cek porsi haji

Bagi calon jamaah haji  tentu akan mendapatkan nomor porsi setelah selesai melakukan pendaftaran. Nomor porsi adalah nomor urut kepastian keberangkatan haji sesuai dengan kuota. Cara cek porsi haji dapat Sedulur lakukan secara online dengan mengakses laman dari kemenag. Adalapun laman yang harus dikunjungi adalah https://haji.kemenag.go.id. 

Calon jamaah hanya perlu memasukkan nomor porsi haji yang telah diterima ketika membayar setoran awal di Bank penerima Setoran Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). 

BACA JUGA : Cara Download PPT dari Slideplayer Mudah, Gratis Tanpa Login

Cek nomor porsi

Freepik

Bagi calon jamaah haji penting untuk mengetahui nomor porsi haji. Nomor porsi haji adalah nomor urut kepastian keberangkatan haji sesuai dengan kouta yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

-->

Calon jamaah haji dapat menerima nomor porsi haji setelah melakukan setoran awal di bank penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Nantinya, sistem akan menampilkan jadwal keberangkatan haji calon jamaah secara otomatis.

Sebelum mengecek nomor porsi haji, pastikan Sedulur sudah melunasi biaya haji atau menyetor minimal Rp25 juta ke bank resmi yang ditunjuk pemerintah sebagai penerima setoran awal untuk naik haji. Setelah itu, untuk memastikan jadwal keberangkatannya,Sedulur dapat melihatnya secara online.

Cara cek nomor porsi haji

Freepik

Berikut cara cek nomor poris haji 2022 yang perlu Sedulur ketahui. 

  • Buka browser

Buka browser, kemudian akses link https://haji.kemenag.go.id/v4/.

  • Klik “Perkiraaan Keberangkatan”

Pada laman Haji Kemenag, scroll ke bawah sampai menemukan kolom “Perkiraan Keberangkatan”.

  • Masukkan nomor porsi haji

Masukkan nomor porsi haji yang terdiri dari 10 digit pada kolom “Nomor Porsi”. Pastikan nomor tersebut benar dengan mengecek ulang di bukti setoran awal bank.

  • Klik tombol “Cari”

Klik tombol “Cari” untuk mengecek jadwal keberangkatan. Sistem akan menampilkan informasinya secara otomatis.

Bagi calon jamaah, harus diperhatikan bahwa ketika sudah mendapatkan nomor porsi haji, maka sudah termasuk dalam kouta Departemen Agama (Depag) resmi. Untuk jamaah Haji Plus, pengecekan nomor dapat dilakukan dengan dibantu oleh pihak travel tempat jamaah mendaftar.

BACA JUGA : Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Estimasi keberangkatan haji

cek porsi haji
Freepik

Bagi calon jamaah haji dapat melakukan pengecekan estimasi keberangkatan haji melalui apkilasi Haji Pintar. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang mengajikan informasi seputar haji yang dibuat oleh Kemenag untuk memudahkan calon jamaah mengakses semua informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji.

Daftar tunggu haji dapat dicek melalui aplikasi Haji Pintar. Melalui aplikasi tersebut, calon jamaah dapat mengetahui data estimasi keberangkatan setiap calon jamaah haji.

Berdasarkan pada laman resmi Kemenag, estimasi keberangkatan haji dapat berubah menjadi semakin lama. Bahkan, beberapa provinsi di Indonesia masa tunggunya mencapai lebih dari 90 tahun.

Perubahan ini disebabkan karena adanya pembagi daftar tunggu haji yang didasarkan pada kouta haji tahun berjalan. Hal ini karena estimasi keberangkatan haji selalu menggunakan angka kouta terakhir sebagai angka pembagi.

Contohnya seperti, di tahun 2022 sendiri, kuota haji Indonesia hanya 100.051 atau sekitar 46 persen dari kuota normal tahun-tahun sebelumnya. Hal inilah yang secara otomatis akan menyebabkan estimasi keberangkatan semakin lama setiap tahunnya. Sebab, ketika kuota turun, maka otomatis estimasi keberangkatan akan naik atau lebih lama.

