ide angpao lebaran

Bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya) di hari lebaran sudah menjadi tradisi di negara kita. Anak-anak biasanya mendapatkan uang jajan mereka di hari raya, mendapat THR dalam bentuk amplop kecil yang sering juga dinamai angpao. Begitu pula dengan orang tua seperti lansia. Ada THR yang menanti mereka. Ide angpao lebaran unik kali ini akan menambah daya tarik angpao lebaran.

Lalu bukan tanpa alasan, dilansir dari Cash Matters, tradisi berbagi THR ini sudah dilakukan sejak abad pertengahan. Kekhalifahan Fatimiyah di Afrika Utara dulu membagikan uang, pakaian, atau permen kepada anak-anak muda dan masyarakat pada umumnya saat Idul Fitri. Berlanjut pada Era Ottoman yang terjadi sekitar lima abad lalu, THR diberikan hanya dalam bentuk uang tunai dan hanya dalam lingkup keluarga. Sedulur, kali ini kita bahas ide angpao lebaran unik untuk memeriahkan suasana lebaran yuk!

BACA JUGA: Dimajukan! Cuti Bersama Lebaran 2023, Cek Di Sini!

1. Astor amplop lebaran

Freepik

Di hari lebaran, ada satu makanan yang nampaknya sering disajikan di antara sederet makanan kering. Makanan ini dikenal dengan nama astor atau wafer stik coklat berbentuk panjang dengan lubang berisi coklat di tengahnya.

-->

Namun, ada yang unik pada astor kali ini. Dimana astor yang dimaksud bukan ‘astor’ sembarangan, makanan yang sering terlihat hadir di hari lebaran kali ini ada fungsi lain. Bukan sebagai makanan, melainkan amplop THR. Isi boleh sama, namun keunikan bentuk amplop ini bisa menjadi salah satu ide angpao lebaran unik yang layak Sedulur coba.

2. Desain memeluk uang

ide angpao lebaran
Pinterest

Ada yang menggemaskan pada desain yang satu ini. Biasanya, kita melihat amplop dengan desain anak-anak lucu yang ada di bagian depan amplop. Namun kreativitas tak berhenti sampai di sana. Saat ini, sedang tren amplop yang menggunakan desain anak kecil memeluk uang. Uniknya, uang itu nanti diselipkan di bagian amplop sehingga mereka akan terlihat sedang menyerahkan THR untuk penerimanya nanti.

Jika Sedulur hendak menggunakan amplop ini, siapkan uang yang akan diberikan kepada penerima THR nanti. Kemudian, gulung atau lipat uang sesuai dengan bentuk lubang pada desain amplop. Sesuaikan agar uang tidak mudah jatuh. Jika sudah selesai, THR siap dibagikan! 

3. Permen Angpao

ide angpao lebaran
Product Nation

Selain desain memeluk uang, ide angpao lebaran unik berikutnya adalah angpao dengan bentuk permen. Jika sebelumnya permen menjadi salah satu angpao yang diminta anak-anak, kali ini permennya sedikit berbeda karena berisikan uang jajan.

Namun ada yang harus diperhatikan dalam penggunaan angpao ini. Untuk mencegah anak-anak membukanya dengan sembarangan dan menyebabkan uang sobek, sebaiknya Sedulur memberikan plastik tebal dulu sebelum merekatkan permen isi uang tersebut. Jika sudah memastikan uang tak akan ikut robek saat dibuka, Sedulur bisa segera membagikan permen uang itu kepada anak-anak.

4. Amplop lebaran karakter dari flanel

ide angpao lebaran
Product Nation

Berikutnya, ide angpao lebaran unik tak harus terbuat dari kertas. Jika Sedulur ingin memberikan yang berbeda, ada opsi membuat amplop dari flanel. Keunggulan dari amplop ini adalah bisa digunakan berulang kali dan dicuci bersih. Anak-anak akan menyukai amplop ini karena bentuknya yang unik dan karakternya bisa dibuat sendiri.

Namun jika Sedulur tidak punya waktu membuat amplop flanel bentuk karakter, Sedulur bisa membelinya saja secara online. Banyak toko online yang menyediakan amplop dengan karakter-karakter yang beragam.

