cara supaya pisang tidak cepat busuk

Cara menyimpan pisang supaya tidak cepat busuk kerap menjadi tantangan tersendiri. Hal ini tidak lepas dari karakter alami pisang yang memang sebaiknya segera dikonsumsi setelah dipetik dari pohonnya, apalagi jika sudah dalam kondisi matang.

Namun ada kalanya Sedulur perlu menyimpan pisang, misalnya ketika ada banyak persediaan pisang di rumah yang tidak memungkinkan untuk dihabiskan pada hari yang sama. Lantas, bagaimana cara menyimpan pisang yang tepat agar tidak cepat busuk? Yuk, langsung simak informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 7 Cara Menyimpan Alpukat Agar Cepat Matang

Mengenal Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

cara supaya pisang tidak cepat busuk
Unsplash/Rodrigo Dos Reis

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menyimpan pisang yang tepat supaya tidak cepat busuk, ada baiknya Sedulur mengenal manfaat mengonsumsi pisang untuk kesehatan. Pasalnya, buah yang identik dengan kulit berwarna kuning ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan, pisang mengandung segudang nutrisi yang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung, hingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit.

Bahkan, bagi orang yang sedang menjalani diet. Pisang juga bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi. Buah ini juga bisa melancarkan aliran oksigen ke otak hingga melancarkan sirkulasi darah, serta menyehatkan tulang dan membantu menjaga kekebalan tubuh.

Tips Memilih Pisang

Unsplash/Harshad Khandare

Cara menyimpan pisang supaya tidak cepat busuk sebenarnya dimulai dari sebelum membeli pisang. Sedulur perlu mengetahui cara memilih pisang yang tepat dan berkualitas sehingga nantinya bisa disimpan sesuai kebutuhan. Berikut beberapa tips memilih pisang yang bisa Sedulur coba.

  • Pertama, amati warna kulit pisang. Hal ini dikarenakan warna kulit dapat menunjukkan tingkat kematangan pisang. Dihimpun dari berbagai sumber, pisang berwarna cerah dan sedikit hijau di sekelilingnya biasanya masih setengah matang. Sehingga Sedulur bisa menyimpannya selama beberapa hari. Sementara, pisang dengan kulit berwarna kuning dengan bintik cokelat biasanya sudah matang.
  • Kedua, raba dan tekan kulit pisang untuk mengetahui teksturnya. Pisang yang sudah matang memiliki tekstur cenderung empuk. Sebaliknya, pisang yang memiliki tekstur keras umumnya belum matang secara sempurna.
  • Ketiga, hindari memilih pisang yang memiliki memar di kulitnya. Adanya memar pada kulit pisang bisa menjadi pertanda bahwa pisang sudah terlalu matang atau bahkan hampir busuk.

BACA JUGA: 8 Cara Menyimpan Daun Bawang yang Benar Agar Lebih Awet

Cara Supaya Pisang Tidak Cepat Busuk

Unsplash/Giorgio Trovato

Ada banyak cara yang bisa Sedulur lakukan untuk menyimpan pisang supaya tidak cepat busuk. Mulai dari menyimpannya dengan cara digantung hingga menyimpan di dalam lemari es. Agar tidak bingung, berikut sudah dirangkum 5 cara menyimpan pisang supaya tidak cepat busuk beserta penjelasannya.

1. Simpan dengan cara digantung

Sedulur mungkin pernah melihat ada orang yang menyimpan pisang dengan cara digantung. Hal ini ternyata tidak sekadar dapat menghemat ruang, lo. Namun juga bisa membantu pisang menjadi lebih tahan lama. 

Penyimpanan pisang dengan cara digantung rupanya dapat mencegah pisang menjadi cepat matang. Hal ini dikarenakan gas yang dikeluarkan pisang tidak terperangkap sehingga gas tersebut tidak berkumpul di sekitar buah.

2. Bungkus batang pisang dengan plastik

Cara kedua yang bisa Sedulur coba adalah membungkus batang pisang dengan plastik. Dibungkusnya batang pisang tersebut dapat memperlambat pelepasan gas etilen yang bisa mempercepat proses pematangan buah. Namun pastikan Sedulur hanya membungkus bagian batangnya, ya.

3. Pisahkah pisang dengan buah lain

Selanjutnya Sedulur bisa memisahkan pisang dari buah lainnya. Perlu diketahui, setiap buah memiliki proses pematangan yang berbeda satu sama lain. Ketika disimpan bersama-sama, buah-buahan tersebut bisa menjadi cepat matang bahkan menjadi rusak karena sama-sama memproduksi gas etilen.

4. Supaya pisang tidak busuk simpan di dalam lemari es

Cara lain yang terbukti efektif menghambat proses pematangan pisang adalah dengan menyimpannya di dalam lemari es. Suhu dingin dalam kulkas membuat proses pematangan menjadi lebih lambat daripada ketika disimpan di suhu ruang. Dengan begitu, pisang juga menjadi tidak cepat busuk karena kematangan.

5. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Sebenarnya Sedulur juga bisa menyimpan buah pisang di suhu ruang tanpa perlu khawatir pisang cepat busuk. Hanya saja, Sedulur harus memastikan bahwa pisang tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab, suhu panas juga dapat membuat pisang menjadi cepat matang dan warna kulitnya pun berubah.

Cara Supaya Pisang Tidak Cepat Busuk Meski Sudah Dikupas

cara supaya pisang tidak cepat busuk
Unsplash/Faris Mohammed

Trik menyimpan pisang supaya tidak cepat busuk juga bisa dilakukan dalam kondisi pisang sudah dikupas. Namun, Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal agar pisang menjadi awet.

  • Pertama, iris pisang lalu simpan di dalam wadah kedap udara. Wadah kedap udara bisa membantu mempertahankan kondisi pisang tetap baik meski disimpan dalam waktu yang lama.
  • Menyimpan pisang di dalam freezer. Menyimpan buah di dalam freezer sebenarnya kurang dianjurkan. Hanya saja, Sedulur bisa memanfaatkan freezer untuk membantu mencegah pisang menjadi busuk setelah dikupas. 
  • Rendam potongan pisang dengan air perasan jeruk lemon. Air lemon dapat membantu mempertahankan kondisi pisang sehingga tidak cepat busuk dan warnanya tidak menjadi cokelat. Namun pastikan untuk tidak merendamnya terlalu lama agar pisang tidak menjadi lembek.

Itu dia beberapa tips atau cara menyimpan pisang supaya tidak cepat busuk yang bisa Sedulur coba di rumah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!