reset mesin cuci electrolux

Mesin cuci electrolux merupakan salah satu mesin cuci yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hal tersebut karena fitur yang tersedia sangat beragam dan membantu dalam membersihkan baju. Namun, ketika terdapat masalah, Sedulur harus tahu bagaimana cara reset mesin cuci electrolux.

Nah, untuk membantu Sedulur, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama bagaimana cara reset mesin cuci electrolux agar tetap bisa berfungsi dan memberikan palayanan yang baik dalam membersihkan pakaian Sedulur.

BACA JUGA: 12 Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik di 2023, Mulai dari Sejutaan!

Cara Reset Mesin Cuci Electrolux

reset mesin cuci electrolux
Electrolux

Terdapat beberapa cara reset mesin cuci electrolux yang perlu Sedulur ketahui. Dengan mengetahui cara reset Sedulur maka Sedulur tidak perlu lagi menunggu layanan service. Setidaknya terdapat dua cara reset mesin cuci electrolux yang perlu Sedulur ketahui, berikut ini caranya:

-->

1. Reset mesin cuci electrolux semua tipe

Cara reset mesin cuci electrolux ini biasanya dapat bekerja di seluruh produk mesin cuci electrolux, entah itu yang bertipe top loading maupun front loading. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekan power jika ingin mematikan mesin cuci.
  2. Silahkan cabut kabel power pada stop kontak untuk menghentikan aliran arus listrik.
  3. Diamkan selama sekitar 10 menit.
  4. Tekan kemudian tahan start atau pause hingga 5 detik dan lepaskan.
  5. Hubungkan kabel power kembali ke steker seperti sedia kala. Nyalakan mesin cuci dan jalankan siklus.

2. Reset mesin cuci electrolux front loading

Cara reset mesin cuci electrolux kedua ini dapat dicoba jika mesin cuci electrolux yang Sedulur gunakan berjenis front loading, yang mana papan kontrol ada tombol yang dapat diputar. Berikut ini langkahnya:

  1. Matikan display pada papan kontrol caranya dengan menekan on/off.
  2. Silahkan tekan kemudian tahan tombol pause atau start dan tombol pilihan terdekat dengan bersamaan.
  3. Ketika menahan perpaduan tombol tersebut, lalu putar cycle searah dengan arah jarum jam. Selanjutnya mesin akan berkedip atau berbunyi “bip” lalu lepaskan lagi tombol kombinasi.
  4. Putar kembali tombol cycle dengan perlahan serta berhenti di tiap klik, lakukan terus hingga mentok.
  5. Lalu ubah ke dalam pengaturan apapun lalu matikan unit.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Mesin Cuci Samsung Terbaik

Daftar kode eror mesin cuci electrolux

reset mesin cuci electrolux
AJ Madison

Selain mengetahui cara reset mesin cuci electrolux di atas, Sedulur juga harus mengetahui daftar kode mesin cuci ini jika terjadi kesalahan saat terdeteksi. Kode tersebut dapat memberikan informasi tentang penyebab masalah yang terjadi pada mesin cuci.

1. E10

Kode ini menunjukkan bahwa mesin cuci tidak menerima air. Kendala tersebut bisa terjadi karena katup saluran masuk air rusak atau selang pasokan air tersumbat.

2. E11

Kode ini menunjukkan bahwa mesin tak bisa mengalirkan air karena pompa pembuangan tersumbat, selang pembuangan tidak berfungsi, atau pompa pembuangan rusak.

3. E12

Kode ini menunjukkan bahwa mesin cuci tidak terisi air selama fase pembilasan. Untuk menghapus kode tersebut, pastikan keran dihidupkan dan cek apakah selang ada penyumbatan atau tidak.

4. E40

Kode kesalahan ini menunjukkan pintu mesin tidak tertutup dengan benar. Cek dan pastikan pintu tertutup rapat.

5. E50

Kode eror ini menunjukkan adanya masalah dengan motor mesin. Kendala ini disebabkan oleh motor yang rusak, papan kontrol motor, atau kabel yang bermasalah.

