solui belanja bulanan yang tepat dan hemat, langsung aja download Aplikasi Super di sini.

Demikian tadi tips belanja hemat untuk satu mingguan bagi Sedulur. Semoga tips dan cara di atas bisa membantu dalam mengatur sistem berbelanja sehingga pengeluaran tidak boros hingga membuat dompet jebol.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!