salep gatal selangkangan

Adanya rasa gatal di area selangkangan tentu saja membuat tidak nyaman. Jika terus menggaruknya, maka dapat memicu iritasi atau bahkan infeksi. Alih-alih menggaruk, coba obati gatal tersebut dengan obat dan salep gatal selangkangan yang memang sudah diformulasikan secara khusus.

Sebenarnya, salep maupun obat gatal selangkangan di apotik itu ada banyak. Akan tetapi, hal itulah yang biasanya membuat kita bingung untuk memilih satu produk yang cocok. Seperti yang telah diketahui, jenis kulit manusia itu berbeda-beda. Ada kulit yang sensitif, ada yang kebal, dan lain sebagainya. Jadi Sedulur harus memilih jenis salep yang tepat. Jika tidak, bisa saja gatal pada selangkangan tersebut menjadi lebih parah atau bahkan menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain.

BACA JUGA: 12 Penyakit Menular Seksual: Ciri, Penyebab & Pengobatannya

Rekomendasi salep gatal di selangkangan

salep gatal selangkangan di apotik
alodokter

Daripada Sedulur memilih sembarang obat dan justru memperparah keadaan, simak beberapa rekomendasi obat dan salep gatal selangkangan di apotik yang ada di bawah ini.

-->

1. Mycoral

salep untuk gatal di selangkangan
farmaku

Rekomendasi salep untuk gatal di selangkangan yang pertama ada Mycoral. Krim ini mengandung zat aktif ketoconazole 2% yang sangat ampuh untuk mengatasi jamur di bagian selangkangan. Bentuknya yang berupa krim, tentu saja membuat pemakainya bisa dengan mudah mengaplikasikannya di permukaan kulit.

Kamu hanya perlu mengoleskan krim tersebut di bagian yang terkena infeksi antara 1 sampai 2 kali dalam sehari secara rutin. Terus lakukan rutinitas itu hingga kondisi kulit selangkangan benar-benar membaik. Jika dalam jangka waktu lama gatal tidak juga sembuh, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, salep ini juga mampu mengatasi beberapa infeksi karena jamur yang lain. Beberapa di antaranya seperti tinea korporis, tinea manus, tinea versikolor, kandidiasis serta dermatitis serobik.

2. Kalpanax K

salep gatal di selangkangan
halodoc

Sudah sejak lama Kalpanax dikenal sebagai salah satu merk obat gatal yang sangat ampuh. Kamu bisa dengan mudah menemukan Kalpanax K alias salep gatal selangkangan di apotik Kimia Farma maupun di apotek lainnya.

Kalpanax-K 2% Cream ini memang sering digunakan untuk mengatasi gatal selangkangan akibat jamur. Salep yang satu ini hadir dengan bentuk krim dalam kemasan tube 5 gram. Sedulur hanya perlu mengoleskan krim di area yang terinfeksi 2 kali sehari secara rutin.

Gunakan Kalpanax K selama 2-6 minggu sampai benar-benar sembuh. Agar gatal tidak kambuh lagi, pengobatan harus dilanjutkan sampai 10 hari setelah semua gejala hilang. Perlu diingat, jika obat ini tidak diperuntukan untuk luka terbuka dan penggunaannya juga harus sesuai dengan aturan pakai.

3. Trosyd

obat gatal selangkangan di apotik
halodoc

Jika mengalami gatal di selangkangan ada bentol banyak, maka coba gunakan Trosyd. Trosyd sendiri adalah obat gatal yang mengandung Tioconazole 1%. Obat ini mampu meredakan infeksi kulit yang diakibatkan adanya jamur seperti ruam pada kulit dan rasa gatal yang tak tertahankan.

Jika ingin membelinya di apotek, Sedulur harus menggunakan resep dokter. Hal ini karena Trosyd tergolong sebagai obat keras. Selain itu, penggunaannya pun juga harus sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter. Beberapa hal penting lain yang juga harus Sedulur ketahui bahwa Troyd tidak dianjurkan digunakan pada mata, ibu hamil, ibu menyusui dan juga orang yang memiliki kulit sangat sensitif.

4. Zoralin

obat gatal selangkangan alami
farmaku

Zoralin adalah sebuah salep gatal dengan kandungan ketokonazol 2% yang dapat mengobati infeksi karena jamur, terutama di bagian selangkangan. Selain bisa mengatasi rasa gatal di selangkangan, Zoralin juga dapat digunakan sebagai obat panu, kurap di badan, kutu air dan penyakit kulit karena jamur lainnya.

Penggunaan dari Zoralin ini juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu mengoleskan krim Zoralin pada area yang terinfeksi jamur 1-2 kali dalam satu hari secara rutin, sampai tanda-tanda gatal benar-benar hilang.

Namun sama halnya seperti Trosyd, Zoralin juga tergolong sebagai obat keras. Jadi Sedulur tidak bisa membelinya di apotik secara bebas. Jika ingin membelinya, maka wajib meminta resep dari dokter terlebih dahulu.

