timer AC panasonic

Sedulur pengguna AC Panasonic dan sering kali mengalami timer AC Panasonic yang berkedap-kedip? Tentu Sedulur bertanya mengapa hal tersebut terjadi dan mencari solusi dan cara untuk mengatasinya. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama tips dan caranya.

Umumnya, penyebab timer AC Panasonic atau AC merk lain berkedip dan tidak kunjung mati adalah adanya gangguan fungsi dari termstor. Bagi Sedulur yang mengalami masalah tersebut, wajib menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Tips Menyetrika Lebih Efektif dan Rapi, Kamu Harus Tahu!

Penyebab Lampu Timer AC Panasonic Berkedip

cara menyalakan ac tanpa remot
Unsplash

Perlu diketahui, AC yang tidak bersih atau kekurangan freon adalah penyebab paling umum dari jenis AC inverter yang terus berkedip. AC yang berkedip juga bisa menjadi tanda penurunan performa AC, seperti tidak lagi terasa dingin saat dijalankan.

Lampu timer AC yang berkedip merupakan sinyal atau tanda yang menunjukan bahwa AC bermasalah, terutama dalam sistem pendingin udara. Jika kondiri AC inverter kotor dan freon yang bermasalah, AC akan berkedip.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, terdapat beberapa tips dan cara yang bisa Sedulur lakukan. Yuk langsung kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas Mendidih di Indonesia!

Cara Mematikan Timer AC Panasonic yang Berkedip

rekomendasi ac low watt terbaik
Bob Vila

Terdapat beberapa tips dan cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mematikan Timer AC Panasonic yang berkedip. Mulai dari mengatasi masalah yang umum terjadi, atau kondisi tertentu yang menyebabkan AC mengalami masalah. Berikut ini penjelasan lengkap cara mematikan timer AC yang berkedip:

1. Modul AC telah kotor atau terkena air

Cara pertama dengan mencari tahu masalahnya. Masalah yang biasanya terjadi yaitu modul AC yang telah kotor atau terkena air. Masalah ini umumnya muncul ketika Sedulur melakukan perawatan AC secara rutin. Kecerobohan sendiri mengakibatkan modul AC menjadi basah oleh air.

Untuk mulai mengatasi masalah ini, kita perlu melakukan pembersihan modul secara menyeluruh. Sebaiknya keringkan modul terlebih dahulu jika lembap. Ada baiknya Anda bertanya kepada dealer AC bagaimana cara membersihkan modul AC secara efektif dan tepat.

Jangan mengeringkan modul dengan sembarangan tanpa bertanya terlebih dahulu, karena modul merupakan komponen yang penting. Jika terjadi kesalahan akan menimbulkan kerusakan lain di dalam AC.

2. Kerusakan pada termistor AC

Masalah kedua umumnya disebabkan dengan kerusakan pada termistor AC. Bagian termistor pada AC merupakan sensor suhu yang juga berfungsi sebagai pemutus arus untuk kompresor luar. Bola lampu timer akan berkedip jika komponen ini rusak dan mengirimkan sinyal ke pengontrol.

Ada baiknya segera mengganti termistor jika sudah rusak. Untuk mengatasi ini, Sedulur bisa memanggil layanan service AC atau call center dari Panasonic langsung.

3. PCB modul AC rusak

Seperti yang telah diketahui, kondisi AC bisa dilihat dari modul mainboard AC, jika kerusakan terjadi dari hal tersebut, maka kerusakan tersebut merupakan kejadian umum. Dalam kebanyakan kasus, ada garis putus-putus atau hitam yang dapat ditemukan.

Sedulur bisa membersihkannya sendiri atau menggunakan layanan service untuk menyelesaikannya. Sekalian untuk cek kondisi AC lainnya.

4. Kendur di bagian soket

Soket yang longgar adalah faktor lain yang dapat menyebabkan AC Panasonic berkedip. Dalam hal ini, AC tidak bekerja dengan benar karena arus listrik tidak stabil. Untuk amannya, periksa kembali apakah soket dipasang dengan benar.

Namun, untuk kerusakan serius, soket pengganti harus dibeli dari distributor AC resmi Panasonic.

5. Tidak ada perputaran pada kipas dalam ruangan

Saat kipas AC mati, lampu indikator akan berkedip sebagai tindakan pengamanan untuk memperingatkan Sedulur tentang situasi tersebut. Sebuah sensor akan mengirimkan sinyal ke lampu timer saat kipas dimatikan.

6. Kondisi AC kotor

Hal ini berlaku untuk arus bolak-balik (AC) dari berbagai inverter. Lampu timer akan berkedip dan berkedip jika AC kotor atau tidak terawat. Langkah penting yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan membersihkan AC.

7. Tidak ada freon di AC

Pergi ke distributor AC adalah langkah cerdas dalam situasi ini. Timer akan berkedip jika AC tidak memiliki freon. Gas freon juga memiliki tujuan lain, yaitu untuk menurunkan suhu udara. Sedulur harus melakukan perbaikan pada AC Sedulur jika ada gas freon yang habis.

8. Kompresor AC rusak

Apa yang dapat Sedulur lakukan jika AC Panasonic Sedulur tiba-tiba berhenti bekerja? Kerusakan pada komponen kompresor mungkin juga menjadi penyebabnya. Untuk tahu pasti jika kompressor rusak perlu memperhatikan kondisi AC terutama kompressor itu sendiri.

Akan ada suara berputar yang berasal dari unit komponen kompresor jika kompresor AC bekerja dengan baik. Freon di kompresor Sedulur mungkin baik-baik saja, tetapi jika berkedip, ada yang salah.

BACA JUGA: Bedanya AC Inverter dan Non Inverter? Mana yang Lebih Baik?

Cara Mematikan Lampu Timer AC Panasonic Berkedip 2 Kali

Rekomendasi AC terbaik 2023
Pinterest

Berikut ini terdapat beberapa langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk mengatasi lampu Timer AC yang berkedip dua kali. Adapun langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Untuk memulai, cabut steker dari stopkontak.
  • Tunggu antara dua sampai lima menit. Sambungkan kembali perangkat stop kontak tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah melepas kedua baterai dan pasang kembali.
  • Setelah Sedulur menyalakan kembali AC, maka diharapkan akan berfungsi normal kembali.

Nah itulah penjelasan terkait penyebab timer AC Panasonic berkedip disertai cara dan tips untuk mengatasinya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Sedulur dan dapat mengatasi masalah yang terjadi di AC yang Sedulur gunakan.