Pedulilindungi sertifikat vaksin

Cara mengakses sertifikat vaksin di PeduliLindungi dengan mudah. Bisa diunduh dengan cepat!

Saat ini, PeduliLindungi sudah menjadi aplikasi yang wajib diinstal di smartphone penduduk Indonesia. Melalui aplikasi ini, terdapat informasi penting tentang kabar dan update terkini COVID-19 di tanah air. Mulai dari peta penyebaran di sekitar, diari perjalanan, hingga teledokter.

Yang tak kalah penting, data yang ada di PeduliLindungi sudah mencakup status vaksinasi penggunanya. Tanpa perlu membawa kartu vaksin dalam bentuk fisik, kamu bisa mengakses sertifikat vaksin dengan beberapa opsi cara. 

Untuk memudahkan penggunanya, kamu bisa mengunduh sertifikat vaksin dengan beberapa cara. Dapat dengan melalui aplikasi maupun dengan mengakses situs resmi PeduliLindungi. Bagi yang masih belum tahu cara mengunduh sertifikat vaksin di PeduliLindungi, ikuti tutorial di bawah ini ya, Sedulur.

-->

1. Cara mengecek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi

pedulilindungi sertifikat
image source: Instagram @pedulilindungi.id
  1. Unduh aplikasi PeduliLindungi di gawaimu. Bila menggunakan Android, kamu bisa download di Google Play Store. Untuk Apple users, kamu bisa menuju ke Apps Store
  2. Buka aplikasi PeduliLindungi setelah proses pengunduhan selesai
  3. Klik login apabila sudah punya akun. Di halaman log in, tulis nama lengkap dan nomor HP yang didaftarkan saat vaksin
  4. Bila belum punya akun, pilih Register
  5. Masukkan 6 digit kode OTP dari PEDULICOVID yang dikirim melalui SMS
  6. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi NIK dan alamat e-mail
  7. Klik Sertifikat Vaksin dan sertifikat akan muncul di layar
  8. Di menu ini, akan muncul 2 kolom vaksin, yakni sertifikat pertama dan vaksin kedua vaksin pertama. Gambar oomatis muncul di kedua kolom tersebut apabila memang sudah mendapatkan suntikan 2 dosis vaksinasi. Apabila masih belum komplit, hanya sertifikat pertama yang muncul. Klik image sertifikat vaksin pertama 
  9. Setelah muncul di layar, klik pilihan simpan dan sertifikat vaksin secara otomatis tersimpan di file galerimu
  10. Lakukan hal yang sama untuk mengunduh sertifikat vaksin kedua apabila memang sudah selesai dilakukan

2. Cara alternatif mengecek sertifikat vaksin di  situs PeduliLindungi

sertifikat vaksin di pedulilindungi
image source: pedulilindungi.id

Apabila sertifikat vaksin tidak ada di PeduliLindungi dengan tutorial sebelumnya, ada cara alternatif yang bisa dicoba. Yakni dengan mengakses situs PeduliLindungi.id, bukan melalui aplikasi.

  1. Buka situs PeduliLindungi.id di handphone maupun laptop
  2. Pilih menu Registrasi Vaksin
  3. Klik Login Sekarang
  4. Isi data yang diminta pada kolom yang tersedia seperti nama lengkap dan nomor ponsel. Mengakses melalui PeduliLindungi.id cek NIK juga tidak boleh ketinggalan
  5. Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim via SMS
  6. Setelah berhasil, klik nama Akun yang ada di pojok kanan atas
  7. Klik Sertifikat Vaksin dan Nama
  8. Setelah itu, kamu diarahkan ke laman yang berisi sertifikat vaksin untuk diunduh
  9. Tinggal klik kanan dan simpan

Baca juga: Tips Menjaga Keseimbangan Kerja di Tengah Pandemi Covid-19

3. Mengirim e-mail ke pihak PeduliLindungi bila sertifikat vaksin tidak muncul

sertifikat vaksin pedulilindungi tidak muncul
image source: Instagram @pedulilindungi.id

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan tapi sertifikat vaksin masih belum bisa diakses, kamu dihimbau untuk menunggu. Sertifikat vaksin baru bisa diakses setelah mendapat SMS notifikasi dari 1199 dalam kurun waktu 7-10 hari setelah vaksinasi.

Apabila sampai 10 hari sertifikat vaksin tidak bisa diakses melalui situs dan aplikasi PeduliLindungi, kamu disarankan untuk mengirim email ke sertifikat@pedulilindungi.id. Melalui e-mail tersebut, kamu bisa menyampaikan keluhan tentang kartus vaksinasi yang tidak bisa diakses. Supaya bisa segera diproses, kamu diwajibkan untuk mengirimkan data dengan format di bawah ini:

  1. Nama lengkap
  2. NIK
  3. Tempat, tanggal lahir
  4. Nomor HP yang didaftarkan untuk vaksinasi
  5. Melampirkan foto kartu vaksin

Baca juga: Tips Menguatkan Imunitas Tubuh Agar Sehat Selama Pandemi

4. Menghubungi call center 119

sertifikat vaksin tidak ada di pedulilindungi
image source: Instagram @pedulilindungi.id

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi call center 119 di extension 9. Kamu bisa menyampaikan keluhan dan meminta bantuan costumer service yang berwenang di PeduliLindungi sertifikat agar segera dirilis.

Kehadiran PeduliLindungi bisa menjadi terobosan digital yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan menginstal satu aplikasi, bisa mendapatkan berbagai kemudahan yang berhubungan dengan COVID-19. Bahkan, apps ini sudah terintegrasi dengan Paspor Digital dan e-Hac.

Untuk mengontrol dan mengawasi warga, pemerintah sudah bekerja sama dengan banyak pihak untuk membatasi mobilitas. Apabila bepergian, kamu diwajibkan untuk scan barcode demi memastikan kapasitas dan kondisimu yang di-track tidak membahayakan orang lain.

Supaya Indonesia bisa segera bebas dari pandemi COVID-19, ikuti imbauan yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Gunakan sertifikat vaksin dengan bijak. Meskipun sudah mendapatkan 2 dosis vaksin, jangan abaikan protokol kesehatan 5M. 

Sebisa mungkin, tetap kurangi mobilitas dan melakukan kegiatan di rumah bisa memungkinkan. Termasuk untuk urusan belanja. Kamu tidak perlu pergi ke pasar dan supermarket untuk belanja bulanan lagi. Karena saat ini sudah ada Aplikasi Super yang memudahkan transaksi belanjamu. Tinggal install Aplikasi Super, pesan, dan pesanan siap diantar ke rumahmu. Dengan begini, kasus COVID-19 bisa semakin terkendali dan kamu bisa tetap sehat sembari beraktivitas seperti biasa. Tetap jaga kesehatan ya, Sedulur!