sajian lebaran

Lebaran Idul Fitri menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas merupakan umat muslim. Selain menjadi ajang berkumpul bersama keluarga, saat lebaran juga setiap meja di rumah dilengkapi dengan berbagai jajanan.

Biasanya ada beberapa jajan lebaran di meja yang wajib ada dan biasanya tidak hanya diisi oleh makanan khas lebaran, mulai dari berbagai kue kering khas lebaran hingga jajan lebaran di meja lainnya. Nah berikut kita akan bahas beberapa jenis jajanan lebaran yang dimaksud. Apa saja daftar jajan lebaran di meja yang wajib ada tersebut? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Sejarah Makanan khas Lebaran Idul Fitri Indonesia Paling Ikonik!

1. Kue nastar

jajan lebaran di meja
Detik

Jajan lebaran di meja pertama yang wajib ada adalah nastar. Kue kering ini menjadi salah satu kue wajib yang harus ada saat lebaran. Nastar adalah kue kering yang selalu jadi favorit semua orang. Kue yang memiliki isian selai nanas ini, memiliki cita rasa manis serta renyah pada bagian luar.

-->

Perpaduan rasa yang pas cocok menjadi camilan untuk menyambut para tamu yang datang. Untuk membuat kue Nastar juga cukup mudah lho! Cukup siapkan adonan kue seperti pada umumnya. Jika tidak mau repot, Sedulur juga bisa membeli kue Nastar di berbagai toko tradisional maupun toko-toko online. Rasanya nikmat serta bikin Sedulur ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

2. Rengginang

jajan lebaran di meja
Freepik

Salah satu jajan lebaran di meja yang memiliki tekstur renyah seperti kerupuk. Rasa renyah rengginan akan membuat momen kumpul lebaran menjadi semakin berkesan. Terutama jika dinikmati dengan es sirup dan sajian manis lainnnya.

Membuat perpaduan nikmat dan khas yang tidak akan duanya, cocok dinikmati saat hari raya lebaran. . Tertarik untuk menyuguhkan rengginan sebagai kue lebaran untuk tamu yang datang ke rumah? Banyak dijual di pasar dan Sedulur tinggal menggorengnya.

3. Putih salju

jajan lebaran di meja
iStock

Jajanan lebaran selanjutnya yang juga tidak pernah absen dari meja setiap rumah adalah putri salju atau putih salju. Salah satu kue khas lebaran yang memiliki nama unik karena berbentuk bulan sabit dengan taburan gula halus di atasnya.

Rasanya yang manis dan legit menjadikannya kue ini selalu jadi favorit anak-anak yang berkunjung di rumah. Kue ini pasti selalu habis pertama kali saat disuguhkan. Oleh sebab itu, Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah agar stok untuk suguhan lebih banyak.

Apakah Sedulur tertarik menyuguhkan putih salju sebagai salah satu kue dan jajanan yang wajib ada di rumah? Jika iya, Sedulur bisa langsung membuatnya saja. Paling penting Sedulur menyiapkan bahan-bahan utama untuk membuat kue. Beberapa di antaranya terigu, mentega dan gula.

Agar Sedulur tidak perlu repot keluar rumah belanja terigu, mentega dan gula untuk membuat kue lebaran. Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super. Cukup belanja dengan aplikasi, barang pesanan di antara ke depan rumah secara akurat dan tepat waktu. Dijamin praktis, deh!

4. Kue akar kalapa

jajan lebaran di meja
IDN Times

Bagi Sedulur yang tertarik dan ingin menghadirkan kue kering lebaran bercita rasa gurih? Sedulur bisa menghadirkan kue akar kelapa sebagai alternatif pilihan jajan lebaran di meja ruang tamu yang wajib ada.

Salah satu jajanan lebaran dengan berbentuk memanjang seperti sebuah akar, bercita rasa gurih serta renyah yang dijamin bisa bikin nagih. Kue akar kelapa dijual dalam bentuk kiloan, jadi pastikan Sedulur membelinya dalam jumlah yang banyak agar tidak kehabisan stok untuk suguhan para tamu.

