menghilangkan bau plastik pada ember

Banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan bau plastik pada ember. Bukan tanpa sebab, bau plastik pada ember yang masih baru memang terasa sangat mengganggu, terutama jika ember tersebut digunakan untuk menaruh dan menyimpan makanan atau minuman.

Bau tersebut bisa mempengaruhi aroma makanan atau minuman yang dimasak atau disimpan di dalamnya. Ya, menghilangkan bau plastik tersebut memang sangat penting, untuk menjaga kualitas makanan dan minuman sebelum disajikan nantinya.

Nah, tidak usah bingung dan langsung menggantinya dan mencari wadah lagi, Sedulur bisa mencoba beberapa menghilangkan bau plastik pada ember yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Memperbanyak Sabun Cuci Piring dan Cara Menghematnya

1. Taburkan garam

menghilangkan bau plastik pada ember
Unsplash/Markus Winkler

Menggunakan garam untuk menghilangkan bau plastik pada ember bisa menjadi metode yang efektif. Garam memiliki sifat menyerap bau yang tidak diinginkan dan dapat membantu membersihkan dan menyegarkan ember. Nah, pastikan ember telah dibersihkan terlebih dulu.

Taburkan lapisan garam tebal di seluruh bagian dalam ember. Lalu Biarkan garam bekerja selama beberapa jam. Setelah itu , sikat atau gosok bagian dalam ember dengan kuat untuk menghilangkan garam dan kotoran yang terserap olehnya. Terakhir, tinggal bilas dan keringkan.

2. Simpan dengan koran bekas

Simpan kertas koran bekas di dalam ember bisa membantu menyerap bau plastik yang tidak diinginkan. Letakkan beberapa lembar kertas koran bekas di dalam ember. Pastikan koran menutupi seluruh bagian dalam ember. Biarkan koran bekas tetap di dalam ember selama beberapa hari.

Setelah beberapa hari, buang koran bekas dari dalam ember. Bersihkan dan keringkan ember sebelum menggunakannya kembali. Jika diperlukan, Sedulur bisa mencuci ember tersebut dengan sabun dan juga air. Pastikan benar-benar kering sebelum digunakan, ya!

3. Gunakan teh

Cara menghilangkan bau plastik pada ember berikutnya adalah dengan menggunakan kantong teh. Ya, teh sendiri memang dikenal mampu menyerap bau yang dapat membantu menghilangkan bau plastik. Untuk melakukannya, tuangkan air panas ke dalam ember tersebut.

Lalu rendam beberapa kantong teh celup dalam air panas di dalam ember. Biarkan teh meresap ke dalam dinding ember selama beberapa jam atau semalaman. Setelah proses perendaman selesai, buang kantong teh celup dan bilas ember dengan air bersih. Pastikan ember dikeringkan sebelum digunakan kembali.

4. Oleskan perasan lemon

Mungkin di sini banyak yang belum tahu jika perasan lemon cukup efektif untuk menghilangkan bau plastik pada ember. Cara untuk menggunakannya juga cukup mudah. Pertama, silahkan peras beberapa buah lemon dan gunakan perasan lemon untuk mengolesi seluruh bagian dalam ember.

Biarkan perasan lemon meresap ke dalam dinding ember selama beberapa jam. Setelah itu, Sedulur bisa langsung membilas bersih ember dengan air hangat dan sabun. Dan terakhir tentu saja, pastikan ember dikeringkan dengan baik sebelum digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman.

5. Taburkan bubuk kopi

Bubuk kopi memang telah lama dikenal dengan efektivitasnya dalam menghilangkan bau, termasuk bau plastik pada ember yang masih baru. Silahkan taburkan lapisan tipis bubuk kopi di seluruh bagian dalam ember. Biarkan bubuk kopi tetap di dalam ember selama beberapa jam atau bahkan sampai semalaman.

Ya, bubuk kopi memang memiliki kemampuan menyerap bau yang dapat membantu menghilangkan aroma plastik. Jika sudah, bersihkan ember dengan menyikat atau dengan kain yang bersih. Bilas ember dengan air hangat dan pastikan kering sebelum digunakan kembali.

BACA JUGA: 8+ Cara Membuat Kayu Jadi Awet dan Bebas Rayap

6. Dengan arang

menghilangkan bau plastik pada ember
Unsplash/Jelleke Vanooteghern

Kandungan karbon aktif seperti yang ada pada arang, memiliki kemampuan menyerap bau yang kuat. Jadi tidak ada salahnya memanfaatkannya untuk menghilangkan bau plastik pada ember, bukan? Sedulur bisa langsung meletakkan beberapa potongan arang batok kelapa di dalam ember.

Biarkan arang tetap di dalam ember selama beberapa hari, lebih lama tentu hasilnya lebih maksimal. Setelah beberapa hari, buang arang dan bersihkan ember dengan menyikat atau kain bersih. Bilas ember dengan air bersih dan keringkan sebelum digunakan lagi.

7. Gunakan cuka

Sama seperti bahan asam lainnya, cuka ternyata juga memiliki sifat yang baik untuk menghilangkan bau. Jika Sedulur memiliki cuka di rumah, bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau plastik pada ember. Nah, silahkan campurkan cuka putih dengan air di dalam ember tersebut.

Biarkan ember direndam dalam larutan cuka selama beberapa jam atau semalaman. Setelah direndam, bilas ember dengan air bersih. Silahkan keringkan ember sepenuhnya, sebelum nantinya ember tersebut digunakan lagi untuk menyimpan.

8. Aplikasi minyak esensial

Minyak esensial tidak hanya akan memberikan aroma yang menyamarkan bau plastik, namun mampu memberikan kesegaran pada ember, lho! Untuk itu, Sedulur perlu memilih minyak esensial seperti lavender, peppermint, atau lemon yang memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan.

Jika minyak esensial yang dibutuhkan sudah disiapkan, langsung saja teteskan beberapa tetes minyak esensial yang harum ke dalam ember setelah dibersihkan. Pastikan minyak esensial telah meresap ke dalam dinding ember sebelum digunakan kembali.

9. Oleskan perasan jeruk nipis

Hampir sama seperti lemon, jeruk nipis juga memiliki sifat yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada ember. Jadi jika tidak memiliki lemon di rumah, maka jeruk nipis bisa dijadikan sebagai alternatif yang mudah ditemukan.

Nah, peras beberapa buah jeruk nipis dan gunakan perasan jeruk nipis untuk mengolesi seluruh bagian dalam ember. Biarkan perasan jeruk nipis meresap ke dalam dinding ember selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan ember dengan air bersih dan pastikan kering jika akan digunakan.

10. Cuci dengan deterjen

Jika beberapa cara menghilangkan bau plastik pada ember sebelumnya tidak berhasil, Sedulur bisa coba menggunakan deterjen yang diciptakan dengan formulasi khusus untuk menghilangkan bau. Silahkan Sedulur cari jenis detergen tersebut di toko atau supermarket terdekat.

Jika sudah didapatkan, cuci ember dengan menggunakan deterjen pencuci piring tersebut. Gosok secara menyeluruh dan pastikan untuk membersihkan setiap bagian ember. Bilas bersih dengan air hangat dan pastikan tidak ada residu deterjen yang tersisa, dan keringkan dengan maksimal.

Mungkin hanya itu beberapa cara menghilangkan bau plastik pada ember yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Pastikan untuk mencuci ember secara menyeluruh setelah menggunakan salah satu metode di atas, dan pastikan tidak ada residu bahan kimia yang tersisa, ya!