Akan tetapi, estimasi keberangkatan haji juga dapat mengalami penyesuaian, seperti dapat lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan. Hal tersebut dapat terjadi ketika kouta haji yang kembali normal atau justru menjadi lebih banyak dari kouta normalnya. 

Biaya haji reguler

cek porsi haji
Freepik

Biaya haji setaip tahun selalu naik. Pada tahun 2022 pemerintah menetapkan biaya haji sebesar Rp 39.886.009 per jamaah haji dengan rincian sebagai berikut:

  • Biaya Penerbangan Rp29.500.000
  • Living Cost Rp5.770.005
  • Visa Rp1.154.001
  • Akomodasi di Madinah Rp769.334
  • Akomodasi Makkah Rp2.692.669 6. Total Bipih 2022 Rp39.886.009

Ketika Sedulur ingin melaksanakan ibadah haji, Sedulur harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh kemenag. Adapun syaratnya adalah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Beragama Islam
  • Berusia paling rendah 12 tahun pada saat mendaftar
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), kutipan akta nikah, atau akta kelahiran
  • Memiliki kemampuan finansial untuk membayar setoran BPIH sesuatu aturan
  • Surat keterangan sehat dari dokter yang masih berlaku
  • Surat keterangan dan tabungan haji dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau biro perjalanan pilihan calon jemaah
  • Pas foto 3×4 dengan ketentuan haji terbaru

BACA JUGA : Cara Penulisan Alamat yang Benar Agar Paket Sesuai Tujuan

Biaya Haji plus

cek porsi haji
Freepik

Haji plus adalah salah satu program haji resmi di Indonesia yang masuk ke dalam kouta pemerintahmelalui Kementrian Agama. Akan tetapi, kouta haji plus tidak sebanyak kouta haji regular. Kelebihan haji plus adalah calon jamaah haji hanya perlu menunggu 5-9 tahun saja, karena nantinya calon jamaah haji plus akan langsung mendapatkan nomor porsi haji setelah proses pendaftaran di Kemenag selesai.

Biaya haji plus memang sedikit mahal dari haji biasa atau haji regular. Biaya haji plus kini berkisar 165 juta. Fasilitas yang didapatkan ketika menggunakan haji plus antara lain yaitu :

  • Pembimbing tersertifikasi Kementrian Agama RI
  • Merupakan kouta resmi negara
  • Mendapatkan nomor porsi setelah 2 pekan mendaftar
  • Waktu tunggu haji 5-9 tahun saja
  • Pesawat Saudia Direct Jeddah
  • Fasilitas hotel bintang lima
  • 25-30 hari
  • Maktab 111/112
  • Hotel atau apartemen transit

Biaya Haji Furoda 

Freepik

Haji Furoda adalah program haji yang mendapat kouta khusus dari pemerintah Arab Saudi. Haji Furoda merupakan haji yang resmi dan juga legal. Peserta haji program ini tidak perlu mengantri bertahun-tahun, dan dapat langsung berangkat ke tanah suci. 

Biaya haji Furoda sangat tinggi dan termasuk program haji dengan biaya paling tinggi. Sekarang ini, biaya haji Furoda adalah sekitar Rp 231 juta. Harga ini tentu sebanding dengan fasilitas yang akan didapatkan ketika berhaji, salah satunya adalah tidak perlu menunggu antrian hingga bertahun-tahun. Kelebihan haji Furoda yang lain adalah dapat fasilitas Ziarah City Tour Mekah, MAdinah dan juga Jeddah, serta mendapat fasilitas gratis tahalul. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara cek porsi haji dan estimasi keberangkatannya. Cek keberangkatan haji dapat dilakukan melalui aplikasi Haji Pintar. Terdapat tiga program haji yang ada di Indonesia, yaitu haji reguler atau haji biasa, haji plus dan haji Furoda. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.