Cara pasang lampu gantung

Lampu gantung merupakan salah satu hiasan yang bisa membuat interior rumah Sedulur menjadi lebih menarik lagi. Namun banyak yang enggan memasangnya sendiri karena merasa bahwa cara pasang lampu gantung itu sulit dan takut gagal melakukannya.

Namun sebenarnya cara pasang lampu gantung tidak sesulit yang dibayangkan. Sedulur hanya perlu berhati-hati saja karena pemasangan lampu berkaitan dengan arus listrik yang bisa saja membahayakan. Maka untuk membantu Sedulur, perlu tahu bagaimana cara pasang lampu gantung itu sendiri.

Nah, hal tersebut bisa Sedulur simak dalam penjelasan di bawah ini. Karena kita akan bahas tentang bagaimana cara pasang lampu gantung yang aman dan benar. Yuk, langsung saja mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 22 Desain Lampu Taman Minimalis untuk Percantik Hunian

-->

1. Memasang bagian dasar lampu

iStock

Cara pasang lampu gantung yang pertama yaitu dengan memasang bagian dasar lampu itu sendiri. Bagian dasar ini merupakan dudukan bagi lampu gantung itu sendiri. Sedulur harus menentukan lokasi atau titik tempat Sedulur memasang lampu gantung.

Setelah Sedulur menentukan titiknya, Sedulur bisa langsung memasang dasar lampu gantung. Lalu kencangkan seluruh bagian dasar lampu dengan menggunakan skrup dan pastikan setiap bagian dsarnya sudah terpasang dengan kuat.

Hal tersebut karena bagian dasar ini akan menjadi penopang dari berat lampu yang menggantung. Memastikan bagian dasar lampur terpasang dengan kuat merupakan sebuah keharusan. Sedulur sebaiknya tidak memasang bagian lampu terlebih dahulu.

Hal tersebut untuk mempermudah pemasangan dasar lampu. Selain itu juga bertujuan untuk meminimalisir kerusakan pada bagian-bagian lampu yang akan dipasang selanjutnya.

2. Menyesuaikan panjang rantai lampu

Kanggo

Langkah kedua dalam memasang lampu gantu yaitu dengan menyesuaikan panjang rantai lampu. Sedulur bisa menyesuaikannya sesuai dengan keinginan Sedulur. Biasanya di beberapa jenis lampu gantung terdapat rantai yang berfungsi untuk mengatur ketinggian lampu.

Dengan begitu, Sedulur bisa lebih mudah untuk menyesuaikan jarak lampu dengan lantai rumah. Pastikan jaraknya ideal dengan tinggi ruangan dan orang-orang yang beraktivitas di bawahnya agar tidak terbentur lampu yang kamu pasang.

Penyesuaian ukuran tinggi lampu yang ideal juga akan menambah tampilan ruangan lebih menarik, lho. Jadi, pastikan Sedulur memasangkannya dengan tepat. Tidak masalah jika membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan panjang rantai lampu.

Karena yang paling penting adalah mendapatkan ukuran tinggi yang ideal dan dapat membuat tampilan ruangan lebih menarik dan yang paling penting tidak akan membahayakan siapapun yang ada di dalam rumah. Tentu saja keamanan juga penting untuk dipertimbangkan.

3. Memasang soket ekstensi

iStock

Langkah selanjutnya dalam cara pasang lampu gantung yaitu dengan memasang soket ekstensi pada kotak pemasangan. Soket ekstensi juga dikenal dengan istilah saklar. Pada dasarnya pemasangan saklar lampu gantung tidak sulit.

Pada tahapan ini, Sedulur perlu untk mematikan aliran listrik dari dala rumah karena pemasakan saklar akan berkaitan dengan menyambungkan kabel dengan arus listrik rumah. Terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan saat melakukan tahapan ini, yaitu:

  • Ambillah kabel lalu potong sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan tang pemotong kabel. Kemudian, sambungkan ke fitting lampu menggunakan obeng.
  • Ambil kembali kabel dan potong sesuai dengan panjang yang dibutuhkan untuk menyambungkannya dengan saklar gantung. Tahapannya sama seperti tahap pertama.
  • Hubungkan salah satu ujung kabel ke jalur kabel netral PLN. Kemudian, sambungkan ujung kabel lainnya dengan kabel yang menuju ke saklar gantung. Lalu, hubungkan ujung kabel pada saklar gantung yang lain dengan jalur kabel phase PLN.
  • Pasangkan lampu pada fitting, lalu hidupkan kembali aliran listrik yang ada di dalam rumah. Kemudian, nyalakan lampu yang telah terhubung dengan saklar gantung tadi dan rangkaian pemasangan fitting lampu gantung telah selesai.

4. Hubungkan seluruh kabel lampu

Kanggo

Cara selanjutnya yaitu dengan menghubungkan seluruh kabel lampu. Kabel lampu yang terpasang seharusnya memang terhubung pada link rantai lainnya untuk dapat mengalirkan daya pada lampu tersebut.

Untuk itu, setelah soket ekstensi terpasang, kamu perlu memastikan seluruh kabel lampu sudah terpasang dan terhubung dengan baik. Selain memastikan aliran daya sudah masuk, tindakan ini juga dilakukan untuk mengecek kembali keamanan dari setiap kabel yang terpasang.

