Pinjaman online kini marak ditawarkan oleh pengembang dan pemilik modal. Tujuannya apalagi kalau bukan menawarkan kemudahan pencairan dana yang cepat dan tak ribet. Penyedia jasa ini melihat peluang sebagai alternatif dari pinjaman bank dan koperasi yang tidak mudah didapat dan perlu waktu proses pencairan yang tidak sebentar. 

Sontak mereka jadi incaran banyak pihak yang membutuhkan dana cepat tanpa harus memenuhi syarat-syarat yang menyulitkan. Sebenarnya syarat dan ketentuan yang berbelit merupakan hal yang lumrah dalam prosedur peminjaman uang, mengingat pemilik modal tentu ingin mendapatkan jaminan bahwa peminjam mampu mencicil pinjaman mereka dalam waktu yang sudah diperhitungkan. Beda dengan pinjaman online cepat cair yang terkesan serampangan. 

Namun, jika memang mendesak, silakan cek beberapa pihak penyedia jasa pinjaman online cepat cair yang telah mendapat izin dari OJK di bawah ini. 

BACA JUGA: Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

-->

1. Kredivo 

pinjaman online cepat cair
infokomputer.grid.id

Salah satu aplikasi penyedia pinjaman online cepat cair tanpa ribet adalah Kredivo. Aplikasi ini cukup kondang karena gencar melakukan promosi di berbagai platform. Pinjaman yang ditawarkan Kredivo ada dua tipe, cicilan belanja dan dana tunai. Mereka bahkan menawarkan pinjaman online yang cair dalam hitungan menit dan pendaftarannya sangat mudah. 

Sedulur perlu mendaftar pada aplikasi tersebut dan mengisi beberapa data diri termasuk identitas, domisili, dan kisaran penghasilan bulanan. Usia minimal untuk mendaftar Kredivo adalah 18 tahun dan maksimal 60 tahun. Bunga yang mereka kenakan sebesar 2,6 persen per bulan yang jatuh temponya setiap 30 hari setelah tanggal transaksi. 

2. GoPayLater 

liputan6.com

Aplikasi pinjaman online cepat cair lainnya datang dari Gojek. Dengan kredibilitas yang tak perlu ditanyakan lagi, mereka pun memperluas sayap bisnisnya di bidang finansial. Sedulur cukup membuat akun Gojek yang secara otomatis akan tersambung dengan akun GoPay alias dompet digital mereka. 

Nantinya, Sedulur bisa memilih mengaktifkan akun GoPayLater dengan mengklik pada menu yang tersedia. Setelah itu, verifikasi identitas dengan mengunggah foto KTP dan swafot. Aplikasi ini menyediakan kemudahan untuk membeli barang atau menggunakan jasa lewat platform yang mereka naungi atau menjadi mitranya. Beda dengan kebanyakan penyedia jasa pinjaman lainnya, GoPayLater tidak mengenakan bunga, tetapi biaya transaksi sebesar Rp 25 ribu per bulan selama Sedulur masih memiliki cicilan atau hutang. Selama kamu membayar cicilan tepat waktu, tidak akan ada biaya tambahan lain. Namun, jika terlambat akan ada denda sebesar Rp 2000 per harinya. 

3. Shopee PayLater 

pinjaman online cepat cair
cnbcindonesia.com

Sejenis dengan GoPayLater, Shopee PayLater adalah fitur pinjaman dan cicilan yang dibuat oleh sebuah marketplace untuk para penggunanya. Namun, mereka juga menyediakan pinjaman tunai. Bunga yang dikenakan sebesar 2,95 persen tiap bulan ditambah biaya penanganan sebesar 1 persen.

Jika Sedulur terlambat membayar sesuai dengan tanggal jatuh tempo akan ada bunga menggulung sebesar 5 persen dan bila terus tidak dibayarkan pihak pemilik modal akan melakukan pembatasan akun dan tindakan lainnya. Shopee PayLater cocok untuk pengguna yang yakin betul akan membayar tepat waktu.

BACA JUGA:  Franchise: Bisnis Terlaris 2021, Bagaimana Skema & Cara Kelolanya

4. Ringan

jawapos.com

Aplikasi ini cukup berbeda dari lainnya. Mereka tidak bertindak sebagai pemilik modal atau pemberi pinjaman, melainkan perantara saja. Pihak yang bisa mendaftar di aplikasi Ringan adalah pemberi dan penerima pinjaman. Untuk menjadi salah satunya, Sedulur hanya membutuhkan KTP. Namun, jika ingin dana lebih besar, surat-surat lain seperti NPWP, BPKB, BPJS mungkin akan diminta untuk proses verifikasi. 

Bunga yang ditawarkan mulai dari 0,05 persen per hari dengan limit pinjaman normal sebesar Rp 20 juta. Aplikasi ini cukup disukai para penggunanya dan sejauh ini belum ada pemberitaan negatif. 

5. Tunaiku

liputan6.com

Sedulur bisa juga mencoba aplikasi Tunaiku yang telah membantu banyak orang untuk mendapatkan dana mendesak. Pengajuannya praktis hanya perlu KTP, tidak ada syarat NPWP dan kartu kredit. Limitnya mencapai 20 juta dengan waktu cicilan yang juga panjang, yaitu sampai maksimal 20 bulan. 

Tunaiku berada di bawah Bank Amar Indonesia yang sudah terdaftar di OJK. Bunga yang mereka tawarkan sekitar 2-5 persen per bulan dengan denda sebesar Rp 150 ribu tiap bulannya. Ada biaya administrasi yang harus dibayarkan di awal. 

