Lokasi untuk rumah tinggal

Dalam memutuskan lokasi strategis untuk rumah tinggal tentu bukanlah sesuatu yang mudah, patinya ada hal-hal penting yang patut dipertimbangkan. Apalagi ketika membayangkan tempat tinggal, biasya kita menginginkan tempat yang aman dan nyaman, bener gak?

Artinya sedulur pun haus memperhatikan keamana dan kenyamanan tidak sekedar didalam rumah dong, namun juga bagaiman kondisi lingkungan dan suasana sekitarnya, sehingga inilah definisi sesungguhnya lokasi strategis untuk rumah tinggal yang sedulur inginkan.

BACA JUGA: 17 Inspirasi Desain Kaca Jendela Rumah Minimalis 2023

Tips memilih lokasi rumah yang strategis

Bob Vila

Dalam mencari lokasi strategis untuk rumah tinggal yang tepat, ada beberapa tips untuk membantu sedulur membuatk keputusan yang tepat. Tentu Sedulur penting untuk menyimak daftar tipsnya dan sebisa mungkin mengikuti setiap tips dan sarannya ya. Apa saja tips untuk memilih lokasi rumah?

1. Kemudahan akses

lokasi strategis untuk rumah tinggal
iStock

Salah satu mempertimbangkan lokasi strategis untuk rumah tinggal adalah akses yang mudah dijangkau karena lokasi rumah dipikih sedemikian rupa agar bisa memudahkan sedulur dalam memenuhi kebutuhan dan aktivitas sehari-hari.

Sebelum memilih rumah tinggal juga, pastikan sedulur telah mengetahui bagaimana akses menuju berbagai tempat. Khususnya yang berhubungan dengan pekerjaan, keamanan, dan kebutuhan sehari-hari. Ini jadi poin utama yang perlu diperhatikan setelah menentukan lokasi rumah tinggal.

2. Fasilitas yang disediakan

lokasi strategis untuk rumah tinggal
iStock

Dalam menetukan lokasi strategis untuk rumah tinggal, tentu fasilitas yang tersedia tak kalah penting untuk menjadi perhatian sedulur. Apalagi jika sedulur merupakan seorang yang sering memanfaatkan fasilitas umum dalam beraktivitas sehari-hari, misalnya seperti akses menuju halte tempat pemberhentian bus atau statiun kereta untuk pergi ke kantor, maka akses menuju fasiltas publik dalam hal ini menjadi begitu penting.

Fasilitas publik berupa tempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga penting ketika memilih lokasi rumah tinggal, misalnya seberapa jauh jarak menuju pasar, supermarket, rumah sakit, dan lain sebagainya.

Dalam sehari-hari, pasti sedulur butuh makan sehingga lokasi rumah tinggal yang tepat berada dekat dengan fasilitas umum seperti supermarket, warung, atau layanan transportasi publik. Keberadaan hal ini akan memudahkan sedulur, sehingga perhatikanlah fasilitas di sekitar rumah dengan tepat.

3. Tingkat keamanan

lokasi strategis untuk rumah tinggal
iStock

Lokasi strategis untuk rumah tinggal tentu harus berbanding lurus dengan tingkat keamanannya, hal ini tentu sebagai langkah antisipasi sedulur dalam menangkal tindakan kejahatan yang semakin besar. Sehingga sedulur harus tidak perlu khawatir menjadi korban kejahatan apalagi terjadi di lokasi rumah sendiri.

Pilihlah lokasi untuk rumah dengan tingkat keamanan yang baik. Biasanya, untuk beberapa jenis perumahan saat ini sudah menyediakan berupa petugas satpam yang resmi dan terlatih, dalam mengawasi dan betanggung jawab atas keamanan rumah tinggal yang ditawarkan developer perumahan.

Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir ketika berada di rumah sendiri atau sedang meninggalkan rumah karena suatu kegiatan. Tingkat keamanan ini penting untuk diperhatikan dalam memilih lokasi rumah tinggal.