Kue akar kelapa juga wajib jadi stok karena bukan hanya tamu yang akan menyukainya, namun Sedulur sebagai tuan rumah juga akan menyukainya.

5. Biji ketapang

jajan lebara di meja
Detik

Kue kering khas Betawi ini juga harus masuk suguhan untuk para tamu di meja rumah Sedulur, yaitu kue  biji ketapang. Jajanan lebaran dengan bentuk menyerupai biji ketapang bercita rasa renyah, manis dan sedikit asin.

Perpaduan rasa yang pas apabila Sedulur menyantapnya bersama es sirup maupun teh hangat. Kue ini juga sangat mudah sekali dibuat, tidak seribet membuat kue lainnya. Tidak membutuhkan oven, hanya digoreng saja. Jadi, cocok jika Sedulur ingin belajar membuatnya sendiri di rumah.

6. Kue semprit

jajan lebaran di meja
Fimela

Bingung mengisi jajanan toples untuk suguhan saat lebaran? Sedulur bisa memilih kue semprit sebagai alternatif pilihannya. Kue kering lebaran ini terbuat dari tepung terigu dengan tekstur yang khas serta bercita rasa manis dan legit.

Hal yang membuat kue ini unik yaitu kue ini memiliki topping choco chip atau selai diatas yang membuatnya terlihat menarik. Tertarik untuk mengisi toples suguhan lebaran menggunakan kue semprit? Dijamin tidak akan menyesal membuat kue ini dan dijamin kue ini akan laris oleh tamu yang datang.

7. Lidah kucing

jajan lebaran di meja
Astronauts

Menjadi salah satu jajanan lebaran sejak zaman Belanda, lidah kucing harus masuk kue wajib yang Sedulur hidangkan di rumah. Kue lidah kucing ini, memiliki bentuk seperti lidah kucing dengan kepadatan tipis serta bercita rasa manis dan gurih yang khas.

Bentuknya yang unik menjadikan lidah kucing selalu jadi incaran para anak-anak yang berkunjung ke rumah saat lebaran. Proses pembuatan lidah kucing juga cukup mudah. Jadi, Sedulur bisa mengkreasikannya sendiri di rumah sesuai dengan selera.

8. Kuping gajah

Wikipedia

Menjadi salah satu jajanan wajib saat lebaran tiba, kuping gajah selalu jadi favorit semua kalangan untuk suguhan para tamu yang datang. Kue kering ini memiliki bentuk unik layaknya sebuah telinga gajah, kue kering ini memiliki cita rasa gurih dan tekstur renyah setiap gigitannya.

Memiliki warna-warna yang menarik, menjadikannya terlihat cantik dan menggugah selera saat berada di toples menjadi suguhan hari lebaran tiba. Jika Sedulur tertarik menyuguhkan kuping gajah sebagai kue lebaran, Sedulur bisa beli langsung kue yang sudah jadi atau bisa mempelajari tips membuatnya.

9. Kue keciput

Resep Kue Renyah

Menjelang hari raya tiba, Kue Keciput harus masuk jajanan lebaran yang wajib ada di rumah. Terbuat dari tepung ketan, telur dan berbagai bahan lainnya, Kue Keciput memiliki bentuk bulat kecil dengan tekstur renyah serta cita rasa yang nikmat.

Taburan wijen di atas kue keciput makin membuatnya terlihat unik dan menggugah selera. Apalagi saat dimasukan ke dalam toples. Bikin tergoda untuk segera membuka dan menikmatinya.

BACA JUGA: 10 Ide Parcel Lebaran Sederhana dan Murah, Modal 100 Ribu!

10. Kastangel

Kompas

Jajanan lebaran selanjutnya dengan cita rasa gurih dan jadi favorit semua kalangan adalah kastengel. Sebuah kue kering dengan perpaduan cita rasa gurih dan asin yang khas karena berbahan dasar keju. Tampilannya yang menarik, serta rasanya dijamin tidak membuat mual.

