Humidifier merupakan perangkat yang sering digunakan untuk menjaga kelembapan di dalam ruangan, terutama saat berada di lingkungan kering seperti kamar dengan AC. Prinsip kerja humidifier adalah dengan memanaskan air untuk menghasilkan uap hangat yang efektif membunuh bakteri di udara.

Kini, ada banyak pilihan bentuk humidifier yang juga berfungsi sebagai hiasan untuk menambah keindahan rumahmu. Mengingat banyaknya produsen yang menjual humidifier, Sedulur perlu berhati-hati saat memilih agar sesuai dengan kebutuhanmu. Nah, agar mendapatkan hasil terbaik, berikut ini adalah daftar merek humidifier terbaik yang dapat Sedulur andalkan!

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Ini 8 Perbedaan Oven dan Microwave

Rekomendasi humidifier terbaik

The Spruce

Nah, untuk mempermudah Sedulur  dalam mencari humidifier yang sesuai, berikut ini adalah daftar rekomendasi humidifier terbaik yang bisa Sedulur pertimbangkan. Ada beberapa rekomendasi dengan kelebihan dan keunggulannya masing-masing.

-->

Sedulur tinggal mempertimbangkan kebutuhan di rumah Sedulur sesuai dengan spesifikasi humidifier yang dibutuhkan. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

1. Crane USA Personal Humidifier & Aroma Diffuser

Rekomendasi humidifier terbaik pertama adalah Crane USA Personal Humidifier & Aroma Diffuser. Humidifier ini memiliki tangki berkapasitas 757 ml dan dapat digunakan selama 8 jam dengan konsumsi daya listrik hanya 45 watt.

Dengan ukuran 17x17x10,4 cm, Crane USA Personal Humidifier & Aroma Diffuser tidak hanya melembabkan udara, tetapi juga menyebarkan aroma yang harum berkat fitur diffuser aromanya.

Produk ini telah mendapatkan persetujuan dari FDA dan terjamin bebas BPA. Selain itu, humidifier ini diklaim dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur di permukaan benda hingga 99,96%. Harganya sekitar Rp790 ribu.

 2. Babymoov Hygro+ Humidifier

Nama produk ini sudah menggambarkan fungsinya yang cocok untuk bayi. Humidifier Babymoov Hygro+ memiliki teknologi ultrasonic yang bekerja secara senyap agar bayi bisa tidur nyenyak tanpa terganggu oleh suara humidifier.

Sedulur bisa mengatur tingkat kelembapan secara manual atau otomatis dan memonitor suhu ruangan melalui layar sentuh. Selain itu, humidifier ini dilengkapi dengan lampu malam berwarna-warni yang bisa dikendalikan melalui layar.

Jika air dalam tangki habis, humidifier ini akan berhenti secara otomatis. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp1,9 jutaan di Bukalapak.

3. Deerma DEM-SJS600 Ultrasonic Humidifier

Kelebihan utama dari humidifier ini adalah kapasitas tangkinya yang besar. Dengan tangki berkapasitas 5 liter, Deerma DEM-SJS600 Ultrasonic Humidifier dapat bekerja selama 12 jam dengan daya listrik hanya 25 watt.

Tangki yang dilengkapi dengan tiga lapis perlindungan menjaga kebersihan air dari kontaminasi bakteri dan partikel lain. Humidifier ini juga dilengkapi dengan lampu LED cerdas yang memudahkan pengisian air dalam tiga cara yang berbeda. Harganya sekitar Rp950 ribuan.

4. Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier

Jika Sedulur masih mencari humidifier terbaik, Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier bisa menjadi pilihan. Dengan teknologi ultrasonic, humidifier ini mampu menjaga kulit tetap lembap dan menghindari kulit kering serta iritasi. 

Dengan kapasitas tangki 3,8 liter, humidifier ini dapat bekerja hingga 30 jam. Kemampuan nozzle untuk menyalurkan kabut dingin ke segala arah membuatnya praktis digunakan. Produk ini dijual sekitar Rp1,4 jutaan dan dilengkapi dengan fitur otomatis mati untuk keamanan.

5. X01 Big Mist Noozle Humidifier 360 Degree Mist Air Purifier

Sleep Foundation

Jika Sedulur mencari rekomendasi humidifier dengan harga terjangkau, X01 Big Mist Noozle Humidifier 360 Degree Mist Air Purifier bisa menjadi solusinya. Desainnya menyerupai tetesan air yang menarik dan cocok untuk dijadikan dekorasi ruangan. Tangkanya yang lebar memudahkan dalam proses pembersihan.

