shopee affiliate

Di era perkembangan teknologi yang semakin maju, ada banyak alternatif bagi Sedulur yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya melalui program afiliasi yang dibuka oleh perusahaan. Di Indonesia, Shopee termasuk yang membuka program afiliasi ini. Programnya bernama Shopee Affiliates.

Apa itu Shopee Affiliates? Sederhananya, program afiliasi ini menawarkan komisi bagi para content creator yang mempromosikan produk Shopee di media sosial. Bagi Sedulur yang tertarik bergabung, berikut penjelasan Shopee Affiliates Program dan cara mendaftarnya. Simak sampai selesai, ya.

BACA JUGA: Cara Daftar TikTok Shop untuk Jualan Online di TikTok

Shopee Affiliates dan cara kerjanya

shopee affiliate
Veja Abril

Shopee Affiliate adalah program dari Shopee untuk para pembuat konten yang aktif di media sosial. Tidak hanya publik figur atau influencer saja yang bisa mengikutinya, pengguna media sosial aktif lainnya pun bisa bergabung. Anggota yang tergabung dalam Shopee Affiliate akan mempromosikan berbagai produk di media sosial, yang nantinya akan mendapatkan imbalan atau komisi dari pihak Shopee.

-->

Bila Sedulur tergabung dalam program ini, Sedulur bebas berkreasi dalam pembuatan konten selama produk yang dipilih memenuhi syarat dan ketentuan Shopee. Seperti yang dibahas sebelumnya, siapa saja bisa mengikuti Shopee Affiliates Program, tanpa harus memiliki banyak followers. Selain itu, konten juga bisa dibagikan di media sosial apa pun, seperti YouTube, Instagram, Facebook, hingga TikTok.

Perlu diketahui, bergabung dengan Shopee Affiliate sangatlah mudah. Tipe kemitraan Shopee Affiliate tidak ada kontrak yang mengikat. Terkait cara kerjanya, Sedulur hanya perlu membuat konten dan menyebarkan custom link produk yang ingin dipromosikan. Apabila ada orang yang klik link tersebut dan melakukan pembelian produk terkait di Shopee, maka Sedulur bisa mendapatkan komisi Shopee Affiliate atas transaksi tersebut.

Shopee Affiliate syarat gabung

shopee affiliate
Pikiran Rakyat

Untuk tergabung dalam program ini, ada setidaknya dua syarat yang harus dipenuhi. Pertama, akun media sosial harus aktif, terbuka untuk umum, dan memiliki konten orisinal. Kedua, akun Shopee dan media sosial yang digunakan untuk promosi bersifat pribadi. Artinya, akun bukanlah toko atau penjual Shopee.

BACA JUGA: Afiliasi: Pengertian, Ciri, Contoh & Keuntungannya dalam Bisnis

Cara daftar Shopee Affiliate

Empire Flippers

Berikut ini merupakan mekanisme cara menggunakan Shopee Affiliate, mulai dari pendaftarannya hingga cara share link Shopee Affiliate di Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, dan lainnya.

  • Buka peramban dan masuk ke situs https://affiliate.shopee.co.id/, lalu login ke akun Shopee yang Sedulur miliki.
  • Lakukan pendaftaran di Program Afiliasi Shopee.
  • Isi semua kolom informasi yang dibutuhkan secara rinci.
  • Tunggu email konfirmasi maksimal 3 hari yang menyebutkan bahwa akun Shopee Affiliate sudah terdaftar.
  • Sedulur bisa melakukan promosi produk-produk yang tersedia dan sesuai ketentuan Shopee.
  • Pilih produk yang ingin dipromosikan dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller. Produk yang dilarang dipromosikan yaitu barang palsu, berbau pornografi, rokok, dan obat-obatan terlarang.
  • Unggah custom link dari produk yang ingin dipromosikan ke media sosial milik Sedulur. Bisa dari TikTok, Instagram, YouTube, Twitter, dan sebagainya.
  • Sedulur akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan melalui custom link yang telah disebarkan.

Keuntungan menggunakan Shopee Affiliate

Shopee

Program ini bisa dikatakan sebagai alternatif mencari penghasilan tambahan karena Sedulur akan mendapatkan komisi pada setiap transaksi yang dilakukan melalui custom link afiliasi. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan melalui program ini.

  • Komisi tetap dari 2,5% hingga 10% untuk produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.
  • Komisi ekstra 100% dari penjual.
  • Produk dan voucher gratis dengan mengikuti campaign Shopee.
  • Bonus Rp1.850.000 untuk 1.200 pesanan pertama.
  • Bonus komisi 15% dari Shopee Affiliates Team.

Selain keuntungan di atas yang dilansir dari laman Shopee, ada pula keuntungan lainnya. Contohnya, Sedulur bebas memilih dan mempromosikan produk, fleksibilitas berkarya di platform media sosial, serta proses pembayaran komisi transparan sesuai performa, tergantung pada jumlah pembelian melalui link afiliasi.

BACA JUGA: Apa Itu Marketing? Ini Definisi, Fungsi, Jenis dan Tujuannya

Contoh perhitungan komisi

shopee affiliate
Investree Blog

Besaran komisi program afiliasi ini cukup beragam tergantung pada keberhasilan anggota afiliasi dalam menggaet konsumen lama atau baru, yakni 2,5% untuk konsumen lama dan 10% konsumen baru. Supaya Sedulur ada gambaran terkait program ini, berikut contoh perhitungan komisi yang bisa diperoleh.

Misalnya, Sedulur berhasil mengajak 15 konsumen baru untuk membeli produk seharga Rp80.000, maka Sedulur akan mendapatkan komisi sebesar Rp120.000. Kemudian, jika Sedulur berhasil mengajak 15 konsumen lama untuk membeli produk seharga Rp80.000, maka Sedulur akan mendapatkan komisi sebesar Rp30.000.

Komisi akan dibayarkan ke ShopeePay setiap minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Namun, apabila komisi masih di bawah Rp10.000, komisi akan diakumulasikan ke bulan selanjutnya.

Bagaimana, Sedulur? Tertarik mencoba program afiliasi dari Shopee ini? Selain Shopee Affiliate, ada pula program afiliasi serupa dari perusahaan-perusahaan lain, misalnya Lazada, Tokopedia, Zalora, Bukalapak, dan sebagainya. Bagi yang ingin bergabung, Sedulur bisa membuat konten dan mempromosikan produk sebanyak serta sekreatif mungkin agar peluang mendapatkan komisi makin besar. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.