Karena itu pula kastengel jadi favorit semua orang, khususnya yang sedang mengurangi mengkonsumsi gula. Proses pembuatannya yang sederhana serta rasanya yang nikmat, membuat siapa saja pasti menghadirkan jajanan ini sebagai pelengkap suguhan hari raya tiba.

11. Kue putu kacang

Steemit

Sajian kue kering lebaran selanjutnya adalah kue putu kacang. Salah satu kue khas lebaran berbahan dasar kacang hijau, gula dan aneka bahan lainnya yang diolah dengan cara ditumbuk lalu dijemur di bawah sinar matahari.

Perpaduan rasa gurih dan manis serta tekstur yang agak sedikit keras cocok disantap dengan teh hangat ataupun sirup. Tertarik untuk menyuguhkannya kue putu kacang sebagai jajanan lebaran nanti? Jangan lupa persiapan bahan untuk membuatnya dan aneka macam kebutuhan lainnya.

12. Astor

Hipwee

Daftar jajan lebaran di meja selanjutnya yaitu astor, yang merupakan kue coklat berbentuk tabung memanjang yang manis dan menjadi favorit banyak orang, terutama anak-anak. Astor merupakan camilan yang dimakan selepas makan berbagai aneka menu khas lebaran.

Kue astor merupakan salah satu menu kue kering khas Lebaran yang wajib ada di meja ruang tamu. Kue astor menjadi kue kering yang juga difavoritkan karena memiliki ras yang manis dan ringan di mulut. Tidak hanya pas lebaran, banyak juga yang stok astor sebagai camilan wajib di rumah di hari-hari biasa.

13. Kacang goreng

Okezone

Kacang goreng ini biasanya jadi menu kue kering favorit para orang tua karena rasanya yang original dan tak terlalu manis dan juga tidak terlalu gurih. Salah satu camilan yang mengenyangkan dan juga tidak sulit dikunyah, maka dari itu orang tua banyak menyukai camilan ini.

Kacang goreng umumnya digoreng kering dengan bumbu bawang putih. Rasa kacang alami memiliki rasa manis dan ditambah sedikit dengan bumbu bawang putih yang gurih membuat kacang sangat nikmat untuk disantap sebagai camilan.

BACA JUGA: 10 Ide Angpao Lebaran Unik dan Keren untuk Idul Fitri 2023

14. Wafer dan biskuit

Surabaya Network

Daftar jajan lebaran di meja yang selalu wajib ada yaitu wafer dan biskuit. Ada banyak merk wafer dan biskuit yang menghiasi meja di setiap rumah saat lebaran. Selain melengkapi berbagai kue dan jajanan yang telah dijelaskan di atas, wafer dan biskuit juga biasanya camilan teman minum kopi dan teh.

Dengan keberadaan wafer dan biskuit, Hari Raya Idul Fitri menjadi semakin meriah dan berkesan untuk dirayakan. Sehingga momen lebaran akan menjadi momen yang rindu untuk dinantikan.

Nah itulah beberapa daftar jajan lebaran di meja yang wajib ada dan melengkapi lebaran menjadi semakin meriah dan berkesan. Dari daftar jajanan dan camilan yang wajib ada di atas, mana camilan dan kue yang belum Sedulur miliki?

Jika kue dan camilan seperti wafer, biskuit dan astor belum Sedulur siapkan untuk camilan hari raya, Sedulur bisa segera membelinya di Aplikasi Super. Sedulur tidak perlu khawatir kehabisan stok dan antri panjan di akhir Ramadan ini.

Cukup belanja menggunakan aplikasi, semua kebutuhan lebaran Sedulur akan terpenuhi dengan mudah. Barang pesanan Sedulur akan diantar ke depan rumah dengan akurat dan tepat waktu. Jadi, tunggu apalagi, segera belanja di Aplikasi Super sekarang juga!