baterai laptop cepat habis

Baterai laptop cepat habis merupakan masalah yang banyak dialami oleh para pengguna perangkat tersebut. Laptop yang semestinya mendukung mobilitas malah menuntut untuk sering diisi daya. Alhasil Sedulur pun harus membawa kabel charger atau adaptor laptop setiap bepergian. Tak berhenti sampai di situ, mencari lokasi dengan fasilitas “colokan” alias sumber untuk pengisian daya pun harus dilakukan ketika bekerja di luar rumah.

Padahal jika melihat dari fungsinya, laptop ditujukan sebagai perangkat untuk mendukung pekerjaan maupun aktivitas lainnya layaknya komputer. Hanya saja, laptop dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan untuk dapat dibawa bepergian. Laptop pun dilengkapi dengan baterai sehingga dapat digunakan meski dalam keadaan tidak dialiri listrik.

Lantas, apa sebenarnya penyebab baterai laptop cepat habis? selain itu, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut adalah rangkuman informasi seputar masalah baterai laptop serta cara mengatasinya.

BACA JUGA: Cara Screenshot Panjang di Laptop Mudah dengan Mudah

Penyebab baterai laptop cepat habis

baterai laptop cepat habis
Guiding Tech

Umumnya, permasalahan pada baterai terjadi ketika laptop sudah lama digunakan atau berusia lebih dari 3 tahun. Masalah tersebut pun dianggap sebagai hal yang wajar mengingat kualitas sebuah perangkat elektronik akan menurun seiring bertambahnya usia dan beban penggunaannya.

Akan tetapi, ternyata masalah baterai laptop cepat habis padahal baru dibeli juga bisa terjadi. Tak hanya itu, baterai laptop cepat habis padahal tidak dipakai juga kerap dialami oleh para pengguna perangkat tersebut.

Dikutip dari Laptopnesia.com dan Teknoinside.com, ada beberapa penyebab kenapa baterai laptop cepat habis. Seperti laptop digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat. Suhu baterai karena pemakaian yang berlebihan, karena penggunaan laptop terlalu lama. Atau menggunakan laptop ketika di-charge atau isi daya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian mengenai beberapa penyebab baterai laptop cepat habis.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Laptop Terbaik 2022 Beserta Harga Terbarunya

1. Laptop digunakan untuk pekerjaan yang berat

baterai laptop cepat habis
Freepik

Setiap laptop dibuat dengan spesifikasi tertentu. Hal ini berkaitan dengan beban pekerjaan yang dapat didukung oleh laptop tersebut.

Misalnya, laptop yang ditujukan untuk memainkan aplikasi atau software berat akan dirancang dengan spesifikasi khusus sehingga pekerjaan tersebut bisa dijalankan dengan lancar termasuk dengan tenaga baterai yang mumpuni.

Sebaliknya, laptop dengan spesifikasi standar memang didesain untuk pekerjaan dasar. Sehingga ketika dipaksa untuk menjalankan aplikasi berat akan membebani laptop tersebut. Salah satu dampaknya adalah baterai laptop menjadi cepat habis karena kualitasnya pun semakin menurun.

2. Baterai laptop cepat habis karena digunakan terlalu lama

baterai laptop cepat habis
Freepik

Menggunakan laptop dalam durasi yang panjang juga dapat berdampak buruk pada kesehatan baterai. Sebab, saat digunakan terlalu lama, komponen di dalam laptop termasuk baterai bisa mengalami overheat. Kondisi itu akhirnya berakibat pada penurunan kualitas bahkan merusak komponen-komponen tersebut. Adapun salah satu tanda dari menurunnya kualitas baterai adalah baterai menjadi cepat habis. 

3. Laptop digunakan hingga baterai 0%

baterai laptop cepat habis
Elevenia

Baterai laptop baru tapi cepat habis juga bisa disebabkan oleh kebiasaan menggunakan laptop hingga baterainya benar-benar habis atau 0% bahkan mati. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, baterai akan cepat rusak. Sebab, saat kondisi baterai lemah tetap digunakan untuk beraktivitas, maka beban kerja baterai pun menjadi berat. Lama-kelamaan, komponen di dalam baterai akan rusak dan mengakibatkan daya baterai menjadi cepat habis.

BACA JUGA: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop & PC, Mudah dan Praktis

4. Baterai laptop cepat habis karena digunakan sambil di-charge

Youmatter

Penyebab baterai laptop cepat habis Windows 10 maupun laptop lain berikutnya adalah kebiasaan menggunakan laptop sambil diisi daya atau di-charge. Saat proses pengisian daya, suhu laptop akan meningkat menjadi panas karena adanya daya listrik yang mengalir.

