persiapan mudik naik mobil

Sebentar lagi musim mudik akan berlangsung. Meskipun pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada tanggal 19 April 2023, namun aktivitas pendidikan telah resmi libur. Banyak orang yang juga sudah bersiap untuk melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, agar perjalanan nyaman, Sedulur perlu persiapan mudik naik mobil dengan benar.

Dalam kesempatan kali, kita akan bahas apa saja persiapan mudik naik mobil yang perlu dilakukan agar perjalanan menjadi lebih aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. Yuk, mari langsung saja kita simak pembahsannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Persiapan Mudik Naik Motor, Jangan Sampai Ada yang Lupa!

1. Buat anggaran perjalanan

persiapan mudik naik mobil
iStock

Persiapan mudik naik mobil yang pertama adalah dengan membuat anggaran. Sedulur juga sudah tahu bahwa biaya yang dibutuhkan untuk mudik dengan mobil tentu tidak sedikit. Bahkan lebih besar dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum.

-->

Maka dari itu, sebaiknya kamu membuat anggaran yang sesuai dengan kondisi keuangan Sedulur. Tujuannya adalah untuk meminimalisir pengeluaran berlebih atau keborosan. Agar keuangan dan anggaran cukup, tentu Sedulur bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Bahkan banyak pemudik yang mempersiapkan anggaran untuk mudik dengan mengumpulkan uang selama satu tahun agar segalanya aman tanpa mengalami kendala keuangan.

2. Persiapkan jadwal perjalanan

persiapan mudik naik mobil
iStock

Tips persiapan mudik naik mobil selanjutnya yaitu mempersiapkan jadwal perjalanan dengan matang. Setelah Sedulur rampung menyiapkan anggaran, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan jadwal. Pemudik yang menggunakan mobil hendaknya mempersiapkan jadwal perjalanan. 

Jadwal perjalanan ini termasuk rencana titik pemberhentian untuk beristirahat selama perjalanan. Usahakan juga rencana perjalanan dibuat bersama dengan anggota keluarga lainnya yang turut serta pada mudik lebaran.

Hal tersebut bertujuan agar terhindar konflik di antara penumpang. Konflik-konflik kecil tersebut bisa saja menganggu perjalanan mudik itu sendiri.

3. Istirahat cukup

persiapan mudik naik mobil
iStock

Tips yang tak kalah pentingnya jika mudik naik mobil pribadi adalah istirahat secara berkala selama perjalanan. Tujuannya, untuk mengembalikan stamina yang turun selama perjalanan. Waktu untuk istirahat berkualitas yaitu sendiri 10 menit hingga 30 menit.

Dari waktu yang didapatkan untuk istirahat, Sedulur bisamelakukan penyegaran terhadap otot, otak, dan syaraf.  Pilih lokasi istirahat yang nyaman serta tidak menggangu pemudik lainnya, seperti di rest area.

Oleh sebab itu, penting untuk merencanakan perjalanan di awal sebelum mudik termasuk menentukan lokasi istirahat.  Jangan lupa juga jika bisa usahakan untuk melakukan tidur singkat dan bertenaga atau power nap setelah berkendara dua sampai empat jam. Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih segar sehingga fokus pun meningkat. 

4. Pastikan kondisi mobil prima

persiapan mudik naik mobil
iStock

Selalu pastikan kendaraan selalu dalam keandaan prima. Setiap pemudik wajib untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima. Terdapat beberapa lima aspek mobil yang harus dicek, meliputi lampu, ban, suspensi, serta cairan pada mesin seperti oli, air radiator, air aki, minyak rem, dan lainnya. 

Jangan lupa juga, pemudik juga perlu mengecek fitur keamanan pada mobil masing-masing berfungsi dengan baik. Fitur keamanan pada mobil tersebut antara lain, air bag, alat pendeteksi titik buta (blind spot detector), sabuk pengaman (seat belt), dan lainnya.  