5. Ketoconazole

harga salep ketoconazole untuk gatal di selangkangan
orami

Rekomendasi yang terakhir ada Ketoconazole. Krim ketoconazole ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit tinea corporis atau infeksi kulit karena jamur yang mengakibatkan kulit menjadi bersisik merah, dan tine cruris atau infeksi jamur di bagian selangkangan.

Harga salep Ketoconazole untuk gatal di selangkangan ini juga cukup murah, kok. Selain itu, Sedulur juga bisa menemukannya dengan mudah di berbagai apotek. Tidak hanya itu, cara penggunaannya juga tidak berbeda jauh dengan beberapa salep sebelumnya.

Kamu harus membersihkan area yang gatal terlebih dahulu. Kemudian langsung saja oleskan salep gatal ini di bagian tersebut 1-2 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah menggunakannya, ya.

BACA JUGA: 10 Penyebab Telapak Tangan Gatal & Cara Mengatasinya

Cara mencegah gatal muncul kembali

Cara mencegah
klikdokter

Saat selangkangan dan pantat berkeringat, tentu saja akan muncul rasa tidak nyaman. Keringat tersebut, akan mengakibatkan kondisi lembap, basah, atau bahkan bau yang tidak sedap. Jika dibiarkan saja, maka bakteri dan jamur bisa tumbuh dan menyebabkan infeksi atau iritasi. Supaya selangkangan dan pantat terbebas dari keringat, kamu harus mengakalinya dengan beberapa caranya seperti berikut ini.

1. Jangan duduk terlalu lama

duduk terlalu lama
klikdokter

Cara agar selangkangan dan pantat tidak berkeringat yang pertama adalah menghindari duduk dalam waktu yang lama. Terlalu lama duduk akan membuat aliran udara di kulit area selangkangan dan pantat terhambat. Akibatnya, muncul suasana panas yang membuat bagian tersebut mudah berkeringat.

Apabila kegiatan sehari-harimu memang lebih banyak duduk, usahakan untuk berdiri dan berjalan-jalan setiap beberapa waktu. Usahakan agar aliran udara di kulit tetap lancar dan kering, sehingga tidak muncul risiko gatal akibat jamur.

2. Memilih bahan celana yang tepat dan tidak ketat

bahan celana
alodokter

Jika Sedulur tidak ingin pantat dan selangkangan berkeringat, maka pemilihan bahan untuk celana dan pakaian dalam itu harus diperhatikan. Pilihlah kain yang berbahan katun, karena bahan tersebut memungkinkan kulit untuk tetap bisa bernapas dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Selain itu, pastikan juga celana digunakan tidak terlalu ketat dan juga tebal. Jenis celana seperti itu bisa membuat Sedulur berkeringat lebih banyak, bahkan menyebabkan iritasi karena kulit sering bergesekan dengan kain celana.

3. Oleskan bedak bayi

bedak bayi
tribun

Mencegah selangkangan dan pantat berkeringat itu ternyata bisa Sedulur lakukan dengan mengoleskan bedak bayi. Bedak bayi ini akan membantu menyerap kelembapan kulit sekaligus mengurangi terjadinya gesekan antara kulit dan celana.

Sedulur hanya perlu menepuk-nepuk dengan tipis di area pantat dan selangkangan yang biasanya berkeringat. Akan tetapi, bersihkan terlebih dulu kulit dengan tisu sebelum mengoleskan bedak. Jangan lupa juga untuk memakainya dengan hati-hati dan jangan sampai masuk ke dalam organ intim.

4. Pakai antiperspirant

antiperspirant
alodokter

Jika bagian selangkangan dan pantat Sedulur sering berkeringat, maka bisa mencegah kondisi tersebut dengan menggunakan antiperspirant. Produk ini akan bekerja dengan menghambat produksi kelenjar keringat, jadi lebih sedikit keringat yang dikeluarkan.

Antiperspirant yang biasanya digunakan di ketiak ini aman untuk kulit sekitar selangkangan. Akan tetapi, tidak disarankan untuk mengoleskannya pada kulit di sekitar vagina atau anus karena berisiko menimbulkan iritasi kulit.

5. Pergi ke dokter

dokter kulit
alodokter

Jika masalah kulit berkeringat ini terasa sangat mengganggu, jangan ragu untuk pergi ke dokter. Ini adalah tindakan yang paling tepat untuk mengetahui bagaimana cara mencegah selangkangan dan pantat berkeringat yang terus saja terjadi.

Apabila kondisi ini terjadi karena hiperhidrosis atau keringat berlebihan, maka dokter akan memberikan obat yang tepat untuk meringankan gejala-gejala yang muncul. Jadi tidak perlu takut atau ragu untuk segera mengkonsultasikannya dengan dokter.

Itulah informasi mengenai beberapa rekomendasi salep gatal selangkangan dan juga cara mencegah gatal muncul kembali yang harus Sedulur ketahui. Satu hal penting yang harus Sedulur tahu, segera datang ke dokter jika masalah yang dialami tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama.

Selain beberapa salep yang sudah disebutkan tadi, Sedulur juga bisa mencoba beberapa obat gatal selangkangan alami. Di antaranya seperti bawang putih, es kompres, aloe vera, oatmeal, baking soda, dan kunyit. Silahkan pilih jenis obat yang ingin digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.