telapak tangan kiri gatal

Penyebab telapak tangan kiri gatal dan kanan. Berikut artinya menurut primbon dan cara mengatasinya.

Pada suatu keadaan tertentu, Sedulur pasti pernah merasakan gatal di telapak tangan kiri. Tentu saja itu terjadi bukan tanpa sebab. Pasti ada satu hal yang terjadi dan membuat tangan kiri Sedulur terasa gatal. Lalu ketika telapak tangan kiri gatal pertanda apa?

Mungkin saja Sedulur pernah mendengar jika telapak tangan kiri gatal menurut primbon adalah pertanda jika akan mendapatkan banyak uang. Namun ada juga yang mengatakan jika hal ini merupakan tanda akan keserakahan sebagai manusia.

Akan tetapi jika dilihat dari sisi kesehatan, telapak tangan kiri gatal tersebut terjadi karena beberapa penyebab. Terlebih lagi jika disertai dengan kemunculan bintik air, maka ini adalah kondisi yang tidak dapat disepelekan begitu saja. Maka dari itu, berikut ini hal-hal yang menyebabkan gatal di telapak tangan kiri.

BACA JUGA: 9 Obat Gusi Bengkak yang Ampuh Bikin Cepat Kempes

1. Eksim

telapak tangan kiri gatal eksim
alodokter

Eksim atau yang juga sering disebut dengan nama dermatitis merupakan kondisi yang umum terjadi karena peradangan kulit. Terdapat banyak jenis eksim dan gejala yang timbul bisa seperti lepuh parah, kulit pecah-pecah, dan telapak tangan gatal disertai dengan bintik berair.

Kemudian untuk bentuk dari eksim, sepertinya eksim dyshidrotic yang membuat kulit pecah-pecah, kulit berisik, gatas, terdapat cairan di telapak tangan, telapak tangan gatal, dan juga lepuh ringan. Jenis eksim yang satu ini kerap kali dipicu karena adanya alergi musiman atau stres. Jika mengalami lepuh, maka akan berlangsung selama beberapa minggu.

Untuk mengatasi masalah ini, Sedulur dapat memilih untuk menggunakan sabun yang bertekstur lembut serta pelembap berkualitas tinggi setelah mandi. Namun dalam beberapa kasus, dokter kulit juga akan memberi resep berupa salep atau krim steroid untuk mengobati lepuh dan mengurangi pembengkakan yang terjadi. Mungkin saja mereka akan merekomendasikan semacam streroid oral seperti prednisone.

Eksim juga dapat dipicu oleh aktivitas mencuci tangan yang terlalu sering. Hal ini dituturkan oleh dr. Sital Patel, dokter kulit bersertifikat dengan U.S. Dermatology Partners Four Points.

Setiap kali mencuci tangan, beberapa minyak alami kulit akan terbuang percuma dan banyak sabun bisa sangat keras terutama pada kulit sensitif. Garis pertahanan terbaik adalah dengan membilas tangan dengan air hangat dan melembapkan dengan krim atau salep kental sesering mungkin sepanjang hari.”

Sedangkan untuk mencegah risiko terjadi eksim, Sedulur bisa mengoleskan salep yang mengandung petroleum jelly atau krim pelembap. Selain itu, Sedulur juga dapat menutupi sarung dengan bahan katun lembut saat malam hari.

2. Sirosis bilier primer

liver
dream

Sirosis bullier primer adalah gangguan autoimun yang bisa menyebabkan telapak tangan terasa gatal. Gangguan yang satu ini, berpengaruh pada saluran empedu untuk menghubungkan hati dengan perut. Empedu yang ada di antara dua organ dalam tersebut akan menumpuk di area hati dan membuat kerusakan serta jaringan parut. Tidak hanya gatal pada telapak tangan, juga muncul beberapa gejala yang lain seperti diare, mual, urine gelap, penyakit kuning, dan nyeri pada tulang.