Di sisi lain, laptop juga menopang beban pekerjaan yang dilakukan bersamaan ketika pengisian daya. Hal tersebut pun menyebabkan laptop menjadi mudah panas atau overheat. Seperti yang diketahui, laptop yang overheat dapat berdampak pada menurunnya kualitas baterai.

5. Kesalahan dalam pengaturan laptop

Techrepublic

Kesalahan dalam mengatur opsi atau setelan daya juga dapat menyebabkan baterai laptop cepat habis Windows 11 maupun jenis laptop lainnya. Umumnya, setiap laptop dilengkapi oleh pengaturan daya di mana pengguna bisa mengatur mode “battery saver” atau lainnya untuk menghemat penggunaan baterai.

Di samping itu, ada pengaturan lain yang juga dapat turut mempengaruhi kerja baterai. Misalnya menyetel kecerahan layar (brightness) terlalu tinggi. Selain dapat menyebabkan mata lelah ataupun masalah pada mata lainnya, tingkat kecerahan layar terlalu tinggi juga membutuhkan banyak daya baterai.

6. Baterai sudah lama

Tips and Tricks

Seperti yang disinggung sebelumnya, pada umumnya masalah baterai terjadi setelah penggunaan selama beberapa tahun. Hal ini disebabkan oleh kualitas baterai yang semakin menurun. Kondisi seperti ini pun tidak hanya terjadi pada laptop, melainkan juga alat elektronik lainnya di mana kualitas barang akan mengalami penurunan seiring dengan lamanya penggunaan alat tersebut.

BACA JUGA: 8 Cara Download Video Youtube di Laptop Mudah & Cepat

Cara mengatasi baterai laptop cepat habis

Freepik

Setelah mengetahui berbagai penyebab baterai cepat habis, tentu Sedulur ingin tahu bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis. Salah satu cara untuk mencegah masalah tersebut adalah mengatur tingkat kecerahan layar. Seperti yang disampaikan sebelumnya, tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi akan turut berdampak pada beban baterai sehingga membuat daya baterai menjadi drop. 

Di samping itu, Sedulur juga bisa memutuskan sambungan periferal yang tidak perlu. Untuk diketahui, periferal merupakan perangkat yang disambungkan ke laptop, baik secara fisik maupun melalui koneksi seperti bluetooth.

Selain kedua cara di atas, Sedulur juga bisa mengikut cara-cara berikut ini untuk mengatasi masalah baterai laptop cepat habis. 

1. Isi penuh baterai hingga 100%

baterai laptop cepat habis
Okeygeek

Cara yang pertama yaitu mengisi penuh daya baterai hingga 100% sebelum menggunakan laptop. Umumnya, proses pengisian daya akan memakan waktu selama 2 hingga 3 jam. Sementara apabila sebelum 2 jam baterai laptop sudah penuh, coba tunggu hingga 2 jam untuk memastikan baterai benar-benar sudah penuh.

2. Atur setelan daya baterai

Freepik

Cara mengatur setelan daya baterai adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buka menu Control Panel pada laptop.
  • Pilih Hardware and Sound.
  • Selanjutnya pilih Power Options.
  • Pada bagian tersebut, pilih pengaturan Balanced dan kemudian klik Change Plan Settings.
  • Berikutnya, atur Turn off the display dan put the computer to sleep on battery menjadi Never.
  • Terakhir, klik Save Changes.

3. Hibernate dan atur opsi low battery

 
Freepik

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan Hibernate pada laptop. Caranya adalah dengan mengikuti step-step berikut.

  • Pertama, buka Power Options pada laptop.
  • Kemudian klik Change Plan Settings.
  • Pilih Advance Settings kemudian Battery.
  • Lalu pilih Set it to Hibernate.
  • Setelah itu, Sedulur dapat mengatur Low battery pada level 5%.

4. Biarkan baterai habis kemudian isi hingga penuh

Freepik

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperbaiki baterai adalah dengan membiarkan baterai laptop habis dengan sendirinya. Selama proses tersebut, pastikan juga untuk tidak menggunakan laptop sama sekali. Selanjutnya, isi baterai hingga penuh.

Apabila cara-cara di atas tidak dapat memperbaiki kondisi baterai Sedulur, dimungkinkan baterai memang sudah dalam kondisi rusak. Jika demikian, opsi lain yang bisa dilakukan adalah melakukan penggantian baterai.

Demikian tadi pembahasan mengenai penyebab baterai laptop cepat habis serta cara mengatasinya. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur untuk mengatasi masalah tersebut, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.