desain tangga besi minimalis cantik

Penggunaan tangga besi cukup banyak populer dalam pembuatan rumah minimalis. Namun, memilih desain tangga besi minimalis cantik tidak bisa sembarangan dan tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan bentuk rumah yang dibangun.

Sebenarnya ada banyak jenis desain tangga besi minimalis cantik yang bisa diterapkan dalam sebuah hunian modern. Sedulur bisa mencoba tangga spiral yang menghemat ruang atau tangga kaca yang bisa memberikan ambience kuat pada sisi rumah.

Nah, agar Sedulur tidak bingung dan bisa menemukan desain tangga besi minimalis cantik yang menarik. Mari simak beberapa desainnya berikut ini!

BACA JUGA: 10 Inspirasi Desain Rumah Dapur di Depan, Minimalis Modern!

-->

1. Desain tangga besi minimalis

desain tangga besi minimalis cantik
Trendir

Desain tangga besi yang pertama adalah konsep minimalis. Tentunya konsep ini sangat cocok diterapkan pada rumah yang memiliki luas area sempit dan terbatas. Dengan menggunakan konsep tangga ini, ruangan di dalam rumah akan tetap bisa terlihat luas dengan memberikan opsi naik ke lantai dua.

Salah satu kunci dari tangga ini adalah berbentuk U yang membantu Sedulur menyimpan banyak ruang. Material logam berwarna hitam khas besi pada tangga ini memberikan kesan ruangan yang modern tanpa banyak dekorasi.

2. Tangga melayang

Desain tangga melayang juga dapat kamu gunakan pada rumah mungil. Tangga melayang adalah desain tangga yang ditopang oleh tembok pada sisi tangga. Hal ini membuat area bawah tangga menjadi kosong dan tangga tidak memakan banyak ruang.

Pada desain yang satu ini, tangga tidak hanya ditopang oleh tembok pada sisi tangga, melainkan ditopang juga oleh tiang yang menempel di plafon rumah. Keberadaan tiang tersebut membuat tangga tampak lebih unik dan pastinya membuat banyak orang kagum.

Namun, agar kekuatannya tetap terjaga dan aman bagi penghuni rumah, sebaiknya gunakan bahan besi terkuat yang ada di toko ya!

3. Konsep tangga hollow

desain tangga besi minimalis cantik
Houzz

Salah satu material yang sering digunakan pada konstruksi rumah adalah besi hollow. Besi hollow memiliki daya tahan yang baik dan harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan balok kayu, sehingga cocok bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas.

Walaupun kualitas bahannya tidak terlalu mahal, tapi desain tangga menggunakan besi hollow ini bisa sangat estetik dan lebih mirip seperti karya seni dibandingkan tangga lho.

4. Model tangga besi estetik

Desain tangga besi minimalis cantik yang satu ini cukup simpel dan sederhana. Namun, dibalik bentuknya yang estetik dan menarik ini, kekuatan tangga cukup tangguh.

Jika Sedulur seorang yang cinta mati pada konsep minimalis, maka tangga ini bisa dijadikan salah satu ide untuk menciptakan suasana modern di dalam rumah. Agar hasilnya lebih maksimal, Sedulur bisa melakukan diskusi dengan desain interior profesional untuk menciptakan bentuk yang sesuai selera.

5. Kombinasi tangga besi dan kaca elegan

Pinterest

Perpaduan material logam dan kaca pada material ini memberikan kesan yang modern dan canggih. Anak tangga berwarna hitam terlihat sangat indah disimpan di ruangan berwarna monokrom.

Tambahan railing yang terbuat dari kaca juga menambah nuansa elegan pada ruangan dan membuat ruangan tampak lebih mewah.

6. Konsep tangga industrial

Jika kamu memiliki hunian bernuansa industrial, kamu dapat menggunakan desain satu ini pada tangga rumahmu. Plat besi lubang yang digunakan sebagai anak tangga memberikan kesan yang unik pada ruangan.

Tangga ini juga dibuat melayang, sehingga cocok digunakan pada ruangan sempit. Konsep industrial sendiri juga bisa dikombinasikan dengan gaya finishing dinding sekitar tangga yang masih berbentuk acian semen halus.

BACA JUGA: 15 Model Garasi Mobil Tertutup, Minimalis Modern!

7. Kombinasi tangga besi dan kayu

Housing

Kombinasi material kayu dan besi sudah menjadi hal yang umum dalam membuat konsep rumah minimalis. Bahkan, dua material ini seperti kakak dan adik dalam dunia konstruksi. Mereka akan selalu selaras bila dipadukan baik dari segi warna dan kekuatannya.

Desain tangga minimalis besi pada railing dan material kayu pada pijakan memang cocok diaplikasikan. Buatlah model yang simpel dan elegan pada hunian, agar penghuni nyaman dan juga menambah keindahan dalam unsur dekorasi interior rumah.

8. Tangga besi tipis minimalis

Walau terkesan tidak nyaman pada pijakan kaki, model tangga besi minimalis dengan model besi tipis dapat membantu Sedulur yang mempunyai hunian dengan luas yang terbatas. Padukan dengan sedikit material kayu pada pijakan dengan perpaduan bahan besi hollow agar pijakan lebih manusiawi.

Model tangga yang cukup ekstrim ini memiliki kelebihan seperti tidak memakan tempat dan berguna maksimal untuk menjangkau lantai atas dalam rumah. Apalagi bila Sedulur mempunyai ruang tambahan seperti mezzanine, tangga seperti ini sangat cocok diaplikasikan. 

9. Model spinning stair dari besi

Salah satu desain tangga yang sangat populer di Indonesia adalah tangga putar. Tangga putar memiliki desain sederhana yang menarik, sehingga cocok digunakan di berbagai macam jenis rumah, khususnya rumah minimalis.

Model tangga seperti ini cocok digunakan pada ruangan indoor maupun outdoor. Sedulur bisa menggunakan material besi baja pada desain tangga seperti agar kuat dan tahan lama.

10. Konsep tangga besi sederhana

desain tangga minimalis
The House Design

Model tangga besi selanjutnya hadir dalam varian sederhana yang sedap dipandang. Cocok untuk hunian minimalis Sedulur yang mengendapkan desain simpel elegan yang tidak menggunakan banyak corak yang berlebihan.

Tangga besi minimalis yang dibuat dengan warna muda dengan teknik finishing yang tepat, akan melengkapi dekorasi interior rumah Sedulur. Padukan dengan lantai berbahan keramik berwarna senada agar kian selaras.

Demikian tadi deretan ide desain tangga besi minimalis cantik yang bisa Sedulur gunakan. Walaupun terlihat sederhana, pembuatan tangga besi tidak boleh sembarangan. Sedulur harus memastikan setiap bahan yang digunakan kuat dan berkualitas. Jadi selamat mencoba ide-ide di atas ya!