6. Modalku 

pinjaman online cepat cair
selular.id

Modalku adalah pinjaman online legal yang menyasar badan usaha, baik perseorangan maupun yang sudah berbentuk PT atau CV. Tentunya dana yang mereka kelola lebih besar dengan limit mencapai Rp 100 juta. Bunga yang mereka tawarkan sebesar 1 persen per transaksi dengan tenor 15-30 hari. 

Ia cocok bagi pengusaha digital yang menggunakan marketplace atau kasir digital untuk transaksi. Kelebihan lainnya adalah bebas biaya admin, jadi tidak ada pengeluaran tak terduga yang bikin pusing. 

BACA JUGA: 15 Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji Kecil, Super Mudah!

Membedakan aplikasi pinjaman ilegal dengan yang berlegitimasi 

unsplash.com

Sebenarnya cukup mudah untuk tahu apakah sebuah aplikasi pinjaman itu berlegitimasi atau tidak. Berikut beberapa tips membedakannya. 

Situs tampak profesional 

Sedulur wajib mengecek apakah penyedia jasa pinjaman online langsung cair dengan KTP tadi memiliki situs yang bisa dirujuk. Perusahaan yang profesional pasti memilikinya dan tentu harus tampak profesional. Mulai dari alamat url yang jelas dan tidak banyak konsonan-konsonan tak penting serta dan desain layout situs yang rapi dan clean. 

Memiliki izin resmi dari OJK

Sedulur wajib menjauhi pinjaman online ilegal cepat cair. Daftarnya sudah dirilis resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bisa dijadikan referensi guna menghindari kerugian material. Daftar tersebut akan terus diperbarui dan silakan cek secara berkala. 

Cek berita terbaru tentang penyedia jasa yang kamu sasar 

Kadang berita dan pengalaman pengguna lain bisa jadi tolak ukur untuk menilai profesionalitas sebuah penyedia jasa pinjaman yang menawarkan fitur 5 menit cair dan hal-hal menggiurkan lainnya seperti bunga rendah. Rajin dan teliti sebelum memasang aplikasi dan menggunakan jasa mereka adalah kunci Sedulur. 

Lihat rincian bunga, denda, dan biaya transaksinya

Perusahaan yang legal dan bertanggungjawab pasti sudah menyatakannya sejak awal agar tidak ada kendala dan biaya-biaya tak terduga yang menimbulkan perselisihan. 

Alamat kantor harus jelas dan punya fitur layanan pelanggan yang mudah diakses

Mengingat jika ada masalah, pihak berwajib hanya bisa menangani kejahatan yang dilakukan di wilayah teritori Indonesia. Jauhi penyedia jasa yang mencantumkan alamat luar negeri atau tidak mencantumkan alamat sama sekali. Lihat pula ketersediaan layanan pelanggannya. Harus mudah diakses dan tanggap.

Akses data pribadi harus masuk akal dan tahu batasan 

Hanya beberapa hal yang bisa diakses aplikasi pinjaman online, yaitu nomor telepon peminjam, kamera dan mikrofon untuk verifikasi di awal, serta GPS atau lokasi. Data yang diminta pun sebatas KTP. Jika mereka meminta lebih dari itu seperti kontak teman di ponsel, KK, dan lain sebagainya segera hindari. 

BACA JUGA:  Jangan Tertipu, Ini Ciri Pinjaman Online Ilegal & Cara Lapornya

Hal yang harus dilakukan saat memiliki pinjaman online 

pinjaman online cepat cair
unsplash.com
  • Baca baik-baik ketentuan yang ditetapkan oleh penyedia jasa, bila ada yang kurang jelas silakan bertanya pada customer service 
  • Catat betul tanggal jatuh tempo agar tidak terjadi keterlambatan yang mengakibatkan munculnya denda dan biaya tambahan lain. 
  • Gunakan dengan bijak dan hanya pakai saat mendesak saja. Jangan jadikan langganan apalagi tergiur dengan potongan harga saja. 
  • Setiap menerima gaji atau penghasilan, segera alokasikan dana untuk membayar tagihan. Utamakan bayar hutang dulu sebelum kebutuhan lainnya bila memungkinkan. 

Tips keuangan untuk menghindari pinjaman

online di masa depan 

unsplash.com

Tentunya tidak ada orang yang mau berhutang bila tidak mendesak. Kecuali Sedulur punya alasan kuat seperti melebarkan bisnis atau membeli rumah untuk investasi jangka panjang. Namun, jika untuk kebutuhan mendesak apalagi hanya tersier, sebaiknya meminjam dihindari saja. Silakan lakukan beberapa tips berikut untuk menghindari hutang di masa depan. 

  • Belanja dengan bijak, buat prioritas kebutuhan mulai dari yang penting, kurang penting, sampai yang bisa ditunda. 
  • Sisihkan sebagian penghasilan untuk dana darurat. Jangan kosongkan rekening, selalu sediakan dana di rekening untuk kebutuhan yang tidak terduga. 
  • Daripada mencari cara menghabiskan uang, lebih baik cari peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Itu tadi beberapa hal yang wajib Sedulur perhatikan tentang pinjaman online. Waspada dan selalu mawas diri serta tak berhenti belajar mengatur keuangan dengan bijak adalah hal yang wajib kita kuasai sebagai orang dewasa dengan segala tanggung jawab dan masalah yang mengintai.