ganti freon kulkas berapa lama

Freon jadi zat yang berguna untuk menjaga suhu kulkas tetap dingin sehingga bahan makanan menjadi lebih awet. Namun, ketika freon sudah mau habis, pendinginan biasanya tidak maksimal. Jadi tak heran banyak yang penasaran soal ganti freon kulkas berapa lama dan apa ciri freon yang habis.

Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan secara lengkap dan rinci soal ciri freon kulkas yang sudah habis serta cara mengisinya. Sedulur juga akan diberikan informasi soal ganti freon kulkas berapa lama agar kulkas bisa dirawat lebih maksimal.

Jadi tidak perlu berlama-lama lagi, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Mudah Menghilangkan Bau Kulkas, Dijamin Ampuh!

Ciri Freon Kulkas Habis

Freepik/Febrikasimf

Ada cukup banyak ciri freon kulkas mulai habis yang bisa Sedulur cermati. Berikut ini diantaranya.

1. Kompresor mati

Kompresor tidak hidup atau mati merupakan ciri-ciri freon habis pada kulkas. Hal ini dapat terjadi karena relay PTC putus atau overload dalam melindungi kompresor dari panas yang berlebih.

Tak hanya itu, kompresor kulkas yang cepat mati dan cepat panas juga bisa menjadi tanda bahwa freon kulkas akan habis. Panas berlebihan yang ditimbulkan akan membuat kompresor berhenti berputar. Hal ini adalah pemicu awal freon habis.

2. Barang yang disimpan terasa hangat

Tanda lain freon kulkas habis adalah isi di kulkas terasa hangat. Namun, ciri ini biasanya karena freon habis akibat terjadinya kebocoran. Freon kulkas habis karena kebocoran akan membuat kinerja kulkas memburuk.

Makanan, minuman, serta beberapa bahan lain di lemari es tidak bisa sedingin dan sesegar biasanya karena isi kulkas menjadi hangat. Jika Sedulur sudah merasa bahwa barang-barang di lemari es menjadi lebih hangat, itu bisa saja sebuah tanda jika freon habis karena terjadi kebocoran.

3. Isi kulkas berbau

Kulkas Sedulur bersih tapi berbau? Wah, Sedulur harus segera mengecek freon kulkas jika mengalami hal ini. Yup, karena salah satu ciri-ciri freon kulkas habis adalah isi kulkas berbau tidak sedap padahal isinya bersih dan tidak ada makanan busuk.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Freon dapat mengeluarkan bau apek pada kulkas karena adanya perubahan suhu. Jadi, Sedulur sebaiknya segera periksa komponen tersebut untuk memastikan freon pada kulkas.

4. Freezer tidak beku

Freezer di rumah Sedulur tiba-tiba tidak mau beku? Nah, ini juga bisa jadi karena freon kulkas habis. Freon yang habis atau sudah berkurang membuat kinerja kulkas kurang optimal meskipun Sedulur sudah mengatur suhu freezer. Jadi, jangan lupa untuk selalu cek freon kulkas untuk mendeteksinya, ya.

5. Mesin kulkas mengeluarkan suara berisik

Ciri-ciri freon kulkas habis yang terakhir bisa berasal dari dinamo atau fan yang terus menerus berputar karena suhu yang tidak stabil. Padahal, dinamo kulkas memiliki fungsi utama untuk menjaga suhu agar kulkas tetap sejuk sepanjang hari.

Jika fan atau dinamo terus berputar dalam waktu yang akan lama maka berisiko terjadi kerusakan pada kulkas. Umumnya, pergerakan kipas ini akan menimbulkan suara sangat berisik dari bagian belakang kulkas.

BACA JUGA: Cara Menyimpan Adonan Bakso di Kulkas agar Tahan Lama!

Berapa Lama Kulkas Harus Ganti Freon?

temperatur kulkas min max
Freepik/Freepik

Freon pada kulkas idealnya dapat bertahan selama lebih dari 5 tahun pemakaian. Bahkan freon dapat bertahan dalam mesin pendingin pada kulkas freezer hingga puluhan tahun. Tidak hanya ditentukan dengan waktu, lamanya freon kulkas dapat bertahan juga ditentukan dengan perawatan komponen di dalamnya.

Pada dasarnya, freon kulkas bersirkulasi pada komponen mesin pendingin serta mengalami perubahan suhu, bentuk, dan tekanan. Selama proses sirkulasi tersebut, freon tidak akan berkurang, hanya saja terjadi perubahan bentuk.

BACA JUGA: Tips Food Preparation Kulkas, Bikin Makanan Awet dan Praktis

Cara Mengisi Freon Kulkas

kulkas mini yang freezernya bagus dingin
Pexels/Kevin Malik

Setelah mengetahui ciri-ciri freon kulkas habis, saatnya mengetahui cara pengisiannya. Berikut ini cara pengisian freon yang bisa Sedulur lakukan. Namun, tetap berhati-hati dan ikuti langkahnya dengan tepat ya.

  • Lepas karet pada pipa kompresor kulkas, lalu las bagian pentil pipa. 
  • Siapkan methyl dan tuang ke penutup botol. 
  • Hidupkan kompresor untuk memastikan aliran freon tidak tersumbat, kemudian las filter ke pipa kondensor. Lalu, las kedua pipa kapiler pada filter.
  • Pasang selang manifold gauge yang berwarna biru pada pentil pengisian freon dan untuk selang kuning pada tabung freon. Jika tekanan freon nol atau menunjuk ke vakum, kemungkinan freon sudah habis dan ada kebocoran di bagian pipanya.
  • Jika ada kebocoran, cek sistem pemipaan pada kulkas. Lalu, hubungkan manifold yang sudah disambungkan dengan kompresor tembak dan hidupkan kompresor, lihatlah jarum manifold, tekanannya akan naik. Kemudian, cek lagi apakah masih ada kebocoran atau tidak dengan memberi air sabun pada tiap bagian pipa kondensor dan evaporator. 
  • Bila sudah diperiksa semuanya dan sudah aman, saatnya melakukan vakum. Nyalakan mesin vakum, buka keran berwarna biru dan tutup keran berwarna merah pada manifold. Tunggu tekanan mencapai -29 psi hingga -30 psi. Lalu, tutup keran biru dan matikan mesin vakum. Bila jarum pada manifold tidak menunjukkan perubahan maka sistem pemipaan tidak bocor.
  • Terakhir, saatnya mengisi freon. Pasangkan selang biru manifold pada pentil pengisian dan selang kuning pada freon. Buang angin yang ada pada selang kuning dengan cara membuka keran freon. Buka pentil selang kuning sampai ada angin yang keluar sedikit, lalu tutup kembali. Isilah freon sedikit demi sedikit ke kulkas dengan membuka keran manifold biru sampai mencapai 2 psi, kemudian tutup keran biru tersebut.
  • Selanjutnya, buka kembali keran selang manifold pada freon secara perlahan. Jangan melewati angka 10 karena biasanya jarum manifold sudah melewati angka 1 ke atas maka pipa kondensor mulai hangat. Setelah jarumnya mendekati angka 10 maka hawa hangat pipa kondensor mulai menyebar ke bawah.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang ciri freon kulkas yang habis dan bagaimana cara mengisinya. Sedulur juga bisa mengantisipasi freon kulkas habis dengan informasi terkait waktu ganti freon kulkas berapa lama. Semoga informasi ini membantu ya!