Perbedaan whatsapp web bisnis dan personal

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer saat ini. Selain aplikasi perpesanan personal, WhatsApp juga menyediakan versi bisnis atau dikenal sebagai WhatsApp business. Tipe yang berbeda ini disebabkan oleh adanya beberapa perbedaan WhatsApp business web vs personal.

Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 171 juta orang, dimana 83 persen dari 171 jute tersebut adalah pengguna aplikasi WhatsApp. Oleh karena itu, informasi seputar aplikasi ini menjadi salah satu hal penting untuk diketahui.

Sebenarnya, apa saja perbedaan WhatsApp business web vs personal yang perlu Sedulur ketahui? Berikut adalah ulasan informasi beserta keuntungannya.

BACA JUGA: Cara Video Call Whatsapp Web di Laptop & PC dengan Mudah

-->

Perbedaan WhatsApp Business Web VS Personal

perbedaan whatsapp business web vs personal
AIVO

1. Definisi dan fungsi

WhatsApp Business atau WA bisnis merupakan versi WhatsApp yang memiliki beragam fitur untuk meningkatkan efisiensi suatu usaha. Oleh karena itu, WA bisnis seringkali digunakan oleh para pelaku usaha, contohnya agen travel atau pemilik online shop.

Sementara itu, WhatsApp Messenger atau WA personal merupakan aplikasi perpesanan yang digunakan untuk saling berkirim pesan teks, suara, gambar, video, dan dokumen dengan pengguna lain. WA personal lebih cenderung digunakan untuk interaksi pribadi, baik antar individu atau dalam suatu grup. 

2. Label pada kontak

Perbedaan lainnya terletak di bagian label pada kontak. Pada WA personal, tidak ada fitur label pada kontak, sementara pada WA bisnis, pengguna bisa memberikan label dengan kode warna secara kategoris pada daftar chat. 

Label ini berfungsi untuk memberikan tanda pada kontak maupun grup. Dengan adanya label, pengguna WA bisnis bisa mengurutkan kontak sesuai dengan nama dan labelnya. Bahkan, Sedulur bisa membuat hingga 20 label berbeda. 

3. Keamanan pesan

Pada bagian ini, sebenarnya antara WA bisnis dan WA personal sama-sama memiliki enkripsi end-to-end pada setiap pesan yang dikirim. Namun, akun pada WA bisnis memiliki keunggulan untuk bisa mengumpulkan informasi pelanggan, yang digunakan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja melalui layanan WA bisnis. 

BACA JUGA: Cara Backup Chat Whatsapp di Google Drive, HP dan Windows

4. Logo aplikasi

perbedaan whatsapp business web vs personal
Verloop

Perbedaan berikutnya antara WhatsApp bisnis dan personal juga dapat dilihat dari logo aplikasi. Pada WhatsApp Business, tampilan logo memiliki latar belakang warna hijau dengan simbol huruf kapital “B” di dalam bubble chat. Sementara itu, tampilan logo WhatsApp personal memiliki latar belakang warna hijau dengan simbol telepon di dalam bubble chat.

5. Statistik pesan

Perbedaan berikutnya ada pada statistik pesan. Pada WA bisnis, Sedulur bisa membuat laporan statistik pesan dengan rinci. Dengan begitu, Sedulur bisa melakukan analisis melalui metrik aplikasi yang sudah disediakan. Hal ini tentu saja berbeda dengan WA personal yang terbatas.

Statistik pesan ini mencakup jumlah pesan yang dikirim, pesan yang diterima, dan pesan yang dibaca. Keberadaan fitur ini tentu saja sangat menguntungkan para pelaku usaha.

6. Bagian profil pengguna

Selanjutnya adalah bagian profil pengguna. Pada WA bisnis, pengguna bisa menampilkan informasi terkait kategori bisnis maupun tampilan katalog suatu produk. Sedangkan pada WA personal, tidak ada fitur semacam ini.  

Jika pada bagian profil aplikasi WhatsApp personal hanya berisi nama, gambar tampilan dan nomor telepon, maka pada WA bisnis pengguna bisa menampilkan beberapa poin, seperti nama bisnis, logo, URL situs web, kategori bisnis, deskripsi perusahaan, tampilan katalog produk, hingga lokasi dan jam kerja perusahaan.

