tips diet saat lebaran

Banyak orang yang kebablasan saat lebaran. Selain karena hari pertama tidak puasa, lebaran juga dilengkapi dengan berbagai makanan yang menggiurkan. Wajar jika banyak orang yang akhirnya tidak bisa mengatur pola makannya saat lebaran. Padahal memikirkan tips diet saat lebaran, bisa membantu tubuh agar tetap sehat lho.

Nah, agar Sedulur tidak merasakan dampak buruk akibat pola makan yang kalap di Hari Raya Idul Fitri, tentu mengetahui tips diet saat lebaran merupakan hal yang penting. Dimana Sedulur bisa lebih sehat dan yang terpenting, berat badan tidak bertambah secara drastis. Seperti apa tips diet saat lebaran yang bisa Sedulur coba? Yuk, simak ulasannya di bawah!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Makanan untuk Diet yang Bisa Kamu Coba

1. Makan secukupnya

tips diet saat lebaran
iStock

Tips diet saat lebaran pertama yaitu dengan makan secukupnya. Sedulur masih diperbolehkan mengkonsumsi makanan khas lebaran, seperti opor, ketupat dan aneka kue lainnya. Namun makan secukupnya saja. Upayakan dalam porsi ringan dan batasi jumlah makanan yang dikonsumsi agar tidak berlebihan.

-->

2. Konsumsi sayuran

tips diet saat lebaran
iStock

Makanan yang disajikan saat lebaran cenderung didominasi dengan makanan berlemak tinggi, untuk menyeimbangkan asupan yang dikonsumsi jangan lupa untuk mengkonsumsi sayuran agar tubuh tetap mendapatkan asupan serat yang dibutuhkan.

Selain itu, sayuran juga dapat mengontrol kolesterol tubuh akibat mengkonsumsi makanan berlemak khas lebaran. Sedulur bisa menikmati sayuran yang disajikan dalam bentuk lalapan atau acar. Dengan konsumsi sayuran, tubuh Sedulur akan tetap mendapatkan serat, vitamin dan mineral.

3. Jangan lupa konsumsi buah-buahan

tips diet saat lebaran
iStock

Selain sayuran, Sedulur juga bisa mengkonsumsi buah-buahan. Hindari mengkonsumsi kue dan minuman manis sebagai penutup makanan berlemak tinggi saat lebaran. Alihkan makanan penutup dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Tujuannya untuk menurunkan kadar kolestrol yang Sedulur konsumsi dari makanan berlemak. Buah yang wajib dikosumsi seperti buah apel dan jeruk.

4. Hindari makanan tinggi lemak

iStock

Karena makanan yang disediakan saat lebaran umumnya merupakan makanan tinggi lemak, tentu sulit sekali menghindari untuk tidak menyantap makanan yang tersedia. Jika sulit menghidari, minimal batasi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Karena bisa menyebabkan tubuh mengalami obesitas yang berakhir dengan menderita berbagai penyakit jika dibiarkan. Makanan tinggi lemak yang perlu dihindari seperti kulit ayam, daging berlemak tinggi, dan kuah santan yang terlalu banyak.

Tak hanya memicu lonjakan berat badan, asupan lemak berlebih bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit seperti hipertensi dan diabetes misalnya.

5. Makan secara perlahan

iStock

Tips diet saat lebaran yang perlu Sedulur lakukan yaitu makan secara perlahan. Karena tubuh sendiri membutuhkan waktu u 10-20 menit untuk memberi sinyal rasa kenyang ke otak, sehingga Anda dianjurkan untuk makan secara perlahan-lahan.

Pasalnya, makan dengan cepat membuat tubuh tidak sempat mengirimkan sinyal ini ke otak dan Sedulur akan terus menambah porsi makan. Sedulur juga perlu mengunyah makanan yang benar. Mengunyah makanan sebanyak 32 atau 33 kali dianggap sebagai jumlah rata-rata yang berlaku untuk sebagian besar makanan.

Mengunyah dengan benar dapat mempercepat rasa kenyang, hal ini bisa jadi tips agar Sedulur tidak kebablasan di saat lebaran.

BACA JUGA: 7 Tips Diet Saat Puasa, Aman Dilakukan dan Dijamin Berhasil

6. Banyak minum air putih

iStock

Tips diet saat lebaran terakhir yaitu jangan lupa konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak, tujuannya agar tubuh Sedulur tetap terhidrasi. Asupan air yang cukup juga dapat membantu tubuh mengeluarkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh.

Apalagi, setelah berpuasa selama sebulan penuh, kadar glikogen dalam tubuh akan meningkat. Konsumsi banyak air akan menormalkan kembali kadar glikogen. Selain mengatur pola makan, ada baiknya buang kalori berlebih dalam tubuh.

Cara efektif yaitu dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan, salah satunya dengan berjalan kaki. Olahraga ringan seperti ini dapat membantu Sedulur untuk membakar kalori berlebih tanpa membuat Anda merasa terlalu lelah dan mual.

Nah itulah beberapa tips diet saat lebaran yang bisa Sedulur terapkan agar tidak kebablasan saat lebaran dan bisa tetap menjaga berat badan. Terutama bagi Sedulur yang berhasil menurunkan berat badan selama puasa, jika kebablasan saat lebaran segala jerih payah yang Sedulur lakukan akan sia-sia.

Untuk tetap menjaga asupan sehat dan penuh nutrisi, jangan lupa untuk membeli berbagai kebutuhan di Aplikasi Super. Belanja di Aplikasi Super juga sangat mudah, hanya melalui aplikasi dan tinggal tunggu pesanan datang di depan rumah. Sangat mudah dan membuat Sedulur bisa untuk melimpah.

Yuk, cek Aplikasi Super sekarang dan langsung belanja kebutuhan sehari-hari Sedulur. Jangan lupa juga download aplikasinya segera bagi Sedulur yang belum memilikinya.