Tujuan utamanya yaitu agar dapat meminimalisir korsleting listrik yang mungkin terjadi selama proses pemasangan lampu.

5. Memasang lampu

Kanggo

Selanjutnya adalah bagian yang paling penting, yaitu memasang lampu pada wadah lampu gantung yang sudah dipasang. Dengan banyaknya model dan ukuran pada bohlam lampu, pastikan terlebih dahulu bohlam lampu yang Sedulur beli sudah sesuai dengan ukuran rangka lampu dan model yang diinginkan.

Memilih bohlam lampu yang unik akan menambah nilai estetis pada lampu gantung. Jadi, pilih bohlam yang bisa menambah keindahan pada hunian. Jangan lupa juga untuk memilih jenis cahaya yang dikeluarkan lampu. Apakah cahaya atau sinar yang terang, redup warna kuning atau cahaya dari lampu LED. Semuanya tergantung kebutuhan di rumah Sedulur dan bergantung kenyamanan Sedulur.

6. Memasang tembaga pada kabel

cara pasang lampu gantung
iStock

Salah satu komponen penting dalam perlistrikan adalah tembaga. Langkah selanjutnya dalam cara pasang lampu gantung adalah dengan memasang tembaga pada kabel. Kabel arde tembanga yang digunakan adalah yang tidak dilapisi atau terekspos.

Kabel ini berfungsi untuk menghantakan arus listrik langsung ke tanah atau ke bumi jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti korsleting listrisk. Kabel arde yang terekspos bisa kamu lilitkan pada sekrup yang menempel di kotak persimpangan.

Namun, apabila kamu tidak memiliki kabel arde yang terekspos, Sedulur bisa menggunakan pengupas kawat untuk membuatnya secara manual.

7. Memasang semua baut pada lampu

cara pasang lampu gantung
iStock

Setelah seluruh rangkaian listrik terpasang dengan baik dan dapat dipastikan tidak ada jalur kabel yang salah, tahap selanjutnya adalah finishing. Sedulur bisa memasang sekrup pada kawat dan kunci mur agar seluruh kabel listrik yang tersambung pada lampu tertutupi.

Pastikan semua baut pada lampu terpasang dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari, hal ini juga penting untuk memastikan lampu gantung yang dipasang telah benar posisinya.

8. Melakukan uji coba pada lampu

cara pasang lampu ganting
iStock

Cara pasang lampu gantung yang terakhir yaitu dengan melakukan uji coba pada lampu. Sedulur bisa coba menyalakan lampu untuk cek apakah cara pasang lampu gantung Sedulur berhasil atau tidak. Jika ada yang belum menyala, berarti ada kesalahan pemasangan yang harus Sedulur periksa ulang.

Namun, bila sudah selesai, Sedulur sudah bisa mulai menggunakannya dari sekarang. Perlu diketahui, meski berada di bagian atas rumah lampu gantung harus dibersihkan secara rutin. Hal ini untuk menjaga keindahannya dan membuatnya lebih tahan lama digunakan.

9. Benarkan lampu jika ada yang salah

cara pasang lampu gantung
iStock

Jika pada saat melakukan uji coba lampu gantung ada bagian yang belum menyala, maka Sedulur perlu cek kembali bagian yang salah. Mungkin dari rangkaian cara pasang lampu gantung yang sudah Sedulur lakukan di atas, ada bagian yang terlewat.

Atau ada bagian kabel yang tidak terhubung sehingga arus listrik tidak mengalir dengan baik. Maka pastikan untuk membenarkan bagian yang belum terpasang dengan tepat. Untuk bagian ini Sedulur harus benar-benar teliti.

Karena Sedulur harus mencari bagian yang tidak terpasang dengan sesuai. Pastikan juga Sedulur memahami dan mengetahui bagian yang tidak sesuai agar lampu bisa menyala dengan baik selama dan bisa segera digunakan untuk menerangi rumah.

BACA JUGA: 14 Jenis Lampu Tidur Terbaik yang Berikan Kesan Hangat

10. Uji coba kembali

iStock

Setelah Sedulur yakin telah membenarkan bagian yang tidak sesuai, maka langkah terakhir yang bisa Sedulur lakukan dalam cara pasang lampu gantung adalah dengan melakukan uji coba kembali. Sedulur bisa melakukan uji coba kembali sebagaimana yang telah Sedulur lakukan sebelumnya.

Karena pada bagian Sebelumnya Sedulur telah membenarkan bagian atau tahapan yang salah, maka pada saat uji coba kali ini lampu gantung yang Sedulur pasang akan menyala dengan sempurna. Akhirnya Sedulur bisa memasang sendiri lampu gantung dengan sukse dan berhasil membuat lampu gantung menyala dengan baik.

Nah itulah tips dan cara pasang lampu gantung yang bisa Sedulur lakukan sendiri di rumah. Tetap untuk berhati-hati saat melakukan pemasangan lampu karena ada arus listrik yang bisa membahayakan kesehatan tubuh jika terkena. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan selamat mencoba, ya!