4. Tidak rawan bencana

lokasi strategis untuk rumah tinggal
iStock

Bencana alam memang tidak bisa kita prediksi, atau tidak ada yang tahu kapan akan terjadi dan bagaimana kejadiaanya. Akan tetapi, sebetulnya sedulur lah yang perlu bisa mengantisipasi bencana tersebut, dengan lebih memperhatikan kondisi alam dan lingkungan sekitar yang akan dijadikan lokasi strategis untuk rumah tinggal yang tepat

Maka pilihlah lokasi rumah tinggal yang tepat sehingga kerawanan bencana pun stidaknya dapat diantisipasi, atau sedlur mamapu memetakan kdepannya jalun evakuasi yang disedikan oleh developer perumahan yang ditawarkan.

Banyak perumahan yang menawarkan eumah bebas banjir, bebas longsor, dan sebagainya. Hal seperti itulah yang perlu sedulur pertimbangkan pula dalam memilih lokasi rumah yang tepat.

BACA JUGA: 14 Inspirasi Rumah Batu Alam Berbagai Gaya, Pasti Suka!

5. Jarak tempuh menuju pusat bisnis

lokasi strategis untuk rumah tinggal
iStock

Memilih lokasi strategis untuk rumah tinggal yang tepat tentu bukan saja membeli rumah yang berguna sebagai tempat hunian saja, akan tetapi juga bisa digunakan sebagai saran investasi. Seperi yang sedulur sama-sama tahu, jika bisnis property adalah bsinis yang paling menguntungkandan keuntungan yang akan didapatkan juga bisa bertambah dalam setiap tahunnya. Ini sudah pasti loh!

Itulah mengapa penting bagi sedulur untuk memilih lokasi rumah tinggal yang tepat. Rumah yang berada dekat denga pusat bisnis, seperti mall, perusahaan, dan lain sebagianya bisa dipastikan mendapat nilai tambah investasi dan menguntungkan.

Lokasi sepeperti ini tentu sangat cocok bagi sedulur yang ingin menjadikan rumah sebagai instrument investasi, dan dengan begitu pun sedulur sudah memilih rumah tinggal yang tepat.

6. Perhatikan lingkungan sosialnya

iStock

Lokasi strategis untuk rumah tinggal mungkin akan menuguntungkan sedulur dalam hal investasi dan kemudahan dalam menjangkau fasilitas public, namun sedulur pun harus memperhatikan lingkungan sosial di sekitar rumah yang nantinya akan dihuni bersama keluarga tercinta.

Oleh karena itu, sedulur penting juga memperhatikan lingkungan sosial yang hadir nantinya di lokasi rumah tinggal, sehingga suasana bertetangga yang ramah dan nyaman saat berkomunikasi pun perlu menjadi pertimbangan sedulur.

Apalagi sebagai mahluk sosial, tentunya sedulur akan membutuhkan bantuan tetangga disekitar rumah apabila mengalami kesulitan ataupu berbagai masalah terjadi. Meskipun sudah memiliki rumah dan urusan pribadi masing-masing, namun tetap saja keberadaan tetangga dan lingkungan sosial akan sangat mempengaruhi kenyamanan sedulur, meski sebelumnya mungkin hal ini tidak tergambatkan namun penting dalam penilaian lokasi rumah tinggal.

7. Harga rumah

iStock

Hal lain yang tidak boleh dilupakan dalam memilih lokasi untuk rumah tinggal yang tepat yaitu harga. Karena, lokasi strategis untuk rumah bukan hanya mempengaruhi kemudahan sedulur melakukan aktivitas atau kenyamanan saja, tetapi juga berpengaruh terhadap nilai dan harga jual rumah tersebut.

Sebelum sedulur menentukan lokasi strategis untuk rumah tinggal, pastikan terlebihdahulu bugjet yang sedulur miliki untuk memebelinya. Umumnya, semakin strategis lokasi rumah maka akan semakin mahal yang jualnya, begitu juga tentu sebalinya.