Fitur unggulan dari humidifier ini adalah kemampuan untuk mengatur arah dan tingkat kelembapan keluaran kabut berkat output single dengan dual mist-nya. Produk ini juga dilengkapi dengan fitur otomatis mati saat air dalam tangki hampir habis. Harganya hanya sekitar Rp277 ribuan.

6. Konka KZ-HU0001

Dengan ukuran sekitar 8,5×7,2×16 cm dan berat hanya 300 gram, humidifier ini sangat kompak dan cocok ditempatkan di meja kerja atau dalam kamar. Kelebihan lainnya, humidifier ini dapat diisi ulang dengan bantuan USB charging dan bahkan dapat digunakan untuk mengisi baterai powerbank. 

Konka KZ-HU0001 dilengkapi dengan tangki berkapasitas 380 ml dan dapat beroperasi selama 6-12 jam. Humidifier terbaik ini juga dilengkapi dengan lapisan antiselip di bagian bawah untuk mencegah terjatuh saat diletakkan di tempat yang basah. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp310 ribuan saja.

7. Crane Curtis The Cow

Humidifier terbaik lainnya dengan desain yang menggemaskan adalah Crane Curtis The Cow. Sesuai dengan namanya, humidifier ini memiliki desain lucu berbentuk sapi yang tidak hanya berfungsi sebagai pelembap, tetapi juga sebagai dekorasi ruangan yang menarik.

Crane Curtis The Cow telah mendapatkan persetujuan dari FDA (Food and Drug Administration), yang menjamin keamanannya.

Humidifier ini dilengkapi dengan fungsi antimikrob yang dapat menjaga kelembapan ruangan sekaligus membersihkan bakteri yang mungkin terpapar akibat suhu dingin dan kering hingga 99,68%. Untuk memilikinya, Sedulur perlu mengeluarkan dana sekitar Rp1,3 jutaan.

8. Boneco Ultrasonic Humidifier U350

Boneco Ultrasonic Humidifier U350 adalah salah satu pilihan terbaik untuk humidifier. Dengan teknologi uap hangat dan dingin, humidifier ini cocok digunakan dalam berbagai kondisi.

Keunggulan lainnya adalah adanya fitur auto mode yang membuatnya dapat secara otomatis menyala dan mati. Dengan layar interaktif berupa LED display, pengoperasian humidifier ini menjadi lebih mudah. Untuk memilikinya, Sedulur perlu menyiapkan dana sekitar Rp5,8 jutaan.

9. Taffware Humi H24 Electric Humidifier

Taffware Humi H24 Electric Humidifier adalah salah satu pilihan terbaik dengan harga yang terjangkau. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp330 ribuan saja. Meski harganya terjangkau, humidifier ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Salah satunya adalah 7 mode warna lampu LED yang dapat menciptakan suasana yang menarik di ruangan. Produk ini juga dilengkapi dengan remote control untuk kemudahan pengoperasian dari jarak jauh, serta memiliki fitur silent operation agar tidak mengganggu tidurmu.

10. Baseus Slim Waist Humidifier

rekomendasi humidifier
Unsplash

Baseus Slim Waist Humidifier adalah pilihan terbaik untuk penggunaan di rumah. Dengan ukuran yang kompak dan ringan, humidifier ini mudah ditempatkan di meja kamar tidur atau meja kerja. Mesin ultrasoniknya beroperasi dengan kebisingan kurang dari 25 dB, sehingga tidak akan mengganggu tidur atau aktivitasmu. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp220 ribuan saja.

11. Humidifier Dyson

Humidifier Dyson hadir dengan desain modern yang menjadi favorit banyak orang. Teknologi yang lengkap dan aman membuat humidifier ini menjadi pilihan utama.

Selain memberikan kelembapan udara di ruangan, Dyson juga efektif dalam menghilangkan bakteri dan virus. Rentang harga untuk humidifier Dyson berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp15.000.000.

12. Humidifier Miniso

Humidifier Miniso menggunakan teknologi ultrasonik atomizing yang menghasilkan udara yang lebih bersih. Dilengkapi dengan lampu LED dan timer untuk mengatur waktu penggunaan. Selain itu, humidifier ini dilengkapi dengan fitur auto disconnect untuk mencegah risiko korsleting dan kebakaran.