Memastikan kondisi mobil layak untuk digunakan jarak jauh, dengan setiap fitur keamanannya yang masih lengkap merupakan hal penting yang wajib dilakukan. Tentu tujuannya agar mudik berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan sama sekali

5. Jaga jarak 

persiapan mudik naik mobil
iStock

Tips mudik naik mobil lainnya adalah menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Dalam hal ini, pemudik membutuhkan fisik tubuh prima sehingga bisa menjaga fokus. Selain itu, pemudik diimbau untuk tetap mengontrol emosi dalam menyikapi kondisi lalu lintas.

Sebab, bukan rahasia lagi jika mudik lebaran identik dengan macet panjang.  Agar bisa mengontrol emosi, maka pemudik disarankan istirahat terlebih dahulu ketika merasa lelah atau mengantuk.  Jaga jarak, kecepatan dan emosi untuk menyikapi kondisi lalu lintas nantinya.

Jaga jarak, kecepatan, dan emosi untuk menyikapi kondisi lalu lintas saat mudik begitu penting. Selain agar perjalanan mudik berjalan lancar, juga tidak akan menganggu pemudik lainnya.

6. Tidak membawa barang berlebih

persiapan mudik naik mobil
iStock

Setiap pemudik tentunya ingin membawa oleh-oleh bagi keluarga di kampung halaman.  Namun, harap diperhatikan untuk tetap menghindari membawa barang bawaan berlebihan.  Disarankan untuk barang bawa yang seperlunya saja, barang bawaan berlebihan membuat muatan tidah efektif.

Tidak asing memang jika pemudik membawa barang yang banyak, yang biasanya terdiri dari oleh-oleh atau perbekalan selama di kampung halaman. Namun Sedulur harus tetap perhatikan barang bawaan, jangan membawa barang berlebih.

Barang yang berlebih dapat menganggu keseimbangan mobil dan membahayakan perjalanan. Terutama barang yang berlebih dapat membuat kecepatan mobil terganggu sehingga tidak bisa melaju sebagaimana mestinya.

7. Jaga kondisi tubuh

iStock

Menjaga kondisi tubuh tetap prima sebelum perjalanan mudik merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Tujuannya, untuk mengantisipasi tubuh tidak cepat lelah selama perjalanan.  Tips agar kondisi tubuh prima sebelum mudik adalah istirahat cukup dengan tidur minimal enam sampai delapan jam sehari sebelum mulai mudik.

Jangan lupa untuk selalu menyiapkan perbekalan selama mudik. Saat melakukan perjalanan mudik, tentu waktu akan dihabiskan sangat lama dijalanan yang dapat membuat dehidrasi dan lapar. Untuk mencegah rasa lapar dan dehidrasi, tentu perbekalan bisa jadi solusi.

Dengan mempersiapkan bekal, Sedulur juga akan menghemat pengeluaran serta tidak disusahkan lagi untuk mencari tempat makan.

8. Makan makanan bergizi

iStock

Untuk memastikan kondisi tubuh tetap fit, pemudik yang menggunakan mobil membutuhkan asupan makanan bergizi saat santap sahur dan buka puasa. Jika perlu, pemudik bisa mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina.

Selain itu, saat mudik menggunakan mobil, tentu keselataman harus selalu Sedulur utamakan. Selalu hati-hati dalam perjalanan, tidak perlu buru-buru untuk mencapai tujuan. Jangan lupa untuk selalu fokus dan sabar saat berkendara.

Sedulur harus mengutamakan keselataman diri karena dengan begitu Sedulur juga dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Saling peduli dengan keselamatan diri berarti peduli pada keselamatan pengendara lainnya.

9. Hindari persiapan mepet waktu mudik

iStock

Pemudik hendaknya menghindari bersiap-siap pada waktu mepet dengan jadwal keberangkatan. Sebab, barang-barang bawaan berpotensi tercecer bahkan tertinggal apabila dalam kondisi terburu-buru.  Oleh sebab itu, pemudik sebaiknya mengemas barang minimal 2-3 hari sebelum hari keberangkatan.