Meski begitu, sedulur bisa mendapatkan lokasi strategis untuk rumah yang tepat dengan harga miring, misalnya dengan membeli tanah yang luas atau membelinya dari orang yang sedang membutuhkan uang. Artinya kesabaran dan teliti dalam memilih lokasi rumah tinggal adalah langkah yang tepat. Intinya, sedulur harus mengetahui harga pasaran sebelum memilih lokasi rumah.

8. Dekat dengan tempat kerja

iStock

Memilki rumah dengan jarak tang jauh daru tempat kerja pasti sangat merepotkan dan akan meyita banyak waktu. Maka, sedulur juga harus meperhatikan jarak tempuh dari rumah menuju tempat kerja ataupun sebalikknya, hal ini perlu dilakukan sebelum sedulur memilih lokasi strategis untuk rumah tinggal yang diinginkan.

Jika memang tidak nerdekatan, paling tidak jarak antara rumah dan kantir tempat kerja sedulur masih bisa dijangkau dengan mudah, misalnya dnegan trasnportasi umum yang telah tersedia. Berbeda lagi jika sedulur memilki pilihan untuk keluar dan mencari pekerjaan disekitar rumah atau bahkan sedulur memilih bekerja seharian dirumah, maka akan lebih mudah memilih lokasi rumah .

9. Dekat tempat wisata

iStock

Selain dekat dengan pusat bisnis, lingkungan sosial yang nyaman, keamanan lingkungan yang terjamin aman, tentu dalam memilih lokasi rumah perlu juga dipikirkan jaraknya dekat menuju tempat wisata. Ditempat wisata tentu akan banyak kegiatan ekonomi, setidaknya hal ini menjadi pemantik juga bagi sedulur barangkali ingin mengembangkan usaha atau pun berinvestasi di tempat wisata demi menambah pundi-pundi rupiah.

Selain itu, hal ini akanmembaur harga tanah dan banguan yang sedulur milki akan meningkat harganya secar signifikan. Bisa jadi rumah tersebut sedulur sewakan kepada wisatawan yang berlibur atau pegawai yang bekerja ditempat wisata. Maka dari itu, tidak salah pula sedulur memilih lokasi untuk rumah tinggal didekat tempat wisata, hal ini merupakan salah satu cara investasi property yang baik pula.

10. Ketersediaan air bersih

iStock

Tentu tidak kalah penting dari lokasi strategis untuk rumah tinggal adalah kelengkapan fasilitas yang disediakan developer perumahan harus terjamin dan terus terpenuhi, serta pengeloaannya tanpa ada hambatan. Jenis kebutuhan yang tidka boleh terlewati adalah kebutuhan air bersih.

Maka dari itu, sedulur lagi-lagi jangan terburu-buru tergoda akan harga rumah yang murah dan desain yang bagus, karena lokasi rumah tinggal pun harus berbanding lurus dengan fasilitas kebutuhan pokok yang tentu harus tersedia dengan baik. Periksalah ketesediaan air bersih terlebih dahulu saat menentukan lokasi untuk rumah tinggal.

Rumah nyaman adalah rumah idaman

Homebuilding

Daftar tips di atas tentu penting untuk Sedulur perhatikan, agar Sedulur bisa mendapatkan rumah dengan lokasi strategis sebagai rumah tinggal. Bagaimana pun, rumah adalah tempat kita pulang dan tinggal. Tentu penting untuk memiliki rumah yang nyaman. Rumah yang nyaman adalah rumah idaman. Salah satu patokan rumah nyaman adalah lokasinya yang strategis sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Itulah kesepuluh tips memilih lokasi strategis untuk rumah tinggal, mungkin bisa menjadi pertimbangan sedulur yang akan membeli rumah, baik untuk tempat tinggal ataupun hanya untuk berinvestasi.

Pastikan kembali sedulur telah mencari informasi yang tepat mengenai rumah yang menjadi incaran, jangan terburu-buru, karena dengan begitu sedulur akan memilih lokasi strategis untuk rumah tinggal yang tepat.