BACA JUGA: 25 Nada Dering Terbaru 2022 Untuk Telfon dan Whatsapp

7. Konektivitas profil

Fitur wa
SendinBlue

Antara WA bisnis dengan WA personal sebenarnya memiliki kesamaan dalam konektivitas profil, yakni sama-sama mendukung tautan klik untuk bisa terhubung dengan kode QR atau nomor telepon. 

Hal yang membedakan adalah kemampuan WA bisnis yang bisa membuat short link sendiri dari pengaturan akun. Short link tersebut bisa dibagikan ke pelanggan, sehingga percakapan dapat dilakukan dengan mudah. 

8. Quick reply

Berikutnya adalah keberadaan pesan otomatis. Pertama adalah fitur Quick reply. Fitur ini hanya ada di WA bisnis dan tidak ada di WA personal. Untuk menggunakannya, Sedulur bisa membuka Settings lalu pilih Quick Replies. Setelah mengatur pesan ini, Sedulur bisa menjawab sejumlah FAQ yang ada. 

9. Greetings Message

Sama dengan Quick reply, fitur Greetings Message juga merupakan bagian dari pesan otomatis yang hanya dimiliki oleh WA bisnis. Fitur ini merupakan pesan otomatis yang dikirimkan kepada konsumen saat pertama kali menghubungi nomor WA bisnis.  

10. Away Messages

Masih sama dengan dua fitur sebelumnya, fitur Away Messages juga termasuk pesan otomatis yang hanya ada di WhatsApp Business saja. Fitur ini digunakan ketika ada konsumen yang menghubungi WA bisnis disaat jam operasional tutup atau saat admin tidak memegang perangkat. 

BACA JUGA: 130 Nama Grup WhatsApp Unik, Aesthetic, Keren, dan Lucu 2022

Keuntungan menggunakan WhatsApp bisnis

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan WhatsApp bisnis. Berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Adanya peningkatan layanan

perbedaan whatsapp business web vs personal
SendinBlue

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh WhatsApp Business adalah adanya peningkatan layanan yang dilakukan dengan pemberian informasi bisnis kepada pelanggan melalui obrolan secara real-time. Dengan adanya informasi dan dukungan sesuai dengan kebutuhan konsumen, WhatsApp Business tentu sangat cocok digunakan sebagai sarana untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Apalagi dengan adanya percakapan terverifikasi merek atau profil bisnis, percakapan antara konsumen dengan pemilik bisnis akan semakin terpercaya. Hal itu tentu juga meningkatkan branding perusahaan terhadap dunia luar. 

2. Jangkauan pasar lebih luas

Keberadaan WA bisnis juga kan menjangkau pasar yang lebih luas. Terlebih lagi, aplikasi ini memiliki popularitas yang tinggi, bahkan sudah digunakan di lebih dari 100 negara. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa berpeluang mendapatkan pelanggan dari tempat yang jauh sekalipun. 

3. Memiliki fitur pesan otomatis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keberadaan pesan otomatis memiliki fungsi yang sangat penting, terutama bagi pemilik bisnis. Dengan pesan tersebut, konsumen tidak akan merasa diabaikan, meskipun sebenarnya Sedulur sedang tidak menggunakan WA.

Sedulur bisa membuat pesan template untuk memberikan informasi kepada konsumen. Selain itu, WhatsApp juga mewajibkan seluruh pengguna WA bisnis untuk menanggapi pesan dari pelanggan yang sudah terkirim dalam waktu 24 jam dengan pesan non-template atau dengan jawaban sebenarnya.

4. Membuat komunikasi dua arah yang nyaman

Penggunaan WhatsApp Business juga membuat komunikasi dua arah berlangsung dengan nyaman. Hal ini karena WA merupakan aplikasi perpesanan yang populer digunakan saat ini, sehingga siapapun akan lebih nyaman berkomunikasi dengan aplikasi ini, termasuk saat sedang membeli suatu produk atau jasa. 

Itulah beberapa perbedaan antara WhatsApp business web vs personal yang perlu Sedulur ketahui. Semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan Sedulur terkait dengan perbedaan fitur diantara keduanya, serta lebih tahu mengenai keuntungan menggunakan WhatsApp bisnis dalam aktivitas keseharian.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.