temperatur kulkas min max

Sebelum membeli kulkas, Sedulur harus mengetahui kebutuhan temperatur kulkas min max terlebih dahulu. Hal ini penting dipahami supaya Sedulur bisa menyesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan bahan makanan di rumah.

Misalnya, apabila Sedulur ingin menyimpan banyak bahan mentah seperti daging, telur, atau jenis protein lainnya, maka dibutuhkan temperatur kulkas minimal yang cukup rendah. Sementara, suhu maksimal bisa disesuaikan.

Supaya Sedulur tidak bingung dan semakin jelas tentang temperatur kulkas min max dan cara mengaturnya. Mari simak ulasannya di bawah!

BACA JUGA: Bukan Cuma Harga, Ini 12 Pertimbangan Beli Kulkas yang Baik!

Pahami Tombol Pengaturan Suhu di Kulkas

temperatur kulkas min max
Freepik/Freepik

Mengatur suhu kulkas min atau max bisa dilakukan dengan memutar roda atau tombol tertentu. Sedulur bisa menemukannya di dalam unit lemari es, biasanya terletak di bagian atas.

Untuk kulkas 1 pintu, umumnya hanya ada 1 tombol yang terpasang di bawah kotak freezer. Namun, pada kulkas 2 pintu terdapat 2 tombol pengaturan suhu, yakni pengaturan suhu freezer dan pengaturan suhu kulkas.

Tombol ini berupa roda yang bisa diputar untuk menyesuaikan level suhu kulkas. Roda pengatur suhu kulkas juga disertai dengan penanda berupa angka 1-5 atau keterangan seperti min, med, max, dan stop. Berikut ini penjelasannya.

1. Pengatur suhu dengan angka 1-5

Untuk roda yang disertai penanda berupa angka, maka angka 1 menandakan suhu minimal dan angka 5 suhu maksimal. Saat disetel di angka 1, kulkas akan beroperasi dengan suhu dingin minimal, atau bisa dibilang tidak terlalu dingin.

Sementara itu, saat disetel di angka 5, maka kulkas akan beroperasi dengan suhu dingin maksimal atau sangat dingin. Jadi, kalau mau mengatur suhu kulkas min atau max tinggal menyesuaikan, yaitu angka 1 untuk suhu minimum dan angka 5 untuk suhu maksimum.

2. Pengatur suhu dengan kode tulisan

Alat pengatur suhu dengan penanda berupa kode tulisan lebih mudah dipahami. Agar Sedulur memahami, berikut penjelasan tentang kode-kodenya.

  • Min: pengaturan suhu minimum
  • Med: pengaturan suhu medium/menengah
  • Max: pengaturan suhu maksimum
  • Stop: Kulkas dalam keadaan off atau berhenti beroperasi

Jadi, kalau Sedulur ingin mengatur suhu kulkas min atau max tinggal putar saja roda pengatur mengarah pada kode tertentu. Arahkan pada kode min untuk suhu minimum dan kode max untuk suhu dingin maksimum.

Selain kode di atas, kulkas satu pintu keluaran terbaru juga disertai dengan fitur baru seperti defrost atau pencair bunga es. Dengan menekan tombol ini, Sedulur bisa mencairkan bunga es di dalam freezer tanpa repot-repot mematikan kulkas.

BACA JUGA: Tips Food Preparation Kulkas, Bikin Makanan Awet dan Praktis

Pahami Cara Kerja Temperatur Suhu Kulkas

temperatur kulkas min max
Pexels/Kindel Media

Banyak orang percaya bahwa dua tombol penyesuaian yang ditemukan di dalam lemari es diatur untuk mengontrol suhu lemari es dan freezer secara independen. Meskipun ini berlaku untuk beberapa model kelas atas, namun tidak berlaku untuk sebagian besar lemari es standar.

Faktanya, semua udara dingin yang dihasilkan di unit rata-rata diproduksi di dalam lemari es. Salah satu tombol di kulkas memiliki fungsi untuk mengarahkan unit untuk menciptakan lebih banyak atau lebih sedikit udara dingin.

Sedangkan lainnya hanya mengoperasikan penyekat untuk mengontrol berapa banyak udara dingin dari freezer yang dilepaskan ke lemari es.

Nah, itu tadi penjelasan lengkap tentang temperatur kulkas min max yang perlu Sedulur ketahui. Informasi ini tentu sangat penting, apalagi kalau Sedulur memiliki banyak bahan makanan mentah yang disimpan dalam kulkas. Semoga membantu dan bermanfaat ya!