Humidifier Miniso cocok untuk Sedulur yang menginginkan udara segar tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Sedulur juga bisa menambahkan aromaterapi untuk memberikan aroma segar di ruangan dan meningkatkan kenyamanan. Rentang harga untuk humidifier Miniso berkisar antara Rp129.000 hingga Rp150.000.

13. Fujisan Volcano Humidifier

Jika Sedulur mencari humidifier terbaik, Fujisan Volcano Humidifier bisa menjadi pilihan yang menarik. Desainnya terinspirasi dari bentuk gunung merapi yang mengeluarkan uap, sehingga memberikan sentuhan estetik di ruangan. Humidifier ini dilengkapi dengan fitur otomatis mati saat air habis.

Selain itu, terdapat lampu LED dengan 12 variasi warna yang membuatnya indah saat digunakan di malam hari. Sedulur juga dapat menambahkan aroma terapi seperti kayu manis atau lavender ke dalam humidifier ini untuk meningkatkan keharuman ruangan. Produk ini tersedia dalam rentang harga Rp129.000 hingga Rp170.000.

14. Humidifier Duux

Duux Air Humidifier adalah pilihan terbaik untuk pelembab udara. Dilengkapi dengan lampu tidur yang redup, humidifier ini dapat menciptakan suasana tidur yang menenangkan. Dengan teknologi ultrasoniknya, Duux Humidifier memberikan udara lembap dan sejuk dengan cepat.

Humidifier ini memiliki tangki air yang besar, sehingga Sedulur tidak perlu sering mengisi air dalam waktu yang lama. Selain itu, Duux Humidifier aman digunakan di kamar anak, memberikan udara yang lebih sejuk dan nyaman. Sedulur dapat memilikinya dengan rentang harga sekitar Rp1.200.000 hingga Rp2.500.000.

BACA JUGA: 10 Tips Mulai Usaha Kue Kacang Modal Oven, Dijamin Laris!

15. Humidifier Honeywell

rekomendasi humidifier
Unsplash

Honeywell, sebuah brand asal Amerika Serikat, juga menghadirkan humidifier untuk memenuhi kebutuhan udara yang sehat di rumah. T

eknologi Honeywell terpercaya dalam menjaga kelembapan udara di ruangan dan mencegah kulit kering, terutama jika Sedulur menggunakan AC. Rentang harga untuk humidifier Honeywell berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000.

16. Humidifier Xiaomi

Humidifier ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga ideal digunakan saat bepergian karena mudah ditempatkan di mana pun tanpa memakan banyak tempat. Selain itu, humidifier ini dilengkapi dengan sinar LED yang membuat warna air berubah menjadi merah, sehingga memudahkan pengamatan jumlah air yang tersisa bahkan pada malam hari.

Humidifier ini juga memiliki kemampuan untuk mengubah ion positif menjadi ion negatif, yang dapat membantu tidur Sedulur menjadi lebih nyaman dan mendalam. Seulur bisa membelinya dengan harga Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000.

17. Humidifier Kris

Humidifier Kris menggunakan teknologi ultrasonic atomizing untuk menghasilkan udara yang bersih dan segar. Jenis ini dilengkapi dengan tangki air besar yang memudahkan Sedulur karena tidak perlu sering mengisinya.

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, humidifier ini cocok diletakkan di kamar tidur dan ruang keluarga untuk menciptakan udara yang lebih sehat. Harga juga bervariasi, sehingga Sedulur dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Sedulur bisa membelinya dengan harga Rp 300.000 – Rp 3.000.000.

18. GM Bear Humidifier Diffuser Colorful CUP LED Light 1505

GM Bear Humidifier memiliki desain minimalis yang menggabungkan warna putih dan transparan. Pencahayaan LED yang terletak di bagian tengah memberikan kesan elegan. Produk ini juga dilengkapi dengan mode senyap, sehingga cocok digunakan saat tidur dengan humidifier menyala. Meskipun digunakan saat tidur, suasana ruangan tetap tenang.

19. Happy Life Air Humidifier Aromatherapy HL-EOD01

Masalah umum pada humidifier seringkali terletak pada tombolnya yang cepat rusak. Untuk menghindari masalah tersebut, produk Happy Life ini merupakan pilihan yang tepat. Tombolnya telah diuji dan diklaim dapat digunakan hingga seratus ribu kali tekan. Keunggulan lainnya adalah desain minimalisnya yang dapat berfungsi sebagai hiasan ruangan.