Waktu tersebut terbilang ideal dibandingkan mempersiapkan pada H-1 sebelum keberangkatan. Karena persiapan mudik perlu dipikirkan secara matang agar segala hall buruk yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Setiap pengendara, baik pemotor atau yang membawa mobil, harus senantiasa menaati peraturan lalu lintas. Ditambah lagi saat mudik, polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas. Nah, apapun peraturan lalu lintas yang berlaku, Sedulur harus menaatinya.

Selalu patuhi aturan lalu lintas yang berada di jalan. Selalu ingat bahwa dengan menaati peraturan lalu lintas, bukan hanya demi keselamatan pribadi, namun juga keselamatan orang lain.

10. Pelajari rute 

iStock

Tips agar mudik menggunakan mobil agar nyaman adalah mempelajari rute perjalanan. Pemudik hendaknya memahami rute yang akan dilintasi, meskipun ada fasilitas peta digital dari smartphone.  Rute yang perlu dijalani meliputi jalur yang akan dilalui, kondisi jalan, lokasi istirahat (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat.

Selain itu, pahami juga jalur-jalur rawan macet yang hendak Sedulur lewati. Pemudik bisa memanfaatkan bantuan fitur peta digital pada gawai. Caranya, tandai titik-titik lokasi yang dibutuhkan sehingga mudah untuk diakses jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jangan lupa juga untuk siapkan rute perjalanan terbaik saat mudik. Memikirkan rute perjalanan juga merupakan bagian penting dari persiapan mudik naik mobil. Cari dan pelajarilah terlebih dahulu rute perjalanan mudik sesuai dengan tujuan.

11. Pastikan BBM selalu penuh

iStock

Salah satu tantangan perjalanan mudik adalah bahan bakar mesin atau BBM yang harus selalu diisi. Maka dari itu, tips mudik dengan mobil selanjutnya adalah memastikan BBM selalu penuh. Ini penting diperhatikan terutama jika Sedulur mudik ke kampung halaman dengan mobil tua.

Selain itu, tips mudik lebaran dengan mobil pribadi selanjutnya yang wajib Sedulur pertimbangkan adalah untuk mengisi BBM ketika indikator bensin sudah setengah. Tujuannya agar Sedulur bisa lebih santai di jalan dan tidak harus selalu melipir ke rest area untuk isi bensin.

Bahkan jika perlu Sedulur menyiapkan tangki untuk menampung BBM sebagai stok barangkali ketika nanti diperjalanan Sedulur tidak bisa menemukan SPBU atau rest area untuk mengisi bensi.

BACA JUGA: Lengkap Info Mudik Gratis Terbaru 2023 di Jawa Timur!

12. Jalan lupa vaksin

iStock

Mudik di era pandemi Covid-19 sudah pasti vaksin merupakan salah satu hal wajib yang perlu dilakukan. Kendati di tahun ini peraturan terkait kondisi vaksin mulai agar longgar, karena hampir seluruh masyarakat Indonesia telah melakukan vaksin, berbeda dengan tahun sebelumnya.

Vaksin merupakan salah satu persyaratan wajib, terutama bagi Sedulur yang benar-benar mudik. Namun, kendati di tahun ini persoalan vaksin mungkin tidak akan akan ditanyakan lagi, namun tidak ada salahnya Sedulur untuk vaksin terlebih dahulu. Terutama bagi Sedulur yang belum vaksin sama sekali.

Demi kesehatan, tentu penting untuk melakukan vaksin. Terlebih status Covid-19 saat ini masih menjadi pandemi yang mungkin saja bisa menular kepada Sedulur yang melakukan vaksin.

Nah itulah sejumlah persiapan mudik naik mobil yang perlu Sedulur persiapkan dengan baik. Jangan sampai ada yang terlewat dan pastikan setiap persiapan telah Sedulur lakukan dengan sangat matang.

Segala hal persiapan yang Sedulur lakukan tentu saja bertujuan untuk membuat perjalanan mudik berjalan dengan aman dan nyaman tanpa kendala sama sekali. Untuk mendapatkan hal tersebut, setiap persiapan yang telah dijelaskan penting untuk Sedulur lakukan!