5. Ketupat lebaran

ide angpao lebaran
Product Nation

Masih ide angpao lebaran unik yang terinspirasi dari makanan, kali ini ada ketupat lebaran berisi THR. Ketupat biasa menjadi simbol Hari Raya Idul Fitri. Dengan menggunakan amplop berbentuk ketupat ini, Sedulur bisa menghidupkan momen lebaran yang khas diwarnai oleh ketupat.

Ada banyak desain custom yang tinggal di-print atau Sedulur bisa membeli melalui marketplace. Banyak sekali jenisnya yang bisa jadi pilihan Sedulur sebagai amplop lebaran untuk membagikan angpao.

BACA JUGA: 6 Tips Mengatur Pola Makan Saat Lebaran, Biar Bobot Gak Naik!

6. Amplop isi voucher makan

Pinterest

Kali ini, bukan bentuk angpaonya, melainkan isi amplop yang menjadi ide angpao lebaran unik. Tak harus berbentuk uang, voucher juga bisa menjadi opsi yang menarik.

Jika Sedulur tidak bisa menemukan voucher yang disediakan di tempat makan, Sedulur bisa lebih dulu memesan makanan di suatu tempat, lalu buatlah voucher lucu untuk nanti bisa anak-anak tukar di tempat makan tanpa membayar dengan uang karena makanannya telah lebih dulu kita bayar.

7. Amplop voucher pijat

Pinterest

Sama seperti ide angpao lebaran unik sebelumnya, kali ini targetnya bisa jadi bukan anak-anak, melainkan orang dewasa. Momen lebaran sering diisi dengan kegiatan yang melelahkan. Dari mulai membuat kue lebaran, bepergian ke sanak saudara yang harus dikunjungi, hingga berjalan-jalan untuk liburan.

Tubuh harus fit agar momen setahun sekali ini bisa dilalui dengan baik dan sehat. Maka dari itu, voucher pijat bisa menjadi pilihan. Berikan voucher kepada para orang tua dan kerabat yang membutuhkan pijat untuk merelaksasi tubuhnya.

8. Angpao desain pop up

Pinterest

Ada yang unik juga pada desain amplop kali ini. Dinamakan pop up karena saat dibuka, amplop akan memunculkan sesuatu secara 3D. Hal ini menambah daya tarik amplop meski isinya sama saja. 

Untuk bisa mendapatkan angpao dengan desain pop up, ada banyak toko online maupun offline yang menyediakan angpao jenis ini. Sedulur bisa langsung memesan agar lebaran nanti, angpao pop up bisa diterima oleh para penerima THR.

9. Amplop bentuk sajadah

Pinterest

Berikutnya masih ide angpao lebaran unik yang bisa Sedulur pilih. Amplop bentuk sejadah ini terlihat lebih sederhana namun memiliki desain yang elegan. Dengan begitu, Sedulur bisa membagikan angpao kepada anak-anak maupun orang dewasa menggunakan amplop yang sama.

Di marketplace, banyak tersedia desain amplop sejadah seperti ini. Atau jika ingin lebih kreatif, tidak ada salahnya Sedulur membuat sendiri amplop bentuk sajadah di atas. Sebagai referensi, Sedulur bisa menggunakan amplop di atas saat membuatnya.

BACA JUGA: 5 Resep Kue Kering Cocok Untuk Suguhan Lebaran!

10. Amplop gambar sungkem

Pinterest

Seperti amplop desain sajadah, ada lagi ide angpao lebaran unik yang desainnya adalah sungkeman. Gambar ini mengingatkan kita terkait tradisi sungkeman yang dilakukan setiap hari raya. Sedulur juga bisa mencoba request atau custom dengan tulisan doa agar saat orang lain menerima angpao, ia juga merasa sedang didoakan.

Bentuk-bentuk unik angpao bisa membuat lebaran terasa semakin meriah dan spesial. Tentu hal tersebut bisa jadi referensi. Selain akan senang mendapatkan uang THR, kesenangan akan bertambah ketika mendapatkan bentuk angpao yang unik dan lucu.

Demikian ide angpao lebaran unik yang bisa Sedulur jadikan inspirasi untuk lebaran nanti. Harapannya, angpao hari raya nanti bisa menjadi sedekah dan berkah untuk Sedulur, serta merekatkan tali silaturahim dengan kerabat di hari yang fitri. Dengan ide desain angpao yang unik di atas, bisa jadi referensi agar angpao terlihat bagus sehinnga yang menerima angpao semakin senang dan bahagia.