20. Humidifier Sharp

rekomendasi humidifier
Attainable Home

Humidifier ini dilengkapi dengan teknologi plasmacluster yang revolusioner dari Sharp yang terbukti efektif dalam mencegah virus dan bakteri yang dapat mengotori udara di dalam ruangan. Teknologi plasmacluster menghasilkan ion positif dan negatif yang ada di alam bebas.

Setelah membersihkan udara, ion tersebut berubah menjadi air dan kembali dilepaskan ke udara. Hal ini membuat udara di ruangan menjadi lebih segar, bersih, dan sehat.

Brand Sharp sudah sangat terkenal dalam industri perangkat elektronik, sehingga kualitas dan daya tahan produk ini dapat diandalkan. Sedulur bisa membelinya dengan harga Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000.

21. Inone Humidifier Aroma Diffuser Ultrasonic

Jika Sedulur mencari kepraktisan, produk ini adalah pilihan yang tepat. Humidifier Inone ini dilengkapi dengan remote control, sehingga Sedulur dapat mengendalikannya dari jarak jauh. Keunggulan lainnya adalah adanya lampu LED dengan tujuh pilihan warna yang menarik. Saat dinyalakan pada malam hari, Sedulur dapat memilih warna yang menciptakan suasana tenang sebagai pendamping tidur Sedulur.

22. Hayylife Salt Mine Humidifier HL-DCA576

Dalam set pembelian humidifier ini, Sedulur akan mendapatkan batu garam alami Himalaya yang memiliki beragam manfaat. Batu garam Himalaya memiliki kemampuan untuk melepaskan ion negatif yang membantu membersihkan udara dan melindungi dari radiasi. Dengan demikian, Sedulur dapat menikmati udara yang lebih sehat.

Produk ini merupakan pilihan yang bagus untuk mencoba pengalaman yang berbeda. Selain itu, kapasitas tangki airnya yang besar dapat memenuhi kebutuhan kelembapan udara yang optimal sepanjang malam.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Oven Listrik Terbaik, Termurah & Terbaru

Cara memilih desk humidifier yang tepat

rekomendasi humidifier
Wayfair

Di pasaran terdapat berbagai tipe dan model desk humidifier yang sering membuat kita bingung saat ingin membeli. Tapi jangan khawatir, kali ini kita akan membahas beberapa hal yang perlu diketahui dalam memilih desk humidifier terbaik.

1. Pilih tipe desk humidifier sesuai dengan cara kerjanya

Ada empat tipe desk humidifier berdasarkan cara kerjanya, yaitu tipe steam, ultrasonik, evaporasi, dan hibrida. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut penjelasan detailnya:

Tipe steam, memberikan kelembapan dengan uap hangat

Desk humidifier ini menggunakan pemanasan air untuk menghasilkan uap hangat. Uap hangat tersebut memiliki efek membunuh bakteri di udara dan cocok digunakan saat udara sedang dingin.

Meskipun tipe ini bisa melembapkan seluruh ruangan dengan ukuran yang kecil, namun daya listrik yang dibutuhkan cukup tinggi. Perlu diingat juga untuk berhati-hati karena bagian luar humidifier bisa menjadi panas. Harganya berkisar antara Rp129.000 hingga Rp170.000.

Tipe ultrasonik, hemat energi dan biaya

Desk humidifier dengan tipe ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk menguraikan air menjadi uap air. Selain hemat energi dan biaya, beberapa produk juga memungkinkan penggunaan essential oil.

Namun, tipe ini dapat memunculkan bau dan bakteri jika perawatannya tidak teratur dan tidak bersih. Bersihkan tangki secara rutin atau pilih model dengan fungsi sterilisasi untuk mengatasi masalah tersebut. Rentang harganya adalah Rp220.000 hingga Rp250.000.

Tipe evaporasi, menggunakan paper humidifier yang praktis

Tipe evaporasi memanfaatkan angin untuk melewati penyaring berisi air dan uap air. Humidifier ini bekerja seperti mengeringkan handuk basah di dalam ruangan untuk menciptakan kelembapan. 