3. Psoriasis

psoriasis
hellosehat

Rasa gatal telapak tangan kiri dan kanan juga bisa diakibatkan oleh psoriasis. Psoriasis ini adalah kondisi peradangan autoimun kronis yang terjadi pada saat sistem kekebalan tubuh menganggap sel kulit sehat sebagai infeksi atau virus lain. Pada akhirnya, sel kulit akan memberikan respon dengan memproduksi banyak kulit secara berlebihan.

Psoriasis dianggap sebagai faktor genetik, namun juga bisa dipicu oleh beberapa faktor eksternal seperti cuaca dingin, stres, dan infeksi seperti radang tenggorokan. Beberapa obat seperti beta-blocker serta lithium dianggap tepat untuk mengatasi masalah ini. Psoriasis pustular ini bisa saja muncul di telapak tangan maupun kaki dengan wujud lepuh putih kecil juga kemerahan di sekitarnya.

Pada umumnya, kondisi ini sering terjadi pada wanita dan bisa saja muncul beberapa kali dalam jangka waktu yang cukup lama. Bagi penderita psoriasis, mungkin juga akan merasakan efek samping seperti radang sendi. Pengobatan yang tepat untuk penyakit ini biasanya dimulai dengan penggunaan krim topikal ringan. Setelah jangka waktu tertentu dan penyakit masih berlanjut, baru berkembang menjadi fototerapi dan obat resep dokter.

4. Gangguan saraf

gangguan saraf
sehatq

Gangguan saraf pada tangan seperti CTS (carpal tunnel syndrome) bisa menyebabkan telapak tangan gatal terutama pada malam hari. Lebih parahnya lagi, CTS juga membuat tangan nyeri dan mati rasa. Telapak tangan yang terasa gatal terus-menerus juga bisa menjadi tanda penyakit di dalam orang tubuh seperti anime, gagal ginjal, kanker, atau penyakit hati. Apabila disebabkan oleh salah satu dari beberapa penyakit sistemik tersebut, maka tidak hanya tangan yang terasa gatal. Namun juga bagian tubuh yang lainnya.

5. Kulit sangat kering

kulit kering
hellosehat

Saat musim dingin atau musim hujan tiba, kelembapan udara akan menurun secara tajam. Seperti yang telah diketahui, jika suhu dingin bisa menjadi penyebab kulit kering. Kondisi inilah yang membuat kulit jadi berdarah, pecah-pecah, dan muncul rasa gatal termasuk di bagian telapak tangan.

Suhu yang dingin ini akan membuat kulit menjadi sangat keras terutama di bagian tangan. Untuk penanganan yang paling tepat yakni dengan menggunakan pelembab berkualitas tinggi secara rutin. Alangkah lebih baik lagi jika pelembap digunakan sepanjang hari.

Untuk memastikan kulit tetap halus dan lembut, sering-seringlah mengoleskan krim, salep, serta lotion kental ke bagian tangan sebelum mengering. Disarankan untuk menggunakan pelembab sebelum tidur, dan kemudian gunakan sarung tangan lembut untuk mempertahakan kelembabannya.

Akan tetapi, pastikan Sedulur mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan pelembap. Jangan lupa pula untuk mengeringkan tangan hingga benar-benar kering. Untuk menambah kelembapan pada udara, kamu juga bisa menggunakan humidifier. Dengan begini, maka gatal-gatal pada kulit tangan dan bagian tubuh yang lain bisa diantisipasi.

BACA JUGA: 15 Jenis Phobia, Penyebab, dan Gejalanya yang Umum Terjadi

6. Diabetes

telapak tangan kiri gatal menurut primbon
alodokter

Dikutip dari American Diabetes Association, salah satu tanda awal diabetes adalah telapak tangan gatal. Diabetes sendiri tergolong sebagai penyakit serius yang terjadi pada saat tubuh tidak memberikan respons insulin secara normal.