6. E60

Kode ini menandakan bahwa ada masalah dengan sistem pemanas mesin karena termostat tidak berfungsi.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Mesin Cuci Mini Portable Terbaik di 2023

Kelebihan Mesin Cuci Electrolux

Rekomendasi mesin cuci front loading terbaik
Unsplash

Sedulu juga harus tahu apa saja kelebihan mesin cuci ini, bukan sekedar mengetahui reset mesin cuci electrolux. Tujuannya agar Sedulur yang belum menggunakan mesin cuci ini, bisa semakin yakin untuk membelinya.

1. Termasuk merk global

Mesin cuci Electrolux adalah mesin cuci dari brand perusahaan global, karena perusahaan ini cukup populer bahkan bisa bersaing bersama merk terkemuka lainnya. Bahkan reputasi produsen Electrolux sendiri terbilang baik, sebab sudah memperoleh kepercayaan hingga dari jutaan konsumennya.

2. Praktis dan hemat listrik

Mesin cuci diproduksi brand Electrolux biasanya mengutamakan penggunaan listrik yang lebih irit, terlebih seri motor inverter bisa menghemat energi sampai 70%. Sehingga, Sedulur tak pusing lagi untuk memikirkan beban biaya tagihan per bulannya.

3. Produk berkualias

Selain reset mesin cuci electrolux, wajib juga mengetahui kelebihan dari mesin cuci ini. Karena mesin cuci ini merupakan salah satu produk berkualias. Ada banyak varian kapasitas dan produk menyesuaikan kebutuhan calon pelanggannya. Teknologi dan fiturnya tentu tak usah diragukan kembali, sebab merk ini didesain secara serius guna memenuhi kebutuhan bagi para profesional.

4. Dilengkapi panduan

Berbeda dari merk lainnya, merk Electrolux sendiri menawarkan panduan lengkapi bagi tiap jenis produk yang ada di katalog penjualan. Biasanya hal sepele tersebut seringkali dilupakan produsen besar, justru padahal pengguna memerlukan buku petunjuk.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Merk Mesin Cuci Front Loading Terbaik

Kekurangan Mesin Cuci Electrolux

merk mesin cuci samsung terbaik
Real Homes

Sedulur juga harus mengetahui apa saja kekurangan dari mesin cuci ini, di samping kelebihannya yang bermanfaat di atas.

1. Harga produknya mahal

Meskipun banyak kelebihan, Electrolux menawarkan harga yang cukup mahal jika dibandingkan merk lainnya. Inilah yang menjadikan para pelanggan yang budgetnya terbatas mesti mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk bisa memiliki mesin cuci Electrolux.

2. Tingginya biaya service

Walaupun mesin cuci ini lebih awet digunakan untuk jangka waktu yang lama, namun biasanya tergantung dari penggunaan produk itu sendiri. Jika ada perangkat yang rusak, harga suku cadang dan biaya servicenya cukup tinggi.

3. Papan kontrol yang macet

Papan kontrol biasanya berisi beberapa tombol dengan fungsinya tersendiri untuk menjalankan peralatan mesin cuci. Menjalankan perangkat tentu saja harus sesuai dengan prosedur buku petunjuk secara resmi. Sehingga jangan pernah menekannya sembarangan.

4. Kode error yang muncul

Pada mesin cuci otomatis biasanya memiliki fitur berupa self diganosis untuk mendeteksi terjadinya malfungsi sekaligus memberi informasi ke pihak penggunanya. Pemberitahuan kode error biasanya muncul di display papan kontrol dan perlu diterjemahkan sendiri.

Nah itulah cara reset mesin cuci electrolux beserta dengan kode eror yang membantu Sedulur dalam merawat dan menjaga mesin cuci. Selain itu, dijelaskan juga tentang kelebihan dan kekurangan mesin cuci ini sebagai pertimbangan Sedulur yang akan menggunakan mesin cuci ini.