Kebanyakan produknya tidak membutuhkan daya listrik. Jika ingin menggunakan tipe evaporasi di atas meja, pilihlah model kertas atau paper humidifier yang sederhana dan terjangkau.

Pastikan juga apakah penyaringnya bisa dibersihkan atau harus diganti setelah pemakaian tertentu. Rentang harganya berkisar antara Rp129.000 hingga Rp150.000.

Tipe hibrida, kombinasi dua tipe humidifier

Tipe hibrida adalah desk humidifier yang menggabungkan dua tipe, seperti steam dengan evaporasi atau steam dengan ultrasonik. Dengan menggabungkan tipe yang berbeda, kelemahan dari masing-masing tipe dapat ditutupi. 

Namun, harga humidifier ini biasanya lebih mahal dan biaya pemakaian juga tergantung pada jenis humidifikasinya. Tipe hibrida masih cukup jarang ditemukan di toko online Indonesia.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan atau keperluan

Mengetahui kemampuan dan model desk humidifier juga penting. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk memilih produk yang cocok dengan kebutuhan ruangan Sedulur. Kami akan membahas hal ini lebih lanjut pada poin berikutnya.

Untuk penggunaan individu, disarankan untuk memilih model yang lebih kompak. Model yang lebih kompak lebih praktis digunakan sendiri, terutama jika Sedulur ingin melembapkan area sekitar meja kerja atau rumah. Ukuran yang lebih kecil juga memudahkan perpindahan humidifier.

Ada pula produk yang lebih besar dengan tangki air yang besar pula. Jika Sedulur tidak ingin repot memindahkan humidifier atau sering mengisi ulang air, pilihlah produk dengan kapasitas tersebut. Sebagian besar desk humidifier menggunakan kabel USB, jadi pastikan Sedulur memiliki adaptor jika ingin menghubungkannya ke stop kontak biasa.

Perhatikan juga sumber pasokan listrik yang digunakan oleh produk yang akan Sedulur pilih. Jika produk menggunakan pasokan listrik 220 V, maka kabelnya biasanya berujung steker atau colokan listrik standar.

Namun, jika produk menggunakan pasokan listrik DC (6 V atau 9 V), kemungkinan ujung kabelnya akan berbeda tergantung mereknya. Pastikan untuk bertanya kepada penjual jika produk menggunakan pasokan listrik DC, dan pastikan Sedulur mendapatkan adaptor dalam satu paket dengan unit humidifier.

Konsumsi air juga mempengaruhi jumlah uap yang dihasilkan. Meskipun desk humidifier berukuran kompak, banyak produk yang memiliki daya yang cukup tinggi. Ada juga produk yang dapat melembapkan ruangan berukuran sedang.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa informasi konsumsi air pada produk, karena hal ini akan memengaruhi jumlah uap yang dihasilkan. Dengan demikian, proses pelembapan ruangan Sedulur akan lebih optimal.

3. Pastikan desk humidifier mudah dijaga kebersihannya

Selain berfungsi untuk menjaga kelembapan ruangan, humidifier juga dapat mencegah virus, debu, atau serbuk sari yang dapat menyebabkan alergi.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan saringan humidifier secara teratur agar bakteri tidak berkembang biak dengan cepat. Jika tidak dibersihkan dengan baik, humidifier dapat menghasilkan uap yang tidak sehat. Untuk hasil yang optimal, pilihlah humidifier yang mudah dibersihkan.

BACA JUGA: 14 Resep Stik Keju Gurih & Renyah untuk Camilan di Rumah

4. Periksa kompatibilitas humidifier dengan essential oil

Humidifier yang dilengkapi dengan tangki air yang dapat dicampur dengan minyak aroma (essential oil) saat ini semakin populer. Namun, tidak semua humidifier dapat digunakan untuk mencampurkan minyak aroma dengan air.

Penggunaan yang tidak sesuai dapat menyebabkan humidifier mengalami kerusakan. Oleh karena itu, pastikan Sedulur memilih humidifier yang memang dirancang untuk digunakan dengan minyak aroma jika Sedulur ingin menggunakannya juga sebagai diffuser.

Itulah beberapa rekomendasi humidifier terbaik yang bisa Sedulur pertimbangkan dalam daftar belanja bulan ini. Sekarang, pilihan ada di tangan Sedulur. Semoga penjelasan dan rekomendasi di atas dapat membantu Sedulur untuk memilih humidifier yang tepat!