Xantomatosis erupsi yaitu kondisi kulit yang berkaitan erat dengan penyakit diabetes. Kondisi ini juga seringkali menyebabkan gatal di kulit. Dalam fase ini, gejala lain yang biasanya muncul adalah benjolan kecil berwarna kuning dengan tanda merah di sekitarnya. Umunya jika diabetes sudah terkendali, maka rasa gatal di telapak tangan juga akan ikut hilang.

7. Alergi

telapak tangan kiri gatal pertanda apa
sehatq

Arti telapak tangan kiri gatal dalam kesehatan yang berikutnya, adalah indikasi reaksi alergi akan sesuatu yang sempat disentuh. Gejala yang muncul biasa seperti gatal-gatal, kulit sangat kering, melepuh, dan ada sensasi terbakar. Biasanya gejala tersebut akan muncul beberapa jam setelah kulit menyentuh sumber alergi. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar dokter akan memberi resep berupa kortikosteroid atau antihistamin dengan tujuan untuk mengurangi peradangan dan gatal akibat reaksi alergi.

Perlu untuk Sedulur ketahui, jika eksim dyshidrotic ini bisa juga dipicu oleh alergi terhadap kobalt, nikel, maupun jenis logam lain yang biasa ditemukan pada perhiasan imitasi atau benda berbahan logam lainnya. Selain itu, banyak juga pembersih dan juga bahan kimia rumah tangga yang menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menggunakan sarung tangan pelindung ketika sedang menyentuh bahan kimia. Selain sarung tangan tahan air atau sarung tangan karet, Sedulur juga bisa mengenakan sarung tangan katun untuk melindungi kulit dari keringat serta bahan kimia rumah tangga.

8. Iritasi kulit

gatal telapak tangan kiri
hellosehat

Hal yang menjadi penyebab telapak tangan gatal selanjutnya adalah iritasi kulit. Iritasi kulit ini bisa terjadi karena paparan zat kimia atau bahan-bahan tertentu seperti penggunaan produk perawatan kulit atau produk sabun (sabun detergen, sabun mandi, dan sabun cuci tangan). Selai itu, terlalu keras ketika menyikat atau menggosok sesuatu jika bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Tidak hanya terasa gatal, namun kulit juga bisa menjadi kering dan mengelupas.

9. Efek samping obat-obatan

arti telapak tangan kiri gatal
hellosehat

Terkadang, sesuatu yang dikonsumsi bisa menyebabkan kulit terasa gatal. Contohnya saja seperti obat-obatan. Apabila Sedulur mengalami reaksi alergi dengan obat-obatan tertentu, maka sistem imun tubuh akan mengeluarkan reaksi berupa sinyal sebagai perintah agar melepas histamine.

Pada akhirnya, histamine ini yang akan menimbulkan reaksi tertentu di bagian tubuh yang terpapar oleh allergen, salah satunya telapak tangan. Telapak tangan gatal karena histamine ini akan memicu rasa gatal yang terkumpul di bagian kaki dan tangan.

Setelah Sedulur meminum obat dan tidak selang lama rasa gatal muncul, alangkah baiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Mungkin saja dokter akan memberi resep baru, mengubah dosis, atau menghentikannya.

10. Kudis

telapak tangan kiri gatal
hellosehat

Kudis merupakan penyakit kulit menular akibat adanya tungau kecil yang masuk ke lapisan kulit kemudian berkembang biak. Penyakit yang satu ini, bisa menimbulkan rasa gatal ketika malam hari disertai dengan lepuhan kecil.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan telapak tangan menjadi gatal. Setelah membaca dan memahami beberapa hal di atas, alangkah lebih baik jika Sedulur langsung menghubungi dokter apabila mengalami gejala semacam ini.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan beberapa tips mengantisipasi telapak tangan gatal yang tadi sudah dikatakan. Misalnya saja seperti mengenakan sarung tangan katun, menggunakan krim atau lotion, dan lain sebagainya. Selain itu, tetap penuhi asupan gizi harian dengan mempercayakan belanja sembako di Aplikasi Super. Solusi cerdas belanja tanpa perlu repot keluar rumah, nih.